Membuat Raspberry Pi sebagai Radio Internet

Semalem iseng membuat Raspberry Pi sebagai radio internet. Ternyata untuk streaming musik atau radio tinggal pakai xmms2 yang bisa diinstall dari repository-nya Raspberry Pi. Cara bikinnya bisa dilihat di: Radio Script. Ikuti saja caranya di situ 🙂

Keren banget karena radio streaming bisa dijalankan via terminal. Saya sendiri menjalankannya dari ssh (remote terminal) di laptop sehingga di Raspberry Pi tidak perlu pasang monitor, keyboard mau pun mouse. Cara ini sering disebut sebagai Headless RPi. Cukup koneksikan dongle Wi-Fi (atau ethernet) dan Speaker Aktif.

Raspberry Pi Headless

Raspberry Pi Headless

Jika tidak dicolok ke monitor via HDMI, dan jika secara default output suara ke HDMI TV, maka kita perlu mengubahnya supaya keluar ke output analog (disambung ke speaker aktif atau headphone). Caranya dengan menjalankan perintah berikut:

amixer cset numid=3 1

Kendala yang saya hadapi adalah karena RPi jadi sering hang sehingga perlu saya restart. Saya cek prosesor & GPU-nya panas sekali. Setelah googling, nampaknya masalah ini juga banyak dialami orang lain. Ternyata ini masalah port USB yang dibebani daya melebihi kemampuan RPi. Sebagai informasi, saya pakai dongle WiFi yang High Gain. Kayaknya RPi tidak mampu memberi daya cukup ke dongle WiFi. Jadi lebih baik kita pakai kabel Ethernet saja. Atau pakai dongle WiFi yang low power.

Oh iya, sebagai penutup artikel ini, kita bisa tambahkan stasiun radio Prambors FM di .radiodb Saya tambahkan index x sehingga kita bisa streaming Prambors dengan menjalankan radio x di terminal. Ini nih URL streamingnya yg perlu ditambahkan:

x http://indo.masima.rastream.com:80/masima-pramborsjakarta

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Personal dan tag , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Membuat Raspberry Pi sebagai Radio Internet

  1. Ping balik: Streaming Radio Internet di Ubuntu | Emanuel Setio Dewo

  2. Ping balik: Proyek Dengan Raspberry Pi | Emanuel Setio Dewo

  3. Ping balik: Obsesi Radio (Sebuah Catatan) | Emanuel Setio Dewo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s