Boros Nge-GAS

Niatnya sih mengantar Bro Yus lihat-lihat gitar, untuk mencoba playability beberapa merek gitar sekalian survey harga-harga gitar dan aksesorisnya. Perjalanan dimulai dari Toko Musik Yamaha yang berada di mall Karawaci. Tidak lupa membandingkan merek dan harga-harganya di Gramedia yang kebetulan juga ada di situ.

Namun melihat gitar-gitar keren dan mencoba-cobanya membuat hati ini tergoda. Seandainya saja tidak ingat anak-istri, tentu daku sudah memboyong sebuah Yamaha RGX A2. Padahal sebenarnya yang mau beli gitar adalah Bro Yus. Hahaha…

Nyaris memboyong Yamaha RGX A2. Yg warna putih keren loh!
Nyaris memboyong Yamaha RGX A2. Yg warna putih keren loh! Diskon lagi...

Syukurlah hati ini bisa ditahan, walau pun pada akhirnya beli macem-macem juga. Kalau Bro Yus membawa pulang gitar akustik Yamaha & tasnya, maka daku memboyong Gig Bag Yamaha plus tuner digital merk FZONE FT-90 yang bisa digunakan untuk gitar & bass, baik untuk yang akustik mau pun elektrik. Kebetulan harganya cukup murah.

Hem… niatnya sih ngirit dengan ngerem pengeluaran, tapi akhirnya nge-GAS juga. Padahal daku pagi harinya baru saja memesan AmPlug AC30. Boros banget yak? Gara-gara virus GAS nih.

Jual-Beli di Kaskus

Kaskus emang asyik (sampai-sampai masuk lagunya Saykoji yang berjudul Online). Apalagi forum jual belinya (FJB). Daku sendiri sudah beberapa kali beli macem-macem via kaskus. Pernah mencoba jual juga sih, tapi tidak laku. Akhirnya lapaknya ditutup. Hahaha…

Barang-barang yang daku beli via kaskus sampai hari ini:

  1. Daihatsu Taruna FGZ (Ehm…)
  2. Zoom G1X
  3. Danelectro Fab Metal & Fab Chorus
  4. Samick GT2 Greg Bennett
  5. VOX amPlug AC30 (updated: Des 2009)
  6. Drive SS-22 Les Paul Model (update: Jan 2010)

Wah, ternyata baru 6. Maklumlah, newbie (padahal sudah join sejak Juli 2006). Hehehe… Tentu banyak teman-teman yang jual-belinya jauh lebih fantastis di Kaskus. Daku sih baru heboh nge-GAS belum lama ini. Gara-gara ingin koleksi (amatiran) gitar. Hehehe…

Yang patut diacungi jempol adalah karena banyak barang langka yang dijual di Kaskus. Tinggal rajin hunting aja. Kalau beruntung, kita bisa dapat barang langka dengan harga murah/terjangkau. Makanya dong: “online-online, online-online” (nyanyi lagunya Saykoji)

Pengen Jadi Kolektor Gitar

Dulu saat masih SMP daku pernah memimpikan jadi kolektor gitar. Selain punya satu ruang khusus yang berisi banyak koleksi gitar, daku juga memimpikan punya studio musik pribadi. Dulu sih inginnya mendapatkan semuanya itu dari hasil bermain musik. Asyik banget tho?

Namun apa daya sampai kini belum kesampaian. Tidak bisa disebut sebagai seorang kolektor. Lha wong gitarnya cuma 2. Dan juga karena diriku tidak terjun di dunia musik. Juga permainan gitarnya tidak pernah naik kelas. Bagaimana bisa menghasilkan? Hahaha…

Tapi keinginan itu masih terus menggebu. Walau pun permainan gitar tetap belum naik kelas, walau pun belum menghasilkan uang dari dunia musik, namun boleh lah jadi kolektor. Tetapi, sekali lagi tetapi, ternyata butuh dana besar. Idealnya kan koleksi gitar yang bagus atau yang langka dan unik. Dan gitar bagus atau langka dan unik itu mahal banget. Bahkan harga second-nya pun masih mahal. Hiks… nabung dong!

Ayo SMANGAT-SMANGAT!!!

~~~

Link asyik:
~ The Guitar Museum
~ Fender Museum of Music and the Arts
~ The National GUITAR Museum

K.S Aji Tone Workshop

Tentu dunia persilatan pergitaran tidak asing dengan nama ini: K.S Aji Tone Workshop. Kalau saja nama ini masih asing di telinga Anda, maka Anda termasuk yang ketinggalan informasi. Karena brand K.S Aji Tone Workshop telah menjamah dunia global lewat dunia maya. Dan belakangan brand ini semakin perkasa merambah pasar domestik walau pun tanpa promosi berlebih.

K.S Aji Tone Workshop adalah sebuah brand perorangan yang memproduksi efek gitar dengan kualitas tinggi. Tidak hanya tone-nya yang unik, juga grafis casing-nya yang menarik. Daku sempat geli saat K.S Aji merilis efek OCD yang bukan berarti Obsessive Compulsive Drive dari Fulltone tapi merupakan singkatan dari Overdrive Campur Distortion. Apalagi efek ini ditingkahi dengan bahasa jawa tulen. Kocak deh, hahaha…

Foto Bareng Mas Aji
Foto Bareng Mas Aji

Oh ya, tone yang unik ini didapat dengan penggunaan komponen elektronika yang berkualitas tinggi dan sebagian darinya diperoleh dengan import. Ditambah dengan modding komponen sehingga karakter tone-nya benar-benar beda dengan efek gitar yang telah lebih dulu ada.

Karena kualitasnya yang tinggi ditambah dengan suaranya yang unik, jelas bahwa efek ini menyasar pemain gitar segmen menengah ke atas. Apalagi harganya yang tidak bisa dibilang murah. Tapi bagi musisi lokal, K.S Aji kerap memberikan harga yang murah hati. Hehehe…

Dan daku senang sekali dapat main ke rumah Mas Aji. Dari rumah yang sekaligus berfungsi sebagai workshop ini daku mendapat banyak sekali inspirasi. Dan yang kebetulan adalah karena Mas Aji ini alumni UNDIP juga, tapi jurusan arsitek angkatan 92. Sedangkan kakaknya, yaitu Gatak adalah jurusan elektro UNDIP angkatan 89 yang berarti adalah kakak kelasku! Hahaha… dunia emang selebar daun kelor.

~~~

Terkait:
~ K.S. Aji (Analog WarCry)
~ K.S. Aji Tone Workshop (official)
~ K.S. Aji Tone Workshop Guitar Pedal (eBay)

Batam Di Benak Anda?

Apa yang terpikir di benak Anda ketika suatu saat Anda harus bertugas di Batam? Hem… pasti jawabannya macam-macam. Dari kulakan tas, fashion, ponsel, sampai ke wisata kuliner. Tidak sedikit yang menyarankan untuk menyeberang ke Singapore. Atau ke Pulau Galang lewat jembatan Balerang. Yap, menarik sekali membicarakan Batam.

Daku sendiri rada nyeleneh saat memikirkan berkunjung ke workshop-nya Kintoko Sukmo Aji (K.S Aji Tone Workshop). Sore ini daku kesampaian bisa main ke workshop-nya. Dan tentu tidak melewatkan wisata kuliner setelahnya. Benar-benar mengasyikkan hari ini.

Ceritanya menyusul ya? Hehehe…