Mengamati Utilisasi CPU & Memory CHIP

Tempo hari kita sudah berhasil memanfaatkan C.H.I.P sebagai radio internet (baca: C.H.I.P Radio Internet Autostart dan Memanfaatkan C.H.I.P Sebagai Radio Internet). Dan saya cukup senang bahwa kenyataannya CHIP ini bisa jadi alarm radio juga (baca: C.H.I.P Untuk Alarm Radio Internet). Tapi saya penasaran dengan berapa utilisasi CPU dan memory CHIP ketika digunakan sebagai radio internet.

Sebagai informasi singkat, CHIP memiliki 1 CPU ARMv7 yang memiliki clock 1 GHz dan RAM 512 MB. Sementara internal storage-nya 4 GB. CHIP sudah dipersenjatai koneksi Wi-Fi dan Bluetooth 4.0. CHIP memiliki 1 micro USB OTG dan 1 USB 2.0 ukuran standard. Kalau melihat bagian bawah board, maka akan ditemukan 1 port JST yang bisa disambungkan ke baterai. Asyiknya adalah USB OTG bisa digunakan juga untuk men-charge baterai.

Sedangkan untuk urusan penampilan bisa menggunakan monitor composite via jack TRRS. Jika diinginkan untuk penyambungan ke monitor VGA atau HDMI, maka CHIP menyediakan VGA/HDMI adapter yang bisa dibeli terpisah. Untuk informasi lebih lanjut silakan merujuk ke website resmi C.H.I.P.

Karena saya tidak memiliki adapter VGA/HDMI, maka urusan pemantauan utilisasi CPU dan memori bisa dilakukan via ssh dengan menggunakan aplikasi htop. Namun solusi ini tidaklah praktis karena harus menggunakan laptop untuk melihatnya.

Jadi saya pun menyambungkan LCD 16×2 I2C yang praktis sehingga urusan penampilan tidaklah merepotkan. Untuk koneksi bisa membaca artikel saya sebelumnya (baca: C.H.I.P Dengan LCD 16×2). Untuk library LCD 16×2 saya ambil dari artikel HOW TO SETUP AN I2C LCD ON THE RASPBERRY PI. Ambil library I2C_LCD_driver.py di situ.

Lalu saya pun menuliskan code yang memanfaatkan library ini untuk menampilkan utilisasi CPU, utilisasi memory, suhu CPU dan jam. Berikut adalah code-nya:

import I2C_LCD_driver
import time
import datetime
import psutil

formatDate1 = ' %a %d/%m/%Y'
formatDate2 = '%H:%M:%S {:5}\'C'
format1 = 'CPU {:3}% MEM {:2}%'

lcd = I2C_LCD_driver.lcd()

cat = lambda file: open(file, 'r').read().strip()

while True:
  namafile = "/sys/class/hwmon/hwmon0/temp1_input"
  temp = cat(namafile)
  temp = float(temp)/1000

  lcd.display_string(format1.format(int(psutil.cpu_percent()), int(psutil.virtual_memor$
  lcd.display_string(datetime.datetime.now().strftime(formatDate2).format(temp), 2)
  time.sleep(1)

Hasilnya cukup mengasyikkan. Pemantauan bisa independen, tidak tergantung laptop. Dan rupanya CHIP sudah cukup powerfull dan stabil jika digunakan sebagai radio internet. Lihat saja hasil pemantauannya yang saya upload di instagram.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.