C.H.I.P Untuk Alarm Radio Internet

Baiklah, tempo hari sudah berhasil membuat radio internet dengan CHIP (baca: C.H.I.P Radio Internet Autostart dan Memanfaatkan C.H.I.P Sebagai Radio Internet). Tapi rupanya radio internet tersebut nyala terus sepanjang malam. Malah mengganggu tidur saya, hahaha…

Jadi saya pun membuat jadwal kapan radio internet ini nyala dan kapan akan mati. Caranya gampang kok. Kalau Anda tertarik membuatnya juga, silakan melanjutkan membaca artikel ini.

1. Menyalakan Radio Internet

Tempo hari di artikel sebelumnya sudah kita buat script /etc/startvlc.sh. Jangan lupa mematikan pemanggilan script ini dari /etc/rc.local supaya tidak autostart. Karena kita akan memanggilnya berdasarkan jam tertentu, bukan saat CHIP dinyalakan.

Kunci dari penyalaannya adalah dengan memanggil script ini dari crontab. Anda bisa menentukan kapan script akan dipanggil sehingga radio internet akan menyala. Tapi ada yang perlu kita tambahkan sedikit. Mari kita edit script tersebut:

$ sudo nano /etc/startvlc.sh

Kemudian sesuaikan isinya seperti berikut ini:

#!/bin/sh
pkill -9 -u vlc
sudo -u vlc cvlc http://streaming.mramedia.com:8000/hardrock.m3u &

Apa yang dilakukan oleh script ini? Perintah pkill akan membunuh user vlc. Seperti sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, kita menjalankan internet radio ini melalui user vlc. Jadi kalau kita bunuh user vlc, maka jika sebelumnya internet radio ini menyala, maka radio akan dimatikan.

Perintah selanjutnya adalah menjalankan cvlc (versi command line dari vlc) yang akan streaming suara dari HardRock FM. cvlc dijalankan oleh user vlc.

2. Mematikan Radio Internet

Untuk mematikannya kita perlu membuat sebuah script. Mari kita buat. Jalankan perintah berikut ini:

$ sudo nano /etc/killvlc.sh

Kemudian ketikkan isinya seperti berikut ini:

#!/bin/sh
pkill -9 -u vlc

Baiklah, isinya memang mirip dengan script /etc/startvlc.sh. Tapi script ini tugasnya cuma membunuh user vlc.

Jangan lupa membuat supaya script ini bisa dieksekusi dengan mengeset bit eksekusi. Caranya dari terminal:

$ sudo chmod +x /etc/killvlc.sh

3. Menjadwalkan Kehidupan dan Kematian

Baiklah, subjudul di atas terdengar horror ya? Tapi sebenarnya di artikel ini tidak ada yang horror kok. Hahaha…

Mari kita edit file crontab. File ini sangat penting karena akan selalu dibaca oleh sistem dan sistem akan menjalankan semua perintah di sana sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Untuk mengeditnya:

$ sudo nano /etc/crontab

Kemudian kita tambahkan baris berikut ini di bagian paling bawah dari file crontab:

0  0     * * *   root    /etc/killvlc.sh
0  6     * * *   root    /etc/startvlc.sh
30 7     * * *   root    /etc/killvlc.sh

Apa yang dilakukan ke-3 baris ini? Baris pertama adalah untuk mematikan radio internet pada jam 00:00. Tentu supaya saya bisa tidur dengan nyenyak dan mimpi indah, xixixi

Baris kedua adalah untuk menyalakan radio internet pada jam 06:00. Ini bisa jadi pengganti alarm yang seringkali saya snooze, hehehe…

Ada bagusnya kalau lebih pagian lagi. Tapi karena malam ini terlambat tidur lagi (karena menulis artikel ini), jadi saya set jam 6 saja.

Baris ketiga adalah untuk mematikan radio internet pada jam 07:30. Karena pada jam segitu saya harus segera berangkat ke kantor, atau terlambat… hehehe…

Penutup

Sebenarnya asyik juga loh ngoprek C.H.I.P atau Raspberry Pi (duh jadi ingat kalau Raspberry Pi Zero W belum saya apa-apain). Jelas kedua board ini lebih powerful dari pada Arduino atau Wemos sekalipun. Tapi memang lebih ribet ngopreknya. Sedangkan Arduino lebih praktis dan serba gampang ngopreknya.

Kelemahan dari radio internet ini adalah karena dia butuh koneksi internet yang cukup memadai supaya bisa streaming dengan lancar. Syukurlah sekarang internet sudah cepat dan mulai terjangkau.

Kelebihannya tentu di suaranya yang lebih jernih dari pada radio konvensional yang mengandalkan frekuensi radio. Sebenarnya pengen nyoba radio digital juga sih. Mungkin kapan-kapan perlu beli modulnya.

Tambahan

Sudah lewat jam 00:00 tapi radio masih menyala. Padahal saya sudah mengeset supaya dibunuh jam 00:00. Kemudian saya cek di crontab rupanya saya typo menuliskan killvlc. Pantesan tidak mati, hahaha…

2 pemikiran pada “C.H.I.P Untuk Alarm Radio Internet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.