Harddisk External 2 TB

Tidak terasa harddisk Toshiba Canvio Art saya yang 1 TB sudah penuh. Apalagi semenjak pakai DSLR dan GoPro yang punya ukuran foto dan video luar biasa. Kalau ada acara seharian bisa menghabis beberapa giga byte foto/video. Itu pun yang disimpan yang bagus-bagus saja, sedangkan yang jelek atau saya nilai tidak ada manfaatnya langsung saya hapus. Dan kebanyakan foto dari ponsel tidak saya backup karena langsung saya upload di instagram atau facebook atau google photo.

Mau tidak mau saya harus beli harddisk external baru. Sebenarnya ngiler pengen beli NAS, tapi terpaksa saya urungkan karena belum lama ini saya boros banget (baca: Penantian Panjang Yamaha Silent Guitar), hehehe… Jadi sementara beli yang murah dulu, yaitu harddisk external.

Semalaman cari harddisk external 2 TB yang termurah di beberapa toko online, hingga akhirnya ketemu harddisk external toshiba Canvio Basic 2 TB. Dibandingkan dengan Seagate, Western Digital, dll, harga Toshiba Canvio Basic ini paling murah. Jadi saya beli Canvio saja. Harddisk external saya sebelumnya juga Toshiba (Canvio Art) dan sudah berumur tua tapi tidak ada masalah. Jadi saya cukup yakin dengan Toshiba Canvio ini.

2TB untuk 2018. Semoga cukup 😊 #harddisk #backup

A post shared by Emanuel Setio Dewo (@setiodewo) on

Malam ini sambil menulis blog saya memindahkan 1 TB dari harddisk lama ke yang baru. Dan ternyata lama banget, hehehe…

Kok dipindah? Ya karena harddisk lama saya mau format ulang untuk menghilangkan partisi yang sebelumnya pernah saya pakai untuk backup MacBook Air. Dan mungkin akan saya pakai untuk membuat NAS dengan Raspberry Pi. Dulu pernah sukses buat sih, tapi ternyata lambat dan tidak stabil. Mungkin perlu buat NAS dengan laptop lama yang punya prosesor lebih bagus dari pada Raspberry Pi?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s