Update CHIP OLED Internet Radio : Volume OFF dan Banyak Station

Tulisan ini bukan bukan merupakan cicilan PR tempo hari sih. Ini lebih ke optimasi program internet radio di CHIP. Tadinya saya menggunakan tombol “Shutdown” untuk mematikan dan menyalakan suara radio. Tapi berarti saya tidak bisa menggunakan tombol shutdown ini untuk mematikan CHIP (shutdown). Jadi saya pun berpikir bagaimana caranya mematikan suara radio dan kemudian menampilkan jam tapi tidak menggunakan tombol Shutdown.

Stand by mode #chip #internetradio

A post shared by Emanuel Setio Dewo (@setiodewo) on

Saya pun berpikir selayaknya radio jaman dulu. Radio jaman dulu itu volumenya model putar. Putar ke kiri memelankan suara sedangkan putaran ke kanan membuat suara jadi keras. Ketika diputar ke kiri sampai mentok dan bunyi klik, radio pun mati.

Dan saya pun menirunya! Ketika tombol Down ditekan sampai ke volume 0, maka radio pun dimatikan dan kemudian menampilkan jam. Untuk menyalakannya lagi cukup tekan tombol Up yang akan menyalakan dan mengeraskan volume 1 step. Asyik ya? Sedikit beda, kalau radio jadul diputar, kalau radio saya ini ditekan. Satu masalah terpecahkan.


Update berikutnya adalah mengenai stasiun radio streaming. Kalau di video youtube tempo hari ada beberapa stasiun yang tidak nyala (lihat youtube: CHIP OLED Internet Radio), ternyata bukan karena server streaming radio tersebut down, tapi karena saya salah ambil URL server streaming.

Kemudian saya mendapatkan sumber untuk mengambil URL streaming yang benar, yaitu dari Online Radio Box. Saya pun membaharui daftar channel radio streaming saya. Tentu tidak semua server streaming saya masukkan. Saya hanya memasukkan beberapa yang saya kira cukup popular. Termasuk di antaranya beberapa radio di Semarang. Total 32 stasiun. Banyak ya?

Sayangnya saya tidak nemu URL Female Radio versi Semarang yang kalau tengah malam acaranya horror, hahaha… Oh iya DeltaFM juga tidak ada dan harus dari webcast yang mereka sediakan.

Dengerin radio Gajahmada FM Semarang dari sini 😊

A post shared by Emanuel Setio Dewo (@setiodewo) on

Anda dapat mengambil update script CHIP OLED Radio Internet dan daftar channel radio bisa merujuk ke: setiodewo/CHIP-OLED-Radio-Internet. Anda juga boleh mengembangkan source code tersebut. Jangan lupa share pengembangannya ya?

Semoga bermanfaat.

Iklan

Satu respons untuk “Update CHIP OLED Internet Radio : Volume OFF dan Banyak Station

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.