Sibuk BPJS

Ketika pemerintah mengumumkan BPJS (Badan Penyelengggara Jaminan Sosial), maka RS-RS kami pun mulai sibuk mempelajari BPJS. Sosialisasi BPJS telah diselenggarakan sejak Desember lalu dan sampai sekarang masih dibahas di level penerapannya.

Program yang sebenarnya sangat bagus ini bukan tanpa kendala ketika diimplementasikan, karena ternyata banyak RS yang masih keberatan mengikuti pentarifan BPJS. Bagi RS kecil atau yang operasionalnya sangat efisien, mungkin tarif yang ditetapkan oleh BPJS masih bisa menutup biaya operasional. Namun bagi RS besar belum tentu. Jika pun RS besar mengikuti tarif ini, bisa jadi mereka mengorbankan kualitas pelayanan, atau malah melakukan manipulasi data. Walau pun konon BPJS akan bekerja sama dengan auditor untuk meng-audit jika ada penyelewengan.

Dari sisi dokter pun ada dampaknya, dimana dokter harus memahami dengan benar coding diagnosa dan prosedur/tindakan yang akan diinput ke sistem BPJS supaya RS tidak rugi. Karena jika ada kesalahan, selain bisa membuat RS rugi, dokter bisa dianggap melakukan manipulasi data. Ini yang membuat beberapa dokter resah dengan BPJS.

Namun di balik kendala lapangan ini, kita memang harus mendukung BPJS walau pun dalam awal penerapannya masih belepotan. Namun diharapkan ke depannya semakin baik dan lebih baik lagi.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Celoteh, Dewo, Kesehatan, Opini dan tag , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Sibuk BPJS

  1. semoga program ini berjalan sukses dan masyarakat indonesia mendapat jaminan kesehatan dari negara… tentunya diawal pelaksanaanya banyak kendala yang tidak tertutup kemungkinan terus diperbaiki seiring waktu..
    salam

  2. Mamanya Calvin berkata:

    takutnya malah ada kebohongan2 ya

  3. Iksa berkata:

    Hmm asuransi umum bisa, masak negara kalah

  4. jarwadi berkata:

    semoga sistem ini selalu diupdate menyesuaikan banyak kondisi. akan bagus bila sistem besar selalu diupdate seperti software2 itu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s