Menjadikan iPad Sebagai Display Kedua

Dalam bekerja saya biasa menggunakan 2 display: 1 display bawaan laptop dan 1 monitor external. Kalau di kantor saya menggunakan monitor 22″ dengan resolusi FHD sedangkan kalau di apartemen menggunakan monitor 18″ HD atau TV biasa. Ya saya memang suka menggunakan 2 display karena bisa melihat banyak hal sekaligus.

Tapi kemudian saya ingin mencoba menggunakan iPad generasi 6 tahun 2018 saya sebagai monitor. Kebetulan iPad ini punya resolusi cukup tinggi walau pun iOS tidak menggunakannya secara full resolusi. Dari beberapa cara yang ada, sepertinya Duet (DuetDisplay) adalah cara yang terbaik. Konon Duet ini dibuat oleh mantan engineer Apple yang tentu sangat memahami hal-hal teknis produk Apple.

Cara penggunaannya mudah, cukup beli aplikasi Duet untuk iOS di iPad dan download (gratis) Duet versi MacOS. Duet versi iOS memerlukan perubahan hak akses sistem di MacOS. Setelah itu hubungkan iPad ke MacBook Pro dengan kabel lightning-nya. Dan iPad bisa mulai dijadikan display ke-2 kita.

Yang cukup menggembirakan adalah karena Duet mendukung penampilan 60 fps (frame per second). Ini sudah cukup cepat bagi mata kita sehingga cukup nyaman untuk digunakan. Resolusi juga bisa dipilih sesuai kebutuhan. Sayangnya iPad saya cuma punya ukuran 9.7″ sehingga tidak terlalu nyaman jika menggunakan setting resolusi tertinggi. Tulisan jadi terlalu kecil dan tidak nyaman di mata.

Fitur unggulan berikutnya adalah karena touch screen di iPad bisa digunakan sebagai input. Bahkan kita bisa menggunakan Pencil untuk menggambar atau menulis di aplikasi2 MacOS. Jadi kalau ada dokumen yang perlu ditandatangani bisa langsung kita goreskan Pencil di dokumen tersebut. Atau untuk menggambar juga bisa dilakukan.

Yang tak kalah menarik adalah fitur TouchBar di display iPad. Sebagai informasi, MacBook Pro saya adalah versi standar tanpa TouchBar. Ya memang fitur ini tidak terlalu penting (menurut saya). Tapi ketika menggunakan Duet, kita bisa meng-enable fitur TouchBar ini. Walau pun menurut saya fitur ini tetap tidak terlalu penting, tapi memiliki fitur ini cukup bisa mengobati rasa penasaran.

Aplikasi ini memang harus dibeli seharga Rp 150.000. Tapi menurut saya manfaatnya sepadan dengan harganya. Lagi pula kita bisa sekalian nge-charga iPad ketika menggunakannya sebagai display kedua. Sebenarnya Duet ini ada beberapa versi lagi, yaitu Duet Pro dan Duet Air. Tapi saya belum mencoba kedua versi tersebut. Menurut saya Duet+ ini sudah mencukupi kebutuhan saya akan display kedua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.