Upgrade Asus TUF FX505DD Tahap 1

AMD Ryzen 5 3550H di laptop Asus TUF FX505DD bukanlah prosesor yang lambat. Seharusnya dia cepat. Namun di laptop TUF FX505DD ini terasa lambat performanya. Ada 2 hal yang membuatnya jadi lambat, yaitu:

  1. Harddisk 1 TB. Menjalankan sistem operasi Microsoft Windows dari harddisk menjadikan laptop terasa sangat lambat. Apalagi jika harus melakukan pekerjaan yang berat yang butuh akses ke storage. Contoh paling terasa adalah saat booting, perlu beberapa menit hingga muncul tampilan login. Saya yang terbiasa menggunakan MacBook Pro jadi sering sewot karena harus menunggu lama. Belum lagi lag yang terasa saat mau menjalankan aplikasi besar.
  2. RAM Single Channel. Sayangnya laptop ini datang dengan konfigurasi RAM single channel. Walau pun RAM 8 GB yang terpasang sudah merupakan versi sangat cepat, yaitu Hynix 8GB PC4-2666. Ironisnya 2 GB telah terpakai untuk internal VGA dari AMD, yaitu Vega 8. Sedangkan kartu grafis tambahannya, yaitu NVidia GeForce 1050 telah dibekali VRAM 3 GB.

Untungnya laptop TUF Gaming ini upgradeable, mudah untuk di-upgrade bahkan oleh penggunanya sendiri. Upgrade yang bisa dilakukan meliputi RAM, Harddisk, SSD (tersedia slot M.2) dan kalau tidak salah modul wifi juga bisa diganti.

Oleh karenanya saya memutuskan untuk meng-upgrade laptop ini secara bertahap. Tahap pertama adalah memasang SSD NVMe supaya masalah kelambatan karena bottle neck di storage dapat teratasi. Saya pun membeli SSD NVMe M.2 sebesar 256 GB dari V-GeN. Sebenarnya pengen sekalian beli yang 512 GB, tapi kok harganya nyaris 2x lipat yang bagi saya kemahalan. Jadi sementara saya beli 256 GB dulu. Toh harddisk 1 TB tetap akan saya pasang..

Tahap kedua adalah meng-upgrade RAM. Tapi untuk upgrade RAM ini menunggu ada rejeki dulu, soalnya lumayan mahal juga, hahaha…

Hari ini SSD NVMe ini datang dan saya pun segera memasang di laptop TUF FX505DD. Saya meng-install Ubuntu Desktop 19.04 di NVMe sedangkan Harddisk 1 TB tetap MS Windows apa adanya. Jadi laptop ini bisa dual boot. Saat awal dinyalakan ada opsi mau boot ke mana? Ubuntu atau Windows? Kalau saya sih jelas boot ke Ubuntu, hehehe…

Kesan saya tentang NVMe ini adalah luar biasa. Amat sangat jauh bedanya. Amat sangat terasa cepatnya. Untuk booting cukup beberapa detik saja. Dan Ubuntu jadi terasa gegas dan lag sangat singkat terasanya.

Laptop TUF Gaming FX505DD ini jadi terasa kencang sekali.

33 pemikiran pada “Upgrade Asus TUF FX505DD Tahap 1

  1. Bang , itu Tuffnya yg DD kan ? Katanya kalo pale Nvme pcie 3×4 kaya yg abang pake diatas tidak terbaca ??

    itu abang punya aman sudh berpa lama ?

  2. Bang ijin nanya, ada info laptop ini tidak cocok sama beberapa ssd. Kalau ssd adata xpg sx8200 pro bisa atau enggak ya bang?
    Makasih

  3. bang, kok ane abis masang nvme, gak kebaca ya di windowsnya?boleh minta pencerahannya salahnya dmana ato ada yg mesti di konfig dulu…

  4. bang bisa di info cara install lewat usb nya soal sy pake bia 505dd versi 308 menu csm nya tdk ada yang ada cuman menu secure boot disable aja , sudah restart tp csm nya nga ada

  5. udah selesai cloning ke ssd, tapi pas dibios opsi boot ssdnya gak terbaca. mohon solusinya bang, ana udah coba update bios masih gk bisa juga

  6. Sempet dapat info katanya ada masalah ssd nvme di ASUS TUF FX505. Untuk jajaran ASUS TUF FX505 HANYA support SSD Nvme m.2 PCIE 3.0 X2 ya? Minta informasinya dong, makasih

    • Bang minta link berita ttg jajaran ASUS TUF FX505 HANYA support SSD Nvme m.2 PCIE 3.0 X2 , jadi penasaran

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.