Menentukan Spesifikasi Server Virtual

Bekerja dengan hardware pas-pasan itu memang menyebalkan. Namun bukan berarti tidak bisa diakali. Dengan sedikit trik tentu bisa membuat pekerjaan kita jadi lebih menyenangkan. Dalam hal ini pekerjaan saya sebagai programmer sistem berbasis web.

Trik pertama adalah dengan membuat server virtual dengan Oracle VM VirtualBox. Saya membutuhkan server virtual ini karena terbukti platform LAMPP lebih gegas dari pada XAMPP walau pun dengan spesifikasi hardware rendah. Jadi saya pun membuat VM untuk server. Sedangkan editing script dan pengujian bisa menggunakan lingkungan Windows.

Trik kedua adalah untuk menentukan spesifikasi hardware yang dialokasikan untuk VM. Ini sangat penting karena jika spesifikasi terlalu rendah, maka kinerja server akan sangat lambat, yang artinya percuma saja bikin VM, mending sekalian pakai server Windows. Sedangkan jika spesifikasi VM terlalu tinggi, maka kinerja Windows (atau host) akan menjadi lambat. Jadi tidak optimal kerjanya, karena saya masih membutuhkan Windows untuk editor script dan pengujian dengan browser. Jadi saya perlu menentukan spesifikasi yang optimal, yang pas dengan kebutuhan saya.

Maka saya pun mencoba benchmarking sederhana dengan menjalankan query sederhana untuk menentukan jumlah RAM yang dibutuhkan dan penggunaan CPU yang paling optimal. Pengujian ini bisa dibaca di: “Spesifikasi Server Virtual Sesuai Kebutuhan”. Ternyata konfigurasi yang menurut saya paling optimal adalah RAM 748 MB dan penggunaan 2 CPU. Konfigurasi ini akan berjalan baik jika menggunakan profile “High performance” atau “Balanced”. Jika menggunakan profile “Power saver” performa server virtual akan nge-drop.

Anda punya opini atau saran? Mari kita diskusikan.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Catatan, Curhat, Database, Dewo, Opini, Personal, Server, Sistem Operasi, Tech Talk dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s