Galau CubieTruck, Banana Pi atau NUC

Tempo hari saya teringat Raspberry Pi yang telah teronggok beberapa lama. Mau diapakan ya? Lantas saya sibuk mengurus start-up yang baru saya rintis. Di sela-sela kesibukan terbersit ide untuk bikin PC backup atau replicator dengan Raspberry Pi. Namun saya ingat kalau Raspberry Pi milik saya ini cuma punya RAM 256MB. Apa bisa diinstall MySQL?

Kepikiran pula untuk merakit PC sendiri. Tapi kayaknya tidak mudah. Baru mau menentukan komponen saja sudah bikin puyeng. Sempat pula melirik NUC milik Intel. Keren juga sih, sayangnya tidak murah. Yang termurah dengan prosesor Intel Celeron saja sudah lebih nyaris 3 juta. Kayaknya terlalu mahal untuk budget startup. Kan belum punya penghasilan, jadi harus hemat.

Lantas googling alternatif lain nemu Banana Pi dan Cubietruck. Konon Banana Pi merupakan tiruan dari Raspberry Pi namun punya spesifikasi lebih baik. Selain menggunakan prosesor dual core, Banana Pi sudah dibekali RAM 1 GB. Keren to?

Namun rupanya CubieTruck lebih mumpuni. Sama-sama sudah dual core, Cubietruck punya RAM onboard 2 GB. Ditambah port SATA sehingga Cubietruck bisa dihubungkan ke harddisk. Jangan lupa dicatat, Cubietruck sudah punya koneksi WiFi+BT di samping ethernet Gigabit-nya. Mantab ya?

Nampaknya Banana Pi atau Cubieboard bisa digunakan untuk tujuan saya, yaitu membuat PC Backup atau DB Replicator dengan pemakaian daya yang rendah dan bisa ditenteng. Beberapa video di Youtube malah menampilkan penggunaan board-board ini sebagai server.


{Gambar dipinjam dari sini}

Namun kemudian saya tersadar kalau saya belum menyelesaikan pekerjaan, tapi pikiran sudah melayang kemana-mana. Hampir saja saya order Cubietruck, tapi saya urungkan. Lebih baik saya menyelesaikan pekerjaan dulu, barulah nanti dilanjut galaunya kalau sudah selesai kerja. Hiks…

~~~

Bacaan:
Spesifikasi Cubietruck
Spesifikasi Banana Pi

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Personal dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Galau CubieTruck, Banana Pi atau NUC

  1. Lidya berkata:

    kirain nama-nama buah mas 🙂

  2. Ping balik: Ngoprek Cubieboard 2 | Emanuel Setio Dewo

  3. Char Lie berkata:

    trus sekarang jadinya menggunakan yg mana mas??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s