TouchRadio Berhasil!

{ Ini adalah sambungan dari tulisan “TouchRadio Gagal?” dan “Ngoprek TouchRadio Yuk?” }

Dua hari ini saya ngoprek TouchRadio yang hampir gagal itu. Saya tidak boleh menyerah. Mosok begitu saja menyerah? Justru kesulitan ini menjadi tantangan bagi saya. Hehehe…

Saya pun mencoba berbagai alternatif, mulai dari mengganti komponen hingga library coding. Bahkan hampir beralih menggunakan Raspberry Pi dengan display LCD 16×2. Tapi kalau cuma menggunakan LCD 16×2 maka tujuan saya gagal karena tidak touchscreen. Dan lagi kalau menggunakan Raspberry Pi biayanya jadi terlalu mahal dan kesannya overkill, seperti membunuh nyamuk dengan bom.

Jadi pagi ini pun saya kembali ke tujuan semula, yaitu menggunakan Arduino Uno dan TFT Touchscreen. Hanya saja kali ini saya mengganti modul radio dengan Si4703. Saya merasa ada yang salah dengan modul TEA5767 karena saya mencoba 3 modul TEA5767 hasilnya tidak akur dengan TFT. Lagian penerimaannya tidak sensitif. Jadi saya mengganti dengan Si4703.

Dan ternyata feeling saya benar. Si4703 bisa bekerja sama dengan TFT Touchscreen dengan baik setelah dilakukan sedikit tweaking, yaitu dengan mengganti pin reset TFT ke pin Reset Arduino dan pin reset Si4703 ke D0 Arduino. Semua berjalan dengan sempurna. Jadi saya bisa fokus mengerjakan software-nya.

Saya menggunakan library Si4703 standard yang tersedia di program Arduino. Memperbaiki sedikit ketidaksesuaian dan mengganti pin reset ke D0 (aslinya di D2, tapi pin D2 dipakai oleh TFT).

Saat ini saya sudah cukup senang dengan hasilnya. Coba lihat video di instagram di atas ya. Nampaknya cukup handal. Masih ada 1 PR, yaitu menyambungkan ke modul RTC. Ah besok lagi deh. Sekarang sudah kelaparan. Rupanya belum makan dari tadi. Dan untuk merayakan keberhasilan ini, saya pun memesan pizza, hahaha…

Iklan

2 respons untuk ‘TouchRadio Berhasil!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.