Mendesain User Interface Radio FM Touchscreen

{Posting ini adalah lanjutan dari “TouchRadio Berhasil!”, “TouchRadio Gagal?”, “Ngoprek TouchRadio Yuk?”}

Masih ingat proyek TouchRadio tempo hari kan? Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan-tulisan tersebut. Kali ini fokusnya adalah di user interface. Karena saya menggunakan LCD TFT 2.8″ Touchscreen, maka saya bisa mendesain tampilan (user interface) yang lebih atraktif. Dan lagi tidak perlu menambahkan tombol-tombol fisik karena kita bisa menggunakan fitur touchscreen-nya.

Saya pun dengan leluasa bisa merombak tampilannya. Kalau tadinya sederhana saja, serba kotak, maka kali ini saya buat lebih menarik dan sebebas-bebasnya. Namun menjadi sedikit kepenuhan karena kemudian saya menambahkan modul RTC DS3231 sehingga saya bisa menampilkan tanggal dan jam. Dan tentu saja harus ada fitur untuk mencocokkan tanggal dan jam.

Namun saat ini saya sudah merasa cukup puas dengan desain user interface-nya.

Selanjutnya yang bisa dikerjakan adalah:

  1. Memindahkan semua komponen ke PCB. Sepertinya cukup pakai perfboard saja. Rasanya males bikin PCB custom, kan cuma dibikin 1 unit saja, kecuali kalau mau diproduksi masal, hehehe… Sedangkan kalau pakai breadboard tidak handal, rawan terganggu koneksinya kalau dipindah-pindah.
  2. Menambahkan fitur alarm. Saat ini sedang googling bagaimana memanfaatkan fitur Alarm1 dan Alarm2 di DS3231. Bakal seru kalau pagi-pagi dibangunin lagu-lagu dari radio.
  3. Mengubah tampilan Off menjadi lebih elegan. Rencananya sih semua tampilan radio dan jam hilang. Cuma tersisa tampilan Tanggal dan Jam yang besar memenuhi layar, tentu saja plus tombol besar untuk On.
  4. Pengen bisa menambahkan relay untuk mematikan modul PAM8403 dan Si4703 saat Off. Jadi lebih hemat daya sekaligus bisa lebih hening. Mungkin ini jadi sedikit lebih ribet secara pin Arduino Uno sudah terpakai semua. Oh iya, masih tersisa D1. Sedangkan D0 sudah terpakai untuk reset-nya Si4703. Sepertinya masih bisa menambahkan relay. Cuma mungkin relay-nya yang elektronik saja ya? Kalau yang mekanik mungkin jadi boros tempat.
  5. Mendesain box radio. Ini yang rada sulit secara keterbatasan peralatan dan material untuk membuat box/case yang keren. Tempo hari sempat membuat box dengan kotak generik tapi hasilnya kurang rapi. Mungkin untuk demo bisa menggunakan kardus ya? (Baca: Simple CardBoard Radio). Idealnya sih bikin box pakai printer 3D ya? Ahhh indahnya kalau punya printer 3D.

Ah pengen segera weekend untuk bisa ngoprek lagi. Tunggu update selanjutnya yaaa… Sampai jumpa.

NB: Kalau ada pertanyaan atau masukan silakan dituliskan di bagian komentar di bawah. Saya akan jawab jika sempat (dan niat).

Iklan

Satu respons untuk “Mendesain User Interface Radio FM Touchscreen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.