Raspberry Pi Sebagai Alarm Musik di Pagi Hari

Sudah suatu hal yang lumrah jika saya menggunakan hape sebagai alarm di pagi hari untuk membangunkan diri ini. Tapi seperti sudah kebiasaan, biasanya alarm dari hape ini akan saya snooze dan kembali tidur. Saya masih ngantuk dan lagian melakukan snooze itu semudah menggeser jempol di hape. Setelah beberapa kali snooze akhirnya saya pun kesiangan bangunnya, hahaha…

Saya perlu alarm yang lebih ribet sehingga untuk mematikannya perlu bangun dari tidur. Jadi saya membuat alarm dengan menggunakan Raspberry Pi. Caranya mudah kok. Cukup menambahkan 2 baris di cron job.

Pertama-tama pastikan output audio dipindah dari HDMI ke Analog. Hal ini perlu dilakukan supaya RPi tidak tergantung dengan TV. Namun demikian diperlukan Speaker Aktif untuk menyalurkan suara dari RPi. Untuk itu sambungkan jack dari speaker aktif ke port audio di Raspberry Pi.

Setelah itu edit file crontab dengan perintah:

sudo nano /etc/crontab

Tambahkan baris berikut ini di bagian terbawah crontab:

0  5    * * *   dewo    DISPLAY=0:0 cvlc /home/dewo/Musik; killall vlc
0  6    * * *   dewo    killall vlc

Perintah killall yang kedua untuk memastikan vlc harus mati satu jam kemudian. Jangan lupa copy file-file musik yang diinginkan ke folder /home/dewo/Musik. Oh iya, ganti “dewo” dengan username Anda sendiri.

Nah, di pagi hari saya akan terbangun ketika mendengarkan lagu-lagu metal yang saya simpan di folder Musik. Mematikannya akan rada ribet karena saya akan menyalakan tv, membuka terminal dan membunuh VLC. Saya harap saya tetap terbangun saat menjalankan prosedur mematikan alarm ini. Tapi ya kalau ngantuk banget bisa jadi tetap akan tidur lagi, hahaha…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.