Membuat WhatsApp di Ubuntu Seperti Aplikasi Desktop Beneran

Seperti kita ketahui bersama bahwa aplikasi desktop WhatsApp tidak tersedia untuk platform Ubuntu (atau lebih tepatnya Linux secara umum). Kalau pun ada, itu bukan resmi keluaran WhatsApp. Tapi dari pihak ke-3 yang kadang kala disusupi iklan atau bahkan malware/trojan. Jadi pengguna Ubuntu akan sedikit iri dengan pengguna MacOS atau pun Windows yang memiliki WA versi desktop.

Sebenarnya pengguna Ubuntu tetap dapat menggunakan versi web (web.whatsapp.com). Tapi ya gitu deh, harus berbagi tab dengan halaman internet yang lain. Kalau pun tab-nya dilepas dari browser, tetap ada tampilan tab dan panel alamat (address bar) yang bagi saya sedikit mengganggu pemandangan. Hahaha…

Namun usah khawatir. Saya ada solusi untuk menyingkirkan tab ini dan address bar serta menambahkan shortcut di desktop Ubuntu sehingga seolah-olah seperti menggunakan WhatsApp versi desktop beneran. Mau tau caranya? Yuk kita buat.

Pertama-tama buka terminal. Bisa menggunakan shortcut Ctrl+Alt+T. Kemudian jalankan perintah berikut:

cd Desktop
touch wa.sh
chmod +x wa.sh
nano wa.sh

Perintah-perintah di atas adalah untuk membuat file executable dengan nama wa.sh di Desktop. Perintah terakhir di atas untuk menjalankan editor teks. Nah sekarang kita isikan perintahnya.

#!/bin/sh
google-chrome --window-size=800,1024 --window-position=1120,20 --app="https://web.whatsapp.com"

Setelah itu simpan file dengan menekan kombinasi tombol Ctrl+o.

Oh iya, jangan lupa meng-install Chrome. Karena cara ini spesifik untuk membuka WhatsApp web di Chrome. Setelah itu kita bisa menjalankan WhatsApp web di jendela khusus Chrome tanpa tampilan tab dan address bar. Jadi seolah-olah menggunakan aplikasi WA versi desktop betulan. Contoh screenshot saya sertakan di atas.

Pada contoh script di atas saya meletakkan jendela di posisi x=1120 y=20 yang mana ini ada di sebelah kanan. Anda juga bisa menentukan sendiri posisinya sesuai resolusi layar Anda dengan mengisikan koordinat di parameter --window-position. Saya memang suka meletakkan jendela WA di sebelah kanan sementara di sebelah kiri biasanya saya membuka browser atau editor script.

Sedangkan untuk menentukan ukuran jendela bisa ditentukan di parameter --window-size. Di situ saya menetapkan ukurannya 800×1024.

Anda punya cara-cara praktis seperti ini? Yuk dibagikan supaya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Salam.

Iklan

Satu pemikiran pada “Membuat WhatsApp di Ubuntu Seperti Aplikasi Desktop Beneran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.