Membuat CHIP OLED Shield | Vlog

Saya punya 2 buah CHIP. Saya sangat menyukai CHIP. Namun sekarang CHIP sudah menjadi barang langka karena sudah tidak dijual lagi oleh NextThingCo. Konon akan keluar CHIP versi GR8. Tapi sudah lama berselang tidak keluar-keluar juga. Sedangkan CHIP Pro tidak se-powerful CHIP versi original ini.

Karena saya senang mengoprek CHIP, maka saya mendesain shield khusus untuk CHIP yang akan menambahkan display OLED versi I2C (inter-integrated circuit) dan 5 buah tombol. Dengan shield ini, saya jadi mudah mengoprek CHIP dan bisa berkonsentrasi menuliskan kode.

Ya rasanya saya perlu mendesain sebuah shield untuk CHIP karena selama ini CHIP memang tidak banyak punya aksesoris. Coba saja bandingkan dengan Arduino yang punya banyak variasi shield, atau Raspberry Pi yang melimpah aksesoris Hat/pHat-nya. Sedangkan CHIP jarang sekali. Kalau saya mendesain shield untuk CHIP, mungkin bisa membantu teman-teman yang punya CHIP yang selama ini kesulitan dalam mengopreknya.

Di bawah ini adalah video youtube cerita tentang CHIP OLED Shield ini.

Untuk tutorial bagaimana cara kerja CHIP dengan display OLED ini bisa merujuk ke artikel: CHIP + Mini OLED Display + Luma OLED = CHIPtimus Prime. Di situ ada link untuk penggunaan versi SPI juga. Tapi berhubung saya punyanya stock I2C, maka saya mendesain shield ini menggunakan versi I2C.

Ada beberapa catatan saat merakit shield ini, yaitu:

  1. CHIP memiliki banyak header, 2x pin-nya Raspberry Pi. Dan tipenya female. Sebenarnya saya sangat suka header model ini karena ngoprek CHIP jadi lebih mudah. Namun jadi agak repot karena terlalu banyak nyoldernya, hehehe…
  2. Lubang di PCB untuk pin OLED terlalu kecil. Padahal saya sudah menggunakan komponen standard di Fritzing. Mau ngebor tapi males nyari bor yang entah saya simpan dimana, hahaha… Jadi harus sedikit memaksa supaya pin bisa masuk ke lubang PCB. Sayangnya tidak bisa masuk secara penuh sehingga display rada tinggi ngambangnya. Namun jadi keren sih, hehehe…

Shield ini bisa buat apa saja? Ya tentu tergantung dari kreativitas Anda. Mau dibuat untuk apa saja juga bisa. Yang pasti, CHIP ini sebenarnya komputer kecil. Dia bisa dibuat untuk apa saja. Kalau mau, bisa saja dijadikan server. Dan display itu jadi menambah keren CHIP-mu.

Oh iya, saya mendesain shield ini dengan 5 tombol. Saya menambahkan label di kelima tombol itu sebagai: Shutdown, Prev, Next, Up, dan Down. Saya sengaja menambahkan tombol Shutdown, karena sejatinya CHIP adalah komputer yang tidak boleh asal colok-cabut power, beda dengan Arduino. CHIP harus shutdown untuk mematikannya. Saya sudah sering asal colok-cabut power sih, dan sampai sekarang belum rusak. Tapi yang saya baca kenekadan seperti ini bisa merusak CHIP, terutama storage-nya. Kalau sudah rusak bisa repot karena Flash Storage-nya sulit diganti, harus ganti chip. Beda dengan Raspberry Pi yang kalau rusak storage-nya tinggal mengganti SD Card.

Saat ini di video baru saya tampilkan program untuk test OLED Display saja. Saya menggunakan contoh bawaan dari Luma.OLED, yaitu menampilkan transaksi Bitcoin secara realtime. Saya belum sempat membuat program test untuk tombol-tombolnya. Mungkin besok saya akan membuatnya.

Kalau shield ini terbukti berhasil, baik dari display OLED mau pun tombol-tombolnya, maka saya akan share desain PCB-nya. Juga kode untuk test-nya.

Sementara sekian dulu ya? Besok kita lanjut lagi. Semoga artikel dan video ini bermanfaat. Salam.

Iklan

Satu respons untuk “Membuat CHIP OLED Shield | Vlog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.