Eldario Mini versi 2

Saat bekerja di kantor saya mengandalkan sebuah radio kecil yang mudah dan meriah buatan sendiri. Saya memberinya nama Eldario Mini. Cukup simpel dengan mengandalkan komponen minimalis, yaitu Wemos D1 Mini, Si4703, OLED shield dan Rotary Encoder. Tidak perlu amplifier karena Si4703 sudah punya amplifier kecil yang cukup keras untuk headphone. Tidak perlu sumber daya khusus karena Wemos D1 Mini bisa ditenagai oleh charger smartphone atau colokkan saja ke port USB laptop.

Kerennya adalah ketersediaan shield OLED display. Saya cukup puas dengan shield display ini karena tampilannya terang di kegelapan dan tetap bisa terbaca di bawah cahaya yang terang.

Sayangnya versi 1 Eldario mini kurang asyik. Bentuknya besar dan solderan tidak rapi. Maklum saya membuatnya dari PCB generik dan menyambung antar komponen pakai kabel biasa. Jadi saya pun menyempatkan diri mendesain PCB khusus untuk Eldario Mini.

img_4183

Pada versi 2 ini saya mengganti rotary encoder menjadi 3 momentary switch kecil. Fungsinya untuk mengganti frekuensi radio dan mengubah volume.

Uniknya, modul Si4703 disolder di bagian bawah PCB. Jadi PCB tidak melebar tapi tertumpuk. Cukup hemat tempat ya? Hehehe…

Beginilah hasil dari Eldario Mini versi 2 :

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Personal dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Eldario Mini versi 2

  1. Ping balik: Eldario versi 2 (Radio FM + Jam) | Emanuel Setio Dewo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s