Beberapa Aplikasi Untuk SysAdmin dengan iPad-nya

Kalau Anda seorang system administrator yang sering bepergian dan lebih suka menggunakan Apple iPad, maka Anda membutuhkan beberapa aplikasi ini. Karena dengan menggunakan beberapa aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah mengelola server-server Anda.

Termius

Termius adalah sebuah aplikasi yang gratis tapi hebat. Dengan Termius kita bisa me-remote server dengan protokol ssh/mosh dan telnet. Kita bisa mengkonfigurasikan beberapa koneksi dan Termius dapat menyimpan password atau secret key sehingga kita dapat dengan mudah terkoneksi ke server tanpa perlu login lagi.

Termius memang hanya menawarkan remote dengan console text, tapi ya ini memang level pertama remote server yang mesti dipelajari oleh seorang system administrator.

Lebih baik jika Anda menggunakan mosh (protokol mobile ssh) sehingga sesi remote Anda akan aman walau pun koneksi yang Anda gunakan tidak stabil atau bahkan putus. Ketika tersambung lagi, sesi ssh Anda tidak akan hilang. Sangat disarankan untuk sesi remote yang sangat lama seperti instalasi, backup, update/upgrade, dll.

Disediakan pula shortcut atau emulasi tombol seperti Ctrl, Alt, Tab, Del, dll. Bahkan jika dibutuhkan bisa dibuat sendiri kombinasinya. Tapi ya paling enak jika kita menggunakan keyboard external.

Selain tersedia di iOS, Termius juga tersedia untuk Android. Kalau Anda sering bepergian tapi tidak mau membawa laptop yang berat, sepertinya Anda harus meng-install Termius di iPad/Tablet atau bahkan smartphone (iOS/Android) Anda.

VNC Viewer

VNC dari RealVNC adalah aplikasi untuk remote server yang sudah terkenal sejak lama dan kini sudah sangat matang dan dianggap sebagai standard defacto remote desktop. Tidak hanya untuk me-server tapi juga untuk PC desktop biasa.

Server Anda mungkin tetap dikonfigurasi secara headless. Namun demikian Anda tetap dapat me-remote server tersebut secara grafis dengan menginstall desktop dan vncserver di server Anda. Seolah Anda punya PC di iPad Anda. Padahal itu hanya remote.

Kalau saya biasanya meng-install xfce4 yang ringan di server sehingga ketika remote dengan VNC Viewer ini lebih ringan. Asyiknya adalah sekujur penampang display iPad bisa digunakan sebagai touchpad raksasa untuk menggeser cursor dan klik mouse. Plus support gesture. Asyik kan? Sayangnya untuk mengubah resolusi layar harus di-set di sisi server dengan paramater “-geometry”. Tidak bisa on the fly.

Memang lebih nyaman jika bekerja dengan GUI. Karena dengan GUI kita bisa menggunakan editor text mumpuni seperti geany. Atau bisa dengan mudah menjalankan beberapa terminal sekaligus.

Oh ya, VNC Viewer ini tidak hanya bisa digunakan untuk me-remote server linux, tetapi juga bisa untuk me-remote MacOS. Tapi untuk remote MacOS harus punya koneksi supercepat ya. Karena kualitas tampilannya secara default menggunakan kualitas tinggi. Apalagi biasanya Mac punya resolusi tinggi (baca: retina).

Microsoft Remote Desktop (RDP)

Bagaimana jika server Anda adalah Microsoft Windows Server? Tidak usah khawatir, karena ternyata Microsoft menyediakan aplikasi Remote Desktop (RDP) untuk iOS (dan MacOS). Resolusi tampilan bisa diubah-ubah melalui konfigurasi koneksi yang Anda buat di RDP, tapi koneksi akan ter-restart. Dan seperti halnya VNC Viewer, seluruh layar dapat difungsikan seperti touchpad raksasa dengan dukungan gesture.

Mekanismenya RDP memang agak berbeda dengan VNC. Ya memang dibuat dari 2 alam yang berbeda. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Mungkin kapan-kapan kita kupas perbedaannya.

Tapi ya memang sangat menarik menggunakan RDP karena saya bisa menipu teman-teman seolah punya iPad tapi sistem operasinya Windows. Mereka mengira saya bisa meng-install Windows di iPad dan meminta di-install-kan juga. Hahaha ya tidak bisa.

Saya install RDP ini karena salah satu server kami terpaksa menggunakan Windows Server. Padahal saya selalu merekomendasikan Linux yang lebih ekonomis tapi tetap punya kinerja hebat.

Penutup

Itulah beberapa aplikasi remote yang perlu di-install di iPad seorang SysAdmin versi saya yang baru belajar jadi SysAdmin. Kalau Anda SysAdmin juga dan kebetulan punya informasi aplikasi yang perlu di-install di iPad, silakan dibagikan juga di bagian komentar di bawah.

Oh iya sebagai tambahan, sebenarnya aplikasi untuk SysAdmin itu masih banyak ya. Tapi berhubung di atas sudah dituliskan aplikasi remote terminal dan desktop, ya aplikasi SysAdmin yang lain bisa diakses dari desktop tersebut. Misalnya: gedit, mc (midnight commander), htop, mytop, nmap, WireShark, MySQL-Workbench, dan banyak lagi.

Seandainya saja ada versi MySQL-Workbench di iPad tentu akan sangat menyenangkan.

Iklan

Satu pemikiran pada “Beberapa Aplikasi Untuk SysAdmin dengan iPad-nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.