Smart Parking Lot

Sepertinya sudah banyak tempat parkir pintar yang menyediakan informasi berapa jumlah lot yang tersedia dan lampu petunjuk apakah sebuah slot kosong atau terisi. Jika terisi, maka lampu menyala merah. Sedangkan jika kosong, maka akan berwarna hijau. Jadi pengemudi tahu apakah di area tersebut ada slot kosong dengan melihat nyala lampu hijau.

Saya malah kepikiran untuk menambahkan fitur bantuan parkir. Seperti kita tahu, tidak banyak mobil yang telah dilengkapi sensor parkir atau pun kamera mundur. Jadi akan sangat membantu jika slot parkir telah dilengkapi lampu pemandu di tembok belakang bagi mobil yang akan parkir. Yang saya bayangkan sih adanya deretan lampu (misalnya 5 buah lampu) di tembok belakang setiap slot yang akan mulai menyala untuk memandu mobil ketika terdeteksi ada mobil mau masuk ke slot tersebut.

Deretan lampu tersebut akan menyala hijau bergantian seperti mengalir ke kiri jika memandu mobil untuk belok ke kiri. Mengalir ke kanan jika mengarahkan mobil untuk belok ke kanan. Kecepatan aliran akan mengikuti kebutuhan sudut belok. Jika dibutuhkan belokan lebih banyak, maka aliran akan cepat. Jika sedikit saja belokannya, maka kedip aliran melambat.

Jika jarak mobil telah mendekati tembok, maka kecepatan aliran akan melambat dan berubah warna menjadi merah. Jika posisi mobil sudah lurus, maka lampu tidak mengalir ke kiri/kanan, tapi berkedip serentak semua. Kedipan akan melambat ketika mobil sudah dekat tembok dan akan menyala terus dengan berubah warna menjadi merah kalau sudah pas posisi mobilnya.

Di bawah adalah contoh nyala lampu hijau untuk mengarahkan mobil belok ke kanan. Kalau kurang ke kanan, maka aliran akan menyala cepat. Jika perlu sedikit saja ke kanan, maka aliran melambat.

1. ( ) ( ) ( ) ( ) ( )
2. (o) ( ) ( ) ( ) ( )
3. ( ) (o) ( ) ( ) ( )
4. ( ) ( ) (o) ( ) ( )
5. ( ) ( ) ( ) (o) ( )
6. ( ) ( ) ( ) ( ) (o)

Selain itu, bisa juga kita tambahkan aplikasi mobile bagi pengunjung untuk mencatat posisi slot parkirnya dan setiap jam pengunjung akan mendapat notifikasi berapa rupiah biaya parkirnya. Disediakan pula fitur pemandu lokasi parkir dengan GPS. Jadi setiap slot parkir sudah ada koordinat predefined lat-long-alt. Caranya mudah kok, pengunjung cukup men-scan QRCode/Barcode di slot parkir dan informasi slot bisa didownload.

Entah ide ini sudah ada atau belum, dan apakah bisa diterapkan atau tidak. Tapi sepertinya tidak sulit mewujudkannya. Yuk bikin?

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Personal dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s