Menabung atau Berhutang?

Saya ingin membeli gadget baru. Sayangnya saya tidak punya cukup uang untuk membelinya. Apalagi harganya sangat mahal. Apa yang harus saya lakukan?

Hehehe… ini pertanyaan yang sering saya lontarkan kepada diri saya sendiri. Dan saya pun berpikir keras supaya dapat membelinya. Yang terpikir adalah, apakah saya akan menabung atau membelinya secara kredit?

Jika saya memilih menabung, berapa uang yang dapat saya sisihkan setiap bulan dan berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk dapat mengumpulkan uang sebesar harga gadget tersebut?

Untunglah saya menemukan artikel bagus dari LiveOlive.com yang berjudul “Bagaimana Saya ‘Menemukan’ Ekstra Rp 1 Juta Tiap Bulan”. Artikel ini mengajak kita semua supaya mulai mempelajari pengeluaran kita. Kita harus mulai mempertimbangkan pos-pos pengeluaran kita. Hilangkan pos-pos yang tidak perlu. Jika bisa dihemat, kita bisa menabung lebih banyak.

Oh iya, sebaiknya menabung dilakukan di bank yang terpisah dengan bank utama kita. Maksudnya supaya tidak terpakai secara tidak sengaja. Kalau perlu kita tidak punya ATM di bank khusus tabungan ini.

Opsi kedua adalah membelinya secara kredit. Keuntungan membeli dengan kredit adalah kita bisa membelinya saat itu juga. Kita dapat mencicil pembayarannya. Untunglah saat ini banyak kartu kredit yang mengenakan bunga 0% untuk jangka waktu 6 sampai 12 bulan. Program ini sangat menguntungkan bagi kita yang memang sangat membutuhkan pembelian mendesak.

Dengan opsi kredit yang cukup menguntungkan seperti ini, pertanyaannya menjadi: apakah saya membutuhkan pembelian gadget saat ini atau bisa ditunda? Jika bisa ditunda, maka saya akan menabung terlebih dahulu baru kemudian membelinya. Namun jika barang tersebut memang benar-benar saya butuhkan segera, maka mau tidak mau saya harus menggunakan kartu sakti tersebut.

Bagaimana pun juga penggunaan kartu kredit harus dilakukan dengan bijaksana dan penuh perhitungan. Jangan sampai kita kelewat banyak membeli barang dengan kartu kredit. Karena jika kita melakukan pembelian tanpa promo, sebenarnya bunga per bulannya sangat tinggi.

Untuk memproteksi pembelian yang kelewat besar, kita perlu mempertahankan limit maksimal pembelian kartu kredit kita tetap kecil. Biasanya pada awal kepemilikan kartu kredit, limit yang ditetapkan bank kecil, kecuali jika kita menggunakan kartu platinum. Namun jika pembayaran kredit kita lancar, biasanya pihak bank akan menawarkan kenaikan limit.

Selain itu, kita perlu disiplin dalam membayar kartu kredit. Paling tidak, kita harus membayar sebesar minimum yang diperbolehkan. Jangan sampai kita terlambat membayar atau malah tidak membayarnya sama sekali karena biasanya akan dikenakan penalti.

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Catatan, Dewo, Gadget, Iklan, Keuangan, Opini, Personal dan tag , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Menabung atau Berhutang?

  1. lazione budy berkata:

    jangan berhutang kalau bisa.
    jangan mencicil kalau mampu.
    jangan berkhayal kalau memang tak layak.

    sabar itu lebih baik.

  2. Lidya berkata:

    bener banget mas, aku punya beberapa rekening di bank buat memisah2kan dana, ada untuk tabungan, untuk uang sekolah, untuk lain2 🙂 sedikit2 tapi harus dan supaya tidak terpakai kalau didalam satu rekening yg sama

  3. Iksa berkata:

    Setuju sebaiknya tidak berhutang apalagi untuk konsumsi …
    Agak berbeda bila membeli sesuatu sebagai alat kerja yang produktif dan secara spesifik menghasilkan …

    Penghasilan segera dikurangi dengan tabungan … sisanya dialokasikan untuk berbagai keperluan, bila ada surplus sisihkan lagi sebagai tabungan suka-suka

Tinggalkan Balasan

