Beli Notebook Chromebook Yuk?

Asli, ajakan beli Chromebook di judul cuma sekedar provokasi. Nyatanya saya tidak akan membeli Chromebook. Dan tidak menyarankan Anda untuk membeli Chrombeook. Memang sih, dengan harganya yang sangat kompetitif dibanding Notebook atau Ultrabook atau bahkan Tablet, ditambah spek hardware yang lumayan, Chromebook tentu sangat menggoda hati. Namun sebelum membelinya, kita perlu tahu apa itu Chromebook dan untuk apa dia itu sebenarnya.

Menurut Mbak Wiki, Chromebook adalah laptop yang menggunakan Sistem Operasi Chrome dari Google. Laptop ini mengusung konsep thin client yang mana aplikasi (dan data) ada di web cloud. Karena ada di cloud, maka dibutuhkan koneksi internet untuk bisa mengakses aplikasi dan data ini.


{ Gambar dipinjam dari Wikipedia }

Secara hardware, mungkin tidak banyak perbedaannya dengan laptop biasa, arsitekturnya sama. Hanya saja biasanya Chromebook memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih kecil dan menggunakan tipe SSD yang lebih cepat dari pada harddisk konvensional. Disamping penggunaan prosesor secukupnya karena OS didesain simpel dan ringan. Bahkan untuk boot cukup beberapa detik saja.

Sedangkan Chrome OS dibangun dari kernel Linux dan browser Google Chrome. Dari browser Chrome inilah semua aplikasi dijalankan. Jika Anda pernah menjalankan Gmail dan teman-temannya (Kalendar, Drive, Task, Maps, Youtube), ya seperti itulah konsepnya. Semuanya dijalankan dari browser.

Dengan berbekal kernel Linux dan browser Chrome, Chromebook dianggap sebagai laptop yang aman. Di samping secara alamiah Linux tahan terhadap virus/malware, juga karena aplikasi dan data disimpan di cloud. Sehingga kalau Chromebook dicuri atau hilang, kita tidak perlu khawatir kehilangan data. Sudah gitu si pencuri atau penemu tidak bisa mengakses data kita. Kecuali jika dia bisa membobol password kita (tentu saja).

Melihat desain dari Chromebook yang spesifik ini, maka kita perlu berpikir ulang sebelum membeli Chromebook. Artikel di How To Geek ini cukup mencerahkan (baca: HTG Explains: Should you buy a Chromebook?). Berikut saya sarikan artikel HTG beberapa pertimbangannya.

Kerennya Chromebook

  1. Harganya relatif murah, dibandingkan dengan laptop konvensional, apalagi jika dibandingkan dengan ultrabook. Harganya berkisar di antara $200 sampai $300.
  2. Sederhana, hanya perlu kernel dan browser Chrome untuk menjalankan aplikasi. Tinggal nyalakan, login, sedikit setting dan jalankan aplikasi.
  3. Update otomatis. Software akan terupdate otomatis di latar belakang. Sedangkan semua aplikasi dari cloud akan diupdate oleh Google di cloud. Jadi hampir selalu semuanya mutakhir.
  4. Aman. Karena dibangun dari kernel Linux, maka OS relatif lebih aman karena tidak mempan malware Windows.

Jeleknya Chromebook

  1. Tergantung aplikasi cloud yang disediakan oleh Google. Data juga tersimpan di cloud. Kita tidak bisa 100% memilikinya sendiri. Memang sih, Google sudah menyediakan banyak aplikasi yang berguna, tapi jika dibandingkan versi desktop, tampaknya masih kurang keren.
  2. Tidak bisa menjalankan aplikasi yang rumit seperti CAD, pemrograman, Office, bahkan game terkenal yang dibuat untuk desktop. Memang sih ada banyak aplikasi sejenis di cloud, tapi secara kualitas masih di bawah aplikasi desktop.
  3. Kapasitas storage-nya kecil, antara 8-16GB. Itu pun dikurangi yang digunakan oleh OS dan pernak-pernik bawaannya. Tentu tidak bisa untuk menyimpan banyak file yang besar seperti film atau musik.
  4. Mesti harus terkoneksi ke internet. Dengan masih mahalnya koneksi internet, plus ketersediaan dan kecepatan yang menyedihkan, tentu saja syarat ini menjadi kendala terbesar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Ironisnya, kebanyakan Chromebook tidak memiliki modem internal, mesti mengandalkan wifi. Hiks…

Kesimpulannya

Kesimpulannya sederhana saja, Chromebook didesain untuk penggunaan yang sangat spesifik. Itu pun sangat terbatas dan belum memiliki kualitas aplikasi desktop murni. Lagi pula harus terkoneksi internet saat mengoperasikannya. Mungkin tidak cocok untuk kebanyakan orang.

Namun jika memang kita tidak memerlukan banyak hal karena mungkin cuma mau kita pakai untuk browsing, nge-blog, nge-mail, chatting, ber-sosial media, tentu saja Chromebook sudah cukup. Namun jika dibandingkan dengan Tablet, mungkin pertimbangannya bakal lebih ribet lagi, xixixi…

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Personal dan tag , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Beli Notebook Chromebook Yuk?

  1. lazione budy berkata:

    saya yg biasa saja, pakai Window 7 dan browse pakai Mozilla.
    pernah pakai linux rada bingung, pakai google chrome juga ga nyaman.
    mungkin faktor kebiasaan.

  2. Dea Avega Editya berkata:

    Hanya soal waktu aja nih chromebook bakal diminati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s