FbStart Jakarta Exclusive Meetup

Halo teman2… apa kabar? Semoga semua baik dan sehat yaaa…

Tanggal 15 Juli kemarin saya mengikuti acara meetup Fbstart Jakarta. Acara yang digelar oleh facebook ini diadakan di Raffless Jakarta Lotte Shopping Avenue Ciputra World. Dan dihadiri oleh beberapa startup di Indonesia yang tergabung dalam fbstart Indonesia.

Bagi yang belum tahu, Fbstart ini adalah program global dari facebook yang dirancang untuk membantu startup dalam membuat dan mengembangkan bisnisnya. Sepertinya sih tidak semua startup bisa ikutan, karena ada sistem seleksinya juga. Dan beruntung Hospitaloka bisa ikut tergabung dalam program Fbstart ini.

Saat Hospitaloka dinyatakan tergabung dengan Fbstart, Hospitaloka mendapatkan bantuan senilai $40,000 dalam bentuk layanan dan alat/tools yang bisa digunakan untuk meningkatkan bisnis startup kita. Layanan atau alat ini misalnya berupa sewa cloud, storage, software CRM, pengelolaan proyek & kolaborasi, fasilitas pemasaran bisnis, dan banyak lagi.

Seperti kita tahu, semua itu biayanya mahal loh! Tidak semua startup bisa menjangkau biaya ini. Tapi Fbstart memberikan kita kredit yang cukup besar sehingga dapat dengan leluasa kita gunakan untuk membiayai layanan dan alat-alat tersebut.

Selain itu Fbstart memfasilitasi meetup seperti ini untuk mempertemukan para startup dan menampung masukan-masukan dari para startup tersebut yang diharapkan dapat meningkatkan program Fbstart di Indonesia.

Bagi yang ingin ikutan Fbstart, silakan kunjungi link di bagian deskripsi video ini. Anda akan menemui panduan lebih lanjut tentang program fbstart ini. Oh iya, sebenarnya tidak hanya bagi startup yang baru mulai, tapi juga startup yang ingin mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya. Karena Fbstart ada 2 program, yaitu Bootstrap dan Akselerasi. Silakan pilih jalur yang sesuai dengan startup Anda.

Menurut saya, pertemuan Fbstart tempo hari sangat menarik. Tim dari Fbstart sangat terbuka atas masukan2 dari para pelaku startup.

Namun yang sangat menarik justru dari diskusi antar pelaku startup ini. Diskusi kami ini sangat menarik dan saling membangun. Banyak hal kreatif dan sifatnya solusi bagi masalah-masalah dan tantangan dari para pelaku startup.

Diskusi berlangsung cukup santai dan walau pun kami baru ketemu sepertinya sudah seperti teman lama saja. Itu terjadi karena kami punya beberapa kesamaan, salah satunya sama-sama memulai suatu usaha di bidang teknologi. Dan sepertinya ide-ide bisnisnya sangat disruptif bagi bisnis konvensional. Jadi… hati2 bagi para pelaku bisnis konvensional, karena kalian harus segera berubah. Kalau tidak… ya mungkin bakal mengalami kemunduran. Ingat kan contoh kasus ojek pangkalan, taxi konvensional, toko/mall konvensional, dan lain-lain. Mereka semua sudah mulai tergerus oleh bisnis baru yang berbasis teknologi.

Dan seperti hakekatnya teknologi yang membantu kehidupan manusia, ya tentu saja akan semakin maju dan semakin banyak bisnis yang berlomba-lomba memanfaatkan teknologi. Jadi kalau sekarang teknologi yang digunakan masih konvensional yaaa sudah waktunya untuk segera berubah dengan mengadopsi teknologi yang membantu masyarakat. Dan tentu saja dengan memanfaatkan teknologi, diharapkan dapat semakin memperluas jangkauan layanan kita kepada masyarakat.

Oh ya, dalam pertemuan kemarin saya bertemu dengan pengembang Pasienia yang merupakan software seperti media sosial tapi khusus bagi para pasien sehingga mereka bisa berdiskusi tentang penyakit2 yang dideritanya. Dokter juga bisa bergabung untuk membantu diskusi para pasien tersebut.

Saya bertemu juga dengan Mangjek yang dari namanya tentu bisa ditebak yaaa? Apa hayooo? Yap, Mangjek itu ojek online semacam Gojek atau Grab. Tapi basisnya Mangjek di Palembang. Kalau saya lihat di peta sih sepertinya sudah ribuan ojek yang bergabung dalam Mangjek. Wow…

Ada juga chorus yang sebentar lagi mau launching. Sepertinya ini software yang akan sangat membantu bagi para gitaris karena akan membantu gitaris memainkan lagu-lagu. Mestinya software seperti ini sudah ada saat saya masih aktif nge-band dulu ya?

Sebenarnya ada beberapa startup lain yang sayangnya saya lupa namanya dan apa bisnisnya… maaf yaaaa…

Kesimpulannya acara ini menarik dan sangat membantu para pelaku startup. Dan tentu karena kami bisa saling menyemangati dan banyak saran-saran untuk pengembangan. Pokoknya asyik deh…

Kalau nanti ada acara meetup lagi, sepertinya saya mau ikut lagi.

Oke sementara sekian dulu. Semoga cerita ini dapat bermanfaat bagi teman-teman. Dan kalau Anda merasa video ini bermanfaat, tolong klik tombol like dan share ke teman-teman yang lain. Siapa tahu mereka perlu tahu juga tentang Fbstart.

Oke, sampai jumpa. Terima kasiiiih…

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Personal dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s