Remote Shutter Nikon untuk Selfie

Walau pun sudah ada fitur self-timer dengan opsi 2s, 5s, 10s dan 20s, dan juga articulating screen/swivel yang memungkinkan layar diputar sehingga bisa dilihat dari depan kamera ditambah sebuah tripod, tapi kamera saya ini tidak cocok untuk selfie. Karena saat menggunakan self-timer, ternyata kamera tidak mencoba mencari fokus lagi, karena pencarian fokus dilakukan saat penekanan tombol shutter setengah yang kemudian ditunda pengambilan gambarnya selama self-timer.

Kalau untuk foto rame-rame bisa dilakukan hanya dengan self-timer. Caranya dengan memfokuskan pada salah seorang dengan menekan tombol shutter setengah, kemudian tekan penuh tombol shutter setelah fokus benar. Saat tunda itulah kita bisa bergabung bersama teman-teman. Tapi kalau untuk selfie bakal sulit karena tidak ada yang difokuskan saat menekan setengah tombol shutter. Paling gampang ya minta orang lain memotretkan diri kita. Tapi jadinya bukan selfie.

Remote Shutter InfraRed

Remote Shutter InfraRed

Nah, untuk membantu selfie, kita perlu sebuah remote control untuk shutter. Kebetulan saya nemu remote control di dx.com untuk Nikon D5100. Dan harganya murah. Tentu saja langsung saya pesan, xixixi…

Remote shutter ini kecil dan bekerja dengan Infra Red. Kebetulan kamera D5100 saya punya 2 IR di depan dan belakang body. Asyiknya adalah karena saat kita menekan tombol di remote, kamera bisa mencari fokus dan menjepret. Jadi tidak ada lagi masalah dengan fokus. Tinggal kita memposisikan diri di frame foto dengan bantuan screen yang diputar menghadap depan.

Yuk selfie… *gubrak*

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Dewo, DSLR, Photography dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Remote Shutter Nikon untuk Selfie

  1. Lidya berkata:

    ternyata kamera punya remote juga ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s