Yang Murah di Batam

Batam terkenal dengan aneka gadget (barang elektronik) yang murah. Terutama karena Batam dekat dengan Singapura yang merupakan pelabuhan internasional dan memiliki kebijakan pajak export-import yang rendah. Makanya banyak limpahan barang-barang elektronika dari Singapura ke Batam dan dijual murah. Tapi benarkah demikian?

Lexus & Sopir Pinjaman

Gadget Murah?

Hasil tanya-jawab dengan beberapa orang dari Batam menyimpulkan berbeda. Memang dahulu ketika perdagangan masih bebas terjadi antara Singapura dan Batam, banyak barang elektronika murah-meriah melimpah di Batam. Tetapi rupanya ini merusak pasar dalam negeri dan menyebabkan persaingan tidak sehat akibat rusaknya mekanisme pasar nasional. Barang-barang import tanpa pajak ini tentu memiliki banderol yang murah. Barang-barang tak kena pajak ini kerap disebut sebagai BM (Black Market). Tentu saja para importir resmi dan produsen barang elektronik di tanah air jadi gerah karena mereka tetap terkena berbagai pajak yang menyebabkan harganya jadi melambung dan tidak dapat bersaing dengan barang BM.

Pemerintah juga rugi karena tidak dapat mengutip pajak terhadap barang-barang elektronik ini. Padahal dahulu sempat barang-barang elektronik jenis tertentu terkena Pajak Barang Mewah selain pajak-pajak yang lain. Alhasil pemerintah melarang perdagangan bebas barang-barang elektronika dari Singapura ini. Jikalau ada perdagangan, maka akan dikutip pajak yg sesuai.

Beberapa orang masih dapat mengakalinya dengan menenteng barang2 elektronik ini sehingga seolah-olah untuk dipakai sendiri, padahal sebenarnya barang2 ini akan dia jual lagi. Tetapi tentu tidak dalam jumlah yg besar. Nah, jika ingin memiliki gadget murah, lebih baik beli langsung ke Singapura atau titip teman yg kebetulan ke sana. Atau cari saja channel yg biasa bermain di BM.

Mencari Gadget Murah

Rasa penasaran terhadap mitos gadget murah di Batam tetap melanda. Salah satu informan berkata bahwa ada sentra penjualan barang elektronik murah di Batam. Namanya Samarinda Shopping Center di daerah Nagoya. Kebetulan dekat dengan tempat kami menginap. Akhirnya kami ke sana sekedar ingin tahu saja.

Sayangnya tempat tersebut tidak banyak menjual jenis-jenis gadget. Yang mendominasi adalah penjualan handphone, terutama handphone second. Itu pun tidak seramai dan sebanyak di Ambassador Mall. Tentang harganya memang sangat nego, tergantung keterampilan menawar kita. Tapi aku kurang berminat karena kebanyakan yg dijual di sana adalah tipe lawas. Mungkin jika yg dijual adalah tipe baru atau PDA, barulah aku berminat.

Kamera digital atau handycam pun tidak ada di sini. Padahal Pak Sofian sudah titip handycam. Justru di Batam Mega Mall atau Batam Mall ada dijual kamdig dan handycam. Tetapi harganya sama dengan harga Jakarta. Beberapa toko independen di Nagoya Business Center malah menawarkan harga yg asal-asalan. Masak kamdig MPix dihargai 1,7 juta? Padahal produk dari Modern Photo ini di Jakarta hanya dijual 750 ribu. Ketika aku protes yang jual cuma melongo.

Walau pun hanya meneliti beberapa tempat penjualan gadget, tetapi dapat disimpulkan bahwa tidak ada lagi gadget murah yg dijual di Batam. Kalau pun murah, itu yang barang second. Kalau barunya bisa jadi lebih mahal dari harga Jakarta.

Lalu Apa yang Murah di Batam

Ternyata masih ada yang murah di Batam, yaitu mobil. Seperti kita tahu, di Singapura berlaku peraturan bahwa usia maksimal mobil hanya 3 (atau 5 ya?) tahun. Setelah itu wajib pensiun. Nah, di Batamlah mereka membuang (=menjual) mobil2 bekas tersebut. Dan harganya? Muuuuurah sekaleeee.

Berapa harga limo Mercedes Benz second dari Singapura berusia 3 tahun? Hanya 150 juta. Jika kemudian mobil ini dijual lagi, harganya langsung drop sampai 60-70 juta. Harga Toyota Unser (sebangun dengan Toyota Kijang kapsul) adalah 70 juta. Dan jika usianya sudah lebih dari 5 tahun, harganya akan semakin drop. Dan drop-nya tidak tanggung-tanggung! Mobil-mobil dengan usia 5-10 tahun hanya seharga 20-40 juta di sini. Murah nggak sih? Yang jelas mobil mewah dan limited edition jamak berkeliaran di Batam.

Sayangnya

Sungguh sayang karena mobil2 murah nan mewah ini tidak dapat keluar dari Batam. Tentu ada sangsinya jika ini dilanggar. Untuk menandai kalau mobil2 ini adalah ex-Singapura, pemerintah memberikan huruf “X” pada huruf akhiran nomer. Misalnya nomer: BM 123 XA. Karena ada huruf “X”-nya, maka mobil ini tidak boleh keluar Batam. Sedangkan mobil tanpa huruf “X” bisa keluar-masuk Batam dengan bebas. Tetapi mobil tanpa huruf “X” ini berasal dari Indonesia dan berharga Indonesia. Jadi pasti lebih mahal dari mobil2 ex-Singapura.

Aku jadi membayangkan, seandainya mobil2 murah ini bisa masuk Jakarta, maka jumlah pemilik mobil akan semakin banyak karena murahnya harga mobil. Dan Jabotabek akan semakin macet-cet-cet-cet. Problem di transportasi semakin banyak. Mungkin transportasi umum jadi tidak laku? Mungkin…
Tetapi kemudian aku membayangkan: siapa sih yang tidak ingin memiliki mobil mewah sekelas Mercedes Benz? Dan untuk memilikinya tidak perlu dana ratusan juta, tetapi cukup orde puluhan juta saja. Makanya, pindah Batam dong!!! Ogah ah…

About these ads

Tentang Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Tulisan ini dipublikasikan di Jalan-jalan. Tandai permalink.

519 Balasan ke Yang Murah di Batam

  1. Yoh berkata:

    waduh yang udah dapat tiket gratis ke Batam ini, rupanya tidak beta kalau tinggal diBatam, kira-kira dari segi apanya yang membuat mas Dewo tidak berniat untuk tinggal disana ?
    Jadi pesanan Mbak Lina mengenai PDA juga tidak jadi dicarikan. saya juga cukup senang mendengar kisah mas Dewo mengenai Batam. sekali-kali saya juga kepengen ke sana, dan melihat ada peluang apa disana.

    • Wielova berkata:

      Ada lagi yg lebih murah di Batam…”ceweknya”
      Di Batam byk dicari pekerja cewek, jadi populasi cewek di Batam gak imbang dg cowoknya. Gak heran cowok di Batam byk ulahnya. Yang kelas kecoa pun bisa besar kepala direbutin cewek2…capek dehhhhh

  2. dewo berkata:

    Aduh, Pak Yo…
    Akhirnya mengunjungi blog-ku juga.
    Yg bikin nggak betah: Jauhnya itu :-D
    Ayo dong aktif di milis, jadi bisa menang dapat hadiah jalan-jalan gratis.

    • widyawati berkata:

      aku org nya agak gaptek. jd ndak th u/ memulai komunikasi dg mas dewo dr mn. ya ud klik aja balas disini.
      oh ya mas dewo, aku pingin tahu sebesar apa sih peluang u/ merubah masa depan di batam? katanya klo kerja di sana gajinya besar. sebenarnya saya sih pingin adu nasib di sono… tapi sy tdk tahu banyak tentang batam. bisa bantu kasih gambaran buat saya?

    • @Widyawati,

      Terus terang saya tidak tahu banyak tentang situasi & kondisi di Batam terutama peluang kerja & masa depannya.

      Mohon maaf tdk bisa bantu jawab. Mungkin rekan2 di sini ada yg bisa bantu Widyawati?

      Salam

  3. benny berkata:

    hi…..saya mau nanya nich bagaimana cara ngeluarin mobil dari batam? atau ada orang yang bisa ngeluarin mobil keluar dari batam karena kebanyak an mobil dari batam kan ngak bisa keluar dari batam thx for all

  4. dewo berkata:

    Sopir taxi yg mengantar saya ke bandara bilang kalau bisa saja mengeluarkan mobil dari Batam. Ada dua cara (menurut ceritanya ya?):

    1. Dipretelin. Jadi mobil dari Batam dipretelin dan diketeng satuan.
    2. Membawa surat-surat mobil sejenis dari Jakarta. Ini harus me-ngetrik nomer mesin dan nomer rangka mobil dari Batam sehingga sesuai dengan nomer mesin dan rangka yang tertera di surat-surat. Baru deh mobil bisa dibawa keluar.

    Tapi ini sekedar cerita dari sopir taxi. Entah benar bisa dilakukan atau nggak. Yang jelas katanya dia sudah beberapa kali melakukannya.

    • agneta wenas berkata:

      pak dewo,, itu sopir taxi ngibul. mana bisa mobil di pretelin gitu aja dgn memalsukan surat2x. polisi batam gak gmpang untuk di tipu , ,,!!!! jgn percaya deh,, itu ma cuma cari sensasi aja tuh sopir… biar bisa di bilang mafia mobil bekas batam jakarta…

    • @Agneta Wenas,

      Iya, mungkin sopir taxi tsb cuma ngibul. Saya dapat ceritanya begitu. Tapi tentu tidak wajib kita percayai.

      Salam.

  5. Gelis Triatmono berkata:

    Mas. Dewo…..gimana caranya bisa jadi wong Batam…?
    Soalnya saya pingin banget bisa kerja di Batam.

  6. Ferry berkata:

    Bah saya setengah blan aja di Batam dah ga betah, udaranya puanas banget melebihi Jakarta, kemana-mana mesti pake taxi dus ga ada tempat hiburannya kecuali hiburan malam or mall, pokoke klo buat orang baik -baik ga enak laaah tp klo yang seneng hiburan malam plus plus yaaa monggo :D

    • Rina berkata:

      komentar anda tidak benar… saya sdh di Batam sejak th 98 , bisnis sy lancar dan berkah, keimanan sy Alhamdulillah bertambah…hidup tenang dan tidak macet,…mau hiburan….. ke Singapore aja…Jakarta ??… 10 tahun sy di Jkt…sdh puas dengan berbagai dunia gemerlap , kalo diikuti….wuiih… mengerikan …..

    • Vivian berkata:

      emang batam Panas, tapi tidak ada polusi. tidak kayak jakarta, polusi, macet, bayak copet, jambret n malah ada perkosaan di angkot lagi. pokoknya jakarta kriminal paling tinggi. tdk kayak di batam udara segar, banyak pohon, tidak macet, simple, praktis n tidak pakai ribet dech hidup di sini. resort banyak n dekat, makanan seafood enak enak. banyak restaurant. kalo hiburan malam hy di peruntukan buat yang nakal, bukan utk org yang baik. semua itu kan tergantun iman nya aja. daripada memperkosa orang, lebih baik cari cewek yang bisa di bayar.

    • sayangku berkata:

      itu tergantung orangnya ferry,, sya sudah lama berdomisili dibtam, transportasi angkot dan sejenisnya banyak,,, dan banyak orang yang bekerja baik2 dibatam bahkan sampai sukses,, dan jgn asal ceplos,, kalo pengalaman masih dangkal,, jgn liat sisi buruknya,, faham….

  7. Danan berkata:

    Hi,…
    Gw kelahiran Bekasi yang ude di batam dr ’98.
    Oie kebetulan gw tau dikit ttg mobil batam, periode 4thn lalu mobil batam ada beberapa yg kluar tetapi dengan banyak persyaratan dan juga jenis yang kluar itu jenis yang ada di luar batam.. ( ngga ada bedanya )
    Jadi ya tetep mimpi aj kalo punya niat bawa kluar jenis mobil yang ngga ada di luar batam.( buat enjoy di batam aj… )
    Ttg batam Laennya (Elektronik,etc) udah ngga ada bedanya ma tempat klahiran gw (Bekasi / JKT),…
    Oie Hiburan,.. Batam cuma t4 buat cari duit and yg paling interest buat gw : Batam View and Golf
    That’s all

    • syarif berkata:

      mas. bisa tidak bantu saya untuk mencari mainboard bekas dari singapore di BATAM. minimal P4 LGA. saya dengar di sana murah? kalo bisa kabari saya ya mas.

    • widyawati berkata:

      apa yg buat kamu krasan sekian tahun di batam? aku penasaran banget tentang batam. bisa cerita banyak sama saya?

    • chika nanda berkata:

      setuju..pak,,batam cuma tempat nyari duit dan cari peluang aja..gw jga anak bekasi dan udah lama jga di batam,,,dan gw betah2 aja tuch,,masalah cuaca memang panas nya menyengat,,tpi yg pasti batam gak macet….dan tingkat kriminal nya jga g terlalu tinggi…gak kayak di bekasi apalagi jakarta..wuuuiiihh…perjalanan yg harusnya 10 menit sampe aja bsa berjam2..mitos nya sech klw sudah terminum air batam pasti akan balik lagi,,,tau dech bener apa enggak nya..; )

  8. Danan berkata:

    Hi,…
    Gw kelahiran Bekasi yang ude di batam dr ’98.
    mpe skg gw tetep mimpi kalo punya niat bawa kluar jenis mobil yang ngga ada di luar batam.( buat enjoy di batam aj… )
    Ttg batam Laennya (Elektronik,etc) udah ngga ada bedanya ma tempat klahiran gw (Bekasi / JKT),…
    Oie Hiburan,.. Batam cuma t4 buat cari duit and yg paling interest buat gw : Batam View and Golf
    That’s all

  9. Iya, betul banget Mas Danan. Terima kasih komentarnya.
    Salam.

  10. ois berkata:

    wah2.
    bagi2 info mobil dong..
    harga2nya berapaan aja…
    slk yg model lama berapa??..
    skyline r34 gtr/gts berapa??..
    sama land cruiser yg baru berapa??..
    maw dong infonya..
    soalnya di sini aku ada surat2 bekas mobil2 yg kebakar..
    ada mercedes benz ml270..
    yg bekas asuransi semua deh..
    xtrail, teranno dll
    lumayan kalo busa di pretelin, buat ganti onderdil mobil yg rusak aja..
    hehe..

    add msn aku yagh..

    owizz_axicpakubuwono@hotmail.com
    ol tiap hari tiap jem juga..

    trimakasih..
    nanti dapet komisi deh kalo ngambil..
    hehe..

  11. dewo berkata:

    Silakan kalau ada yang bisa bantu ois. Dapat komisi lho! Jadi buruan!!!

  12. ois berkata:

    mas dewo bisa kasih pricelistnya gak??..
    biar aku tanyain ongkos masukinnya…
    pengen neeh bawa ke jkt.. skyline,rx7 sama slk/clk..
    huahahahaha…
    kalo murah2 kan mantap…

    ayo dong sapa yg bisa bantu??…

  13. dewo berkata:

    Waduh Mas Ois… saya tidak main di situ dan yg begituan :-D

    Bagaimana dengan pembaca lain?

  14. pras sisjaya roti berkata:

    pengalaman saya tinggal di batam 2 minggu : 1. sex dan judi legal, 2. mobil plat nomernya ekornya ‘X’ adalah exs Singapura (murah), 3. ada cerita,bahwa mobil bisa dikeluarkan dari Batam melalui pesawat Hercules (tidak sepengetahuan Bea Cukai) 4.makanan mahal, soalnya di batam tidak ada petani sayuran 5. (bisa dibandingkan) teh O (teh manis) segelas kecil Rp 3.000, 6. tidak ada angkot, yang ada hanya taxi (itupun tawar menawar, karena tanpa argo), 7. mending jakarta, walaupun macet tapi masih bisa kemana-mana dan ngapa-ngapiin murah

    • 662008 berkata:

      km datangnya tahun gberapa pak ?/////,,, , sex dan judi legal,????? coba km lakukan pasti km di ringkus ma polisi,, hehehe,,, makanan mahal ? biasa saja,,, kalo enak pasti tentu mahal dunk,,, petani sayur? adah tuhh,, datang aja kamu ke arah barelang…. teh O Rp. 3.000 itu sudah murah sedunia tau,,, dimana2 batam banyak angkot dan taxi banyak karna batam adalah kota industri dan wisata,, so JAKARTA ??//// AMPUN deh,, perjalanan 1 jam bisa jadi 5 jam,,,pengalaman 2 minggu belum menjadi tolak ukur kamu bisa memfonis kota batam seburuk mungkin,,

  15. iroel berkata:

    ehm.. jadi pingin comment pengalaman mas Pras neh.
    saya sudah sejak 98 juga tinggal di Batam, setahu saya diBatam banyak kok petani sayuran, teh manis tergantung minum-nya dimana dulu, trus banyak juga angkot [banyak banget malah], kalo taxi emang gak ada argo, tapi di Batam emang gitu, harga juga sdh standart Batam, kalo ke Batam jgn naik taxi gelap, bisa gak selamat..
    ttg yg laen perlu comment gak.?
    kalo saya disuruh pilih, saya mah pilih di Batam… gak macet, dalam sekejap bisa nyampe kantor. pulangnya cepet nyampe dirumah, bisa banyak istirahat.
    di Jkt..? uugh..boro2.. saya mah stress abis kalo lagi di Jkt
    kalo ngomongin soal jalan2, gampang juga kok ,kalo bosen di batam mo ke Spore hayuuk, malaysia dekeet.. gak perlu bayar fiskal lagi…he..he..

    • andy berkata:

      bener tuh sy lebih setuju dibatam dari pada dijakarta sudah lah macet jorok lagi

    • 662008 berkata:

      IROEL : betul bgt tuh,, jalan2 keluar negri gak harus ngeluarkan uang yg banyak,, singapore, malysia , tailand,, hahhaha,, dan kalo naik taxi juga harga standard,,, kalo di luar batam,, harus mikir2 dl naik taxi krn harga nya mahal,,,

    • rose berkata:

      setuju dgn pendapat iroel..sy di btm dr thn 89..masih hutan sekarang sdh jd metropolitan.

  16. tria berkata:

    apa memang semua produk tidak bisa dikirim keluar dari batam?????

    • maruli berkata:

      tidak benar, semua bisa di kirim keluar, tergantung dengan siapa? dan duitnya berapa? ya begitulah indonesia..

    • joy berkata:

      bisa, ga ada masalah kaluau mau kirim barang keluar dari kota Batam yang penting dokumennya lengkap dan memenuhi syarat dan membayar cukainya…

  17. Safrizal berkata:

    tolong dong saya mau dapat Hp murah ex singapura daerah mana di batam atau dimana price list kalau ada sebagai perbandingan

    • lukman berkata:

      mau hp sries ap..??
      kira2 ad anggaran brapa..??
      soal nya ad brang murah sekarang..
      bisa nego sesuai kebutuhan..

  18. nisa berkata:

    Di Batam memang uenak rek…. tapi….banyak Rulinya…. dan yang paling parah ituuuu banjir di daerah batu aji… wah buat pusing sampe gw.. gak bisag kerja..

  19. Reny berkata:

    Ya..di Batam emang enak sih cuma kebutuhan hidup juga ngga terlalu jauh harganya dengan daerah lain.Cuma satu ngga enaknya di Batam.
    jalan-jalan banyak rusak dan di Biarkan tunggu makan korban baru di perbaiki

    • ayu berkata:

      sama aja dibekasi juga banyak jalan yang rusak klo ada banyak korban baru dibenerin ngak jauh beda bos.oya emang bener umr di batam lebih gede kira kira berapa ya????

  20. Dea berkata:

    pengentau daftar harga notebook sama handphone disana dunk..
    katanya disana lebih murah daripada yang ada disini…..

  21. Yofy berkata:

    Saya taunya harga laptop.
    P3 branded ~3.5jt dan P4 branded 5~6jt.
    Sepertinya lebih murah dari Jkt.
    Saya banyak kirim ke Jkt untuk di jual.
    Cuman biaya paketnya mahal, 400rb kecuali ada yang mo pulang ke Jkt.

  22. DEWI berkata:

    mas2 perkenalkan saya evi tinggal di bekasi
    baru 2 minggu ini saya buka counter hp
    kalau ada yang tau informasi dimana bisa beli hp murah di batam mohon infonya ya….

    Agak kerepotan juga soalnya bersaing sama counter lain yang sudah berpengalaman.
    terimakasih

    • lukman berkata:

      ooo
      bisa…skarang mau hp series ap..??
      entr gw tnyain dulu..
      kita bisa konfirmasi harga…
      085264697772…

    • belta berkata:

      mbak saya sudah 12 th tinggal di batam ,kebutulan saya bisnis hp sering saya kirim ke medan padang dan ke palembang sesuai pesenang .kaau mbak minat coba contac nomer hp 081632333370.makasih.

  23. Athailah berkata:

    Saat ini tak ada lagi yang murah di batam. Semua mahal. Apalagi harga beras mulai naik. nggak tahu lagi berapa harga beras di batam akan jadinya….

    • putra berkata:

      hiii Q putra Q tinggal di batam dri thun 1986,jdi mengenai batam & seluk belukya ampe jlan tikus Q thu jdi komntar rang mengenai batam udah ng da yng murah & mkanan mahal coz dia ng thu bnget tntang batam…biasa ST tu orang. jngan kn hp,mobil,PC,laptop DLL Q thu smua mau yng lgal or ilgal muhunn massss…….

  24. hendri berkata:

    buat orang batam yg paling baik di dunia.tolong beritahu saya harga rumah sederhana di batam karena tahun depan saya akan pindah ke batam.
    makasih sebelum nya

  25. Yofy berkata:

    Pak Hendri,

    Minat ya jadi orang Batam?
    Kalo boleh tau, untuk apa ya ke Batam?
    Karena lokasi tinggal di Batam lebih tergantung dengan jenis usahanya, semisal, kalo bekerja di Industri, lebih baik tinggal di sekitar Batam Center, Batu Aji, Tanjung Piayu (Kisaran 60~200jt, Batu aji dan Piayu paling murah).
    Tapi jika Dagang (dari high class s/d low class), bisa di sekitar Nagoya, Jodoh, Batu Aji, Tanjung Piayu (Kisaran 60~500jt, Batu Aji dan Piayu juga pilihan murah).

    Saya sendiri tinggal di daerah Batam Center krn bekerja di suatu industri.

    Hanya saja perlu hati2 di Batam, apalagi di lokasi Batu Aji dan Piayu, menurut saya lebih banyak faktor kriminalitasnya.

    • D3De berkata:

      Kriminalitas banyak ?…
      Wah2..
      Saya di batam udah 15 tahun tinggal di batu aji…
      alhamdulilah barang saya ga ada satupu yang di gondol maling…
      malah sebaliknya saya tkut d batam centre… gedung rata rata di sana mungkin di sana kriminalitas yang banyak.
      Salam.

  26. Dear Mas Dewo :

    Bulan Mei tahun 2006 aku ke batam tapi ga lama karena memang tujuanku cuma jalan – jalan. Itupun aku salah Hotel karena aku nginep di Holliday Inn Marina. Waktu aku makan di derah Nagoya dan aku coba makan cap cay ternyata sayurannya cuma kol dan wortel itupun sedikit sekali lain dibanding di Jakarta. Dari situ aku kepikir tuk bisbis sayur, buah ke batam. Bisa ga mas kasih info ke aku gimana caranya ya ? tapi yang pasti aku pingin kembali ke Batam tapi nginepnya di Holliday Inn Nagoya aja yang kota.

    • chika nanda berkata:

      Just for info..di daerah nagoya gak ada holiday inn,,tpi klw mao hotel bagus yg sekelas dngn holoday inn banyak,,planet holiday,,novotel,,pacific,,,swiss bel hotel,,pokoke banyak dech.

  27. subandi berkata:

    mas, kalau cari mesin bekas ex singapore unt mobil carnival 2000 solar turbo ex spore apa ada ya yg jual.ths banget2

  28. Johan berkata:

    Wah,seru banget keliatannya forum di sini. Boleh nimbrung kan?? Gw johan. Gw juga baru aja pindah ke tanjung pinang. Deket batam juga. Gw juga sempet kemakan sugesti kalo di sini elektronik murah. Tapi ternyata sama aja. Misal Laptop gitu,bener sih lebih murah,tapi kalo buat dikirim ke jawa juga sama aja ama ongkos kirimnya. tapi sampai saat ini saya masih penasaran dimana sebenernya tempat beli barang murah di batam. saya akan menyelidiki terus.

  29. @Veronika,
    Wah asyik dong jalan-jalan. Jangan lupa ke Pulau Galang.

    @Johan,
    Harus coba Nagoya tuh. Tapi aku sdh jalan2 di sana juga tidak nemu. Kalau pun nemu tidak ada yg teknologinya bagus. Ketinggalan gitu. Keep searching…

    Salam.

    • putra berkata:

      mfff ya sblumya klau tuk yng murah2 letak ya ng di tmpat yng biasa orang datang & liat…batam punya tmpat khusus dimna brang2 itu ng mudah diketahui orang umum…..mf buknya sombong klau orang yng biasa komtar tntang batam ng da yng istimewa lgi itu salah sya sndiri smpai skrang masi menikmati smua brang yng ok & murah cozz sya di batam udah lma dri thun 1986.ok de skian comen sya

  30. Bona berkata:

    Wah, informatif banget nih blog. Saya sudah 3 minggu di Batam untuk PKL, dan minggu depan saya harus kembali ke Bandung.

    Sampai saat ini saya masih belum nemuin tempat jual elektronik murah. :(

    Tanya ke supir taksi, dia bilang di carnaval mall. sampe2,, wuihhhh.. udah kayak rumah hantu deh tuh mall. masih bagusan pasar kaget,,, hehehehe…

    Pengennya sih ke singapura sblm balik, tapi apa daya KTP saya Bekasi n saya tidak punya passport. jadinya ga bisa bikin passport di batam. atau memang bisa? ada yang tau ngga caranya? juga harganya?

    thanx in advance…

    • lukman berkata:

      kloitu sie bsa di atur soib…
      mau yg langsung jd to nunggu proses…
      klo y langsung jd kira-kira 5 jtaan lah..
      tp yg pake proses sktr 2 jta…
      kebetulan wa orang btam asli..

    • rose berkata:

      sampai hari ini batam bs buat pasport untuk yg bkn ktp btm

  31. riana berkata:

    salam
    saya ingin tahu berapa harga :
    1.kos2an..dimana letak yg strategis utk daerah
    seraya dan atau lubuk baja (hypermart)
    2.makan sehari-hari yg normal-normal dan menengah (mis.warteg dll)..kisarannya
    3.berapa rata -rata harga transportasi angkot dan taxi
    4.bagaimana juga utk membeli rumah utk tempat tinggal di batam..(kredit or cash)

    4.adakah yg tahu reputasi dan mendengar perusahaan era pradipta cipta mandiri..bisakah dijelaskan ..katanya perusahaan ini cukup terkenal di batam ?

    saya mendengar ada perbedaan dengan jakarta lebih mahal 10% dll..benarkah ? adakah yg bisa bercerita sedikit detil tentang “kehidupan batam”..saya sangat berterima kasih jika penjelasan ini dapat dikirimkan ke email pribadi saya

    terima kasih yah

  32. scizo berkata:

    Permizi… Gw mo nanya,,ada yg tau website batam yg khusus ngejual brg2 elektronik/computer/handphone BM ga?? Kl ada tolng beritau gw y..Thx a lot..

  33. diand berkata:

    mau nanya nih. bulan depan adikku mulai gawe di evox rifa, kebetulan kita sama sekali blank soal batam and gak ada saudara. maka dari itu boleh minta info soal biaya hidup dan kondisi di batam..

    terima kasih

  34. Novi berkata:

    Pada teman2 yang udah lama di batam, saya pertengahan tahun ini akan pindah ke batam, tlg informasi tentang harga sewa rumah (kerja di baloi, harga mobil keluaran 90-00, ex singapura juga nggak apa2, dan harga elektronik benar ngagaak di sana lebih murah,gimana juaga dengan biaya hidup di batam

  35. dhyan berkata:

    Mas kalo di Singpura hrgnya berapa persen lebih murah dibanding Jkt?TK

  36. permana berkata:

    salam kenal mas dewo,
    saya tertarik dengan artikel ini, hanya saja kurang membahas tentang motor bekas ex singapura,
    saya pernah baca katanya harga motor 600cc th.98 – 2000 hanya 16 juta, tapi hanya untuk di batam, kl boleh tanya kira2 banyak yg jual motor bekas itu ada di daeraha mana ya?…kl boleh ngerepotin dikit minta nama toko dan no.telp-nya….hehehhehe
    makasih banget yaaaa

    salam
    dasep permana

  37. dewo berkata:

    Dear Mas Permana,

    Sayang saya tidak punya informasi detailnya. Mungkin ada pembaca yg bisa membantu?

    Salam.

  38. Billy berkata:

    Maaf mas, mau tanya pendapatnya kalau kerja di singapura dengan gaji ngepas buat anak+istri saja.
    Menurut mas Dewo, mana yang lebih nyaman: anak+istri ikut tinggal di singapura tanpa pembantu, atau anak+istri tinggal di batam berikut pembantu?
    (suami pulang ke batam tiap weekend)

    • ricky berkata:

      klu menurut saya bagus nya tinggal di batam aja mbak,,,soal nya tinggal di singapura semua serba mahal,,soal nya harga udah di patok dolar sing,,

  39. dewo berkata:

    Dear Pak Billy,

    Pak, saya menjawabnya via email saja ya? Maaf jika saya tidak bisa membantu banyak.

    Salam.

  40. yuda berkata:

    salam kenal..
    saya tertarik dengan artikel anda..
    tolong dong.. saya butuh hp ex singapura, kan lumayan murah..minta price list nya!.klo harga motherboard n processor dsana gmn…murah g?thanx y…tlong krim k email..saya btuh info di atas

  41. Ressa berkata:

    Mas,,,saya minta daftar no telpon toko handphone di batam yang menjual barang black market donk,,

    bisa tak???saya butuh neh,,

    tolong balas k email saya yah,,,thanx

    • putra berkata:

      mas sya kasi thu biar pun mass dah ada no hp or thu tokonya .itu pun belum tntu mas ditwarkan brang BM,orang toko ng mau ambil risiko..kcuali mas punya tmen yng thu & knal sma yng punya toko bru deh mas bisa ambil & bli tu brang skian info dri sya?,,,,,

  42. amiy berkata:

    seneng banget ternyata ada yang pedul ma BM nya batam. aku sendiri asli batam.. begitu skul di jogja setiap ada yang nanya asalku dari mana
    setelah tau eeee.. pasti nanyain ttg barang elektronik murah dan black market gitu.. palagi klo lagi mo mudik pasti bnyk yang mo nitoip.. padahal skrg kayaknya harga nya malah sama aja ya…

    keep spirit!!!

  43. heru berkata:

    mas tolong kirimi nama toko ato tempat untuk beli hp murah ( BM)/ second di batam ya. thanks

  44. hidayat berkata:

    mas minta tlg di batam daerah mana sih yang jual barang BM kalo bisa atau ada tlg sekalian no hp yang bisa aku hub, bisa kirim E-mail ke forest_snake@yahoo.com
    Terimakasih sebelumnya.

  45. Dicky berkata:

    Buat semuanya
    Kalau kamu mau beli barang baru di Batam , harganya hampir nggak ada bedanya sama di jakarta

    Tapi yang paling asyik kalau mau berburu barang bekas eks singapore , mulai dari HP, electronic , pda , computer, sampe alat pancing, mau beli boat , apa juga ada second, sampe mobil cadilac juga ada (sampe gua bingung gimana bawanya).

    Pergi ke tanjung sengkuang satu deret puluhan kios jual barang eks singpore , sampe barang yang aneh2 juga ada , harga negolah , kualitas lihat barang sendiri, hasil selundupan dari singapore .

    thank’s

  46. Adrian berkata:

    Buat semuanya,
    saya butuh informasi lokasi penjualan hp second di batam(ex singapore),tolong ya mas…,tak tunggu lo informasinya..(adriano_much@hotmail.com)
    Thank’s teman2

  47. eka berkata:

    saya butuh hand phone baru black market untuk di jual lagi…
    coz teman teman saya di sulawesi banyak yang punya counter n nyari hp murah…tolong info bagaimana saya bisa mendapatkan handphone black market…skalian daftar harganya…posisi saya di jakarta.kalau bisa kasih info yang dekat2 aja di sekitar jakarta ya….ini no handphone saya 085255364004 bagi yang mau kasih info…saya sudah ada chanel yang murah juga sih.tapi masih agak ribet…contoh aja 6600 cuma 900ribu.tapi harus pesan banyak.saya mau nyari yang bisa pesan sedikit n cara transaksinya mudah…tolong infonya…thanks…

  48. arie berkata:

    batam??

    gak enaaaaaaaaak…
    biarpun macet, banjir, panas, banyak polusi, kriminalitas.
    tetep JAKARTA paling cihuyyy..

    baru aja 2 bulan tinggal di Batam, udah gak betah.
    tapi terpaksa harus tinggal karna kerjaan.

    gak punya kendaraan??
    kemana2 susah
    transportasinya mahal, taxinya gak pake argo, so main tembak2 ja.
    angkot??
    jarang banget & klopun ada cuma ke daerah2 tertentu.

    supir2nya keynya nyawanya ada 12 deh.
    bis ngebut2 banget.

    pengendara motorpun gitu juga.

    pokokna mah Jakarta Foreverlah…

    • havez berkata:

      Gw beberapa kali ke batam…kerna adik gw tinggal di Puri loka 2…Gw fikir Batam cukup bagus gak macet…cuma kalo mau tinggal di Batam ya harus lihat dulu mau kerja apa atau bizniz apa..tapi utk hidup kayaknya enak..kerna dekat dgn Singapore dan Johor Baru (malaysia)

  49. mamek berkata:

    haiii mau ikut engak ke batam?tapi ikat batam itu pergaulannya bebas lho….tp walaupun begitu disana enak sekali mbok…..hiburan begitu banyak dan disana banyak sekali tempat2 yang gt dehhhhhhh.oh ya di batam itu banyak polusi dan dipenuhi sampah loooo.apalgi di kampung agas ya ampun sampahnya……tapi walaupun begitu siapa saja yang pernah tau batam pasti engk mau balik.tau engk arti batam?engk taukan.aku kasik tau ya…. batam itu kepanjangan dari,BILA ANDA TIBA ANDA AKAN MENYESAL.ini batam bungggggggggggg

  50. mamek berkata:

    batam begitu panas…..tapi kalau malam wahhhhh di penuhi gemerlap.lampu2 neng…..ehhhh mumpung masih hidup sempatkan diri anda semua ke batam.bung tiba di batam jangan samakan dikampung anda yaaaaa…..

  51. mamek berkata:

    buat eka u nyari hp ya yang murah2 ya?u mau engk kalau gt niaga?kebetulan aku sering keluar masuk singapor.disana hp murah2.tp sayangnya aku sekarang engak di batam aku ada di malang nehhhhhh.kalau u mau u bisa ikut aku ke batam entar kalau dah libur mau engk?sekalian u ikut aku masuk singapor tp hrus buat paspor doluuuuuuu

  52. mamek berkata:

    bung nyari tempat penjualan hp murah2 ya di batam?u dateng ke matahari,batam di sana hp murah lhooooo.atau u sekalian masuk aja ke singapor.disana lebih murah lg u bisa cari di sungai rood.gelang,terus di mustafa center bung,suntac city,atau u ikut aja ama aku ke batam.u bisa kirim email ke aku bo2y_saulah@yahoo.com

  53. dewa berkata:

    mas dewo,
    dimana saya bisa dapetin laptop x singapore kasih tau tempatnya dong diBatam…ke email aja yach
    thanks

  54. dewo berkata:

    @Dear All,

    Saya tidak dapat memberikan informasi tempat jualan gadget & komputer di Batam. Mungkin ada rekan-rekan lain yang memiliki informasi tersebut? Silakan di-share.

    Salam.

  55. mamek berkata:

    tempat jualan DC MALL.di sana banyak komputer yang di jual.tapi lebih bagusnya kalau abang pergi aja sendiri ke singapore disana lebih murah.kalau abang engak yau jalan ke singapore entarlah abang ikut aku aku kesana soalnya aku sering keluar masuk singapore.tapi bukan bulan2 ini soalnya aku masih kuliah di malang,entarlah kalu bulan 6.ok

  56. fandy berkata:

    mas dewo ada nda alamat counter hp yg jual ponsel bm?

  57. dewo berkata:

    @Dear Fandy,

    Saya tidak menemukan tempat penjualan ponsel BM. Anda harus berburu untuk mendapatkannya. Dan itu tidak mudah. Selain itu, kadang ponsel BM terselip di antara jualan ponsel di counter mana pun.

    Salam.

  58. fandy berkata:

    thanx mas dewo, ada nda tmn2 di blog ini yg bs bantu sy nyari alamat, nama toko di batam yg jual ponsel bm, thanx before…

    • ady berkata:

      Mas,setiap counter hp di batam pasti menjual hp bm, klo mau yg lengkap dtg aja ke lucky plaza, hampir semua hp yg masih di test gadget di majalah handphone jakarta udh ada second bm nya di batam…!

  59. andi berkata:

    salm mas dewo

    1.sektor apa sih yang paling menguntungkan di batam mas?

    katanya banyak peluang berbisnis di batam, saya ingin membuka restorant sea food kira2 gimana?

  60. eko subiyanto berkata:

    Mau nyari hp second di batam datang aja di Aviari plaza daerah Batu Aji atau panbil mall harga agak miring dikit.Mungkin-mungkin banyak BM di sini ya…
    Kalau Laptop lebih baik jalan-jalan ke DC Mall atau My mart Batam center kalok nggak salah nama konternya Winda…. Memang agak panas mallnya nggak pake aircond sih

    Dan jika mau nyarik HP second bagusnya sih ke Malaysia sekitar Johore ( Setulang laut,Larken,Holiday Plaza ).Adik saya kapten fery malaysia Tg Pinang sering dapet murah di bandingkan Singapore.
    Kalau di Singapore coba aja di Jalan Penjuru atau China Town.Aku dulu sering beli di sana deket station MRT nama buildingnya lupah udah 8 tahun nggak ke China Town.

    Tapi kalau Laptop di Singapore ada yang agak murah di depan Mesjid Sultan ada tuh deretan toko-toko jualan di seberang jalan Mesjid cari aja toko orang india arab yang jual computer.

    Semoga membantu

  61. Adrian berkata:

    mas eko,pa bener mas di malaysia handphone seconnya lebih murah dari singapore mas?trus klo mau pulangnya nitip di adik mas pa bisa y mas?
    thank’s y mas eko..

  62. eko subiyanto berkata:

    Mas adrian email ke saya aja nanti saya kasih no hp adik saya
    ekosby@gmail.com
    Kali aja bisa cocok harga dan barang nya.

  63. meyloph berkata:

    heyyyy,nie gw pengen nimbrung deh kayanya seru bage2 info
    btw, di batam tuh ade ape aje ye kok kayaknya temen2 banyak yang demen ngendon di sana/apa ja sie yg bs diandalin di batam upz mksdnya prospek bisnisnya gt
    thanks b4 infonya n calam kenal deh yup cukur2 di respon.hehehe

  64. vie berkata:

    maW dunkZ infonYa aLL abouT cheapest thin9s bATAm..
    apa aJah..
    La9i buTuh inFO tt9 CamerA nikoN D70 neY..
    taW 9a Har9anYa bRp ?? nYari dimaNa y di Batam ??
    maW dunKZ banTuin di LacaK =)P

    Thx b4

  65. aries berkata:

    batam…………..???

    memang batam pertama kali pada era 80an sih enak untuk cari uang, tapi sekarang sama saja susah………!!!!

    kebutuhan tinggi pendapatan sama saja seperti dijawa wah berabe deh pokoknya, “” kecuali ada penghasilan dari usaha lain””, saya sarankan jangan ingin hidup di batam kalau urusanya untuk kerja pada instansi swasta doank, gak nutup untuk hidup.

    gitu aja sih saran saya, sekarang saya pulang kampung gak tahan di “BATAM”.

    Thks.

  66. ard berkata:

    eoii….
    ikutan crita yo.. di Batam yang kata orang gudangnya barang elektronika murah…. ee ternyata harga HP sama dengan di Jawa (tapi sempet beli seh merk nokia he he). Cari note book ga dapet juga harga murah akhirnya malah dapet di Pekanbaru (Riau). Tapi untuk hiburan malam… ga’ ada matinye, jalan teruus man.. em.. untuk kong kow cari partner bisnis aku punya tempat favorit di Island Garden (hotel) restaurant… intinya Batam lebih enak kalo dibuat transit bisnis

  67. opie berkata:

    thank u banget infonya………..

  68. ilalang berkata:

    Mas Dewo, boleh dong kita saling tukar link

  69. sitha berkata:

    hi aku sitha ,pengen tau banyak ttg kota batam…
    denger2 Batam kotanya gak aman ya karena aku punya temen pernah maen ke batam doi kena rampok gitu..walah jadi takut mau liburan kebatam neeh oya kalo bisa kasi info tempat2 hiburannya gmn yach di batam,,,,denger2 kok ada plus-plusnya sekalian gak ngerti deee..makasih mas

  70. dewo berkata:

    @Dear Ilalang,

    Saya sudah tambahkan blog Anda di blogroll saya. Salam.

  71. johan b berkata:

    ikut nimbrung donk.buat temen temen yg tau info barang murah di batam, singpr ato malay, kbrin donk ke gw.kalo bisa agak detail, soalny g tertarik bgt.email gw di joehunt_15@yahoo.com…..buat mas eko subiyanto, saya bisa tau no telp adik anda…buat tanya info tentang hp sekon murah. ok d. thnx ya

  72. khsam berkata:

    Tolong kirim nama, alamat, telp toko2 hp yang jual murah & dipercaya di batam, dan bisa kirim luar kota. Saya dari kalimantan nih.

  73. yudha berkata:

    mas klo penghasilan di batam sebagai designer graphic kira-kira brapa yah???
    saya ada niatan untuk bekerja disana…..
    klo UMR batam brapa yah?
    trus saya sangat butuh saran saran dari mas…
    atas kondisi saya yang seorang desain grafis, bujangan, yang ingin mencoba cari peruntungan di batam…

    mohon petunjuk yah mas…

  74. Zahida berkata:

    Apa yang didiskusikan mengenai Batam di sini memang tidak semuanya benar. Yang paling tahu tentu orang Batam sendiri. Pastinya Batam akan menjadi salah satu kota Internasional di Indonesia, lebih hebat dari Bali, atau Jakarta.
    Ok,….kami siap membantu siapapun yang ingin info lebih lanjut tentang Batam,
    kunjungi Web kami di:www.geocities.com/bela_uiz/

  75. erika sefiani berkata:

    terus gue baru buka, gue sich gak tahu apa saya abaut batam, tapi saat ini abang gue kerja di batam, dia sudah 2 tahun di sana, gue hanya ingin bertanya apakah kehidupan dibatam itu mahal banget ya dan di sana tempat penjualan wanita dan kejahatan seksual terhadap wanita terutama, ok itu aja maaf kalau gue kurang sopan, thanks ya

  76. benny berkata:

    hiii…..
    gue mau tanya nih kalo mobil slk350 sekitar th 2004 sampe 2007 yang bekas aja di batam harga nya berapa??
    truss tu mobil bisa di bawah ke surabaya apa gak??
    tolong temen2 semua yg tau beritahu saya ya……
    thx…..

  77. Ranto berkata:

    Kesan aku selama di Batam :

    1. Aneh.. Disana banyak yang bangun ruko-ruko tapi ngga kepake.. KOSONG…!
    2. Setelah judi dilarang (baca: tak bebas lagi) kehidupan di Batam berubah total, jadi sepi…. dan susaahh.. (kayanya sih…)
    3. Banyak mall & supermarket yang tutup dan jadi “Rumah hantu”… SEREMMM…!! Mall disana ngga kaya di Jakarta, rame.. disana lebih sepi dan parkiran mobil jg sepi…
    4. Harga-harga sama dengan Jakarta. Yang beda banget memang mobil doang… BUILD UP man….!
    5. Satpam2 disana orang NTT semua.. (Aneh kan..? Tapi nyata)
    6. Pemerintahan disitu ngga jelas ya (baca: tumpang tindih)…? Kayanya banyak yang berkepentingan getoo..? Jadi penataan kotanya amburadul…
    7. Bandara Batam memang ATC-nya di Singapore ya…?
    8. Angkot banyak kok…

    • topan berkata:

      tau harga ruko di sekitar Tj. piayu ?
      kalo daerah yang banyak kos-kosan dimana ya?
      perumnas yang banyak daerah mana?
      makasih jawabanyya…

  78. hadzik berkata:

    wah enak jg ya hidup dsn tp jangan lupa bro hidup dsn khan mahal2 makan nasi dsn berapa ya???trs banyak sekali penipuan yang dilakukan orang sana, contoh bisnis HP katanya dsn barang murah2 tp ternyata dibo’ongi barangnya gak ada….wah gmn nih ya…..pening aq…

  79. ale berkata:

    saya butuh informasi no tlp penyewaan bis di batam.

  80. andi berkata:

    Pak Dewo, shalom…apa kabar pak.Pak saya mohon info kulakan hp bm, elektronik murah, bisnis mobil bekas, atau apa aja bisnis yang bisa jalan bagus.Mohon infonya.Gbu.

  81. dewo berkata:

    @Dear Andi,

    Salam juga. Maaf, saya tidak dapat memberikan info kulakan HP BM, elektronik murah, bisnis mobil bekas atau apa pun yang berkenaan dengan Batam.

    GBU2.

  82. dikka berkata:

    bisakah saya mendapatkan hp BM scara online??

  83. mery berkata:

    Dear sir,

    Aduh,, batam panassss amat,,trus gak bisa ditebak cuacanya..kadang panas sejam kemudian ujan.. wah..wah…pucing dech…
    Ttg yang murah dibatam…emang benar tuh mobil murah,, tapi tetap gak bisa beli.. hehehe..kalo dulu waktu di surabaya yang santer banget kabarnya barang murah tuh HP tapi kayaknya sekarang udah gak lagi yach..kali karena diperketat ama BC.
    Sir,, tolong berikan info usaha sampingan dong buat aku,,,lagi pengen bantu keluarga 90% walau gak sampe 100%.
    Trims yach.. God Bless You & Your family.

  84. banzaiii... berkata:

    kita sudah menetap mau 2thn, batam menurut saya: (faktanya!!!)

    1. Barang murah itu tinggal kenangan karena BENAR pada tahun 80an, tapi sekarang TIDAK ada lagi yang murah di batam jauh lebih murah di jakarta karena mereka kulakan di jakarta juga ;p

    2. Pedagang2nya 85% tidak jujur (suka MENIPU harga, apa lagi kalau dilihat pembelinya tidak paham tentang harga, alamat diTIPU mentah2, mendingan jangan pernah belanja) dan tidak ramah terhadap customer

    3. Batam banyak rumah N toko/ ruko tapi kebanyakan TAK BERPENGHUNI…alias rumah HANTU…karena kebanyakan bangunan propertinya dari pada manusianya ;p

    4. Makanan yang sudah jadi MAHAL2…tapi wajar karena harga sewa ruko/ stant di batam gila2…kadang nggak masuk diakal ;p …sebaiknya setiap mau makan tanya dulu harganya jangan gengsi dari pada nggak bisa bayar or bisa bayar tapi sakit hati ;p …1st and the last ;p

    5. Belanja oleh2 makanan produk Sing atau Malay paling logika harganya di TOP 100 Penuin (dijamin harga nggak akan di TIPU tapi pelayanannya standart abis)

    6. Makanan Padang paling TOP di Pak Datu Batam Center & Gulai Kepala Ikan disamping kantor pos Batam Center (Mond-Sat sebaiknya sebelum jam 12 siang udah makan kalau telat dikit suka kehabisan)…harga masih logika…hati2 dengan resto padang yang lainnya kebanyakan kasih harganya pake dengkul…ex gulai telor 1 butir 9ribu (pake daun ganja kaleee) ;p pernah kejadian …heueuhue…

    7. Mobil emang murah, tapi pajaknya MAHAL abissss…belum lagi yang jual mobil second sebagian besar tidak jujur…hati2 dengan surat2nya…pastikan foto copy KTP ada saat serah terima & sesuai STNK n BPKB mobil :) …jangan mau dijanji2kan saja

    8. Hati2 selama di batam…karena kejahatan banyak terjadi…jangan terlalu gampang percaya dengan orang baru & membagi2kan nomor telephone sembarangan selama di batam :) …karena banyak penipu dan tukang gedam/ hipnotis…hati2 dengan dompet selama di batam :) bawa uang secukupnya saja kalau jalan2 :)

    9. Orang2 batam kalau pola berpikirnya nggak berubah dan hati nuraninya nggak dipake…dijamin nggak akan bisa maju…makin hari makin terperosok dan tertinggal jauh sekalipun pulaunya bersebelahan dengan Singapur & Malaysia…sia2…kalau cara berpikirnya nggak mau berubah dan selalu memikirkan kepentingan pribadi saja…kotanya sudah gelap…nggak ada tambahan penerangan…benar2 jadi kota mati nantinya :( sayang sekali…

    10. Batam cocoknya hanya jadi kota TRANSIT…sisanya hanya bagi para PENIPU dan TIDAK JUJUR yang bisa bertahan di kota Batam…sayang sekali padahal kalau diolah benar2 bisa menjadi kota yang meberikan kesejahteraan…terlalu yang banyak orang2 SIRIK, IRI HATI, DENGKI, SERAKAH & TAKABUR :(
    yang bertahan di batam :)

    maaf bila ada kata2 yang kurang berkanan :( …GBU all n GB Batam :)

    • havez berkata:

      Saya setuju 100 persen dgn anda…saya tiap kali ke Batam..saya.gak pernah beli apa2 hanya pergi ngentot…kerana memek murah di Batam.

  85. dewo berkata:

    Dear Banzai,

    Terima kasih atas informasinya. Rupanya kota Batam tidak jauh berbeda dengan kota lainnya yang juga sama-sama memiliki berbagai problematika. Semoga Batam dapat menjadi tempat yang indah dan menyenangkan. Tentu saja dengan pengelolaan yang benar.

    GBU2.

  86. ab berkata:

    Pak Dewo, salam kenal. saya butuh informasi ya, saya ada tawaran kerja untuk ditempatkan di batam. kira2 biaya hidup disana minimal berapa pak untuk bisa hidup layak. terima kasih sebelumnya saya tunggu infonya via japri

  87. virgo girl berkata:

    halo..ikutan comment,bolehkan bapak2 dan ibu2…
    Kalo dari saya:cukup lama diBtm,4th.Sampai saat inipun msh.Honestly,lbh suka diJkt.Anda bertny:’knp msh betah dibtm kalo gitu?’coz:kerja.
    beberapa faktor pendatang(90%)tinggal lama atau bertahan dibtm krn:1.pekerjaan(dulunya direkrut dari Jawa),dan sdh permanent.jadi,mikir berxx utk cr kerja baru lg,accept:org itu pny ijazah yg lbh tinggi,cthnya.2.ada family dkt yg menjamin,memperhatikan,(termasuk kekasih/tunangan)dsb.3.Sbg’pelarian’maybe..(dr masalah dikota lama).yg menurut sy good dibtm is:
    1.Rasa kekluargaan msh tinggi (lingkup kerja,pergaulan)2.Beban pikiran tdk stress spt org2 jkt3.Msh byk panorama indah dan alami yg bisa hilangkan stress dikantor/kerjaan(pantai2 Melayu,Mawar,Nongsa,Marina),Turi beach&resort,Nongsa view,Btm View,Pulau galang,etc.4.Sea food ya,terjangkau(andalan:kepiting org btm:melayu euunaak..)kalo mskn Padang mah dmana2 ada!boseeeen dan kgk suka.5.bner tuh:dkt Singa and Malay..(PP:500rb ckp kok,jjs).Nah,skrg yg No Good:1.BT:kgk byk t4 or hiburan dibtm!!plg t4 clubbng,cafe,mall(ubek2 situ2 aja)2.Kgk bs plg kampng sering2(min:1thn skali,nunggu THR lg..ha..ha..)tiket mhl Bo!3.Food:snack mahal2!makanya mo jajan:mikir dl,permen aja kali! murah Rp100:dpt 1.Transport jg beraaatt..(boros diongkos.gaji hbs buat ini aja!).kalo hp,mobil idem aja dah .ok,thats all.Gbu.ita

  88. Dandi berkata:

    Halo, ikut nimbrung. Saya kerja di Singapura, sudah cukup lama. Tapi keluarga tinggal di Batam. Jadi kalo Jumat sore dari kantor saya pulang ke Batam, lalu balik Singapura Senin pagi. Jadi kalo ada teman-teman yang butuh apa saja soal batam-singapura, mungkin saya bisa kasih infonya.

  89. mamad berkata:

    AAlllooowww..mas2 & mbak2.. sorry,boleh ya gabung bentar nih? gini ni.. minggu depan aku ada rencana mo ke batam.. tp aku sama skali ga ngerti ttg batam.. kalau ada yang punya info alamat tempat jual laptop & HP BM disana tolong dishare ke aku dunk… sama penginapan yang enak & deket pusat penjualan brang2 tsb.. mohon infonya yah.. ke email aku itik_buazz@yahoo.com ato sms ke 0813 222 999 11 makasih banyak yach..

  90. banzaiii... berkata:

    kalau mau transit ke Batam atau menetap di Batam kudu bawa duit banyak karena menurut berita Tribun batam Rabu,18/07/07 Pemko Batam Berencana Mengambil Pungutan Baru (‘ntah buat benar2 kemajuan Batam or uang jajan tambahan ^O^),antara lain :
    1 Retribusi penumpang di Pelabuhan Harbour bay

    2 Penambahan Seaport Tax (sekarang $3)

    3 Penambahan Airport Tax

    4 Retribusi bagi warga luar Kepulauan Riau yang transit di Batam

    5 Penambahan pajak penerangan jalan umum

    6 Pelaksanaan parkir tahunan

    jadi…bagaimana menurut kalian semua, pantaskah pungutan baru pemko batam kalau diterapkan :) ??? thanks…GBU all

  91. ian berkata:

    pemisi…
    boleh ikutan donk..
    sy mo ke btm cari hp bm, tlng ada informasi lokasi terrrmurah di btm, klo ada sekalian nm toko or almtnya ke email saya
    thanks ya..

  92. Will-5 berkata:

    Saya jual Hp Nokia 5700 hanya rp 4,6juta. baru. BM. harga pasaran Rp4,9juta. hubungi 081364446488. jangan pake transfer (karena saya bukan penipu) datang aja langsung.

  93. Rian berkata:

    Salam kenal pak dewo
    saya rian dan saat ini tinggal dibatam
    kayaknya batam asyik2 aja tuch hehhehhe
    saya mau kasih info ke teman2 apabila mau cari Hp yang pusatnya ada di lucky plaza nagoya
    Semoga bermanfaat

    GBU

  94. hendra hsu berkata:

    alo tman2 mau nanya ya aku mau kirim hp dari malay ke jakarta gimana caranya ya??trus harganya brapa??rencana si kirim hp 2nd..hehe.thanxs ya sbelumnya

  95. banzaiii berkata:

    “Saya jual Hp Nokia 5700 hanya rp 4,6juta. baru. BM. harga pasaran Rp4,9juta. hubungi 081364446488. jangan pake transfer (karena saya bukan penipu) datang aja langsung” …kasih harga atau asal2an ;p

    tuch kan di batam nokia 5700 dibuka harga Rp 4,6juta…di jakarta udah dibawah Rp 3juta…cek aja di http://www.ponseljakarta.com/iklan/nokia/5700.htm
    …tuch kan di Batam banyak penipunya…hati2 yeeee…jangan ketipu mentah2…yuk ya yukkk…cape dehhh…

  96. BIAN berkata:

    kalo menurut gue batam itu menyenangkan banget , disana kan gue bisa ngapa-ngpain , mang di sana banyak orang bilang kalo batam itu pergaulannya bebas banget , tapi menurut gue nggak semua di batam itu bebas , ya bagi anak- anak yang di atur dan di didik dengan bener ama ortunya pasti nggak ikut-ikutan pergaulan bebas tap di sana wlaupun mereka ikut pergaulan bebas mereka masih bisa ngatur waktu antara main dan belajar , jadi rata-rata mereka semua punya pegangan masing2 walaupun mereka bandel , dan gue rasa emang bener disana anak terlalu ikut pergaulan bebas karna didikan dari orang tuannya ,kebanyakan seh gitu mereka pinter tapi karna mereka kurang kursa jadi mereka terlalu bebas untuk melakukan sesuatu , kalo masalah transportasi disana emang jarang yang namanya angkot , kebanyakan taxi , mungkin orang bilang taxi di sana emang nggak ada argo nya , justru itu yang enak kita bisa nawar , kalo yang pinter nawar ya bagus jadi bisa ngemat biaya transportasi tapi kalo yang nggak pinter ya tanggung sendiri deh akibatnya, anak yang pake narkoba juga banyak , gue rasa itu pengaruh lingkungan soalnya banyak orang luar kota yang mengedarkan narkoba di batam , mereka di sana bisa gampang keluar masuk batam karna nggak di cek , jadi barang – barang yang gitu-gituan nggak ketauan , kebanyakan seh para pengedar ngedar barang kayak gituan ama anak kecil , biasalah gimana cara pengedar ngedarin barang nya gimana…? , tapi ada juga yang melalui anak dewasa dulu baru anak SMA , awalnya anak SMA tuh suka make nanti baru anak -anak SD dan SMP ikut -ikutan soalnya mereka anggap kalo pake kayak gituan gaul , nah jadi kalo pengan ngerasain batam loe dateng dan tinggal berapa bulan di batam pasti loe tau … by..by..by..

  97. BIAN berkata:

    eh ada lgi neh di sana banyak anak – anak band jad kalo datang ke batam coba deh liat anak-anak band di batam , biasanya seh mereka kalo nge band di mall , trus coba deh makanan -makanan batam kalo mau beli VCD,DVD or CD datang aja ke mall TOP 100 di situ paling banyak and paling rame kalo jual CD ,VCD , OR DVD , di batam juga lumayan bersih setidaknya nggak jorok2 banget lah soalnya di sana kan biasanya setiap bulan atau minggu di adakan gotong royong , and setiap jalan -jalan kebanyakan di sediain tong sampah jadi jangan buang sampah sembarangan yach…. , salah salah bisa kena denda lagi he…he..he..

  98. BIAN berkata:

    salam kenal pak dewo , pak dewo mau cari tempat dimana jual Gedged murah nah bapak jangan cari di mall tapi cari di tempat tekhnisi mereka selain jual , komputer mereka juga jual kayak hendikem hand pone dan lain- lain kalo di mall kebanyakan mereka ambil dari tekhnisi juga jadi beda harganya , gt… coba bapak cari di tanjung sengkuang , batu ampar , sungai panas , batu aji and tiban , mang seh sekarang batam agak sedikit keras bawa barang mewah dari singapore ke batam atau bawa barang dari batam ke singapore , soalnya takut harganya turun , kalo mau yang lebih murah lagi bapak cari aja di singapore kan deket cuma tinggal naik kapal 1,5 jam udah nyampe , kalo nyari barang coba cari di singarute katanya seh di situ terkenal murah nya

  99. BIAN berkata:

    ada yang bilang kalo batam itu kotor and banyak sampah sekarang kan batam dah lumayan bersih ya setidaknya nggak jorok -jorok banget deh , tapi orang -orang di batam lumayan kreatif ya kalo pengan tau liat aja sendiri di sana , kalo datang ke batam gw saranin pake sun blok aja biar nggak item he….he….he….

  100. Estha berkata:

    Salam kenal yah Mas, ikutan juga
    Tahun 2005 saya pernah tinggal di Batam 8 bulan, awal-awal nggak betah juga belum lagi mahal-mahal, beli tomat di warung Rp 1000 cuman dapat 1 biji (lebih murah kalau belanja di supermarket), ayam cuman jual sayap saja (import) tapi produk import makanan kaleng di warung kecil juga ada. Buat yang muslim juga mesti rajin nanya kalau beli makanan jadi, pernah mau beli makanan yang ada tulisan ‘HALAL’nya tapi sewaktu ditanya ke pelayannya “pakai ba.bi ndak?” eh di jawab “pakai” huahhh bingung juga kan :)

    Tapi kalau dilihat dari sisi positif nya banyak kok yang menarik di Batam, disana buku import murah saya beli buku craft disana cuman Rp 60.000 ketemu buku yang sama di jakarta harganya Rp 200.000 an jauh bgt kan selisihnya? di Batam tetangga dan warga ramah nggak liat SARA, kalau ketemu teman sekampung malah lebih asik lagi, apalagi kalau itu supir taxi bisa dapat potongan.

    Untuk hal kriminalitas dan hal yg nggak benar, di Jakarta juga dah melimpah kok :) Mungkin karena Batam kecil jadi kesannya “ada di mana-mana” Soal biaya hidup mahal memang iya, tapi dulu untuk isi rumah, kami beli yang second, tv, kulkas kecil, dispenser (dingin-panas), kompor+gas, tempat tidur 2, mesin cuci dan lain-lainnya total cuman 5 juta :) Malah saya pernah lihat angkot biasa, kadang ber AC plus TV kecil, yg di Jakarta hanya ada di mobil mewah. Hebat!!

    Kalau Batam sepi n nggak asik, mainnya ke tetangga, sekalian bikin KTP n pasport di batam biar nggak nambah macem-macem. Sekarang saya tinggal di Jakarta, tp tetap kangen tinggal di Batam dibandingkan dikampung sendiri :)

    Untuk yang mau kerja di Batam, coba deh jadi tukang sayur keliling atau tukang becak, disana nggak ada (setidaknya di tempat tinggal saya daerah Baloi) benar-benar harapan ibu rumah tangga kaya saya ini :)

  101. Orang bea Cukai berkata:

    BATAM murah?
    Bohong itu om….. kalo barang selundupan (barang bekas) itu yang lebih murah dari tempat lain di indonesia misalnya : TV bekas, HP bekas, kasur bekas dan tentu pakaian bekas.

    tapi kalo nyari barang baru murah, sono tuh nyari di glodok aja barang barang made in china pasti jauh lebih murah.

    Di batam barang barang yang dibebaskan dari pajak dan bea masuk (versi bea cukai) adalah barang yang digunakan untuk pendukung barang ekspor misalnya mesin mesin untuk pabrik, bahan baku dsb makanya sama pengusaha dibilang murah karena emang untuk narik investasi luar, apalagi ntar ada penerapan SEZ (Special Economic Zone) jadi tambah bebas dan mudah bagi orang asing buat nanamin modal di sini.
    tapi kalo selundupan dari Singapore maupun malay, coba aja lewatin kami…..
    (asal bukan bos bos kami aja yang bermain deh)…..

  102. virgo girl berkata:

    eh kenalan yuuuuuk

  103. dewo berkata:

    @Dear Virgo Girl,

    Ayuuuuuuk.

  104. bang Jihad berkata:

    salam kenal saya juga orang batam yang tinggal di jakarta

  105. Dear Bang Jihad,

    Salam kenal juga.

  106. widy berkata:

    halo Mas Dewo,
    numpang ya…
    karena saya mau tanya2 sama mas Dandi..
    semoga masih sering ngecek di sini..:)

    mas Dandi,
    saya juga kerja di Singapura,
    sudah hampir 1 bulan,
    nah bulan depan rencana keluarga akan pindahan ke Batam juga,
    persis seperti Mas Dandi,
    rencana Jumat malam pulang Batam, dan Senin pagi balik ke Singapura..
    yang mau aku tanyain mas,
    seberapa sulit buat dapetin KTP Batam, sehingga bisa buat ngurus paspor Batam?

    Trus sebanding ga sih kalau misalnya keluarga dibawa langsung ke Singapura atau mending tinggal di Batam?

    Itu ke kantor ga telat kan?naik ferry yang jam 6 ya? berarti harus check in jam 5?

    Kebutuhan hidup sebulan kira2 berapa ya?Soalnya aku cek ada situs yang bilang sekitar 2,7juta untuk tempat tinggal dan konsumsi sehari2..apa bener?

    Thx atas infonya,
    widy

  107. widy berkata:

    oya nambah,
    saya udah ada barang2 rumah tangga di tempat asal dulu, di jogja..
    mending dikirim pakai truk ke batam, atau dijual trus beli lagi di batam ya..
    kalo ada info barang rumah tangga second saya akan terbantu sekali..

    thx

  108. Boston berkata:

    apa masih ada itu mobil sedan gede. pingin juga beli tuh satu

  109. Dandi berkata:

    Hallo Mas Dewo, numpang ya, mau bales Mas Widy.
    Untuk KTP, bisa pake prosedur biasa. Jadi kalo keluarga sudah pindah Batam, lalu urus surat keterangan dari RT/RW setempat, lalu ke kecamatan. Lalu ktp lama diambil dan diganti ktp batam. Kalo tanpa prosedur juga bisa, ktp ‘nembak’.
    Lalu untuk bikin passpor, umur ktp batamnya harus min 6 bulan. Sekali lagi, ‘nembak’ juga bisa cepat.
    Bagi saya, jauh lebih hemat keluarga tinggal di Batam. Life cost total nggak sampe separuh Singapura. Kalo mau bawa saudara atau pembantu juga bebas.
    Kebetulan kantor saya di singapura dekat pelabuhan. Biasanya saya naik ferry jam 6 atau jam 6.30. Check in biasanya 30 menit sebelumnya. Sampe di kantor, kadang-kadang telat dikit.
    Di Batam, kebutuhan pokok seperti sembako dan bahan makanan lebih mahal daripada di Jakarta. Rp 2,7 juta sebulan itu mungkin, kalo untuk biaya hidup satu orang dewasa. Tapi kalo satu keluarga, saya rasa masih kurang.
    Saya rasa lebih mending beli barang rumah tangga second di Batam. Karena mudah dapatnya dan relatif murah. Tempat jualan barang second antara lain di Tanjung Sengkuang, dan Pasar Aviari.
    Untuk info lainnya, bisa kontak saya lagi.

  110. sees berkata:

    alow.. numpang nanya bole yaa..
    besok siang saya berangkat ke batam, mau survey perusahaan untuk skripsi saya..
    yg mau saya tanyain:
    1. situasi di bandara batam mirip ama di bandara jakarta ga? mksdnya pas nyampe, lsg byk yg nawarin naek taxi gt? biar bisa siap2 nolak kalo bgt hehe

    2. hotel yg ga trll mahal di daerah mana y? budget 200rban gt..

    tx b4 :)

  111. MY RIGHT berkata:

    Saya mau naya nih kalau saya datang ke Batam bisakah saya mendapat perawan anak yang belum disentuh oleh lelaki walupun bayar harga gak ada masalah duit gak ada broblem yang penting bisa dapat anak perawan untuk saya tetap awet mudah asal dapat anak perawan.

  112. hendra Batam berkata:

    Saya putra asli daerah kota Batam

    pak dewo dan temen2 sala kenal ya!

    saya hanya info menurut PP 77 Tahun 2007 tentang Penetapan wilayah BBK (batam, bintan, karimun) sebagai daerah bebas pajak maka BBK dan terutama Batam akan menjadi seperti dulu lagi!

    tapi saran saya jika teman2 semua ke Batam saya mohon jagalah kebersihan Kota Batam dan jadikan Kota Batam seperti rumah anda sendiri!

    Masalah Prostitusi jujur pemerintah juga agak susah untuk meminimalisir hal tersebut, tapi saya yakin jika pemimpin batam punya sebuah idialisme yang besar untuk memberantas hal tersebut saya yakin 1000 yakin! Batam akan menjadi kota yang tertib sesuai dengan visinya “BATAM BANDAR DUNIA MADANI”

    terima kasih

    kontak :
    HP : 08117009191
    e-mail : hendra_ip06@mail.ugm.ac.id

  113. yudi berkata:

    Permisi mas ya,..,
    mo ketik dikit aj

    kyknya,.,.harga mobil rekon s’pore dah tinggi
    smenjak pemerintah ngelarang masuk lg
    tp akhir2 ini dah mulai turun lg,ini dampak dr mo
    berlakunya SEZ batam,bintan,karimun.
    Tp mnurut gw itu cuma teknik org buat nurunin
    hrg boil.Mang dah bnyk seh org yg pk boil second dr
    jkt ataw bw boil dr wilayah laen d indonesia,drpd
    beli boil rekon yg hargana mpir sama dgn boil nasional ( bukan tipe sejenis)tp favorit masyarakat
    indonesia.Dgn berlakunya SEZ blom tentu bos kondisi
    batam bner2 bebas kek dulu,mungkin brng yg bebas
    adalah barang2 yg ga terlalu mewah kek boil.

    (korban beli boil rekon spore kemahalan)

    ada tanggapan ????

  114. cici berkata:

    mas dewo, pengen tau nih tempat beli Hp&kamdig yang murah di batam? kebetulan ada teman pulang dari singapure hari jum’at,kamisnya nginap dibatam dulu so pengen nitip beliin Hp yang murah gitu, di makassar masih mahal, aku tunggu infonya sebelum hari kamis 4 okt 07, thank’s be4,…

  115. cici berkata:

    Mas kalau bisa dibalas ke e-mail ku aja
    chicy_zhou@yahoo.com, aku tungguin infonya ya mas…

  116. whatever_prass berkata:

    BATAM = Bila Anda Tiba Akan Menyesal
    hmm…
    salam kenal mas dewo dan smua nya

  117. Riant berkata:

    aku tertarik dengan cerita kamu, boleh tau ga nama – nama pembeli mobil mewah dari jakarta….?

  118. Riant berkata:

    bos,boleh tau nomor handphonenya g,ada yang pengin di obrolin dikit niy,tolong kirimin ke email-ku aja y,…@<

  119. Flix berkata:

    BATAM sekarang tidak seperti dugaan orang.

    MADESU ( Masa Depan Suram )

    Ntah karena ekses dari konflik kepentingan antara OB ( Otorita BATAM ) dengan PEMDA kali yah?

    Aneh juga ibukota KEPRI malah di tanjung pinang

  120. julie berkata:

    Gara2 nyari iklan mobil second murah di batam jadi nyasar ke sini.. btw bagi info agen penjual mobil murah di batam dong, mau cari yg murah meriah ga masuk penjara hehe

  121. julie berkata:

    Eh lupa, salam kenal mas dewo ;) artikelnya menarik..

  122. Flix berkata:

    Kalau nyari mobil murah meriah ga masuk penjara sih udah susah mbak…. kalaupun murah ga bisa dibawa keluar pulau BATAM.

  123. Linda berkata:

    Haloo saya mau cari HP Nokia E 90 ada info harganya berapa disana?

  124. Linda berkata:

    Maaf saya yang cari Nokia E90 comunicator, mohon info harganya disana baik yang BM ( Black Market maupun yang resmi dari Nokia) dan tolong sms ke 0811919025. Thank

  125. Wiwid berkata:

    maaf…nyari info mobil murah malah nyasar…
    ada yg bisa advise harga mobil pasca penandatanganan FTZ di Batam-Bintan-Karimun ?
    Sekarang mah tak ada beda dengan Jakarta

  126. zulfahmi berkata:

    ada info g tntng transmisi civic ferio vti 1999 (D15Z) limbah /ex singapura.mohon inputnya dari teman2 di batam.

  127. zulfahmi berkata:

    kalau ad info hub saya di 081365474292

  128. gary berkata:

    saya dah tinggal di batam sjak2004, gak msalah tuh…batam tuh memang kota yang bwa berkahh.kmu msih bisa kok cari rezeki dngan modal nekat looo,bisnis handphone misal,dari.selisih,or tkar tmbah para pedagang di lucky plaza(pusat hnphone terbesar)bisa dpetin keuntungan gede .pdahal sewa counter di sana gak murah 1x1meter ja dah pke dolar sing 800$..tuh konter yang paling rme dan punya harga miring sprti starline,batamceluler,or signal punya gedget kyak pa aja,dri hp BM ampe second di conter mereka harga pling muurah.aku prnah ikut tmen ke sgpura cari2 hp.di daerah bugis pas di blakang simlim tower tuh plingh bnyak hp2 second,n73 bandnew china ja cuma1,6 juta lo.IPOD30giga cuma 1;2juta klo di kurskan.cara kesana kmu hrs naek MRT BIAR MURAH. EHHH TP DI CONTER LUCKY kmu hrs jeli membeli hp second bnyak hprekon dan mesin gak utuuh .bgusnya cari yang baru tuh di samsung shop..dan lagi klo kesingapura beli jga jangan stengah nawar..apek singapur tuh glak2,dan sombong..jgn lupa ke og people park china town di sana sering ada sale elektronik….

  129. gary berkata:

    saya punya tmeen yang dulu kerja di showroom mobil di bilangan batu ampar.di sna kata dia mobil 2 bkas plg laku…dulu kan pas jamannya mitsubisi storm bnyak peminat nya.dia sring ke singapura orderan mobil2 rekon or skond,,,,di singapura klo gak slah di daerah chines garden bnyak showroom mobil brandnew,skond tuk export…Di BATAM showroom mobil skond gak salah di simpang seraya,trus di daerah sekityar nagoya newtown.

  130. Anik berkata:

    Saya sudah 9 tahun tuh tinggal di batam.
    Kemarin pas saya cuti ke jawa, harga electronic kaya HP, mesin cuci dll saya bandingin masih murah di Btm cuma beda 200-300rb.
    Untuk harga makanan+sayur dll ngga jauh beda ma di Jawa malah lebih mahal di jawa untuk daging,susu dan produknya..alamak coca cola malah mahal di Jawa secara rumah bonyok dekat pabrik coca cola..halo SEMARANG??coba bandingin kalo U pada makan di foodcourt mall harga sama aja malah lebih mahal di Jawa.
    Untuk rumah harga rumah tergantung letaknya..kalo daerahnya ada di pusat kota pasti mahal kalo U mo cari rumah murah beli aja di Batu aji,tanjung piayu,tapi kalo ada ujan 2 hari+malam suap siap aja nginep di tempat kerja..pasti banjir.
    Pemkonya banyak korupsi bikin jalan poor quality suka bolong and ditambal.muka tebel ngga pada malu ma orang asing kirain kita nya yang bodoh bingin jalan beton aja ngga bisa…lanjut ya..

  131. Anik berkata:

    Untuk mobil semenjak dihentikannya import mobil dr Singapore harga mobil X udah mahal.Contoh:Honda CRV’98 harga 98jt.Nah mpbil yg namapang di gambar websitenya Dewo itu masih murah krn lexus tua dan pasti ccnya gede ngga ada tuh 45jt.Yang laku di sini “toyota corona apalagi yg sedan 1.6GLI”paling banyak dicari orang.Kalo nyari tas/sepatu/baj2ndmerk:Fila,adidas,mango,zara,dan italian branded bisa nyari di tanjung sengkuang,aviari,kalo pagi di depan ramayana jodoh.Harga dijamin murah2 dan masih bagus2 asal pinter nawar aja.Buat yang pinter masak bisa buka warung2 ato jual di mall yang dekat dengan lingkungan industri ato dormitory pekerja dijamin”cepet kaya” contoh:dagang bakso dan mie ayam..ngga usah bikin rumah makan yg aneh2 dan ribet biasanya malah tutup di bulan ke2.Kalo mo bikin KTP baru nembak 300rb nanti pas perpanjangan urus sendiri.Passport nembak 650rb SIM A baru =400rb daripada ngurus sendiri ngabisis waktu dan “sakit hati”

  132. ADI berkata:

    Salam kenal untuk mas dewo….Saya pindah kebatam sejak dr tahun 1993.saya kebatam ikut ortu pindah tugas sampe sekarang masih disini.Dulu(sebelum 1997) Batam emank benar kondisinya seperti yang kita dengar.Barang elektronik serba murah,mobil,apalagi emas…24 karat.ex.mobil corolla thn 1986 hny 7-10jtan.kalo thn 81 bisa dpt 3-5jtan.itu dolar sing msh Rp. 1500/dollar.tapi sejak krismon ditambah dengan perubahan2 yang terjadi (kebijakan pemerintah,PP dll).akhirnya harganya ngak jauh beda. HP second yang murah kita harus pintar2 carinya dan nawarnya.dan harga miring hny ada ditoko tertentu.trnsport slh 1 biaya plng gede,solusinya kredit motor.mkn!mnding masak sndr aja drpd beli.BATAM=orngnya mejmuk.trkadang ada yang lingkungn kekeluargaannya bagus terkadang ada juga yang individualisme.korupsi…banyak.perkembangannya memang bagus.tapi kualitasnya terkadang tidak sesuai dengan yang diharapkan.klo utnuk liburan org btm biasanya ke s’pore.krn lbh irit dibanding ke jkrt or bali.cm 300rb dah bs bwt jln-jln(ngk pake shoping).
    Issuenya kalo FTZ jadi diterapkan,Otomotif,elektronik,dan Alcohol dan satu lagi lupa.tidak akan dikenai pajak barang mewah.kaaataaanyaa..!!!harganya akan kembali seperti sebelum berlakunya PP 77.ya..!!hrg mobil skrng jadi setengah gitu.seperti HOnda CIVIC thn 97/98 skrng 65jtan kalo FTZ bisa jadi 30-40jtan.(katanyaa!!!).trus kalo soal kerjaan..pengen kerja gaji gede..pilihlah dalam bidang OFFshore,shipyard..disini banyak banget.tapi gaji yg gede juga tergantung level.untuk drafter bisa 5-8jtan.kalo field operator msh >2,5 jtan.
    OK deh..sekian info dari saya.mudah2an berguna…yang jelas…bagi teman-teman yang belum kebatam. silahkan datang kebatam lihat dan rasakan sendiri….
    Mohon maaf kalo ada yg salah.

    Salam

    adi

  133. rollison berkata:

    mas adi itu maksudnya FTZ apaan sih ????? kok bs barang2 jadi lebih murah, emang kalu FTZ di terapkan barang2 murah bisa keluar dari kota batam dengan harga yang sama pastinya.

    tlng informasinya thk’s

  134. dani berkata:

    waduh mas… beruntung banget tinggal di batam (meski jauh dari keliarga). mas, masak di batam hp yg dijual cuman yang lawas2 aja? hp yang keluaran gres kyk n73 ato w960 g ada t? q lagi cr hp neh disuruh ayah… cuman budgetnya ada 1,7jt doank… nitip bisa g mas? maaf ngerepotin

  135. ides berkata:

    tes…tes…dicoba

  136. ides berkata:

    Selamat malam semua,
    Salam kenal sebelumnya,

    Saya mau cerita sedikit mengenai Batam, saya sudah di Batam kurang lebih 2 tahun sampai sekarang. Perkiraan saya dulu sebelum nyasar kesini adalah, Batam kota metropolitan seperti Jakarta, tapi begitu turun dari pesawat, ternyata semua berbanding 180 derajat. Batam sangat gersang, rumput aja males hidup disini.
    Masalah angkutan emang disini lebih banyak taksi gelap, sopir2 angkutan emang punya nyawa serep, telinga kebal suara.
    Trus untuk HP, sekarang sudah gak semurah dulu, karena sudah mulai banyak pungutan liar dan untuk HP BM sering di-razia ma aparat. Saya berani bilang begitu karena saya juga masih aktif jual beli HP antar pulau. Saya sering kirim HP ke Jawa, tapi dengan qty sedikit tentunya, karena kalo kirim banyak2 ada oknum yg siap menghadang. Untuk kirim qty banyak saya hanya melayani Riau saja. Soal harga…gak beda jauh ma harga Jakarta, malah ada yang lebih mahal dari Jakarta, dan kebanyakan HP disini batangan semua. Jadi bisa dibayangkan, harga cuma beda 200~300rebu tapi cuman dapet hp+charger doank. Kalo mo murah harus ambil qty banyak, minim 100 unit. Jadi, jangan mimpi bisa dapet HP murah di Batam. Tapi kalo ada yang minat mungkin saya bisa bantu.
    Trus untuk tuan rumah, Mas Dewo, mungkin mas belom nyoba untuk ke Lucky Plaza, disana banyak HP2 terbaru, PDAphone dll.
    Kalo ada yang mau tau lebih banyak tentang seluk-beluk Batam, ato mo tanya2 masalah HP, bisa email ke saya di
    andy.prasetyo@sep.epson.com.sg

    Terima kasih,

  137. andre berkata:

    boss sekalian
    gw bisa tanya hp2 ap aj yg di jual,dan bisa anda sekalian yg mengetahi sms ke no. saya
    0852 684 99911 andre,thx

  138. indra berkata:

    klo harga laptop yg murah tapi model dan kualitasnya bagus itu klo di batam merek nya apa ya kira2???
    bisa di kasih tau g??

  139. luky berkata:

    Di Batam itu susah cari makanan enak – jadi peluang usaha masih gede, juga petani sayuran yang bisa di ekspor ke spore juga masih bisa terhitung jumlahnya. yg gw suka dari Batam itu lautnya yang masih bersih, dan gilanya nyelam di p. abang dan p. petong dilayani perush. spore. ada investor yang minat buka usaha nyelam di batam nggak ?

  140. dhanny berkata:

    Permisi..
    Ikut nimbrung nich..

    saya baru 2 minggu di batam,
    sebelumnya saya denger di batam harga HP, notebook & elelektronik murah2,
    ternyata ga semuanya bener juga,
    saya lihat2 di counter2
    harga nya standartd aja (sama sperti jkt)
    emang seh ada yg murah
    tp itu seperti TV, mesin cuci, kulkas ex singapore
    pengen seh beli, tp bawanya susah
    hehehe….

    oiya klo ada teman2 di luar batam yg ingin bisnis sepatu2 sport, seperti nike, rebook, adidas
    saya bisa bantu, kita join business, saya yg ambilindr sini, krn saya tahu tempatnya

    klo ada tempat berbelanja barang2 murah di batam tolong bisa info2,
    dan ada yg ingin menghubungi saya kirim aja email
    ke dhannys84@gmail.com
    sebelum nya saya ucapkan
    terima kasih

  141. Takbir berkata:

    selamat siang mas setio
    Mau tanya untuk notebook second di batam seperti merk toshiba, sony, hp,dll yang P4 dan dual core itu kena berapa pa ya! nanti di infokan ya, klo cocok nanti aku akan pesan.

    terima kasih atas perhatian dan bantuannay

    Regard
    Takbir

  142. imam berkata:

    mau tanya nich mas.
    saya mempunyai produk kasur jenis palembang. punya kenalan ga importer dari luar negeri untuk mengekspor produk saya ini?.
    kalau ada mohon saya di hubungi.
    dan kira-kira ada tidak yang bisa saya bantu untuk kerjasama bisnis apapun itu, mungkin saya bisa membantu?? terima kasih
    saya tunggu jawaban secepatnya.

  143. narus berkata:

    saya bulan januari ini dapat tawaran kerja di batam, letaknya daerah water front gimana ya daerahnya and bagaimana biaya hidup disana katanya mahal mahal pusiiing

  144. Ferry berkata:

    Numpang promo ya ….
    Saya pernah di Batam dr thn 2000-2005.
    Buat yg ingin tahu gambaran Batam, memang harus diakuii biaya hidup Batam sangat tinggi sekitar 20%-30% lebih mahal dr Jakarta. Transportasi sebenarnya gampang krn banyak taksi gelap yg masih reasonable kok harganya. Enaknya di Batam : deket banget sm S’pore Bo. Cuma modal Rp100rb dah bisanaik Ferry Batam-S’pore p-p. Elektronik Murah? Itu konon …sekarang sama aja.

    Rumah murah?….hehe iya. Ini buktinya, saya mau jual rumah saya dgn hrg Murah. Di Perumahan Taman Mediterani, Batam Centre Type 36/72. Cocok utk keluarga kecil atau sekedar invest krn lokasi sangat strategis, hanya 5menit dr International Ferry Terminal dan Hypermart, 5 menit ke Pusat Pemerintahan Batam. Interested? Call 0813 377 81971

  145. robby berkata:

    Buat mas narus,info aja Water fron arahnya agak keluar kota,jd agak sapi di sana.Soal biaya hidup rasanya tsk beda dgn di jkt,tegantung di mana tempat kita makan,rasanya sm sj dgn jkt,itu pengalaman gw thn 2000-2002 di batam.

  146. gunawan berkata:

    mau tanya dong, kalau bawa tv 37 inch dari singapore ke batam kira2 di cekal gak di immigrasi batam? ada yg tau gak aturan resminya kalau bawa barang dari luar negeri ke indo, misalnya dari sg ke batam via ferry? kalau harus bayar berapa bayarnya?

    trims, gunawan

  147. JHON SPEED berkata:

    BUAT BRO GUN…
    SAYA ADALAH PENYELUNDUP BARANG ILEGAL MERANGKAP SEBAGAI MEKANIK BALAP..
    TENANG SAJA BRO GUN… JIKA ANDA INGIN TV BESAR ANDA ITU TIBA DENGAN SELAMAT DI RUMAH SAYA.. EITSS… SORY.. DIRUMAH ANDA MAKSUD SAYA..
    ANDA DAPAT MEMPERCAYAKAN SYA UTK MENGURUSNYA..
    SILAKAN HUB SAYA DI 68712493

  148. Dandi berkata:

    Mas Dewo, numpang lewat. Saya mau nawarin tiket ferry Batam – Singapura pp, Batam Fast. Hanya SGD 14. Dulu belinya kebanyakan..8-) Hanya ada 6 lbr. Kalau minat bisa hub/sms saya di (65) 96939113. Mau ketemu di Batam atau Singapura silakan saja. Saya di Batam kalau weekend. Weekdays di Singapura. Trims.

  149. JHON SPEED berkata:

    UNTUK MAS DANDI…

    SAYA BERMINAT UNTUK MEMBELI TIKET FERY ANDA….
    TAPI UTANG DULU YA….. TAON DEPAN SAYA PASTI BAYAR..THX

    021 687 124 93

  150. irsan berkata:

    klo mobil2 ex singapur murah gak ya dsni??????????
    dan ada gak suku cadang nya

  151. Dandi berkata:

    #151, Mas Jhon Speed, kalo masih minat, sms saya saja di nomor di atas, kalo sudah sampe di Batam.
    FYI, sekarang seaport tax di Batam Center dan Sekupang naik jadi SGD7.

  152. tina berkata:

    banyak dibtm jalan2 pada macet.dimana2 dibenarkan gorong2

  153. tina berkata:

    kapan jalan benar2 clear dan pengguna jalan dapat menjalankan perjalanan tanpa hambatan.mana mobil kita tiap hari harus diperbaiki.karena jalan2 banyak berlubang dan berliku2

  154. rory berkata:

    mas dewo saya nanti akan memulai usaha di Batam. denger-denger katanya harga sewa Ruko di batam itu lagi gak wajar ya? betul gak sih? ada yg bs bantu ksh tau rata2 harga sewa ruko di Nagoya dan batam center, tp yg murah bgt. maklum duit dikit…

  155. Perkenalkan,nama saya:Ricky,saya ingin menawarkan kerja sama,jika anda berminat,harap hubungi saya di nomor telepon:08567272981.Atas perhatianya,saya ucapkan terima kasih.

  156. maro pane berkata:

    ^apa2an nih kerjasama,,tepu!!!

  157. Vicho berkata:

    Goldencell yg trletak di btm bs hbgn km.di tlf,054820117.hp 6600 cm 300rb.t2

  158. pearlman berkata:

    Kemarin saya searching laptop murah diinternet, ternyata ada yang menjual laptop baru & garansi dengan harga 50% lebih murah dan berlokasi di Batam. Tetapi kalau ingin pesan harus transfer dulu 50% dari harga total, saya takut ini penipuan. saya minta tolong apa kah benar perusahaan tersebut real, ini alamat lengkapnya

    CV. ZAMRUD Computer
    Jl. Khatulistiwa No. 38 Sungai Panas, Batam 29432
    SMS/Call Center: 0888 580 1631

  159. Vicho berkata:

    Ada lg di perdana elektro di btm.laptop di sini acer cm 1200rb aja.

  160. Bram berkata:

    iya sama dengan bro Pearlman pengin tahu tuh zamrud computer beneran nggak, tolong infokan ke saya trims banget. Salam kenal buat semuanya

  161. Bram berkata:

    buat bung vincho info lengkapnya dong sekalian seri notebook lainnya lagi buruh nih trims

  162. Leetha berkata:

    halo.. aku rencana bulan depan mau ke batam nie.. batam itu gmana sie?? dan kalo cari pekerjaan disana bayak gak??

  163. suhid berkata:

    Yang kepengen punya Laptop murah bisa jadi setengah harga laptop yang dijual di mangga dua Jakarta gue tau tempatnya yang dijual di Batam, silahkan nanya masuk kemilis gua.

    • oman berkata:

      saya mau kerja sama usaha elektronik terutama laptop dan hp bila berminat hubungi saya 087871950445

  164. bram berkata:

    bro suhid saya tertarik nih milisnya di mana? mau ikutan serius.

  165. bram berkata:

    buat bro suhid sms website atau milisnya ke aku di 08174109002 trims

  166. Vicho berkata:

    To.mas bram …..addres.jl tanjong penjuru no.34

  167. bram berkata:

    thanks tapi ada no telpnya ndak? aku blm tahu batam itu batam sebelah mana? kotanya apa maaf ngrepotin tapi aku serius nih!

  168. mbah marijan berkata:

    sekarang kok blognya CV. ZAMRUD Computer kok ga bisa dibuka.
    Beneran ada ga sih????
    Lumayan bro..
    1/2 harga…

  169. bancet berkata:

    (for the 1st time in batam)..selama 1 bln,hampir tiap hari ak telusuri jalan2 dibatam..ak pergi ketjg uncang disana perusahaan,ati2 banyak truk..ak ke singkuang,bnyk tv,comptr 2nd serta beberapa jenis elektronik lainnya..ak ke Aviari,bnyak perabot,meubel2 rt,mesin cuci,mainan anak2 2nd..ak ke batam centre,mampir kewarung bakso,ada menu lain juga rawon(ada foto ketua MPR pernah makan disini) baksonya enak kayak bakso pak narto dijogja..

  170. RAZOR berkata:

    (for the 1st time in batam)..selama 1 bln,hampir tiap hari ak telusuri jalan2 dibatam..ak pergi ketjg uncang disana banyak perusahaan,ati2 banyak truk..ak ke singkuang,bnyk tv,comptr 2nd serta beberapa jenis elektronik lainnya..ak ke Aviari,bnyak perabot,meubel2 rt,mesin cuci,mainan anak2 2nd..ak ke batam centre,mampir kewarung bakso,ada menu lain juga rawon(ada foto ketua MPR pernah makan disini) baksonya enak kayak bakso pak narto dijogja..

  171. sherly berkata:

    pengen tau donk tentang tempat jual tas yan branded dan murah di batam

  172. seetha berkata:

    Wah seru-seru banget nih…hmmm btw aku pernah jalan ke Batam..Kotanya asik,lumayan bersih namun rada sepi sih..jadi kemana-mana bisa cepet jessss kayak angin aja…
    Makanan banyak seafoodnya sih but gile bener mahal2 bro…
    Menurut aku Batam mah cuma enak kalo buat jalan2 aja tinggal lama,,,duh gak kebayang deeeech…Mahal bow…

    cheers
    Seethe

  173. seetha berkata:

    Buat yang mau cari Notebook sila hub aku yach coz aku punya temen yang langsung dari Singapure..so bisa murah banget bro.my number 08126994012

    cheers
    S

  174. dhony berkata:

    mas, aku nanya diman beli laptop murah, brand ataupun second…
    email aja ke calm_march@yahoo.com atau no 08883926832
    trims

  175. Edo berkata:

    Untuk teman2 di Batam,saya pecinta suzuki escudo&saya sedang mencari accesoris buat escudo 2.0 thn 2006 ( baru / bekas tapi original termasuk mesin ex singapore,sunroof dll).Bila ada yang bisa membantu saya tolong email ke edomailbox@yahoo.com.kalau bisa sekalian perkiraan harganya ya yaa. thank,s

  176. Edo berkata:

    Untuk teman2 di Batam,saya pecinta suzuki escudo&saya sedang mencari accesoris buat escudo 2.0 thn 2006 ( baru / bekas tapi original termasuk mesin ex singapore,sunroof dll).Bila ada yang bisa membantu saya tolong email ke edomailbox@yahoo.com .kalau bisa sekalian perkiraan harganya ya yaa. thank,s

  177. CS berkata:

    Dear teman2 yang dibatam…ntar lagi kita akan segera lounching website kita buat ngiklanin produk atau usaha kita….pokoknya dijamin murah meriah deh… ditunggu yah…sabar yah…

    Salam
    Team BatamKlik.com

  178. fakhrur berkata:

    Hai semua..nya
    Cerita Mas emanuel dia atas..ada bener nya juga. tapi untuk barang elekronik mask endak ada yang murah!!!
    padahal setahu saya dahulu kala batam adalah Surga nya barang-barang BM….nah mas emanuel…saya minta bantuan nich sama teman-teman dan mas emanuel!
    dimana ya..saya bisa cari laptop Pentium 4 second/BM di Batam
    rencana nya akan saya perdagangkan ke jawa atau sumatera. kalau ada info kirim email ke arur.fakhrur@gmail.com atau arur_fakhrur@yahoo.com

    terima kasih

  179. JSL berkata:

    Mobil seken spore ?……………………..
    no……no…..no………………………………………..
    Sebenarnya itu kebanyakan curian dari malaysia mas, he5……..

  180. ara berkata:

    batam menurut gw asik banget, apalagi makanan seafoodnya enak2 banget. gw dlu tinggal di batam tapi sekarang udah pindah di jakarta. bener2 tersiksa tinggal d jakarta gak ada makanan yang enak gt. info cari makan yang enak d batam ya d golden prown n di harbourbay gt deh .
    di situ enak banget apalagi d harbourbay lo bisa liat sunset bech gt klo ma’enna sore.
    moga bermanfaat yach infonya!

  181. Masdilla berkata:

    Saya tertarik juga dengan artikel mas dewo ni. Saya pengen
    banget ke Batam coz teman2 saya banyak yang disana. Mengenai mobil murah ok juga sich tapi sayang gk bisa di bawa ke luar batam jadi klo kita kaya di sana hanya kaya di t4 saja, ngk bisa di nikmati di luar batam. Mengenai hidup di batam kata teman2 saya emang mahal. O ya objek wisata alam apa yang paling menonjol di Batam?
    mksh atas jawabannya.

  182. Masdilla berkata:

    Manakah yang banyak perusahaan orang Indonesia asli daripada

    perusahaan asing di Batam?

  183. Raden berkata:

    Klo ada yg mau jual hp n95,n93i,n9500,n90 baru/bekas dengan harga murah hubungi saya di nomor 085240846467

  184. amien berkata:

    ADA YG MAU JUAL LAP TOP CORE DUO TAK?

  185. Ari berkata:

    helo mas dewo,

    mau tanya nih mengenai batam :
    1, bagaimana kehidupan di batam ?
    2, prospek usaha apa yang cocok di batam, kalau mau berwiraswasta ? apakah maju jika membuka usaha toko bangunan dan toko listrik ? kira-kira buka dilokasi mana ya ?
    3, apakah benar untuk urusan bahan makanan pokok di sana mahal dari daerah lainnya ?
    4, berapa harga rumah yang paling murah di batam ? tipenya berapa dan lokasinya dimana ?

    tolong infonya nih mas dewo, karena aku baru pertama kali ini mau merantau tapi tidak tahu sama sekali mengenai batam.

    please jawabannya ku tunggu di emailku.
    (fly_nieee@yahoo.co.id)
    tolong dibalas ya.
    thanx a lot.

  186. Ferry sulistyo berkata:

    Aku juga mau dunk klo ada barang elektronik murah seperti hp atau pda, buat aku jual lagi di semarang

    salam sejahtera
    Ferry Sulistyo

  187. Putra Kelana Jaya.. berkata:

    Thanks for all yang udh comment abis2an buat kota kecilku “Batam”…

    Disni saya coba kupas sedikit kulit “Batam”.. menurut kacamata saya sebagai Putra daerah….

    gag terasa udh 24 tahun idup di Kota ini… makin hari memang terasa makin sulit di Kampung Halamanku ini… n makin seram…
    bahkan sebentar lagi mungkin makam “Datuk dan Nenek” bakalan dibangun Perusahaan raksasa……. katanya biar ada lapangan kerja buat putra daerah…. hmmm.. semogaaa….

    tapi tau gag?… sebenarnya yang bikin kota ini amburadul bukanlah putra-putri asli seperti aq…. coba dech kalo gag percaya.. tanyakin aja ama rampok2 yang ada dibatam.. mereka tyuh aslinya dari mana?…. tanyakin ama tukang hipnotis… mereka belajar ilmu hipnotis dimana?… tanyakin ama para para pembunuh diBatam… mereka lahir dimana??.. aq yakin mereka bukan “Melayu Batam”… nah inilah problema disini.. banyak yang datang nekat buat mati konyol ke Batam untuk mengadu nasib tanpa berbekal keahlian,materi n agama.. akhirnya.. jadi penipu.. penodong.. perampok… n dan parahnya karena gag ada uang buat ngelampiasin “syahwat” maka jadi pemerkosa…. bahkan pembunuh… Kok gitu?.. khn d batam banyak “Ayam” yang murah?… nah itu dia BATAM “Bila Anda Tiba Anda Menyesal”…”Bila anda Tiba Awewe Menanti”… coba tanyakan lagi ama para “Ayam-ayam” di Night Club2 d Batam.. mereka berasal dari mana?…. Bukan Orang Asli Batam…ato pasti bukan anak yang dilahirkan dibatam …. kalo toch ada bisa diitung pake jari….. ini terjadi sama karena Batam gag sanggup menerima Cewek2 yang cuman modal tampang doank untuk bisa bekerja disini…. akhirnya karena modalnya cuman kecantikan.. trus daripada gag makan mending jualan… ya.. jualan diri…. mo pulang kampung udah terlanjur pamit ama keluarga merantau ke-Batam.. akhirnya terpuruk disini buat ngelayani apek2 singapur… dan ini menjadi kesempatan surga bagi para hidung belang yang kampungan karena udah bisa berpenghasilan dibatam untuk melampiaskan nafsu dengan uang hasil kerja yang didapat…… orang.. 50 ribu ajach udh bisa “MakE”….. tapi INGAT !! buat cewek2… batam bukan arena mencari “uang lendir”….. banyak cewek2 yang gag laku disini.. karena udh terlalu banyak cewek2 cantik yang banting harga dibatam… sungguh menyedihkan….

    dan hal inilah yang menjadi “Putra Daerah” seperti kami harus ekstra berjuang keras untuk dapat bersaing secara sehat mencari nafkah dikampung halaman sendiri…

    Pemerintah Batam sebenarnya sudah sangat dibikin sibuk dengan arus pendatang dari berbagai pelosok indonesia yang haus datang ke Batam…… mo di batasin pendatang yang masuk.. gimna?.. masih satu indonesia… gag perlu passport bung… lagipula kami orang melayu Batam orang yang “Welcome”….. silahkan anda mengadu nasib dikota kami…. kita bersaing secara sehat… tapi apa yang terjadi????….

    jadi… kenapa Batam itu keras..??… karena Batam itu “Indonesia Mini…”.. disini dari sabang ampe merauke… dari penjual subang ampe para toke ada disini… masyarakat yang “Heterogen”.. gag seperti jawa yang dominan ama orang2 jawa… jakarta mungkin ada suku betawi….. jadi maklum aja banyak orang2 yang licik dibatam karena takut ditindas ama lainnya…segala ilmu pencak silat ampe ilmu silat lidah di gunakan buat bertahan hidup… dengan kata lain saling berebut buat cari makan n bertahan idup… meski saling sikut…… ya walopun masih ada orang2 yang tetap hidup dijalur yang wajar, tenang dan saling menghargai……

    jadi buat teman2 yang mo datang ke-Batam… silahkan… kami “Welcome” tapi tolong hargai n hormati kami… jangan hukum rimba anda yang anda bawa kesini… peganglah pepatah “dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung”… siapkan landasan intelektual n spritual anda dahulu….disini banyak godaan…. jangan sampai “Anda Tiba dan Anda Menyesal”……

    mungkin buat bisnis Batam cukup menjanjikan…. apa aja bisa dijadikan uang….. mulai barang bekas ampe sampah bisa dijual bahkan ampe manusiapun dijual dibatam.. (So.. hati2 buat cewek2…. Banyak Trafficking)… karena akses luar negeri seperti singapur n malaysia dekat menjadikan batam tempat penampungan barang2 mereka…. namun untuk saat ini belum tertata rapi….. mudah2 batam dapat terus berkembang.. dan cita2 madani bukan hanya sekedar janji…. salam..

    • WIEN berkata:

      Ikutan comment ya…? Sy rasa d’mana2 sama tuh k’jd-annya. Yg namanya rampok, copet, maling, pembunuh, pemerkosa pasti ada dan emang biasanya bukan penduduk setempat. Ya emang yg namanya ppth dimana bumi ditijak disitu langit dijunjung seharusnya dilaksanakan but itu paling bagi org yang bijak. Tp sy cukup salut dg kota batam dan msh penasaran karena belum semua tempat sy kunjungi. Sblmny sy penasaran dg kota ini sy cari info dari internet, kebetulan misua kerja di Tg pinang sampai akhir tahun ini. Jadi dech oktober lalu jalan2. Cantik. Ya kalaupun agak kumuh ditengah kota wajar dech. Sy jln hanya diseputar nagoya, batam center. Harga barang lumayan murah kalo pandai tawar menawar. Hanya duh … kemana-mana hrs pake taxi. Ada tuh ojek tp ngeri kita ndak paham. Klo ada kesempatan lg msh mau tuh ke batam…Doain ya. Salam buat semua yg gabung dsini. GBU

  188. dan berkata:

    ada yang bisa bantuin gw gak??
    gw mau bisnis hp + laptop seken.
    yang murah2 gitu.
    tolong bagi2 info donk…
    email aja ke d_4_n_a@yahoo.co.id

  189. Jackie berkata:

    saya lagi cari laptop sekond s’pore merk toshiba, sony, apple spec minimal core 2 duo, ram 1 – 2GB, saya bisa beli per 20pcs klo harga cocok, kalau ada yg punya barang bisa hubungi saya di de_martinez311@yahoo.com
    thanks..

  190. Big Boss berkata:

    Waduh-waduh gimana nih??? Aku hampir saja berangkat ke batam buat cari gadget murah, tapi sekarang jadi bimbang untuk ke Batam. Sebenernya barang2 BM tuh ada ga sehhhh???? tolong ada yg respon ya

  191. Steven berkata:

    Iya nih gimana sebenernya di Batam tuh ada barang2 murah apa ga sehhhh? soalnya sampai saat ini masih ada aja orang yang bilang banyak gadget murah di batam??? tapi sampai saat ini saya belum pernah lihat sama seklai tuh hp BM, mohon para pembaca ada yang bisa memberi masukannya, terima kasih banyak atas tanggapannya

  192. iwan berkata:

    walahhhhh2222 semuanya kalo masalah batam kok pada mau jadi pedagang…apalagi hp….. laptop….etc kalo disana murah and ambil nya gampang trus pada dijual lagi (di jawa…) pasti nanti bnyak pedagang dunkss…..salam buat om dewo

  193. tukang jalan berkata:

    Men-temen… ada yang punya info tempat jualan PDA (no phone) gak ya? syaratnya ada wifinya, nyari2 di bbrp mall di batam belum nemu. Baru or sekon are welcome.

    thanks…

  194. tukang jalan berkata:

    Men-temen… ada yang punya info tempat jualan PDA (no phone) gak ya? syaratnya ada wifinya, nyari2 di bbrp mall di batam belum nemu. Baru or sekon are welcome. Please let me know at tukang.jalan@yahoo.com

    thanks…

  195. tukang jalan berkata:

    Duh maaf, revisi dari post sebelumnya:
    Men-temen… ada yang punya info tempat jualan PDA (no phone) gak ya? syaratnya ada wifinya, nyari2 di bbrp mall di batam belum nemu. Baru or sekon are welcome. Please let me know at tukang.jalan@yahoo.com.sg

    thanks…

  196. VinZ berkata:

    BM Batam ma Jakarta murahan mana sich?? yg batangan aja tapinya……… gwa cari n81 atow ga n73,,

  197. cimuxz berkata:

    Malam mas…
    halo mas Dewo,lam kenal nih…kalau boleh nih saya mau nanya ama mas Dewo
    gini mas…tentang mobil nya itu…kalau mobil baru dari Batam yg tidak eks singapura apakah banyak org yg beli mas?
    kalau pemikiran saya nih gini mas..apabila di batam kan banyak mobil seken eks singapura dgn harga yg gress…otomatis mobil seken dr dealer indonesia kayanya ga akan laku kalau mrk menerapkan harga yang sama kaya harga Jakarta,mungkin nga harga mobil2 tsb jatuh mas?,saya berencana mengambil mobil2 yg seken untuk saya jual di Palembang(saya berdomisili di Palembang),kalau mobil2 seken itu lebih murah sekitar 5 juta aja kan lumayan mas kalau dijual di sini,mobil2 yg bukan eks singapura boleh keluar dgn bebas tidak dari batam?
    kira2 ide saya ini bisa berjalan tidak mas?
    sekian mas..maaf kalau pertanyaan saya terlalu banyak…saya akan amat berterimakasih atas jawaban mas Dewo…

  198. @ Dear Cimuxz (#199),

    Salam kenal juga.
    Mobil baru tetap laku. Memang sih tidak selaku mobil ex-singapura. Tetapi mobil resmi dari dealer ini tidak turun kok harga bekasnya. Terutama karena mobil resmi dealer ini bisa dibawa ke luar Batam sehingga harga jualnya tetap baik.

    Oh ya, mobil bukan ex-singapura boleh keluar dengan bebas dari wilayah Batam. Juga bebas diperjualbelikan di luar area Batam.

    Salam.

  199. komang berkata:

    saya mau tanya dimana tempat penjual mesin atau onderdil bekas untuk motor besar di batam. saya minta tolong kasi tau alamtnya soalnya motor saya 5 tahun mati karena CDI-nya mati. terima kasih sebelumnya

  200. nofri berkata:

    Sekarang harga2 di batam ga ada beda dengan kota lain di indonesia,untuk onderdil mobil merk apa aja ada di kawasan pasar pelita. wong orang agung automall toyota aja nyari spare part di sana..

  201. Ry berkata:

    Salam
    thanks for sharing
    saya di batam sudah 1 tahun, lagi cari2 mobil seken yang “terjangkau” nih, secara cuaca di batam unpredictable banget :(
    ada teman yang punya info ?
    thanks in advance :)

  202. ina berkata:

    Hallo …. hallo….
    Beberapa hari lagi aku mau ke Batam, gara- gara putus cinta ma pacarku aku jadi sakit hati n pingin hijrah ke Batam.modalnya seah nekat aja… hik..hik… gara gara denger crita tentang batam aku jadi bimbang plus takut,, masalahnya aku dah beli tiket n bilang berhenti kerja ma bos ku, wahhh gimana ya???
    Buat temen temen, siapa aja bisa kasih aku saran G???
    MIsalnya kerja, kost, biaya hidup duhh apa aja dah tentang batam
    Plaese,,,,,,,,,,,,,,,,,
    alamat emailku
    i.kirei@yahoo.co.id

  203. ina berkata:

    Sorry, kalo na ngerepotin,,, maklum gak pernah kemana – mana trus lagi bingung ma sakit hati, jadi mungkin terlalu cepat ambil keputusan…. hik- hik-hik

  204. dita berkata:

    hhmm..
    batam memang tempat yg canggih buat putus cinta, selain dugem, juga cocok buat kerja..,tp bukan yg low level lo.., kita jg bisa hunting job ke SG, MLY, or Thai, gampang banget..
    Kalo udah gitu.., paling mikirnya kerja tidur kerja tidur kerja tidur doang, butuh hiburan.? Beli PS 2
    Ina, coba share ke sini : dita_dn@yahoo.com
    mungkin aku bisa bantu
    bukan jadi TKI pastinya : )

  205. ina berkata:

    thanks ya dita,,,

  206. Arif berkata:

    Met sore..
    Semua pengalaman/cerita/kisah dah disharing dari awal sampe puaaaaaaaassss :).
    Apapun itu bisa jadi nuansa baru bagi yang belum tau dengan Batam.
    Bagi yang sudah merasakan bisa dijadikan cerita buat penerusnya kelak.
    Meskipun saya bukan putra daerah Batam tapi buat All People, COBALAH TUNJUKKAN & JADILAH YANG TERBAIK.

    Salam buat Anda Putra Kelana Jaya

  207. mustofa berkata:

    Ada lelang motor murah di Batam
    kurang lebih ada 350 unit motor segala macam merek/tipe motor 3 – 5 Jutaan…………………………
    open house 19 – 22 April 2008
    Lelang 23 april 2008
    Anda tertarik silakan datang pada saat open house di
    Tempat : BLK Karya Bangsa
    Jl. Brigjen Katamso KM I Tanjung Uncang – Batam
    Hub : 0812 212 0793
    ( 021 ) 45865328

  208. suri berkata:

    Temen2 kebetulan aq lg nyuruh keluarga di batam cr laptop sama HP BM buat dijual lagi. Cm mslh nya, ga tau ttg batam.
    Klo mo cari produk2 itu kira2 dimn ya? kmrn uda ke Nagoya tp rata2 produknya original semua.
    ada yg Tau gak ya?
    Email ke gw donk…
    cungik_son@yahoo.com

  209. Batam berkata:

    Berbagi pemandangan Batam island yang indah…

  210. fred berkata:

    Mas Dewo,,, thanks udah adakan forum ini shg bermanfaat tuk semua. Sy rencana mau buka resto di batam tapi tunggu ftz disyahkan ama pemerintah., sekarang masih sepi yah. Yg berminat di bidang yg sama boleh hub sy di 0819 3232 4545 Fred. Salam

  211. raha berkata:

    salam kenal mas dewo
    mas aku mau tanya,beli leptop yg bks,harga terjangkau danberkualitas baek di batam.di toko mana mas?thanks

  212. ame berkata:

    sapa yg tau tmpt bwt beli laptop bekas murah & kwalitas baek di batam?

  213. kukuh berkata:

    pertama perkenalkan, aku kukuh. Aku berada di Batam
    aku ada rencana mau ke keliling Pulau Bintan menggunakan mobil
    tetapi aku tidak tau alamat sewa mobil.
    mungkin temen2 tahu dimana alamat sewa mobil didaerah Tanjung Pinang (nomor telpnya)?
    bila ada yang tahu tolong sms aku ya ke 081334044219

  214. Lee berkata:

    Saya lagi ingin cari rumah sewa di tanjung pinang …..untuk mak mertua saya yang pindah dari bandung …..ke tanjung pinang …..saya lagi kerja di singapura ….saya kalau bisa mahui cepat sebelum tanggal 8 may …..sewa 6 bulan ….rumah 2 bilik kalau bisa …..sms saya di +6591056210 …..thanks

  215. Nugroho Pratama berkata:

    wah infonya lengkap sekali pak; thx for da info; jadi nggak bisa ngarepin hape murah via batam ya……

  216. edwin berkata:

    mas klo sya mau beli toyota MR 2 bisa ga ???? gimana caranya yah pengen banget nehhh….

  217. kristanto berkata:

    wahhh udah susah gadget murah di batam…lbh murah jakarta malahan…kmrn aja aku dpt HDD SEAGATE SATA 160GB 380Rb…. udah susah tuhh nyari harga segitu di batam

    aku jd inget prtma dateng ke batam sktr january 2001..msh merasakan gadget2 murah di batam…..
    kapan lagi yaaaaa… tunggu FTZ kaleeeee

  218. kristanto berkata:

    klo ada yg mau pesen aku bisa cariin email aja : bizany@yahoo.com

  219. pras berkata:

    apakah andab\ bs bantu saya

  220. pras berkata:

    siapa yg koleksi/ jual beli brg2 antik bs hbgi saya di yth. prasetya@yahoo.com

  221. CR7 berkata:

    harga elektronik baru di btm hampir sama dgn JKT.perlu diketahui bahwa pengenaan pajak tetap diberlakukan diBatam hanya untuk 4 jenis barangi tertentu yakni elektronik,tembakau dan turunannya minuman beralkohol, dan mobil. makanya nelpon dr wartel batam ga ada PPN nya. ntar bulan depan Free Trade Zone akan diteken Presiden SBY dan secara resmi harga mobil baru akan murah.terutama dari Singapore karena bebas bea masuk,bebas PPN,bebas PPnBM (Barang mewah). bedanya ga terlalu banyak dengan mobil seken-makanya sekarang di koran koran Batam banyak iklan jual mobil seken. mengenai mobil impor setahu saya tetap dilarang oleh Mendag Ibu Marie Elka Pangestu..tp tetap aja murah beli mobil di batam(dengan syarat ga dibawa keluar Batam). kondisi hidup di Batam amat menyenangkan bila dibandingkan dengan JKT yg macat dan kotor.air dan udara sana udah tercemar bakteri ecoli..ampun dah..

  222. ALIE berkata:

    DAERAH MANA CR HP SECOND MURAH2? THANKS

  223. Ches Coern berkata:

    Aku cari beterai iPAQ 6515 dimana ya?

  224. dina berkata:

    mang semua barang murah ya.. di batam

  225. dimas berkata:

    Untuk yang suka mancing dibatam boleh juga datang ke situs http://www.batamfishing.com

  226. Vania berkata:

    mas dewo, ini buat mas dandi.. aku mau tanya banyak mengenai batam.. mau tau emailnya mas dandi apa ya?? biar bisa langsung tanya2.. tq

    Vania–

  227. Vania berkata:

    oy emelku di vaniaissweet@gmail.com
    thx b4,,

  228. Yunn berkata:

    Boz gw tau apa yg murah di batam…..
    cm bru nemu satu….adl PARFUM! setuju ga?

  229. Maia berkata:

    quw dah 5 taon di Btm,,quw ndiri asLi JkT,,,BwaT aq khidupan di Btm mahaL bgT,,,Tp di Btm Tenang,,ga ada macEt, mo kemana-mana tinggaL panggiL aZ OjEk,,,,,lngsung nyampE,Naek Taxi Jg Bisa,,,CukuP 3ribu, qta dah bisa naEk BoiL bgus ( Taxi Gelap),,,,,, ke S’pore and Malaysia DkT, cuma 43$ sing atau skitar hmpir 300ribuan aZ qta dah bisa KeLuaR negri,,,,
    Tp HiduP di BTm kudu Ati2,ati2 Jg diri.
    KuranG na Btm ma JkT,,,,Di Btm Tuch Ga ada TmpT hiburaN na,,,, Yach ky DuFan,,,,anCoL,,,,,
    MnuRuT gW sich WisaTa BahaRi na Bgus,Cuma ga DikEloLa az ma PemeRiNTah BataM,Duch SynG bGt deCh Pokok na.
    Di BtM Lbh BnYk HibuRan MLm and MaLL,,,,,

    BwaT yg Mo nYari CameRa oR handYcaM,,,mnuRut Gw nyari na Di TOP 100 Jodoh ( AsL lo Bisa nawaR ) pzti DpT hrga miRing bGt,,,,

    Tuk Hp, Mending Beli di JkT deCh,,,Hrga ga SeBrP beda ko,,,
    Di JkT qta bisa dPt garansi,,Klo di BTm brng na rata2 BM.

    Yg nyari Kos di daerah Nagoya and baloi,,,itu Tergantung Tmpt na,,, klo di nagoya Lbh bnyk Kos2an di Ruko2 sekitar 350-500 se Kamar. klo baloi ky na hmpir sm dech.

  230. elsa berkata:

    tapi bagaimana??
    berarti kita melanggar hukum dong??
    kalau kita membeli barang di batam.. karena barang-barang tersebut termasuk BM(black Market)

  231. Tukang Kredit berkata:

    Hai,
    gw mau sharing nih :
    Gw baru seminggu di Batam, terpaksa krn dapet tugas dari kantor…Gw sama sekali buta ttg Batam krn gak punya sodara di Batam, ada jg temen tp udah lama bgt gak contact..Yg ada gw cuma denger ‘katanya dan katanya”
    Kesan gw ttg Batam setelah seminggu disini :
    1. cari makan cukup sulit terutama sayur2an kebanyakan masakan padang (pdhl gw orang Jawa), untung aja setelah mencari2 gw nemu jg masakan sunda yg enak dan mnrt gw ga terlalu mahal (ex.makan nasi,sayur asem,daging + es teh manis habis 12rebu) yaitu di belakang hotel goodway daerah nagoya..cobain aja kalo pgn tau
    2. Utk gadget spt HP, Laptop, elektronik kalo menurut gw sih sama aja harganya…Jd gw blm nemu tempat2 yg katanya murah itu..Masih terus berburu nih!!
    3. Utk mobil, emang bener disini banyak mobil2 yg ga lazim tp itu recond ex s’pore dan menurut gw sih barangnya gak istimewa
    4. Utk wacana FTZ, nah ini dia yg gw pgn tau..ada yg bisa kasih info yg akurat gak ?? Kira2 apa sih istimewa nya FTZ ini?
    5. Yun, parfum yg murah dimana ya ?? Kasih tau tempatnya dong..Trus apaan aja merk nya ?

    Ok bro and sis,
    salam dari Batam yg lagi panas membara (ampun deh panasnya)

  232. joseph berkata:

    mas aku cari handphone nokia e90 china katanya dibatam murah …klau ada tolong kabari aku …trims ini nomor teleponku : 081315192452

  233. alisyah berkata:

    betul Pak, kemarin kami ke Nagoya Hill
    harga barang elektroniknya malah mahal-mahal

    katanya barang elektronik di batam ini menjadi mahal sejak diberlakukannya wajib pajak pada era ibu mega (kata orang sini)

  234. Finest Gallery berkata:

    Wah gila nih blog..komen nya byk betul….aku dapet jatah urutan ke 236, kok bisa gini ya? cara nya gimana? dewo kasih tau dunk…

    O ya percuma aja beli mobil di batam; khan ga bisa buat ngeceng di ambasador…klo bisa buat ngeceng di ambasador trus temen apa sodara kita tau khan lebih sipp..tp klo kita punya mobil mewah murah trus ga pada yg tau ya..mending ga usah deh..

    dewo, aku tunggu komen reply nya ya..

    thanks a lot!

    Finest Gallery

  235. Finest Gallery berkata:

    Dewo aku tunggu reply nya ttg tips gimana cara dapet komen byk ya…

    Thanks,
    Finest Gallery
    http://www.finestgallery.blogspot.com/

  236. @ Dear Finest Gallery,

    Hem… apa ya tips-nya untuk supaya bisa dikomentari banyak ya? Banyak sih, misalnya:

    1. Tulisan/topik yg menarik, misalnya topik yg sdg hangat atau memang paling sering dicari (search).

    2. Tulisan yg provokatif, cenderung menarik orang lain berkomentar.

    3. Penulisnya sendiri punya network/teman2. Jadi temen2nya sering berkunjung dan berkomentar.

    4. Ah, apa lagi ya?

    Silakan kalau ada pembaca yg ingin turut berbagi tips…

    Semoga membantu. Salam.

  237. intan berkata:

    wah seru banget ya
    aq dah 1 thn ditanjung balai n paling seringt jalan ke batam
    walaupun cuma ada diskotik n mall tapi di batam g macet.
    tapi semua harga dah sama aja
    cuma sekarang kan yang murah hp BM.tapi g garansi
    Tapi kebutuhan hidup gede saudara2
    taxi mahal banget itu kalo yang bener banyak juga yang nipu

  238. intan berkata:

    MAAf ya pak joseph
    kalau cari e90 jangan yang china harga sih murah bener dari aslinya tapi barangnya g bagus.kalau yang BM sekitar 6.4jt yang garansi 7.2jt.Dan juga banyak banget penipuan contohnya e90 harganya cuma 3 or 4 jutaan tapi NIPU….he…3x ati-ati ya….

  239. Hanny berkata:

    mas, aku tinggal di jambi, aku pengen banget main ke batam, tapi isunya di batam menyeramkan, banyak kriminalitasnya, trus marak prostitusinya, oya supir taxinya jg suka nipu pemumpang.
    anyway ada nga cara yang aman untuk jalan2 di batam?…
    oya, minta info tentang tempat yang menjual barang2 branded murah donk mas. aku tertariknya ama baju, tas, dompet, sepatu dll yang branded…..^__^
    kemaren aku dapet blog warga batam yang membahas mengenai pasar tsb, tp sekarang nga nemu lagi.
    emailin aku ya di siantonia@yahoo.com,,,,,,,, thanx sebelumnya.

  240. batam OnlineShop berkata:

    batam menyeramkan..? nggak juga ah…kebetulan saya tinggal batam, asyik2 aja kok. Sebaiknya anda pakai pesawat aja dr pd pakai kapal…

    enjoy aja..
    salam..

  241. Joni berkata:

    hy guys cmuaz
    g pendatang baru nie
    w pgen cri tman yang sbyk2
    sekalian kerjaan yg co2k untuk gw kira2 ada gak yach
    ni nohp gw 085264845100
    klo ad tman yg pgen jd tman w hubungi gw yach
    w tungu
    k d……………………………….

  242. Joni berkata:

    hy guys cmuaz
    g pendatang baru nie dibatam
    w pgen cri tman yang sbyk2
    sekalian kerjaan yg co2k untuk gw kira2 ada gak yach
    ni nohp gw 085264845100
    klo ad tman yg pgen jd tman w hubungi gw yach
    w tungu
    k d……………………………….

  243. Wah blogger yang masuk top up google.. Hebat..

    Bang..partisipasi yuk untuk Batam Digital Island.. Salam

  244. Jun berkata:

    slm kenal mas dewo,just call me jun,ak mau tanya,mas ada kenalan ga yang jual barang2 BM (HP / Laptop/digital lainnya). kalo ada,sgera kasi tau kasi tau ya.. bls k e-mailku aja ya..
    Tp ak juga sebenarnya ragu utk beli Brang BM, lebih lagi kalo yang diiklanin di internet,banyak penipuannya.. soalnya temanku udah pernah ketipu.. :p
    oh ya penipu itu atas nama : ADE SURYA,Tj.Pinang,dia punya No.rek LIPPO KCP NAGOYA,infrmasi ini di sebarin aja,biar ketangkap tu orang.. kasian yg udh ktepu…

  245. Citra berkata:

    Spa @ Home Batam Area – Ladies Only – NEW!!!

    Hi friends…just try Spa @ Home di Batam Only and for Ladies Only…enak banget dan bersih kebetulan ownernya 1 kompleks perumahan ama saya n sekalian bantu promosikan perawatan
    mereka…n tenaga profesional mereka jebolan Martha Tilaar jadi mantap dehhh…basic massage mereka Martha Tilaar
    abizzz…harganya buat ak pantaslah…mereka bawa semua peralatan lengkap buat menunjang spa @ home :)

    Aromaterapi Relaxation massage:
    Nexk & Shoulder Massage Rp 48rb,- (45mnt)
    Full Body Massage Rp 86rb,- (90mnt)

    Natural Facial:
    (75mnt) Rp 68rb,-
    (75mnt) Rp 118Rb,-

    Manicure & Padicure : (60mnt) Rp 58rb,-

    Fresh Body Spa: Rp 128rb,- (120mnt)

    Chocolate/ Coffe Body Scrub: Rp 168rb,- (120mnt)

    Operational Hours:
    Mon to Sunday at 8am to 9pm

    Call: (0778) 469 134/ 732 0398
    0815 3610 1270

  246. Blog yang unik nih… Boleh tidak kami link-kan di http://batamdigitalisland.com/blog ? (kalau boleh konfirmasi ke sana yah :) )

    Salam

  247. jevriks berkata:

    untuk semua yang tinggal di batam gw, pengen banget punya temen di batam,…. gw tinggal di jakarta, gw denger harga notebook pada murah ya…..
    kalo ada yang mau kerja sama boleh
    gw punya banyak pembeli untuk notebook ama hp yang BM
    yang penting harga bersaing dan bisa dipercaya.
    kalo ada yang mau kerja sama boleh contect gw di jevriks@yahoo.com

  248. Thio Rudi Ananda berkata:

    Salam Kenal Mas Dewo,

    Apakah Mas masih ada kolega atau relasi di batam?
    aku minggu depan mau kesana…
    butuh tempat kost dan rental motor

    Atau ada pembaca2 yang di batam yang bisa bantu kasih info mungkin?

    silahkan japri ke saltystudio@gmail.com yah…
    really appreciate it…. God bless!

    warm regards.

  249. Andri Frandoni berkata:

    hmphh… Batam Ya!!!…….

  250. NOVI berkata:

    gue ampir 1 thn ini tinggal di batam, dan ga berminat lagi untuk balik ke jkt, krn: disini gue butuh 15 menit doang dari rumah ke kantor.. bandingin ma jkt, 15 menit paling baru nyampe jalan besar.. jadi ada waktu lebih panjang bareng keluarga.

    Disini emang kota keras, mayoritas penduduknya adalah pekerja lapangan, yg biasa hidup keras.. Bukan buat jalan2 sebenernya

    klo harga barang, saran gue sih beli di jkt aja lah.. lebih murah, dan teknologinya lebih tinggi..

    di batam, klo keliatan lu bukan penduduk, pasti ditipu mentah2..
    kaya taksi, orang yg tinggal di batam, ga bakalan ambil taksi dari mal.. Jadi klo yang naik taksi dari mal, pastilah pendatang.. harga taksi bisa minimal 2 kali lipat…

  251. akip berkata:

    buat flend yang udah gbng di blog nie, gue pengen nnya dmna sih tempat jual laptop murah ya kira harga nya yang 3jutaan second ato klo ada yang lebih murah lagi….
    tyus laptop nya uda core 2 duo,,
    email ja ke gw
    akip_r@yahoo.com
    salam,,

  252. uwing berkata:

    bang kip,daripada yg murah-second mending yg baru-murah..he.he

  253. anas berkata:

    yang murah bunga kristal mas, awal 2008 lalu saya dititipi teman di Solo cari bunga kristal. benar ternyata 1 paket (isi 6 tangkai) jenis Rose harganya cuma Rp.90rb. Saat di Solo saya bandingnya per tangkainya Rp.25rb (bisa dibeli bijian). Coba kalau dikalikan 6. Rp. 150rb. khan.

  254. anas berkata:

    yang murah bunga kristal mas, awal 2008 lalu saya dititipi teman di Solo cari bunga kristal. benar ternyata 1 paket (isi 6 tangkai) jenis Rose harganya cuma Rp.90rb. Saat di Solo saya bandingkan per tangkainya Rp.25rb (bisa dibeli bijian). Coba kalau dikalikan 6. Rp. 150rb. khan.

  255. tommy berkata:

    mas Dewo/teman2 yg netap dibatam, apa bener kalo kita gak bole bawa HP lebi dari 3unit keluar batam?? soalnya kemarin teman sy nyoba2 beli hp seken disana sekitar 10unitan, sesampai di bandara brgnya ditahan dengan alasan ini barang belum bayar pajak cukai, bukankah sekarang batam bukan lagi daerah bebas pajak?(sejak era Megawati), yg seperti ini sering menbingungkan masyarakat, karna informasinya kabur, alhasil masyarakat jadi korban pemerasan oknum.
    Kira2 kita bisa dapat info yg aktual dan berwenang seputar masalah tersebut diatas? mohon pencerahannya,thx

  256. daud berkata:

    aq punya temen di batam namax iwan aklis, but sdh lama g jumpa, katanya sech kerja di flobamora bar, apa ada yang kenal ama dia, klo kenal tolong minta dia konta aq yach makasih. daud mboeik. kupang – nusa tenggara timur, 085 239 000 237/ji_mboeik@yahoo.co.id

  257. Teguh berkata:

    jaman taon 90′an di batam sich emang enak mas…
    aku dah hidup di batam dari taon 1991-maret 2008 (skrg lagi di jawa nih)..
    menurut saya sich klo kita pandai2 nawar dalam segala hal,termasuk denagan para petugas yg berwenang,kita bisa dapetin barang2 yg kita mau utk di bawa keluar pulau.

  258. tommy berkata:

    tapi anehnya, menurut para penjual hp disana, katanya mereka tidak bisa seenaknya bawa hp dgn jumlah diatas 10an dari singapore ke batam karna melanggar undang2 kepabeanan. mereka akan dikenakan pajak bea masuk. nah kalo gitu artinya sama dong dgn daerah2 lain di Indonesia, tapi kenapa kok kita beli hp di batam (diatas 4unit) tapi gk bole bawa keluar daerah??? bukankah barang tersebut telah terkena pajak PPnBM?? Ini yg membingungkan masyarakat, seolah2 batam masi bebas pajak,pdhl itu sudah tidak berlaku lagi sejak bu Megawati menjabat sebagai Presiden. Dimana semua barang elektronik(termasuk hp) dan mobil harus membayar pajak bea masuk sama dgn di daerah lain,jadi udah gk ada perbedaan.
    Kira2 ada gak teman2 disini yg bisa menjelaskan lebih rinci dan tegas. thx

  259. BM berkata:

    Halo…..ada yg tau dimana bisa beli sepeda MTB ex-s’pore ?

  260. smiling berkata:

    Nih tak kasi review soal Batam.

    Batam mahal transportsi, gak bener. Orang dari sekupang ke mega mall aja cuma 3000 (org dwasa) ama anak2 1500 (pelajar & mahasiswa)

    Batam murah elektronik, second iya. Kalo baru, emang harus hunting dolo.

    Batam banyak rumah hantu, nggak tuh. Malahan banyak rumah keren cam coastarina dutamas, lalu yang depannya sukajadi.

    Batam pusatnya BM. Harus hunting dolo kliatanya. Emang ada, nich aku kasi letaknya.

    Kalo gak salah temenku pernah bli hp Nokia yang harganya (kalo gak sala) 2jtan lebih disitu dijual cma 1jt lebih.

    Letaknya didekat kawasan jodoh ampe DC MALL.
    Disitu banyak toko2 apek2 yg BM.
    Kalo di mallnya sih kliatanya lbih murah Jakarta.

    Batam macet, gak ada cerita batam macet ;

    Batam juga udah FTZ (Free Trade Zone) skarang (tahun ini diresmiin), jadi tambah murah barang elektronik karena tidak dikenakan pajak. Daerah FTZ itu sendiri Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan yg utama ya BATAM.

    Kalo kamu punya skill komputer di Batam. gak usah ragu, datang ajah. Coz disini dan ada studio grafis 3d dari luar, dan kbanyakan perusahaan IT dri Malay dan Singapor bikin prusahaannya di Batam aja krna lahan lebih mrah dibandingin singapore.

    Soal kota besar. Batam memang kota besar ya setaralah dengan depok misalnya.

    Yang paling enak di Batam tuh kalo keluar negeri dan jadi hal biasa. Wong anak2 Tk ampe SMA SINGAPORE aja jalan2nya ke Batam. Wong tinggal masuk lewat Batam Ferry Terminal di Batam Center lalu lewat jembatan langsung ke Mega Mall. Kalo anak2 Tk sih pasitu aku liatnay ditemenin unclenya (apek2) ;

    Jadi kadang2 aku suka pergi sdiri ke Singapore wong tinggal naek Busway ke Mega Mall (1.500 rp) dan bawa pasport pribadi. Coz di spore lebih murah soal harga mobo and prosesor karena disana tidak ada pajak bwat barang elektronik. Cma disana tanah muahalllllllll abiz. Kalo disana ada rumah punya taman berarti tu orang kaya. Karena disana yang ada cma apartemen smua.

    Bwat kamu yg punya keahlian dibidang IT. Gak usah ragu ke Batam, coz disini dari rumah ke tempat kerja paling2 cma 5 menit anda banyak banget lowongan. Apalagi kalo bisa bahasa mandarin dan inggris. Kalo ahli IT, tinggalnya di Batam center aja ;

    Sekian itulah review singkatku mengenai batam coz aku masi tinggal di Batam slama 7 tahun dari SD ampe SMA klas 1 skarang ;

  261. via berkata:

    hi,

    aku mau tanya nich, kalau di batam tempat yang jual barang2

    fashion bermerek yang murah seperti merek guess, d&g, dll.

    dimana ya tempatnya? tolong info lengkapnya ya.

    makasih.

    • Molisan Tono berkata:

      NAGOYA!!! pusatnya tas sama parfum… kalo as asli pabrikan dari KOREA. ada kelas biasa, premium, super, asli…terserah kebutuhan dan budget deh….

  262. Dzilog berkata:

    Yang mau notebook murah 2nd or new, silahkan japri ke saya via email di dzilog@yahoo.com atau dzilog@gmail.com. Barang apa aja, nanti kita carikan..:)
    Dari A-Z, ongkos kirim ke lokasi nanti kita gotong royong ya..:D

    regards,
    -dzi-

  263. anto_JLB berkata:

    gak ada yg murah di batam..kebetulan hmpir 2 tahun ini lagi tugas dibatam…yang murah cuma barang-barang 2nd..
    suka bingung jelasin’a sama temen” di JKT..
    mereka suka nitip..gadget elektronik..kalo aku mo pulang kota..elektronik murah..? cuma tinggal kenangan..

  264. irfan berkata:

    utk informasi tentang batam silahkan klik web kami http://www.batamevent.com , trima kasih :D

  265. lowongan kerja berkata:

    banyak sekali yang kasih komen, gue juga aahh

  266. HARRY berkata:

    WAduh… Nyari Kerja DI bAtam Tu sekarang SUSAH… Jangan Deh Datang K BATAM

    Benar Juga SIAPA SURUH DATANG K BATAM

  267. tati berkata:

    batam kota yg menyenangkan kok,gak rugilah jalan2 ke batam.

  268. joni berkata:

    genx ad gak notebook dijual murah coor duo
    genx aq lagi cri kerja dibatam
    umur ku 20
    n criin aq kerjaan donk
    no hp ku 085264845100
    hubungi aq yach

  269. joni berkata:

    hy guys cmuaz
    g pendatang baru nie dibatam
    w pgen cri tman yang sbyk2
    sekalian kerjaan yg co2k untuk gw kira2 ada gak yach
    ni nohp gw 085264845100
    klo ad tman yg pgen jd tman w hubungi gw yach
    w tungu
    k d……………………………….email w jonch0rizt@yahoo.com

  270. syams berkata:

    saya sudah sekira dua minggu di batam, tinggal di nongsa point marina resort dan kerja di kabil industrial estate.
    kesan mengenai batam,…..ga ada yang istimewa,karena saya tinggal di jogja dan yang pasti ga fair kalo bandingin jogja dengan Batam.

    soal harga gadget, please hati2 karena seminggu yang lalu ada teman yang kemahalan beli kamdig. dia dapat harga 2,5 juta padahal waktu kita checked bhinneka cuman 1,8 aja :-(

    soal harga kompie, kalo gak pinter2 nawar jangan beli barang dibatam. mosok dari toko sebelah ke sebelah harga bisa beda satu jutaan.

    soal makanan,….tergantung beli dimana he….he…he, kalo di hotel yang kutempati sekitar 15 sing $. kalo diluar

    foodcourt panbill mall : harga setara jogja, rasa…. jauh

    cafetaria batamindo : harga miring

    seafood k5 dpn akuarium : harga miring, rasa ok!

    tempat nongkrong : jembatan barelang, kalo sore banyak banget yang nongkrong dan ada juga balapan liarnya so,be carefull kalo kesini.

    Taxi : Mahal banget

    kayaknya itu dulu ntar dua minggu lagi saya kasih info yang lain lagi, soalnya harus liburan dulu ( pulang kampung)

  271. dEsy berkata:

    Q dri kcil hdup d btm,kdg enK sich tPi bwt sEkolah enKnya di Jwa….

  272. Alx berkata:

    Batam kotanya unik, bermacam2 suku ada disini, trutama orang palembang, ad rencana mo ke batam cuma ga tau kapan, ntar klo kuliah aku dah tamat aj, q jur IT,
    moga ada lowongan buta gw
    huehehehehehehehhhhhhheeeeeeee

  273. roy berkata:

    batam yg murah cuma kentut.apa2 mahal.gaji besar di jakarta

  274. SUNAN berkata:

    kebetulan teman barusan mengantarkan tour ke singapur terus mampir kr batam kata sih parfum disana harganya lebih murah. apa bener sih gituuuuu

  275. Yendry berkata:

    Bagi saya batam tetap tempat yang meyenangkan, saya pernah tinggal di Batam dari tahun 96 s/d 2001, dan walau sekarang udah di Jakarta masih tetap rutin ke Batam minimal setahun sekali sekedar melepas rindu dgn teman dan makanannya apalgi gonggong yang tidak ada ditempat lain…Batam is my truly heaven, dibanding Jakarta yang hectic dgn macet dan kesemrawutannya, disini dari rumah kekantor tiap hari hampir dua jam sementara di Batam cuma 15 menit…Yang unik di Batam selain gonggong adalah morning bakerynya, susah amat nyari tempat sarapan seperti di batam, saya pernah bawa temen cari sarapan seperti morning bakery – keliling rasuna said , sudirman sampe ke cikini..blass nggak ada…so Batam still my favourite place until now…

  276. idon berkata:

    Boleh dong bantuin kita2 yang di Indonesia untuk menikmati sebagian fasilitas yang ada di Batam.

    Kebetulan sy lg nyari HP om… boleh gak (kl ga maksa hehehe) bantuin kirimin buat saya pribadi.

    Pinginnya sih HP SE Xperia atau SE C905 atau SE G900.. kbetulan agak maniac SE om…

    Maaf jd promosi yah…. (kebelet kyknya hehehe)

    Kirim balasan ke sini (savesexbro@yahoo.com) yah om… biar enak

    makasih bung Dewo, ditunggu blsannya

    salam kenal
    idon bandung

  277. piggy berkata:

    hai hai… baru nih =)sehabis membaca komen jadi menarik kesimpulan :barang di batam mahal-mahal dong?

    termasuk barang-barang fashion? baju, spatu, aksesoris gt juga ya? tau tempat jualan barang branded yang murah ngga ya? untuk jual lagi.

    wah.. liburan taun depan mau kebatam rencananya…
    T.T

  278. arrahji berkata:

    Halo Mas.
    Di Daerah saya banyak Produk emping kalo ada yang minat jadi agen boleh dong joinan…………………

  279. muradz berkata:

    mas hp batangan 400 rbuan ada gaga

    sex minta no hp yg bs dihub .

  280. oktowarmi berkata:

    saya cari laptop mini merek acer, tolong saya dikirimi daftar harga alamat kalau saya tinjau langsung ke toko batam elektronik di pekan baru, saya tinggal di minas

  281. ali berkata:

    Salam Kenal
    Saya juga butuh netbook exs batam. Bisa pesan gak yah..

  282. Mustakim berkata:

    Ada yg tau tentang Tj Pinang?

  283. Intan's mom berkata:

    Enak looh di batam…
    Sea food-nya gak terlupakan. fressshhhh bangeth.
    Mobil murah… maw 1 th sekali ganti mobil jg bisa. Tinggal tuker tambah, nomboknya gak banyak.
    Bosen di batam, tinggal nyebrang ke spore.. itungan menit udh nyampe koq. Kalo ngerasa panas, pilih rumah jangan di daerah yg padat. Cari yg masih adem, misal deket laut. Dijamin gak perlu AC. Gak polusi, so bisa enak jogging ataw jalan pagi sambil dengerin kicauan burung.

  284. Donny J.P berkata:

    Dear Mas Dewo,

    Sayang ya,.. Mobil kelas Berat kaga bisa dibawa kluar Batam. Setidaknya ada kebijakan dari Pemerintah sendiri lah,..

    Btw, jika Mas Dewo punya Chanel orang Batam yang “jual” Mobil. Tolong kasi tau saya.

    Di E: donny.jayap@gmail.com

    Thanx

  285. djoe berkata:

    to: Mas dewo,
    sorry mas ini djoe di jogja mo numpang iklan mas siapa tau bs kerja sama. dit4 saya memproduksi hidrolik motor n mobil. tolong disebar luasin ya mas.
    thank’s
    ato buka disini
    http://www.kaskus.us/showthread.php?p=66064046#post66064046

  286. Andi berkata:

    Sebentar lagi saya akan pindah tugas ke batam,kira2 dimana saya bisa mengetahui harga kendaraan baik mobil atupin motor bekas dengan harga murah yang masih layak pakai? dan adakah daftar harganya?

    Terima Kasih

  287. tukang gawe berkata:

    Ada yg minat magang di batam? Lokasi perusahaan di batam center.
    Mahasiswa semua jurusan welcome.
    Lulusan SMK jg welcome. Japri ke angieoen@yahoo.com

  288. taksi berkata:

    Soal Batam, taxinya nggak pakai argo, dan hati-hati ketipu sopir taxinya.
    Kita tanya dari lokasi A ke B 15ribu, sopirnya jawab ok, tapi saat sampai tujuan dia maksa minta 30ribu. Lain kali rekam gambar tuh saat kita nawar ongkos taksi. Sopirnya banyak preman, walau nggak semuanya sih.
    Intinya hati2lah naik taksi di Batam yg semuanya nggak pakai argo.

  289. amz berkata:

    AH KT SP MOBIL d btm murah,bkti’y k2 ku bli mbil corolla j ampe 70jtan….. d batam g asyik, panas bgt,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  290. amz berkata:

    prcma jg murah tp g bs d bw kluar btm kn…………. bleh tny g ni, qlo mw bli cmera nikkon d80 0r d40 d btm dmn ya….. n yg second aja…..
    tlong info’y qrm k email j y….. thanks…
    bariyuibnu@yahoo.com

  291. euis komasih berkata:

    cerita2 soal batam kyanya lebih asik jalan2 ke yogya kli y…. oleh2 makanan khas batam apa si mas?

    • eliana berkata:

      saya pernah ke batam, suasananya damai, masih alami. wisata kuliner dan baharinya oke-oke. kulinernya beragam perpaduan antara melayu – chinese – indonesia. objek wisata jawa barat sangat sesak, padat dan kulinernya hanya ada nasi putih + ayam goreng + tahu goreng + tempe goreng…tidak ada yang khas. menurut saya dari bandung sampai pangandaran tidak ada yg menarik tapi mahal. coba ke batam, suasananya bikin ketagihan

  292. Dedy Jogja berkata:

    Wah, kayaknya aku tertarik bikin terowongan di Batam, buat kirim mobil. ha ha ha… Tapi… keluarnya sampe mana yah ? Ha ha ha…

  293. adys berkata:

    tar dech kapan2 aQ ke batam beli mobil……heeeeee

  294. bebye berkata:

    aQ punya tm di BTH tp kata dY aQ gk bleh ksna cZ BTH itu KEJAM….betul gk sEEEEE………?????

  295. SIRO zamsoex berkata:

    Hiiiii……..
    Ank2 NEPALS_one majalengka PKL’Y pd betah gk…???
    Apa yang Qt lakukan sekarang semoga jd sebuah jL untuk masa depan Qt….
    Sayangi org” yg kalian sayangi selama msh bersama kalian……

  296. agus berkata:

    ad gak ya yang masukin laptop eks batam?bs minta alamat?soalnya temen aku beli leptop szecond disana dgn kondisi ok murah sekali.

  297. Bening berkata:

    numpang tanya juga ah, ada yg punya kenalan orang batam yg jual hp bm murah ga?? bisa tolong kasih tauin aku? soalnya lagi nyari hp bm juga nih. tolong konfirmasi yaa

  298. andhy berkata:

    To mas dewo,
    saya bth info mbl built up Dump Truck exsingapura di batam, kalau ada tlng di infokan, siapa tau ada kesempatan utk kerja sama, tks

    exacta_frts@yahoo.com

  299. dewi berkata:

    tmp beli parfum murah di batam dimana yah ? pengen nih ..

  300. fifi berkata:

    jika kita mau hidup di batam, kira kria persiapan apa aja yang kita perlu in
    sekolahan yang bagus untuk tingkat sd di mana ya
    dan kalo mau buka usaha, di bidang apa yang bagus
    thax

  301. susanti berkata:

    kayaknya mobil di batm gak begitu murah,karna saya aja tinggal di batm uda lama sepertinya harga tetap sama deh,dan bisa mahal dan pintar2 kita menawar

  302. kent & Sem berkata:

    …gatau..cz kita blm pernah k Batam…tlg dunk info-y yg akurat

  303. edja berkata:

    kalo nyari hape yang murah ada gak??
    Kyk blacKberrry gTU??
    ATO kyk PDA??

  304. Bening berkata:

    iya, ada yg punya kenalan orang batam yg bisa dipercaya ga? mau nyari hp nih

  305. wanpur berkata:

    saya bolak-balik batam hampir sebulan sekali, itu saya jalani dari tahun 2004.DI BATAM KAGAK ADA BARANG MURAH.mending cari di jakarta ato bandung.jangan termakan isu dehhhh.

  306. Bening berkata:

    @wanpur
    masa sih? katanya disana bandarnya? mungkin bukan di batamnya persis kali, tapi tempat2 terpencil gitu

  307. Bening berkata:

    @
    masa sih? katanya disana bandarnya? mungkin bukan di batamnya persis kali, tapi tempat2 terpencil gitu

  308. ryan berkata:

    batam celluler tuh paling murah, kasih harga langsung di bottom pelayanan cepat, di lucky plaza

  309. ryan berkata:

    hmmmm besok kayanya mau coba ke pasar second tanjung sengkuang deh

  310. ryan berkata:

    ya siapa yang ngerti tanjung sengkuang boleh share dunks

  311. ardhatama berkata:

    klo mo beli parfum murah d nagoya..
    di situ harganya selisih 200-400rb dr hrga aslinya..dan barngny juga asli..
    thx

  312. roy berkata:

    klw tempat beli hp elektronik yang BM t dimana y ?
    nama pasar atau tempatnya apa ?

  313. Eka berkata:

    Mau Hp murah,, Tpi secOnd, Bkn BM ataupun selundupan,,

    Stok ada:

    K850i = 1.5jt
    dopod 900 = 2. jt
    e71 = 3jt
    e90 = 4.5 jt

    hub w ya,, 085250512555

  314. andra berkata:

    saya pengen hp BM.melalui transaksi online.apakah bisa???

  315. Bawor berkata:

    Bila anda butuh properti di Batam ( Bangun rumah,Renovasi rumah,Jual rumah,Beli rumah,Tanah kavling,Tanah untuk perumahan silahkan call ke 0778-6050766 / 08127024695 dengan P.Bawor Batam

  316. charisma berkata:

    waduh web site cms 10 in one juga murah di tanjung pinang..di http://www.charismaPlanet.com oh ya kalo blackberry yang murah juga udah masuk pinang kok 3 jt versi 8310,blackberry baru harga nya 2.9 juta ,aku cuma jual web site aja…wassalammu’alaikum wr wb

  317. charisma berkata:

    sorry 3 jutaan udah sekalian untung aku..sorry

  318. hermanweb berkata:

    klu makanan khas dibtm apa ya?

  319. Ibeng. berkata:

    Ada lagi yang murah tempat tidur scond.

  320. Henry berkata:

    miras luar negri murah di batam kok

  321. Wahyu berkata:

    kalo mau cari hp di batam coba di laucky plaza disana agak sedikit murah dibanding tempat yang lain banyak pilihan lagi…..

  322. ardhan berkata:

    kalau harga laptop dibatam murah g ya…………….
    tolong dong infonya…..bls ke email aku aja ok, trim’s

  323. tedi berkata:

    kau hp model lama ada gak yang karungan dibatam ?

  324. tedi berkata:

    cari hp lama yg karungan 08197844184

  325. alex berkata:

    hp lama yg karungan ad dbatam tp resiko tanggung sendiri

  326. sodik berkata:

    D Batam, terutama di Nagoya hill, hati-hati kalo mau beli camera atau handycam. Pastikan bahwa kita mengetahui persis spesifikasi dan harganya. Sebab di Nagoya hill banyak beredar camera cina yang bentuknya sama persis dg camera aslinya. Selain itu, kadang harga di Nagoya hill justru bisa lebih mahal dibandingkan dengan di jakarta. Padahal di Batam pada umumnya barang elektronik tanpa garansi alias BM. Makanya gk usah bernafsu kalo belanja di batam. Kalo pengin aman, mending belanja di Jkt, dg jaminan garansi. karena nagoya hill sekarang sudah mirip dengan lucky plaza singapore. Kalo org gk tau, akan dikasih harga yang kadang justru lebih tinggi dari mangga dua.

  327. budi berkata:

    yang murah itu kalo punya duit banyak………….. klo ndak ya semua ini mahal

  328. abun berkata:

    batam = Baru dAtang Teriak Apasaja Mahal.
    Yang murah sampah dari singapur dan limbah industri.
    Harga es teh di warung kaki lima yang airnya belum tentu bersih Rp 3.000, di jawa Rp 500 – Rp 1.500.
    pak ustad bilang batam, “BAnyak TempAt Maksiat”

  329. Zol berkata:

    Banyak bacot kalian. Aq anak batam aja gag sewooot. Bilang aja kalian gag punya duit komentar lg.

    • jonY berkata:

      lah emang semua barang di batam mahuaall.. barang2 sampah singapore aja yg murah..
      emang lo aja yg tinggal di batam.. gue juga di batam.. emang kenyataannya semua dibatam mahal..

      lo kali gak pernah keluar batam jadi gak bisa bandingin harga2 di batam ama di kota2 luar batam..
      jadi seperti katak dalam tempurung.. dikatain segala di batam mahal malah sewoot..

  330. G berkata:

    Sekilonya berapa yakz?

  331. Anak batam berkata:

    hey, Batam terkenal dgn prostitusinya loh,
    baru2 ini aja di awal tahun 2010 ada anak SMK KARTINI BALOI DAN SERAYA yang ML di hotel dan di video kan. ckckck…

  332. kevin berkata:

    capek deh……cari duit aja yang banyak
    cari apa aja bisa

  333. arijoko berkata:

    tolong berikan alamat toko buku import di batam

  334. Novian berkata:

    Saya mau jual kavling executive di Tanjung Pinggir Sekupang, 1000 m2, view SIN, sertifikat lengkap, if interest pls contact 021-92720068 thanks

  335. ani berkata:

    ada yg mau cari kos,kebetulan saya punya kos2an vafiliun,ukuran sangat luas 3,5x7m,fasilitas springbed dan ranjang ukuran queen,sudah ada dapur dan westafelnya.kamar mandi didalam luas dan bersih pakai shower dan bak mandi yg besar,water gun,closednya yg dudu2k.dinding kamar dn dapur dikeramik setinggi 1,5m,tempatnya aman sejuk dn tenang untuk istirahat,dekat dg sarana umum.dkt jaln raya.alamatnya di Hang lekir AA6 no5 Legenda malaka Batam centre.

    Lokasi sangat strategis,dekat pasar Mega legenda.
    ke muka kuning dekat,mega mall 5 menit,nagoya juga gak jauh,dekat bandara,dan dekat kabil.

    no yg bisa di hubungi.
    081927072777
    0778469203
    atau bisa langsung ke alamat Villa hang lekir AA6 NO5 depan taman.

  336. joe berkata:

    ada yg tw dibatam jual blackberry murah ?
    kalo ada hub sya ya : 08561190907

    thx

  337. Jeff berkata:

    3 hari yg lalu gw bru plng dari batam, gw nginep di hotel harmoni batam. klo mo dapet barang murah emang musti ngeborong. t di belakang hotel harmoni gw smpt nanya2 harga hp blackberry, blackberry curve 8320 gw tawar2 sejuta, dikasihnya 1,2jt, tp garansinya cuma 1 bulan. tp barangnya asli n baru kok, cuma kayaknya black market gitu. disana kalo cari HP yang murah, ya paling juga hp KW, yaitu barang cina dengan fitur sama persis 99% dari hp aslinya. N71 aja harganya cuma 900ribu nego. tapi fiturnya sama persis. Karena perusahaan nokia kan buka juga pabrik di china, jd bnyk ditiru

  338. Jeff berkata:

    o iya, gw baru beli jam tangan dengan merk POLICE. di jakarta or bandung harganya sekitar 1,4jt an(aq baru2 ini ngecek di BSM). Disana nawarinya sama sekitar 1,5jt, tapi gw coba berani tawar 1/3 nya. Dengan notot akhirnya dikasih deh 500ribu, tapi kartu garansinya dicabut. bwat gw kan yg penting bisa gaya, lagian kartu garansi paling banter 1 thn. wkwkwk

  339. gaush berkata:

    3x ke batam ada kerjaan, 3x pula kena tipu…batam ga cuma tempat hiburan mlm plus2, brg… BM, amoy2, apa aja ada deh termasuk tukang tipu…..banyak pula penipu dibatam..gw lebih suka bali..ga jauh beda ma batam soal cewe, hiburan mlm nah klo macam gadget carilah bule mabok klo mau harga murah….soal ramah ga sedikit jg org batam yg ramah2 tp bali…tampang boleh sangar penuh tatoo tp ramah2…tapi dimanapun tempatnya…minum tetap teh botollah…hehehe

  340. gaush berkata:

    gw posisi di hotel harmoni, batam…kmaren ketipu di harmoni pula…apes x ya?? niat beli HP BMan setiap udah deal harga, ujungnya minta transfer dgn alasan takut petugaslah, apalah inilah…transfer DP dari 500rb sampe 2jt cuma buat beli 2 unit hp gw jabanin…alhasil yg ada KETIPU….!!!!maaf2 aja ya buat yg ngerasa org batam, ko tega2nya nipu sesama rakyat indonesia…tetep siy gw hunting trus nyari BMan, masa dari sekian banyak org di batam ga ada yg jujur….msh ngarep niy gw secara gw ga enak ma tmn gw yg udah transfer uang buat nitip hp idamannya……klo ada yg bisa bantu bisa email gw di akangdaryo@rocketmail.com makasih bgt deh buat yg udah bantu…

  341. Indra Rusmana berkata:

    Saya adalah korban penipuan BM Batam, seorang yg bernama RICKY BATAM, di menawarkan BB murah…ternyata ketika saya transfer duit, barang sampai sekarang tidak ada…harap hati-hati dengan RICKY BATAM/BLACKBERRY TEKNOLOGI/AHONG BATAM dia biasanya dagang via FB…..

    • SHERLY berkata:

      bisa tau nama tokonya bro? soalnya saya baru aja mau transfer atas nama online shop ponsel murah di fb

  342. ani berkata:

    Kalau teman2 mau hp murah,kalau ke Batam coba aja cari di Lucky Plaza.
    ada yg mau ke Batam saya punya kos2an Pavilliun lengkap dg fasilitasnya. bisa di liat Web http://pavilliunasribatamcenter.blogspot.com/
    di web nya gk ada lemari,tp nanti saya kasih lemari 3 pintu,lokasi strategis dekat sarana umum hanya selisih 2 rumah dari tempat kos.ke batam centre 5menit,nagoya 10m,muka kuning 15m.bandara 10m.
    dan insyaallah saya bisa bantu carikan rental motor.

  343. SHERLY berkata:

    hi mas, mau tanya, di fb ada salah satu toko ol yang menjual blackberry bm, dengan harga 50%…katanya dy memiliki toko di jalan muka kuning, no 17 simpang dam kompleks industrial park batam,,,dan di mega mall batam, nama tokonya batamindo cell..apakah toko ini benar atau tidak adanya ya mas? soalnya saya diharuskan transfer full100% (kurang lebih 2jt)..

    • @Sherly,

      Jangan ditransfer dulu. Banyak penipuan dengan modus operandi seperti itu.

      Salam

    • ari berkata:

      bohong banget tuh….alamat gak jelas. itu alamat industrial park. kok jualan disitu. yang ada di simpang dam itu usaha tambal ban. lagipula di batam kebanyakan alamat pake nama blok, kompleks atw daerah. jarang banget yg pake nama jalan.

  344. jhony tan berkata:

    All …
    @ mbak ani, bisa kerjasama nya juga nih kalo ada yang mau nyari motor bekas / baru, aku kerja d Dealer Yamaha, flexi 3155777, email / YM : jhony_yamaha@yahoo.com
    @ all, aku baca diatas banyak keluhan tentang taxi yg resmi dan gelap. bagi temen2 yg takut bisa hubungi saya, ntar bisa dihubungkan ke Paman gua, dia ada usaha rental mobil dan taxi juga… so jangan takut ya, harga bisa nego…, juga bisa d jemput d bandara
    @ all, untuk elektronik yg baru (hp, handycam ,…), hunting langsung d Siangapore aja ya… soalnya sudah susah masuk ke batam.. pake hand carry ato titip nakhoda kapal, jadi jangan harap ini bisa jadi usaha lagi ya untuk d kirim ke jawa.., sekarang d batam cuma ada barang ex sing dan malaysia… tapi itupun susah dikirim keluar batam
    dan jangan SAMPAI KETIPU KIRIM UANG DULU … sebelom barang dikirm, dimana2 ada tukang tipu .. bukan cuma d Batam
    @ mas Dewo… thks atas postingnya

    jhony tan
    3155777
    jhony_yamaha@yahoo.co.id

  345. jhony tan berkata:

    mas dewo tolong postingkan d kolom lowongan kerja,

    DEALER YAMAHA yang telah berkembang pesat membutuhkan beberapa staff professional yang ulet, dinamis, dan menyukai tantangan untuk di tempatkan di bidang :

    A. Marketing ( 10 orang )
    Pria / Wanita, usia max. 35 tahun
    Pengalaman di bidang Sales produk Otomotif/Bank/Asuransi min 1 tahun
    Bisa mengoperasikan computer min. Ms. Office
    Pendidikan minimal D3 semua jurusan
    Mengetahui wilayah batam
    Mempunyai relasi / jaringan yang luas
    Memiliki Kendaraan sendiri, SIM A / C

    B. Sales ( 30 orang )
    Pria / Wanita, usia max. 30 tahun
    Pengalaman tidak di utamakan
    Bersedia di training tanpa batas waktu
    Pendidikan Minimal SMU
    Memiliki kendaraan sendiri, SIM C

    C. Call Center ( 5 orang )
    Wanita, usia max. 30 tahun
    Pengalaman tidak di utamakan
    Bersedia di training tanpa batas waktu
    Pendidikan Minimal SMU

    Syarat Umum :
    - Berpenampilan menarik dan rapi
    - Percaya diri dan komunikasi yang baik
    - Jujur, kerja keras dan berorientasi pada target

    Fasilitas :
    Gaji, Tunjangan makan dan transport, Komisi dan bonus yang menarik serta jenjang karier

    Kirimkan surat lamaran anda ke :
    PT. LEO UTAMA MOTOR
    KOMPLEKS PERTOKOAN MITRARAYA,BLOK C-1 NO. 6-7-8-9-10
    BATU AJI – BATAM
    UP. BP. JHONY, SE . email : jhony_yamaha@yahoo.co.id

  346. radit berkata:

    salam mas dewo, saya pernah mendengar dari salah seorang rekan saya, beliau mengatakan bisa membeli barang2 elektronik dengan harga yg sangat murah, beliau membeli barang2 tersebut dipelabuhan, entah apa nama pelabuhannya. Modus yg digunakannya adalah kita membayar kepada penjaga pelabuhan tersebut dan kita bebas mengambil barang elektronik apapun yg kita mau sebanyak apapun, apakah ada yg seperti itu di batam? atau itu hanya karangan belaka rekan saya, mohon infonya terima kasih.

    salam///

    • @Radit,

      Jangan langsung percaya. Modus operandi seperti ini paling sering dipakai oleh penipu. Bahkan mereka punya website khusus & menampilkan foto-foto gudang di pelabuhan.

      Nyatanya setelah uang ditransfer, mereka hilang bak ditelan bumi & tidak bisa dihubungi lagi. Beberapa teman telah menjadi korban penipuan ini. Jadi, berhati-hatilah.

      Salam.

    • radit berkata:

      mas dewo terima kasih atas info2 nya bermanfaat sekali, dan satu lagi mas selain hal-hal yg bisa dibilang negatif (penipuan, prostitusi, dll) tentunya Batam menyimpan keindahan tersendiri kan mas ? kira2 bisa dijelaskan mungkin apa yg terkenal di Batam, sebagai daya tarik turis asing maupun lokal, mungkin pantainya ?

      terima kasih., best regard from radit :)

    • @Radit,

      Batam memang area industri. Tapi juga menyimpan pantai yang asri. Jika ke Batam, jangan lupa ke Pulau Galang. Di sini ada monumen kemanusiaan. Tempat ini adalah saksi bersejarah dimana dulu terjadi tragedi kemanusiaan, yaitu perang Vietnam yang mengakibatkan banyak masyarakat Vietnam yang mengungsi ke Pulau Galang.

      Hanya dengan bermodalkan perahu seadanya, mereka mengarungi lautan untuk mencari tempat yang terbebas dari peperangan. Kisah lengkapnya silakan kunjungi:

      http://dewo.wordpress.com/2006/02/16/kisah-pilu-manusia-perahu-vietnam/

      Semoga bermanfaat. Salam.

  347. vivin andraini berkata:

    Batam… di 2010. udah sangat ramai dan banyak tempat hiburan. ada waterboom di Ocarina, Batam centre.
    Ada Pantai melur di pulau Galang, Pantai pinggir di Sekupang.. Pantai Mirota, pantai sengkilak..dll. ada juga Hutan wisata Mata Kucing yang ada fasilitas outbond juga penginapan. atau bisa juga mengunjungi Turi Beach resort di nongsa.
    ada wisata agro buah Naga di pulau2 sepanjang perjalanan menuju Pulau galang.
    menikmati kelap-kelip lampu kota Batam dan singapore di Tanjung Uma juga bisa jadi alternatif jalan2 di malamhari.
    transportasi, ada bus kota AC(mini transJ). di bandara ada taxi resmi.metrotrans (seperti mikrolet) juga banyak. seperti halnya di kota2 lain, kita tetap harus hati2 ketika naik kendaraan umum, baik yang resmi maupun tidak.
    sayur dan buah di Batam juga ada petaninya. untuk sayur keliling dengan gerobak, biasa dijual 5ribu/3 ikat sayur.mereka biasanya menanam sendiri. kalau untuk beli skala besar, coba kunjungi pasar Jodoh. di hari minggu pasar ini lebih ramai lagi. pengalaman seorang temanku, harganya bisa selisih 5ribu rupiah dibanding pasar2 terdekat.

    • radit berkata:

      @mas dewo

      makasih mas udah saya buka link yang mas dewo kasih ke saya terima kasih banyak

      @mbak vivin andraini

      kalau menurut mbak, pantai yg bagus untuk surffing dimana mbak, mungkin mbak mau meberi rekomendasi kepada saya, saya sangat berterima kasih sekali kalau mbak mau berbaik hati memberi saya rekomendasi terima kasih, salam

  348. Dian berkata:

    Saya skr kerja dan tinggal diJakarta dan berencana bulan Juli ke Batam, karena memang dipromosikan di sana , kalo mnurut pendapat sy.dan dengar dari cerita teman2..,Batam tidak jauh beda dengan Jakarta kehidupan sosialnya, jadi saya gak kaget lagi….,di Jakarta pun banyak yg gak betah dengan alasan yg bermacam2…,Maka jangan coba-coba kalo dari Jawa atau daerah lain langsung meluncur ke Batam.., kalo mau hidup di Batam seharusnya hidup lama di Jakarta dulu biar gak shock…,kbanyakan yang coment disini domisilinya pasti di daerah seperti Jawa…jd gak heran kalo gak betah…,maunya hidup di Jawa tentrem, ayem…,persaingan sedikit, warteg murah cukup 3500 udah dapet nasi sayur +tempe+es teh manis,ada becak, angkot, sawah….,ya itulah hidup…so jangan kesana kalo gak siap mental….

  349. Tony-Legenda berkata:

    Yaahh …. ada suka dukanya hidup di dunia ini, di manapun itu, yang penting kita bisa enjoy …. wong saya dr Semarang aja, nggak betah tinggal di daerah saya sendiri. Kayaknya di Batam lumayan enak … waktu … demi waktu … berganti terus tak terasa … kerja … pulang ke rumah …. besok kerja lg …. pokoknya di sini acaranya begituuu terus. Nggak kerasa saya sudah 15 tahun di Batam ………..

  350. eko berkata:

    Mau searing juga nih.. sy juga pernah beli hp bm di batam, awal2 memang sy banyak tanya & croscek sama forum & kerabat yg memang tinggal di batam. sekitar 1mg an lah sy croscek penjal hp tsb di batam trus hasil survei yg sy peroleh memang kenyataannya ada yg jual hp bm di alamat sakura anpan blok F nomor rmh sy lupa … a/n Heriyanto Raharja. sy beli bb bold dengan hrg 3.2jt an & ongkos kirim sekitar 110rban. pagi sy order dan sdh tranfer sekitar sore an barang ternyata sdh sampai di rumah tuh.. ternyata sangat cepat proses pengirimannya.

    Tapi tetap buat temen2 tetap hrs berhati2 jika cari barang bm di batam ini… sangat banyak orang2 yg ingin curang tp gak sedikit juga klo ketemu yg jujur seperti mas Heri ini di batam..

  351. han berkata:

    Mas Eko,
    bener ga tuh Bos Heri, saya mau beli tapi kmrn sempet ngeliat postingan miring di mallponsel.com jadi ragu , ngeri juga tuh…

    Mhn pencerahannya

    Salam,
    Han

  352. han berkata:

    Mas Dewo,

    bisa bantu infonya mas, ttg Heri raharja-Nagoya di Komplek Sakura Anpan Blok F no.10 Nagoya-Batam, saya mau transfer ke dia utk deal hp nya, gimana mas?

    Please…

    Salam,
    Han

  353. han berkata:

    Dear all…..

    Jangan percaya dengan heri raharja d, emank penipu tuh org…damm…kok mau ya hidup dgn uang haram…kasian keluarganya….

    Salam
    Han

  354. suhaimi berkata:

    saya dari johor malaysia…..syarikat saya akan buka kilang diBatam.saya akan ke Batam dlm waktu terdekat ini untuk menolong setup kilang tersebut…bagaimana sambutan orang Batam kepada kami ,semuga bersahabat hendaknya……

  355. anisthoha berkata:

    ada ga lowongan kerja untuk lulusan SMK jurusan T. Komputer dan Jaringan di Batam?berapa gaji disana?dan biaya hidupnya

  356. anisthoha berkata:

    mohon infonya,terimakasih

  357. agus suhairi berkata:

    ada

  358. agus suhairi berkata:

    ada lowongan kerja untuk teknisi komputer ngga di batam ?
    tolong informasi nya.

  359. agus suhairi berkata:

    gua mau tanya ada loeongan pekerjaan ngga sebagai teknisi hadware & softwer kompoter/laptop. gua tinggal di pekanbaru. and gua mau cari pengalaman kerja di batam.
    kalau ada tolong di konfirmasikan ya…. hernandraagus@yahoo.co.id

  360. Denny berkata:

    Boeat Mas Dewo,
    Thanks a lot 4 informnya ttg Batam…
    Batam i’m cominnngggg…

  361. wiby berkata:

    lok ada yang tau chanel notebook murah di batam call me di YM : n_wiby86@yahoo.com

  362. dani berkata:

    ada lah notbuk kali ya sih ya mau ya sih ada mobil batam bisa juga kelura dari batam apa aja juga ada juga di batam kali ya sih ya sih ya mau ya sih ya ya iy alah masa iya sih murang kil ya penggelapan di btam bayank kali ya

  363. triad berkata:

    wah……………. skrang yg bnyak low kerja dst ap y? jd pngen.

  364. minnie berkata:

    hai2, batam 2010 kondisinya gimana ya??
    trus, ada yg tau PT.nusacipta indonesia gak?
    mohon infonya yaaa.. thx..^^

    • Hambali berkata:

      Kondisi nya msh sama kyk dulu koq….Industri2 disana masih sangat menbutuhkan tenaga kerja cewe….
      Tapi sekarang status kependudukan sangat rumit, mungkin karena pertumbuhan penduduknya yang sangat tinggi tiap tahunnya. Makanya nyampe sana buru2 bikin ktp sana…terserah resmi atau gak, yang penting ada ktp.

      Hambali
      Hp: 085761693110

    • Jion berkata:

      PT Nusa Cipta Indonesia (NCI), kebetulan saya sedang bekerja di batam mengerjakan proyek Villa Montigo Resort Nongsa. Ada beberapa kontraktor yang menangani proyek tsb salah satunya adalah NCI… Kenapa nanyain NCI,bu minnie? ingin tahu lebih jelas bs sms/call aku kok. 085865227831

  365. Hambali berkata:

    Masih banyak koq yang murah di batam. Sebenernya, kalau kita mau nyari yang serius (maksud nya gak sambilan) masih banyak barang elektronik yang murah di batam. Apalagi kalau kita punya org dalam di bea cukai. gak terhitung lagi banyak nya barang murah yang bisa kita beli dari org2 tsb. Secara bea cukai kan sering nangkap barang2 dari luar negeri yang masuk batam tapi gak bayar pajak..
    Kalau cewe sih emang murah di batam, ya pokok nya dengan isi kantong pas2 an kita gak bakal susah buat “jajan” diluar..Ya..misalnya aja klu lgi bosan sama yg d rumah….
    hehehhe…..

  366. isnandir berkata:

    kalau aku mempunyai penghasilan dibatam pasti aku tinggal dibatam.

  367. fotobugilperek berkata:

    saya masih nyari nih info hp murah….udah disini sebulanan
    perasaan harganya murahan jakarta

  368. diah berkata:

    mau dong mobilnya tp sayang ngak bisa keluar batam, jika bisa enaknya punya mobil murah, gimana ya biar tu mobil bisa keluar dri batam pasti bth buuuuuuaanyak duit ya………

  369. rodes berkata:

    yg paling murah di batam itu apa ya??

  370. angel berkata:

    BATAM plg asyik boat clubbing,jg boat para kaum adam yg suka jajan….soal mknan hrga nya hmpr2 sama dgn singapore terutama seafood nya.HP,hm….slama aq tgl di batam aq pikir hrga hp g jauh beda dgn tmpt laen.Tp jujur aq lbh suka tgl di batam dr pd singapore,krna di batam lbh bebas.Y wlw aq jg kcwa dgn pelayanan supir taxi nya yg byk menipu.

  371. hambroh berkata:

    dear all my friend,

    gue baru aja seminggu tinggal di batam tepatnya nongsa.
    mau minta infonya nih kali aja ada yang tau rental sepeda motor.
    maklum buat kendaraan sementara keluarga mau ngisi kebutuhan sandang di rumah. atau kalo ada list nya please… email ke hambroh@yahoo.com

  372. Ping-balik: 2010 in review | ♫ Dewo ♪

  373. ardan berkata:

    mau tanya,apa bnr kalau beli gadget gooood price disingpore itu lokasinya daerah geylang ? Ex: hampir 80% pedagang BB di indo belinya di geylang.tp disaat sy tanya lokasinya langsung diam hahahaaa thx

  374. roby berkata:

    pak dewo, ada kerabat teman saya yang beli laptop murah banget di batam katanya.. beli di plasa gitu..

  375. noor aziyusnee berkata:

    saya mau ke batam. ada sesiapa bisa bantu gtau mana tempat shopping baju yg murah. sy enggak mau mall. kedai biasa

  376. budi berkata:

    Peluang bisnis Dasyat akan hadir di Batam
    Segera hub 081265710123 acara di hotel 89 tgl 2 April thks

  377. wedus_nekad berkata:

    Tulisan bro Dewo lima tahun yang lalu, Batam kini 2011 jangan harap gampang dan mudah. Saya sudah tinggal di Batam sejak 1994. Untuk mobil : Plat BP atau BM dengan akhiran X sebagai tanda mobil impor malah bikin susah, harganya jatuh karena banyak masalah seperti kelengkapan dokumen yang aspal dan kewajiban merubah dari nopol X ke Z. Orang Batam sekarang lebih sadar untuk membeli mobil dari luar Batam terutama Jakarta, surat2nya jelas dan pajak sudah dibayar. Jadi mikir dulu kalau mau beli mobil impor di Batam, salah2 kena pasal penyelundupan dengan dokumen asli tapi palsu.

    Untuk gadget dan barang elektronik: Ini juga jadi masalah, banyak penyelundup yang memasukkan barang elektronik asli tapi palsu atau malah barang asli tanpa dokumen. Akibatnya kalau beli barang Handphone, laptop, PC tablet, blackberry dan yang lainya, konsumen yang dirugikan. Coba saja belanja gadget ke Lucky Plaza, pusatnya gadget di Batam, tanya tuh ada garansi apa engga? Jadi bagi yang berkunjung ke Batam hati2 kalau belanja, jangan karena beda tipis dengan harga di Jakarta malah nyesel seumur hidup.

    Saya tidak anti Batam karena saya pun cari makan disini, namun saya hanya ingin mengingatkan bahwa Batam tidaklah semudah yang diceritakan banyak orang. Adalah hukum alam INGIN ENAK=UANG KELUARPUN BANYAK, didunia ini tidak ada yang mudah ataupun murah dengan kwalitas wah. Pegang aja prinsip itu kalau berkunjung ke Batam.

    WELCOME TO BATAM ANYWAY !!

  378. rachmad berkata:

    “Salam kenal” saya udh baca artikel2 ini, seru2 banget isi artikel ini dan terima kasih atas peringatan yg telah dr bang “DEWO”…tks n SUKSES SELALU

  379. yudi berkata:

    mas aku yudi ada laptop murah ga?biasa harga pasarannya berapa?tx

  380. maruli berkata:

    mas saya mau tanya , di batam jual hp nokia seken yang harga 50rb – 200rb ada ngk?
    tolong kabari saya. trim

    • riki similikiti berkata:

      hehe…yang baru juga ada mas..harga 50rb an tapi casingnya dari bilik..he..he..peace..

  381. dadan berkata:

    kalau mau barang BM dmna ya mas???

  382. Harry Pritta berkata:

    hidupku merana di BATAM……..

    • LIES berkata:

      BATAM ; Bila Anda Tiba, Anda Merana (menyesal)
      BATAM : Bila Anda Tahan, Anda Menang…
      Ayo semangaaat… !

  383. agustine berkata:

    hmmm,.i love batam after jakarta. sebagian masa hidup saya di jakarta,bekasi.setelah itu mendapat kerja dibatam.dr tahun 2004 s/d skrg stay dibatam.
    jakarta sekitarnya macet,batam lancar arus kendaraannya,.kalo pulang kejkt,gak betahan lg,.mau ketempat sodara,teman2x sgt jauh,macet lg! paling ngabisin duit ke jkt buat shopping,tentang pekerjaan selalu ada,ada tabloid khusus info lowongan kerja (LOKER)batam edisi mingguan.yg mahal dibatam transport memang iya,.jauh dekat naik angkot 3000,taxi tawar menawar.makanan sama aja dgn dijawa harganya.kalo anda beli makanan di Mall ya pasti mahallah.sekian deh info dr sy,smga berguna.
    salam.

  384. fitri berkata:

    sy udh 4 thn di batam,sy betah bgt di batam ,tapi yang membuat saya risih banget nget di batam yaitu Banyak pelacur,tmpat2 dugem,pnti pijet plus2…….Smg pmrintah batam menuntaskan mslh2 itu….sbnrya klo kita d batam jadi org baik2 psti dpt knln jg org baik2,

    • LIES berkata:

      itu sih tergantung tinggalnya dimana… kalau memang tinggalnya di daerah ‘begituan’ ya ketemunya yg ‘begituan’ juga….

  385. egasan berkata:

    bentar lagi mau, ke batam … tiket udah di tangan.. tapi , setelah liat coment di atas, kok jadi ragu, yaaaa…

    • fitri berkata:

      yang penting niatnya ke batam baik,buat cari kerja….klo niatya baik pasti y baik jg di batam,yk pnting hindari prgaulan bebas,jgn mudah prcya ma org….hindari tmpat2 yg g bner(tmpt2 dugem,pnti pijet)harus hemat jg,heheheheeee,,,,,

  386. candra berkata:

    minta no hpx dong fitri!!!
    biar sy bisa nanya2 tentang batam…
    ni email sy : candra_blue86@yahoo.com

  387. saya sudah 5 tahun tinggal dibatam
    saat ini masih kuliah di batam juga
    selma saya tinggal dbatam,suasana nya sangat enak dari pergaulan dan suasana pendidikan disni
    disni bnyak dijumpai berbagai macam orang ,dari cina,batak,flores,padang,jawa,makasar,manado
    smua suku la berkumpul disni
    jadi orang na saling menghargai disni..

    untuk rumah sangat murah,taun ini aj uda lebih 1000 rumah yang di bagun di abtam,ckup uang 2 juta ,kunci rmah sudah di tangan

    mobil,,
    sangat bnyak dijumpai disni,,dari mazda terbaru,mercedes,honda s2000,,terakhir sya melihat mobil limosin ,n VW bettle terbaru d batam.g tau yg bawa na cpa tpi jarang dbwa keluar..

    bagi ku batam sangat asyik

    dari bnyak tempat hiburan,pergaulan,,dan lowngan kerja na

  388. refta berkata:

    kalo jual laptop murah dimana ya mas? sy liat di net jl. balai raja timur, daerah mana tuh mas?
    tx

  389. rio langoblolok berkata:

    om dewo, banyak yang bilang diatas harga di batam banyak yang udah ngelebihi harga jakarta.
    tapi juga masih ada yang bilang di batam gudangnya barang BM, kalo mau cari macbook pro di batam kira” dimana?

    kalo ada yang tau hubungi saya ya ini YM saya
    Rio_langoblolok@yahoo.com

  390. riki similikiti berkata:

    sy mau berbagi cerita tentang batam selama 2 bulan sy tinggal, sebelumnya saya berpendapat enak tidak enaknya hidup dan tinggal di suatu tempat tergantung kpd pribadi,niat,keperluan orang tersebut kalo saya yg sanak keluarga di jakarta dan sekitarnya, mash prefer tinggal di jakarta/jawa, segala macam yg kita butuhkan ada semua. berikut gambarannya :
    1. suhu udara lumayan panas hampir sama dengan jakarta (or lebih ? gak bawa thermometer)
    2.taxi jarang yg pake argo (atau malah gak ada yg pake argo)
    3.angkot ada tapi bus umum gak ada yg sekelas mayasari, mgkn karena batam sempit
    4.makanan lebih mahal d batam, kalo penggemar warteg dan sekelasnya agak sulit disini.selama 2 bulan saya jarang nemuin sayuran, paling2 kol,timun,daun kemangi,
    5.tempat2 refreshing spt puncak, safari, ancol, bandung, tidak ada. tp sbg gantinya bisa ke mall,atau pantai yg jaraknya sekejapan mata karena jalanan d sini tidak pernah macet dan lebar,atau cari view untuk liat kota singapore kalo ga sanggup pergi ke singapore (sy tanya2 masih banyak juga orang2 sini yg belum sempat pergi kesingapore..)
    6.tempat hiburan malam memang d sini gudangnya tpi kalo kelasnya masih kalah jauh lah d banding jakarta,
    7.multi etnis, ruko2 dan kompleks perumahan sangat banyak malah rumah2 yg ada di luar kompleks disebutnya RULI (Rumah Liar) , air sangat begantung dengan pdam nya batam
    8.HP,LAPTOP dan BARANG ELEKTRONIK BARU lainnya HARGANYA SAMA DENGAN DI JAKARTA, kecuali barang second ex singapore spt baju,celana,tas2,sepatu, bisa di cari di pertokoan Aviari plaza kalo lg mujur bsa dpt barang bekas yg msh bagus kondisinya dg harga murah bisa nego.
    9.mobil yg di bilang wah di jakarta disini berseliweran, tp jd keliatan gak wah lg karena warnanya pada pudar dan kusam, dan sy jg heran orang sini gak terlalu peduli dengan kemulusan cat mobil, mgkin jarang tukang cat atau apalh sy gak tau
    10.semenjak judi dilarang kehidupan d sini jd biasa2 sj, kalo d area industri mirip2 cikarang taun 98an, sangat jauh perbedaannya dengan keramaian dan hiruk pikuk jakarta
    11. pulau batam bisa di bilang kecil untuk mengelilinginya saja hanya di butuhkan waktu 3-4 jam
    12. kalo lg mumet mau cari suasana pedesaan atau pegunungan harus terbang dulu keluar batam…
    demikian gambaran dr sya tentng pulau Batam semoga bermanfaat….

  391. Budi Gunarto berkata:

    Nyambung pertanyaan Rio…
    Jadi soal iklan2 di blog2 tertentu yang nawarin gadget2 BM “super murah” yang modusnya dikirim via transfer and jasa FedEX, cuma bohong belaka ternyata ya ?
    Makasih sebelumnya Mas…

  392. Muka Kuning berkata:

    Sy udah 4 tahun tinggal dibatam, menurut saya harga elektronik dibatam dengan di jakarta selisihnya tidak signifikan dan saya sendiri tidak pernah beli barang elektronik yang black market. Garansi hanya 3 hari dari toko, malah ada yang tidak memberikan garansi apa pun. Barang yang sudah dibeli pihak toko tidak bertanggung jawab lagi.

    Gilanya lagi, kita harus pintar2 menawar barang dan sudah mengetahui jenis/tipe barang yang akan dibeli. Takutnya di kadalin dengan pihak toko.

    Kalo mobil, sy akui kalo harganya jauh lebih murah di bandingkan kota manapun, tapi sayangnya mobil tersebut tidak bisa dibawa keluar batam dan tahun-nya juga sudah tua-tua karena sejak tahun 2002 mobil X singapur tidak boleh lagi masuk ke batam.

    Saya sendiri akhirnya beli mobil dari jakarta walaupun proses masuk kebatamnya ribet. Biar gak ribet saya kirim mobil dari jakarta ke tanjung pinang trus ke batam. Jeleknya lagi mobil tersebut tidak dapat dimutasikan karena syarat mobil bisa dimutasi di batam harus 5 tahun sebelum tahun sekarang. Misalkan sekarang tahun 2011 maka mobil yang bisa di mutasi tahun 2006 keatas.

    MukaKuning.com
    Bursa Jual-Beli Mobil Batam

  393. n42ng berkata:

    ini ada online shop dari batam http://www.jayaelektronikshop.co.cc/, barang ya murah murah apa bisa di percaya?

  394. asbak berkata:

    Tertarik dengan batam.. :)
    Mas, kira2 dengan ijazah SMA apa gampang dapet kerja di sana? Kalo ada yg tau, kira2 gajinya (UMR) berapa ya? pengen coba peruntungan di batam..

    • asyifa berkata:

      masak cih jancok jancok jancok selet taek kontol
      maklum arek petrak

    • Asihon berkata:

      cewek tamatan smu cepat dapat kerja dibatam,
      yang penting ada ijazahnya,
      kalau cocok memang agak susah, tp tergantung cowoknya sih,,,
      umr sekarang 1,4jt belum Over time loh,,,
      dengar2 nih,,operator aja bisa data 3jt-an klu over time, tp tergantung Perusahaannya

  395. asyifa berkata:

    wah tertarik dengan batam yaa q juga tapi peruntungannya gimanamas
    q tertarik soalnya disana ada temanku namanya tiwi q juga pnya pacar namanya gofur areke ngganteng mas sori anak malang
    asyifa sdn bandung rejosari3 kota malang masih kls 4 sudah punya pacar maklum amak sekarang

  396. akil berkata:

    pengen beli iPad di BM,, tpi barang yang original n gk nipu di mana ya.. ????
    tolong bang dewo di kasi saran..

  397. giel berkata:

    mas akil….kalo cari iPad (dll) BM susah mas kalo anda belum punya kenalan orang sana…..ada di sekitar pelabuhan batam center deket mega mall (tepatnya)….disana banyak orang yang jual gadget dari orang2 yang datang dari luar negeri (malaysia dan singapore)…..tapi harus pinter2 nawar….

  398. zikan berkata:

    mas dewo, tolong kasih informasi mengenai penjualan elektronik bm yang nyata atau mungkin mas punya temen yang dapat dipercaya mengenai elektronik bm.
    tolong infonya kirim ke e mail saja. trims

  399. Molisan Tono berkata:

    kalo dari yang jawa (jakarta, tangerang, bandung, semarang, surabaya, dll) jangan mimpi bisa ketemu namanya Es Campur Garut… Ga ada! tapi kalo ayam penyet jawa timur… itu mah udah kaya makanan wajib.

    gado-gado atau ketoprak bisa jadi makanan paling mahal walau sebenarnya ga mahal… susah cari yg enak itu yg bikin mahal… gorengan disini harganya 3 potong = 2rebu!!!

    setahun di batam, baru hari ini ketemu soto medan yang masak orang jakarta. uenakhhhhnya booooooooo. sekedar inpo… ada di lokasi pertigaan baloi nagoya yang dari arah underpass pelita.

    kalo sempat berkunjung jgn lupa kunjungi spot tempat nongkrong rujak petis di kampung seraya. titik “paling tinggi” di batam….

  400. oogii berkata:

    guys sya lgi nyari mobil murah honda civic genio atau ferio klo gk mitsubitshi galant ..
    klo da hbungi sya ya ..
    hub:08566610444

  401. Muhamad Nurhajat berkata:

    mas, tlg dong dimana cr hp terbaru baik BB atau NOKIA murah/BM di batam

  402. saya mau bisnis baju yang sedang trend di anak muda sekarang dengan harga yang murah. adakah yang bisa memberikan informasi dimana saya bisa mendapatkannya ???

  403. mitosgunawan@gmail.com berkata:

    rencana 2012 maw ke batam…quw ga pengen nyari kerja ..tp pengen ngembangin bakat dagang n bisnis quw….!! kira2 mash ada peluang survive ga ya…!! dr td tak bc pada nyyari gadget murah n nyari kerja…!! semoga ada yg bs ngasih ptnjuk bwt sy bs hidup d batam..!! dgn jiwa bisnis n insting berdagang yg kuat….!! mhon pencerahan info tmpat yg oke di batam!!

  404. Vivian berkata:

    Emang Om moe bisnis apa? batam mah bisnis apa aja lancar, emg sich harus lihat lokasinya. pa lagi makanan,,kalo enak laris, kos kosan, laundry, travel.

  405. Harvie Wendra berkata:

    BCA Finance BATAM,,,solusi tepat pembiayaan mobil anda,,dengan suku bunga 3.99%,,
    wujudkan mobil idaman anda dengan bunga rendah BCA Finance,,BATAM untuk info dan simulasi kreDit call:085375799729

  406. dewa K berkata:

    aq belum tau banyak soal batam tapi paling ngga waktu 4tahun disini sudah cukup buat mengenal batam seperti apa,pertama kali datang kesini sumpah ga kerasan mungkin karena belum tau banyak tentang btam jg belum banyak teman,tapi sekarang bedalah aq sama seperti mas” yg asli jkt pd umumnya lahir besar dijkt jg bali tp buat q batam ga kalah sm spt kota besar pd umumnya yg lebih enak resort banyak mau maen golf cm butuh wkt sebentar aja tanpa hrs mengenal macet yg bikin sumpek mau nyebrang keNegara” tetangga jg mudah. 1hal yg perlu diketahui kata org tua asli sini kalo sudah kena air batam pasti ngangenin bawaanya mau datang lageeee… percya ga percya balik lg kediri kwn” smuanya ok???yg blm tau batam silahkan berkunjung…. GBU all

  407. dewa K berkata:

    harga g bd jauh dr jkt paling sekitar 500rb s/d 700rb aja msh mau dg yg murah???

  408. mamakrina berkata:

    Batam? saya suka buangeettttt. Suka segalanya. Anak saya tinggal di golden land, angkot ketujuan manapun lewat golden land. Angkot murah, aman, gak ribet.

  409. Cynthia Yunita berkata:

    Bisa minta tolong info kosan di sekitar nagoya ( Next To Indosat Baloi) yg Murah ada ga yah?kisaran brapa harganya?thx need info bgt nih..bln dpn mau ngekos skitar 2 bulan

  410. yang berminat cari mobil baru merk Suzuki, Nissan, VW dan Hino review mobil dan harga bisa kunjung disini http://www.jualmobilbatam.com

    Terimakasih

  411. andi berkata:

    lagi pengen kamera DSLR ni bang,kira2 ada yang bisa ngasih pencerahan gak untuk harga kamera DSLR disana yar bisa dpt barang bagus harga murah.Klo gak link toko yang ngejual barang2 elektronik.

  412. Fadly berkata:

    mas sy fadly dr makassar…rencana nya bulan depan sy ke batam ..mohon info soal t4 elektronik yg murah n bisa nego..tolong info dr si pembaca laenx…fadly_tazmania@yahoo.co.id atau nmer hp : 082193907954
    makasih sebelum nya….wassalam

  413. Asihon berkata:

    Numpang kasih info ya mas Dewo,
    Mas Fadly,,
    sekarang dibatam banyak tempat menjual barang elektronik dengan harga yang bervariasi,
    tergantung kita bagaimana menego nya,
    referensi tempat yg di berikan:
    1. Lucky Plaza (tempat surga HP dan Gadget)
    2. DC MALL (Laptof banyak dijual disana bekas dan baru)
    3. Nagoya HILL (pilihan laptof, camera digital, HP banyak disana, tentu dengan harga berbeda)
    kalau dibilang dimana paling murah, sy tidak bisa menjamin,
    tapi dari nomor 1 bisa dijadikan prioritas utama karena banyak pilihan.

    Saran:
    kalau mau nawar barang, jangan mereka sampai tahu bahwa Anda orang pendatang,
    bersikap biasa aja,,,,

    mungkin itu sekelumit referensi saya

  414. Asihon berkata:

    Pengalaman saya dibatam,
    saya dibatam sudah hampir 12 tahun, asli orang medan dan bekerja tetap dibatam
    pertengahan 2002 sy berangkat kebatam dan mencari pekerjaan tentunya
    hal pertama yg membuat saya tidak kerasan adalah air minumnya.
    air minumnya banyak mengandung kaporit jadi kalau kena lidah langsung mau muntah.
    tapi itu hanya sebulan saja,
    memang dibatam ada plus minusnya.
    kalau dulu sebelum dibatam, banyak orang kampung beranggapan bahwa cewek2 batam banyak yang sudah rusak,,(ada betulnya sih tapi gak banyak)
    contohnya ada beberapa anak gadis kampung kami begitu balik dari batam perutnya sudah besar (alias hamil) padahal belum menikah. sungguh miris dan membuat jelek batam.
    Kuncinya sih ada pada diri kita masing2,
    kalau kita ingin berhasil tentunya harus bekerja keras,
    tapi tidak sedikit yang gagal dan mereka malah balik kekotanya masing2.
    sekarang kota batam sudah dijuluki dengan kota seribu ruko,
    karena ruko dimana2 ada,,,,
    panti pijat plus plus pun menjamur,,,(kesukaan hidung belang)
    saya senang tinggal dibatam,
    karena orang2nya datang dari penjuru indonesia
    jadi tambah banyak teman,
    ada yang alim dan ada juga yang jaim.
    pokoke batam top lah…

  415. Robbi Hafzan berkata:

    Cuma sekedar share aja sm temen2 neh…Gw asli jkt, n gw dah dibatam sekitar 12 thn,tapi seminggu sekali bolak-balik bintan-Batam,karena tempat kerja gw diBintan (15menit by Speed Boat kl dr batam-bintan) menurut gw selama ini bintan and batam so far so good lah.cm pembangunan diBatam emang pesat bgt dibanding dibintan.kl mau buat jalan2 atw mau ngabisin uang Bintan-Batam emang tempatnya bro n sist..
    Lo bisa jalan2 keSingapore hnya cm 30mnt lama perjalananya by ferry,atw ketempat2 wisata lokal yg lainya yg gak kalah dgn S’pore yg pastinya ongkosnya lebih hemat..DiBintan ada Bintan Lagoi yg org2 bilang sbg BALI ke-2..Nuansa dan suasananya emang T.O.P banget gak kalah sama Bali.
    DiBatam sendiri jg elo2 bisa jalan2 kepantai2 lokal seperti Marina,Ocarina,atw Jembatan Barelang(Batam-Rempang-Galang) yg dikenal sebagai Iconnya kota Batam..
    Batam sendiri emang sdh terkenal dgn surganya elektronik…tp gw rasa itu dulu…kl sekarang udah jarang kita bisa dapetin brg elektronik dgn hrg miring…cm masih bs kita temuin beberapa tempat spt lucky plaza,dan daerah2 seputar jodoh/nagoya.
    Nah buat tmn2 yg mau datang atw jalan2 keBatam, Bintan dan sekitarnya kl kira2 bingung atau takut nyasar Bro and Sist bisa hub gw di 0819 221 9094 buat nemenin bro and sist/sbg Guide.
    Gitu aja dulu deh Bro n Sist yg bs gw share kali ini.thx a lots.

  416. Hery berkata:

    Mau cri motor RX KING thn 97 ada gk ya

    • Hery berkata:

      Ada gak ya lonte2 17 thn ke atas yg cntik dan bohai lah, di batam.klu ada hbngi di sni ya 081372950704 aku tngu ya…

  417. BENHAS berkata:

    Salam Kenal Untuk Warga Batam,
    Thn 1996 Saya Keluar dari Batam untuk memenuhi keinginan orang tua.. Bukan karna Panas matahari, tapi karna panasnya maksiat dan dunia hiburan malam.. beribu penjelasan yang sudah difahamkan..tp yang namanya orang tua lebih pintar membaca gerak langkah anak2nya takut terbawa lingkungan..
    Dengan Berat hati ga mau dicap sebagai anak durhaka, akhirnya saya ikuti kemauan orang tuaku..segera meninggalkan semua kenikmatan dan kemewahan Kota Batam.
    Semua aset yang saya miliki dijual, rumah , Mobil, Motor, perabotan, Karna niatnya memang selamanya ga akan Kembali lagi..kota tujuan adalah Metropolitan Jakarta.

    Sesampai di Jakarta, Selama sebulan hanya Mutar2 sambil mencari usaha apa yang cocok, berbekal modal dari menjual aset tadi.. ditambah tabungan. saya beranikan diri untuk menyewa kios..padahal pengalaman Nol.
    saya mulai usaha dagang daerah pasarbaru.
    Alhamdulillah… Pelan2 tp pasti usaha dagang yang saya geluti lumayan menjanjikan sampai saya harus dibantu pegawai 2 orang..

    saat itu suasana politik sangat panas dan mencekam..Bagai mimpi disiang bolong, dalam sekejap semua bablas jadi abu karna ulah para perusuh dan penjarah kejadian tahun ’98.. menyisakan penderitaan dan kerugian yang cukup mendalam bagi saya.
    Depresi yang sangat berat saya alami hampir 2 tahun.. beruntung orang2 yang saya cintai begitu peduli dengan hidup saaya.. berbagai cara dilakukan orang tua untuk memulihkan kondisi saya.

    Tahun 2000 saya kembali ke Jakarta, Dengan niat dan tekad membara ,,apa yang dulu sudah hilang berharap bisa didapatkan kembali.. Ternyata, disinilah dimulainya awal penderitaan dan perjuangan yang cukup pahit selama hidup saya ..dengan hanya mengandalkan izajah diploma hanya bisa dipekerjakan jadi cleaning service..
    Impian besar yang sudah direncanakan ga mungkin bisa terwujud kalau hanya bekerja dengan gaji pas2an..Akhirnya saya ambil private malam yaitu belajar Jahit. karna kebetulan tempat saya Kost adalah pengusaha jahit.
    Dengan tekun saya belajar kira2 1/2 tahun..sampai terampil menguasai semuanya..seterusnya
    berbekal ilmu jahit tersebut saya cari pengalaman sebanyak banyaknya dengan ikut bekerja dengan orang2 yang sudah sukses.. merasa pengalaman sudah cukup saya kembali ingin menambah ilmu untuk menunjang karir saya .. saya putuskan mengambil fashion designer..

    Alhamdulillah Masa2 sulit itu sudah saya lalui, walaupun apa yang dulu saya bawa ke Jakarta belum semuanya kembali.. tapi sudah ga sesusah awal tahun 2000an..
    Insyallah Pemilik Bumi dan Langit ini punya tujuan yang baik untuk HambaNya yang benar2 ingin berubah nasibnya..
    dulu Selama saya di Batam Memang terbawa lingkungan dan rada Menjauh dari ajaranNya..
    Mudah2an kedepannya jadi lebih Khusnul khotimah.. Amin.

    Cerita ini mungkin buat pelajaran bagi saudara yang se iman dan se agama.. Apa yang kita miliki saat ini bila Allah berkehendak semuanya akan terjadi..seperti FirmanNya:
    Barang siapa bersyukur akan nikmatKu pasti AKU tambah.. dan siapa yang kufur akan nikmatKU, sesungguhnya Siksa dan Azabku sungguh perih dan nyata..
    Subhanalloh.

    Wassalam.

    Kembaa…lii … Ke L..a..p.t..o..p..( ala Tukul)

    Bulan ini saya rencana mau sekedar survei kebatam.. Mau menjajaki untuk buka taylor atau modiste atau butik .. mohon infonya untuk ongkos jahit celana panjang, kemeja, blus, balazer, JAS, Gown, kebaya,dll.berapa tarif disana..
    terus untuk prosfek kedepan kira2 pasarnya bagus ga buat Batam sekitarnya..karna Saya jarang lihat di forum untuk jasa jahit dan Kebaya langka dibatam atau memang ga ada peminatnya barang kali ? lebih memilih baju jadi gitu?
    Karna zaman saya disana sama sekalai bidang yang saya tekuni bertolak belakang..
    Mohon diInfokan via email : pesonaboutique@gmail.com atau BBM 308BCBDE BENHAS
    TX all

  418. batam berkata:

    BATAM BANYAK PUNGLI, SIAPA MAU INVESTASI?. SOLUSI: BIKIN TEMPAT PEMBAYARAN RETRIBUSI TERPADU/ TRANSFER KE REKENING TERTENTU. JGN PAKE OKNUM” GAK JELAS! =UMKM BATAM=

    BACA:
    http://www.tribunnews.com/2011/12/19/pungutan-liar-di-batam-capai-miliaran-rupiah

    yuk teman-teman kita shared ini biar ada reformasi birokrasi di batam

    Terimakasih.

  419. ria berkata:

    (NANYA) mak2 yg org batam, inpoh donk kalo ada yg jual motor bebek merk apa aja asal thn 2008 keatas yg harganya dibawah 5jt ajahhhhh ^_^

    email donk ke babyelephantshop@yahoo.com

    thx yah ^_^

    • wanto berkata:

      menurutku batam punya plus minusnya tersendiri. tinggal bgmn kita menyikapi kehidupan. saya tinggal di Batam sejak 2006.

  420. ronny berkata:

    Pak Dewo, terima kasih atas blog nya..
    Kesan saya saat pertama datang di Batam adalah HP saya ketinggalan di taksi. namun Puji Tuhan sopir taksinya mau mengembalikan HP saya (walaupun harus telp dulu ke perusahaan taksi bandara-Port Taksi).
    Diskusi blog sangat menarik dan saya baca dari posting tahun 2006 – 2012..dan kesimpulan saya adalah bahwa harga barang elektronik di Batam sudah tidak murah lagi.
    Saya belum tahu apakah FTZ sudah berlaku atau belum di batam, dan nampaknya dari diskusi tersirat bahwa harga barang elektronik (mewah) masih sama dengan harga pasar.
    CMIIW..

  421. Diko berkata:

    yang bikin batam jadi rusak namanya itu rata2 para bujangan ma gadis perantauan yang datang kebatam hanya pengen berbuat mesum setelah pulang kerja (gak semua tapi Kebnyakan kayak gitu) karna gak ada cover dari orang tua lage merasa udah bisa cari duit sndiri dan udah jauh dari orang tua n ini aku punya teman cewek perantauan prgi kerja pakai jilbab malamnya nawarin ngajak dugem di planet buset dah jadi boat para orang tua hati2 ngijinin anak ceweknya ke batam (sekuat2 nya iman anak muda tapi kalo di goda terus ama teman y lama2 malah jadi demen pengen ikutan) dan disini gak tau kenapa hampir suku diseluruh indonesia dari sabang ampe marauke ada disini aku sndiri gak tau alasannya kenapa kok orang2 bnyak yang lari kebatam padahal banyak kota lain yang lebih wah?

  422. Nuniarti berkata:

    nih kalO mw Leat viDe0 Batam Bage Yg Pnsaran Pngen tau Batam kyak Mana seH…
    Nieh Ada Link Dari youtube Vide0 PUlau Batam

    http://www.youtube.com/watch?v=xRV655mmCps&feature=related

  423. Pulau Tidung-aja berkata:

    Ya, harga barang di batam sekarang sudah tidak murah lagi, masih lebih murah di Jakarta tapi hati-hati karna banyak barang imitasi.

  424. kenya berkata:

    Kalo yg jual motor2 second gt ada ga ya kalo di batam? Saya butuh… Tolong minta info yaa…

  425. tony berkata:

    mintak infonya dunk apkah situs onlin agung shop 77 yg mnjual berbagai elektronik murmer itu situs terpercaya makasih

  426. Nuy Mala berkata:

    maaf saya mau nanya dong,, harga hp yg murah di batam & barangnya asli bukan replika dimana yaa?? :D

  427. gez berkata:

    salam kenal,,wlao blog ne udh lama bgt tp aku penasaran bgt sma batamm..sya pernah ke batam krn urusan penjualan tas sya baik secara online/lgs..tp yg jdi kendala bagi saya,,sya blm mgenal betul gudang tas batam impor yg semua ambil brg dri tgn 1..tlg dong bagi warga batam atau yg udh lalu lalang dgn batam bisa info sya dimana lokasi gudang tas impor/gudang tas penjualan batam..trima ksh bwt bantuannya..sgt bertrima kasih dgn infonya,wlo sdkt tp membantu bgt..

    info nya ke email aja ya..graceloveuid@yahoo.co.uk

    me,
    gez

  428. asyij euy ngobrolin tentang batam,,aku baru 3 hari di batam, enjoy aja, tapi memang transportasi minimal motorlah harus punya, biar gampang kemana-mana..nah, masalah elektronik murah itu, menurutku cuma Handphone yg msh dibilang murah,,klo gadget lain, rata2 saya sih,beda sedikit aja,, :)

  429. joni berkata:

    CIRI CIRI PENIPUAN: 1.
    CIRI CIRI PENIPUAN:
    1. iklanya banyak terutama pada gadget
    2. barang menjajikan dari segi harga dan kualitas
    3. target korban kebanyakan dari jawa, otomatis pelaku menggunakan domisili daerah luar jawa (SEPERTI BATAM, KEPRI, SAMARINDA, BALIKPAPAN, DLL)
    4. Semua penipu menggunakan BLOG, gak akan menggunakan website (dikarenakan kalau BLOG nya diblokir pelaku bisa membuat blog baru dengan gratis)
    5. pelaku tidak akan mau di ajak COD alasan si pelaku biasanya (khusus member kalau COD)
    6. bila ditelpon,,, waw makjleb banget rayuanya, lebih dari seorang CUSTOMER SERVICE
    7. Paket iklannya biasanya (BB, IPHONE, EPAD, IPAD, dll) (TV LCD, LED, dll) (Netbook, notebook, smartphone dll)

    TIPS AMAN:
    1. sebelum beli silahkan searching no HP si penjual di GOOGLE, dengan tujuan untuk mengetahui REPUTASI si penjual, termasuk searching di GOOGLE untuk semua TESTIMONI yg ditulis mereka pada web BLOGnya (kebanyakan testimoni PALSU semua, yg merupakan COPY PASTE dari testimoni org lain).
    2. ajak COD (khusus id NEWBIE di suatu forum) biar tidak beli kucing dalam karung
    3. ajak REKBER (tapi anda menanggung biaya jasa rekbernya)
    4. Jika si penjual reputasinya baik (cendolnya banyak) Insya ALLAH transaksi ama si penjual aman meskipun tanpa COD dan REKBER
    5 ditambahin sendiri ya gan hehehe :)

    HIMBAUAN KEPADA ADMIN:
    1. Tegas & BIJAK terhadap model iklan seperti ini,
    2. Segera MEMBLOKIR & MENGHAPUS ACCOUNT seperti ini agar tidak terjadi jatuh KORBAN,
    3. Lacak IP ADDRESS yg mereka gunakan ketika ONLINE pada iklan ini u/ mengetahui keberadaan mereka dimana…

    HARAPANNYA:
    Mudah-mudahan tidak ada KORBAN dari iklan PENIPUAN seperti ini & PELAKU IKLAN tsb segera dapat DITANGKAP & DIADILI !!!

    KEBIRI PELIRNYA

  430. Streetfire.net berkata:

    It’s actually a cool and helpful piece of information. I’m glad that
    you shared this useful information with us. Please stay us
    up to date like this. Thank you for sharing.

  431. Kathaleen berkata:

    I know this if off topic but I’m looking into starting my own blog and was curious what all is required to get setup? I’m assuming having a blog like
    yours would cost a pretty penny? I’m not very web savvy so I’m not
    100% certain. Any recommendations or advice would be greatly appreciated.
    Kudos

  432. web cam sites berkata:

    hello there and thank you for your information – I’ve certainly picked up anything new from right here. I did however expertise some technical issues using this website, as I experienced to reload the website a lot of times previous to I could get it to load properly. I had been wondering if your hosting is OK? Not that I’m
    complaining, but slow loading instances times will often affect
    your placement in google and could damage your quality score if advertising and marketing with Adwords.
    Anyway I’m adding this RSS to my email and can look out for much more of your respective fascinating content. Make sure you update this again soon.

  433. Mauricio berkata:

    Just want to say your article is as amazing. The clearness on your post is simply nice and that i
    could assume you’re an expert in this subject. Fine together with your permission allow me to take hold of your feed to stay up to date with approaching post. Thank you 1,000,000 and please continue the rewarding work.

  434. Amberdawn berkata:

    mas, bisa rekomendasiin ke ane Hotel yg berfasilitas Massage (*tp yg bisa++ gitu hihiii)

    kalo mau kluar cari tempat pijet ane ga bisa banget mas.
    pinginnya yg bisa call recepcion trus suruh dtang ke kamar ane.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s