Test Kolesterol Sendiri

Setelah Senin lalu mencoba ngetes sendiri gula darah (baca: Kolesterol Tinggi), hari ini saya mau mencoba ngetes sendiri kolesterol. Saya sudah puasa sejak jam 20:00. Tapi sebelum ngetes, saya jalan kaki dulu ke pasar untuk belanja pisang, apel, brokoli dan wortel. Sayang pasarnya dekat, jadi sepertinya tidak tepat kalau dihitung olah raga. Tapi sudah bisa membuat sedikit berkeringat, hahaha…

Oh iya, hari ini libur memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Selamat memperingati bagi yang merayakan.

Nah, sepulang dari pasar saya mempersiapkan segala sesuatu untuk test, termasuk memastikan strip test kolesterol beserta memorinya. Jari yang saya tusuk adalah jari manis kiri. Ternyata hasilnya “LO” (LOW). Nah loh, kok bisa? Padahal hari Sabtu yang lalu hasilnya tinggi banget. Saya pun konsultasi sama kakak-kakak. Bahkan sudah dikonsultasikan juga ke laborat RS. Katanya sih tidak apa-apa, justru kalau hasilnya HI (HIGH) yang harus diwaspadai.

Kalau melihat di buku petunjuk sih artinya kolesterol dalam darah kurang dari 100 mg/dL dan direkomendasikan cek ulang. Jika tetap Low, maka harus segera ke dokter. Nah lo, jadinya kan panik. Walau pun kata laboran hasilnya tidak apa-apa low tapi kan tetap panik. Maklum, saya kan orang awam di bidang kesehatan.

Kata kakak sih mungkin darah kurang masuk ke strip. Baiklah, saya coba tes ulang. Kali ini di jari tengah kiri. Dan hasilnya tetap LO.

Apakah karena alkohol dari swab belum kering di jari sehingga membuat hasil pemeriksaan tidak valid? Begitu kecurigaan kakak. Baiklah, walau tetap masih merasa ngeri, saya pun mencoba test ulang. Masih tetap di jari tengah kiri. Hehehe… ini jari yang paling tinggi di antara temen-temennya dan saya anggap jari yang paling kuat.

Setelah memastikan alkohol kering, saya pun mulai men-test darah. Setelah menunggu 150 detik, hasilnya tetap LO. Nah kan berarti memang benar-benar LO. Cek tanggal kadaluarsa stripnya juga masih panjang, tahun 2020.

Sebenarnya kakak usul test asam urat juga. Tapi lain kali deh. Hari ini sudah terjadi penusukan 3 kali, hahaha…

Baiklah, saya menganggap hasilnya memang LO. Walau pun rada aneh juga sih secara hari Sabtu lalu sangat tinggi di angka 231 mg/dL. Setelah test saya makan pisang dan merasa lega. Lapar setelah semalam puasa. Paling enak memang puasa malam karena tidak terasa, hahaha…

Terima kasih Tuhan karena hasil test baik.

Iklan

2 pemikiran pada “Test Kolesterol Sendiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.