C.H.I.P Dengan LCD 16×2

Saat masih mentok ngoprek TouchRadio, saya pun melirik C.H.I.P yang teronggok manis di meja. Tempo hari CHIP ini saya konfigurasi sebagai Radio Internet. Saat saya nyalakan ternyata radio internet-nya berjalan dengan baik. Lalu saya ingin ngoprek CHIP ini lebih lanjut. Misalnya dengan menambahkan LCD 16×2 yang kebetulan saya masih punya stock 1 buah. Jadi saya pun menyambungkannya.

Asyiknya adalah karena header CHIP sudah ada tulisannya. Jadi gampang tahu pin mana yang dituju. Berbeda dengan Raspberry Pi yang header-nya tidak ada tulisannya. Jadi harus menghitung untuk mendapatkan pin yang benar.

Oh iya, saya menggunakan LCD 16×2 dengan backpack I2C sehingga lebih praktis. Cukup menggunakan 2 pin untuk komunikasi dengan CHIP. Berikut adalah koneksinya:

LCD i2c CHIP
VCC 5V
GND GND
SDA TWI1 SDA
SCL TWI1 SCK

Tuh kan gampang nyambungnya? Selanjutnya adalah code-nya. Silakan merefer ke: CHIP I2C LCD Project. Atau langsung download contoh source code-nya: lcd_i2c.py. Setelah itu bisa kita sesuaikan dengan kemauan kita, mau dipakai untuk menampilkan apa.

Tinggal nambahin tombol utk ganti channel.

A post shared by Emanuel Setio Dewo (@setiodewo) on

Sepertinya bener-bener bisa dijadikan radio internet yang keren. Kita bisa menambahkan beberapa tombol. Misalnya tombol mode yang bisa mengganti mode tampilan: mode radio (menampilkan channel dan volume), mode monitoring (suhu, kelembaban, tanggal dan jam), mode system (menampilkan IP, suhu CPU dan utilitas CPU), dan banyak lagi.  Tombol kedua bisa digunakan untuk mengganti-ganti channel radio. Sedangkan untuk volume bisa menggunakan PAM8403 yang sudah build in potensiometer volume. Kebetulan ada stock-nya, hehehe…

Pasti bisa keren ya? Apalagi kalau diberi casing yang keren.

Iklan

Satu respons untuk “C.H.I.P Dengan LCD 16×2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s