Perlukah Membeli Filter UV?

Saat beli kamera, Si Penjual menyarankan (*dengan sedikit memaksa*) untuk membeli pula filter UV. Katanya, filter UV ini sangat penting supaya sensor awet, tidak rusak kena sinar ultra violet. Konon harga sensor kamera sangat mahal.

Selain untuk melindungi sensor, filter UV juga dianggap bisa melindungi lensa dari resiko tergores dll. Sayangnya harga filter UV itu sendiri tidak bisa dibilang murah. Tapi sebagai newbie yang baru belajar fotografi, tentu sayang jika kamera kita rusak.

Benarkah kita harus beli filter UV? Maka daku pun melontarkan pertanyaan ini ke group Escape Photography (closed group di FB). Daku mendapatkan masukan dari para fotografer, berikut adalah intinya:

  • Sensor kamera DSLR berbeda dengan film pada kamera SLR jaman dulu. Sensor ini tidak terpengaruh sinar UV dan tidak rusak oleh karenanya.
  • Filter UV digunakan untuk mengurangi (atau memblok) sinar UV supaya hasil foto tidak terpengaruh. Karena kadang kala ada efek tertentu yang diakibatkan oleh sinar UV yang mempengaruhi hasil foto sehingga hasil foto tidak sesuai dengan yang diharapkan.

kiss-x50

Namun di sisi lain, daku malah berpikir kalau filter UV ini cukup penting. Bukan saja untuk melindungi sensor atau untuk mengurangi efek UV terhadap hasil foto, namun untuk melindungi mata kita saat memandang obyek foto dari viewfinder. Dengan filter UV, sedikit banyak mata kita terlindung dari sinar Ultra Violet. Ya tho?

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Dewo, DSLR, Photography dan tag , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Perlukah Membeli Filter UV?

  1. R-series berkata:

    harga filter UV brp pak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s