Aplikasi Ditolak oleh Google Play

Jadi ceritanya kemarin saya meng-upload sebuah aplikasi di Google Play. Tapi ternyata aplikasi tersebut ditolak oleh Tim Google Play karena dianggap melanggar hak cipta. Pasalnya dalam aplikasi tersebut ada logo RS Awal Bros Batam dan saya dianggap menggunakan property dari RSAB tanpa ijin.

Tentu saja saya melakukan banding dan menjelaskan kalau saya bekerja untuk RSAB Batam. Tapi ternyata ditolak lagi. Saya harus menyertakan bukti dari RSAB Batam bahwa saya memiliki hak untuk menggunakan logo tersebut. Alternatif lain bisa dengan membuktikan kalau saya memiliki domain awalbros.com atau membalas email dari domain awalbros.com. Sebenernya saya bisa melakukan keduanya sih, tapi sepertinya saya punya alternatif lain. Yaitu mengirimkan foto kartu karyawan dan kartu nama. Paling tidak, ini yang bisa saya lakukan paling cepat di antara alternatif yang disarankan, hahaha…

Dan tidak terlalu lama balasannya cukup melegakan. Aplikasi saya dipulihkan (reinstated). Dan aplikasi bisa tampil di Google Play. Horeee…

Menurut saya, tingkat keamanan aplikasi di Google Play cukup baik. Mungkin belum benar-benar sempurna, tapi sudah cukup dapat melindungi kepentingan pihak-pihak yang terkait dengan aplikasi. Saya tidak terlalu yakin apakah keamanan ini bisa sampai di level teknis atau sistem.

Berikutnya adalah kesempatan untuk banding. Kalau aplikasi ditolak karena satu-dua hal, kita bisa appeal. Beberapa kali saya berbalas email untuk menjelaskan semuanya. Dan yang menarik adalah bahwa saya menawarkan cara berbeda dengan yang disarankan tim Google Play dan ternyata diterima. Menurut saya, orang di balik tim Google Play cukup kooperatif, tidak saklek (tidak kaku sekali).

Memang sih, ini pengalaman pertama saya ditolak oleh Google Play. Sebelumnya beberapa kali upload aplikasi baik-baik saja. Jadi cukup berkesan untuk saya tuliskan di blog, karena mungkin kelak dapat menjadi pengingat dan mungkin berguna bagi pembaca.

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Personal dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

