Seberapa Cepat SSD M.2 NVMe 256 GB V-GeN?

Kemarin saya membeli SSD NVMe M.2 dengan kapasitas 256 GB dari V-Gen untuk meng-upgrade laptop Asus TUF FX505DD saya. Setelah upgrade ini laptop menjadi jauh lebih gegas, baik saat booting mau pun saat menjalankan aplikasi-aplikasi besar.

Namun kemudian saya jadi penasaran, seberapa cepat SSD ini? Kalau harddisk SATA dengan putaran 7200 RPM itu rata-rata kecepatan baca dan tulisnya 80-160 MB/s. Lalu seberapa cepat SSD sehingga bisa meningkatkan performa laptop secara keseluruhan? Seberapa jauh beda kecepatannya?

Sebenarnya ada beberapa tipe SSD, misalnya tipe SSD dengan konektor SATA yang biasanya dapat langsung menggantikan posisi harddisk 2.5″ di laptop karena sama-sama menggunakan konektor SATA. Biasanya SSD SATA ini kecepatan baca dan tulisnya antara 400-600 MB/s.

Lalu ada juga SSD versi M.2 yang bisa memiliki kecepatan sampai kurang lebih 1.800 MB/s. Sedangkan M.2 yang menggunakan teknologi NVMe bisa melesat jauh kecepatannya sampai 2.500-3.500 MB/s. Wow, itu berarti lebih dari 20x kecepatan harddisk.

Nah, SSD V-GeN yang saya beli ini tertulis kecepatan bacanya sampai 3.500 MB/s dan kecepatan tulisnya sampai 2.500 MB/s. Benarkah SSD ini bisa mencapai kecepatan tersebut? Mari kita coba benchmark kecepatannya.

Oh ya, karena saya menggunakan Ubuntu, maka cara yang digunakan adalah dengan cara standar Ubuntu. Programnya sudah bawaan standar Ubuntu, yaitu dd dan hdparm.

Pertama adalah untuk mengukur kecepatan baca dengan perintah hdparm. Ternyata kecepatan bacanya mencapai 3.649,54 MB/s. Kecepatan baca ini melebihi klaim V-GeN yang menuliskan kecepatannya sampai 3.500 MB/s.

Kedua adalah untuk mengukur kecepatan tulis dengan perintah dd yang menuliskan file sebesar 1 GB berisi 0. Ternyata kecepatannya cuma 765 MB/s. Jauh lebih rendah dibandingkan klaim V-Gen yang menuliskan kecepatan bacanya sampai 2.500 MB/s. Dari beberapa kali uji coba tulis rentang kecepatannya antara 650-870 MB/s. Namun tidak pernah lebih dari 1.000 MB/s.

SSD V-Gen ini memang bukan yang mahal. Bahkan saya membeli merek V-GeN ini karena yang paling murah dibanding SSD NVMe merek lain. Sepertinya perlu coba beli merk lain yang lebih terkenal yang klaimnya punya kecepatan baca 3.500 MB/s dan tulis 3.000 MB/s.

Tapi menurut saya SSD V-GeN ini sudah jauh lebih baik dari pada harddisk yang sepertinya sekarang sudah mulai ditinggalkan. Bahkan sekarang sudah banyak laptop segmen entry level mulai menggunakan SSD.

Jika laptop Anda masih menggunakan harddisk, cobalah upgrade ke SSD. Percayalah, meng-upgrade dari Harddisk ke SSD adalah tindakan yang benar. Bahkan sangat direkomendasikan.

Iklan

2 pemikiran pada “Seberapa Cepat SSD M.2 NVMe 256 GB V-GeN?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.