Lagu Pemanasan 02 (Versi Panas)

Ini sebenarnya lagu yang sama dengan “Lagu Pemanasan 02” tempo hari. Cuma waktu itu begitu dapat inspirasi langsung direkam. Padahal masih belepotan mainnya. Xixixi…

Sedangkan yang ini adalah versi pembaharuan. Lebih enak didengar dari pada versi sebelumnya (*xixixi… menurut kupingku*). Karena judulnya adalah Pemanasan, maka ini adalah versi yang bener-bener sudah panas. Sudah digodog sampai empuk kemudian digoreng. Hayah… ini malah jadi ngelantur tho? Langsung saja, selamat mendengarkan.

Baca selebihnya »

Gitar-gitar Tak Berdawai

Weks… emang ada gitar tak berdawai ya? Lalu bunyinya bagaimana dong? Eh, ternyata memang ada loh! Berikut adalah beberapa gitar tak berdawai tersebut.

1) Misa Digital Guitar

Gitar berjejuluk Misa Digital Guitar ini lebih tepat disebut sebagai sebuah MIDI Controller dari pada gitar beneran. Hanya bentuknya diadaptasi menjadi sebuah gitar.

Yang unik adalah karena gitar ini me-utilisasi touchscreen untuk memicu bunyinya. Dengan tingkat sensitivitas tinggi, efek suara bisa dibangkitkan berdasarkan kuat penekanan dan luas area tekan atau dengan menggeserkan jari pada area touchscreen ini.

Lebih asyik lagi karena gitar ini diotaki oleh kernel Linux 2.6.31 (Gentoo) yang open source. (Tulisan sebelumnya: Misa Digital Guitar. Ada demonya loh!)

2) Rock Band 3 Fender Mustang Pro Guitar Controller

Kalau ini jelas bukan gitar main-main, karena dibuat oleh produsen gitar ternama kaliber dunia Fender. Seperti Misa Digital Guitar, gitar Fender Mustang Pro ini juga merupakan sebuah MIDI Controller. Namun tidak seperti Misa, FMP masih memiliki dawai untuk dipetik. Sedangkan fretboard-nya dipenuhi tombol pengganti dawai. Jumlah tombol fret ini ada 102 buah.

Yang paling unik adalah karena gitar ini bisa dimutilasi menjadi 3 bagian sehingga bisa praktis dibawa kemana-mana. Dan tentu saja tidak perlu ribet nyetem snar-nya ya? Hehehe…

Bagi sebagian orang, kecanggihan FMP ini masih kurang greget karena gitaris tidak bisa melakukan bending dan kesulitan dalam memainkan chord, apalagi untuk pergantian chord yang cepat. Ya tapi tujuan gitar ini dibuat memang untuk memainkan game Rock Band 3, tentu tidak bisa menggantikan gitar regular. Tapi ada potensi kayaknya.

Baca selebihnya »

Lagu Pemanasan 02

Lagi-lagi bikin lagu untuk pemanasan. Masih seperti pemanasan terdahulu yang mengandalkan iringan standard dari Zoom G1u. Namun kini menggunakan pattern “1970 Blues Rock.” Dipilihnya pattern ini karena sangat rancak. Seperti biasa, permainan gitarnya masih rancak (lari-lari) bin amburadul (hiks).

Kayaknya perlu berjam-jam pemanasan supaya mainnya bener-bener halus. Hihihi…

Note: Lagu ini sudah diperbaiki di: “Lagu Pemanasan 02 (Versi Panas)”

Baca selebihnya »

Belum Ada Judul

Ini adalah draft (memang lagu bisa draft?) atau prototype sebuah lagu. Masih belum selesai dan masih perlu diperbaiki, terutama permainan gitarnya (hiks). Walau pun demikian daku merasa perlu meng-upload-nya. Terutama sebagai arsip. Atau bisa juga dapat masukan dari para sahabat tentang alur ceritanya, eh, alur lagunya. Siapa tahu bisa jadi proyek kolaborasi. Hihihi…

Baca selebihnya »

Silent Guitar atau Zoom G1u?

Zoom G1u
Zoom G1u
Bermula dari angan-anganku memiliki Yamaha Silent Guitar (SLG 100S) jadinya malah beli multi efek gitar Zoom G1u. Weks… nyasarnya jauh banget yak? Hihihi… biarin aja!

Lha habis mau bagaimana lagi? Harga SLG 100S ini tidak akur dengan isi kantong. Tunjangan kenakalan atau pos hobiku tidak cukup untuk menebusnya, padahal sudah didiskon 22% dari harga normal. Hiks…

Akhirnya daku pun mengalihkan pikiran ke hal lain yang tidak terlalu mahal. Eh, jatuhnya nge-GAS (Gear Acquisition Syndrome) juga. Daku sih mikirnya sederhana saja. Lha wong gitar sudah punya beberapa, jadi sekarang waktunya mencoba memperbaiki permainan dulu. Mosok dari dulu ngga berkembang kempis permainannya sih? Hem, kalau menilik umur sih kayaknya bakal sulit ngejar ya? Tapi whatever-lah, yg penting smangad. Hihihi…

Daku sih pengennya bisa bikin lagu sendiri. Permainan ngga perlu hebat bin heboh. Yang penting bisa bikin lagu. Sederhana saja ngga mengapa, yang penting produktif. Toh lagu-lagu jadul juga ngga heboh tapi bisa melegenda. Ya tho?

Baca selebihnya »

Misa Digital Guitar

Dapat info tentang gitar digital dari Bro Yus, maka langsung saja daku mencari tahu tentangnya di internet. Tersebutlah Misa Digital Guitar yang merupakan gitar digital asli. Gitar yang sejatinya adalah MIDI controller yang berwujud gitar ini disebutkan oleh penciptanya tidak untuk menggantikan gitar elektrik mau pun akustik. Karena ranahnya berbeda. Seperti halnya gitar elektrik yang tidak menggantikan gitar akustik sampai sekarang.

Asyiknya adalah karena gitar digital ini diotaki oleh kernel Linux 2.6.31 (Gentoo) yang open source. Oleh karenanya desain interface dan pengembangan lebih lanjut akan dapat dilakukan dengan mudah.

Baca selebihnya »