Membuat MXR Distortion Plus

Sangat penuh perjuangan saat daku membangun kloningan efek gitar MXR Distortion Plus. Dari hunting komponen, gagal saat menggunakan perf board, gagal saat menyablon PCB, sampai perburuan FeCl.

Namun perjuangan itu berakhir manis saat daku berhasil membuatnya. Terima kasih untuk Bro Yuswanto yang telah membantu menyablon PCB.

Yang polos bersama teman-temannya
Yang polos bersama teman-temannya

MXR Distortion Plus (clone) ini memang bersuara mantap. Tidak bakal kecewa deh kalau membuatnya sendiri. Selain modalnya relatif tidak besar, efek distorsi memang menu wajib gitaris, apalagi gitaris metal, kuti mesdu (baca: kudu mesti) memilikinya! Atau beli jadi saja? Hem… boleh juga lah, praktis, tapi butuh modal ekstra.

Sayangnya daku belum berhasil merekam suara efek via Digicam. Suaranya jadi terlalu cempreng saat direkam oleh Digicam. Padahal kalau didengarkan langsung dari ampli Fender Frontman 15G suaranya mantap banget. Kayaknya perlu pakai microphone yang bagus. Besok deh kucoba merekam pakai Nokia XM 5800. Sekarang daku mau santai dulu. Ciao…

Dalemannya
Dalemannya
Iklan

30 respons untuk ‘Membuat MXR Distortion Plus

  1. Yang keren Bang Emanuel! saya sudah lihat skema-nya tapi ada 2 komponen yang tidak ada keterangannya! yaitu (D1 dan D2) nama-nya apa? dan ukurannya berapa y? saya pengen banget punya drive gitar tapi harganya mahal!, kalu bikin sendiri saya ga paham betul! hanya bermodalkan nekat, uang yang gak banyak n nanya2 saja!, saya Mohon bantuannya sebelmnya terimakasih Bang

    • D1 & D2 bisa menggunakan diode tipe germanium. Bisa langsung ditanyakan serinya di toko elektronika.

      D1 & D2 bisa juga menggunakan LED merah. Cuma saya belum mencobanya dengan LED merah.

      Salam.

  2. bang! semua bahan sudah saya dapatkan, ternyata d daerah tempat saya tinggal cukup lengkap untuk komponen2nya, bahan memang sudah lengkap tapi bagai mana dengan pemasangan saklarnya abang pakai offerboard wiring yang mana?

    salam!

    • Sebelumnya saya pakai DPDT untuk bypass, namun tanpa LED indikator. Lebih asyik jika bisa pakai 3PDT sehingga kita bisa memasang LED indikator.

      Cara lain adalah dengan DPDT tapi ditambahi millenium bypass untuk LED indikator.

  3. bang Emanuel, saya sudah buat tapi baru di breadboard n suaranya kok jelek ya? trus klo volum yg d efeknya di gdein ada suara melengking.. toeeeeeet. gt. apa itu gagal? knp kyak gitu ya?

  4. Waktu saya coba cari resistor 1M dibilangin sama orang tokonya kalo Resistor 1M ga pernah ada… trus yg di skema resistor 1M itu nilainya berapa sebenarnya? mohon pencerahannya…..

  5. bang kok restan”y ada yg nothing
    maksud”y paan tu bang?
    pa bisa gak pake restan!
    ato bisa di kosong kan
    \plisssss bi balasssssss
    ya ommmm

  6. gan komponen p ja yg d gunakan n ukurany.
    Y klo agan mw ksih ilmu jg sma sya,
    Bsa j jelaskan scr dtail.
    Skalian sma gmbar PCBny

  7. mantab bang Emanuel,jadi semangat biki aku, aku juga dalam proses pembuatan tapi aku bikin yang seri DOD 250 Overdrive, clipping dioda nya aku makek yang 1N4148, itu apa memang dioda zener Bang? soalnya muter2 sekota ga ada yang germanium, dan kurang yang 500 rev. log pot. susah banget nyarinya, mau beli online g ngerti gtu2 an,hehe salam kenal Bang GBU

  8. wahh,,saya gagal 3 kali buat MXR distortion plus..OMM.masak qw buat gag bunyi bunyi wong qw sdah lihat di alamat tonepad !!!wahh payahh..tpi qw ttp semangat….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s