Test Asam Urat Sendiri

Tempo hari saya mencoba test kolesterol sendiri (baca: Test Kolesterol Sendiri) yang hasilnya nampak meragukan karena hasilnya “LO”. Padahal sebelumnya test di Century hasilnya 231 mg/dL. Sampai-sampai saya harus ngecek 3 kali untuk memastikan apakah hasilnya valid atau tidak.

Nah sore ini saya mencoba cek asam urat. Kebetulan EasyTouch GCU selain bisa digunakan untuk test Glucose (gula darah) dan Cholesterol juga bisa digunakan untuk test Uric Acid (asam urat).

Rada deg-degan juga sih karena sebelum ini saya tidak pernah test asam urat. Secara saya tidak pernah mengalami keluhan atau gejala asam urat. Tapi saya mencoba pede aja.

Hasilnya cukup melegakan karena alat test menunjukkan angka 4.4 mg/dL yang berarti masih normal. Untuk pria batas asam urat dalam darah adalah 3-7.2 mg/dL. Sedangkan untuk wanita 2-6 mg/dL.

Hasilnya 4.4 mg/dL

Hasil ini sangat melegakan sekali. Dan sepertinya punya alat test sendiri itu asyik ya? Bisa cek setiap saat kalau curiga ada sesuatu yang mengganggu, misalnya leher belakang terasa kencang, pegal di dada/bahu, dll. Walau pun demikian test sendiri ini belum tentu akurat sih. Karena seperti ditulis di buku petunjuk, angka-angka batas cuma digunakan untuk referensi. Namun setiap orang bisa saja berbeda kondisinya.

Yang paling tepat ya sebaiknya konsultasi ke dokter jika ada keluhan tapi ketika ditest sendiri hasilnya normal. Mungkin nilai ambang kita berbeda dengan angka yang ada di referensi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.