Aplikasi Pikunci Bagi Orang Pelupa

Sudah jamak dewasa ini jika seseorang memiliki banyak akun yang harus diingat. Misalnya saja password untuk email, media sosial, online banking, akun langganan layanan online, toko online, dan banyak lagi. Saya sendiri punya beberapa email yang punya password beda-beda. Belum lagi beberapa server yang harus diingat passwordnya.

Beberapa akun memang punya password yang sama. Tapi tentu bukan langkah yang bijaksana. Menggunakan fasilitas pengingat di browser sedikit banyak dapat membantu walau pun tentu sangat beresiko karena bisa digunakan oleh orang lain yang menggunakan laptop. Dan tentu harus memasukkan password juga ketika kita menggunakan atau meminjam laptop/PC lain.

Sebelumnya saya sangat mengandalkan Google Doc untuk menyimpan semua info login. Tapi untuk membukanya cukup repot apalagi dari handphone. Kemudian saya mencoba menggunakan Keeper, sebuah aplikasi mobile yang cukup handal. Masalahnya saya tidak merasa nyaman menggunakannya karena sering banget muncul pop up yang mengganggu. Padahal aplikasi ini cukup baik dan memiliki fitur akses dengan fingerprint yang lebih praktis. Dan perlu upgrade untuk penyimpanan di cloud.

Hingga akhirnya saya mencoba membuat sendiri aplikasi semacam password keeper ini. Karena saya baru belajar memprogram di Android Studio, maka saya membuatnya sederhana saja. Nanti kalau ada waktu akan dikembangkan fiturnya, seperti misalnya membuka akses dengan fingerprint. Untuk awal ini cukuplah fitur login dengan akun facebook. Jadi user tidak perlu susah-susah bikin akun login dan password untuk mengakses aplikasi ini.

Aplikasi yang saya buat selama kurang lebih 4 hari di luar jam kerja ini saya beri nama Pikunci, yang merupakan gabungan kata “pikun” dan “kunci”, hahaha… ngasal yak?

Ini aplikasi yang sangat sederhana, cuma untuk mengingat login dan password. Selain gratis, saya tidak membatasi berapa jumlah akun yang bisa disimpan oleh user. Semua data disimpan di cloud dengan jaminan kalau data yang disimpan tidak akan disalahgunakan (Kebijakan Privasi).

Untuk menggunakan Pikunci cukup mudah, Anda hanya perlu akun Facebook yang digunakan untuk identifikasi di Pikunci. Setelah itu Anda bisa mulai memasukkan akun-akun Anda. Sangat mudah kan? Aplikasi ini memang dibuat supaya mudah & cepat.

Kalau Anda mau, Anda dapat menginstallnya di beberapa smartphone. Kalau Anda menggunakan akun facebook yang sama, maka datanya akan sama di beberapa piranti tsb. Kalau handphone Anda yang ada Pikunci-nya hilang, Anda cukup mengganti password Facebook dari komputer, maka aplikasi Pikunci di handphone Anda tidak bisa diakses lagi.

Aplikasi Pikunci ini akan terus dikembangkan. Semoga bermanfaat ya.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Personal dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s