Nyobain Google Blockly

Sudah mencoba Google Blockly? Sungguh mengasyikkan jika bisa memprogram secara visual tanpa perlu mengetik. Ini bukan pemrograman visual loh, tapi memprogram secara visual. Artinya kita tidak perlu mengerti bahasa pemrograman karena untuk membuat program cukup merakit blok logika atau aksi yang telah tersedia. Kemudian kita mencoba menjalankan program kita untuk melihat apakah hasilnya sesuai keinginan kita atau tidak.

Daku sudah mencoba memecahkan sebuah maze yang menjadi contoh pertama pemrograman dengan blockly. Untuk memecahkan sebuah maze bisa menggunakan banyak alur logika. Kalau daku sih karena sudah tahu kalau jalannya harus menuju ke situ (end point) akhirnya ya blok logikanya daku atur untuk menuju titik tujuan. Artinya logika yang daku buat bukanlah logika yang cerdas, hehehe… Tapi paling tidak sudah cukup bisa mengetahui cara pemrograman dengan Blockly.

Di bawah ini adalah contoh logika-ku yang tidak cerdas karena program sudah tahu kalau tujuannya di situ, hehehe…

Mungkin nanti-nanti kalau ada waktu mau mencoba logika yang lebih cerdas yang bisa mendeteksi titik akhir secara otomatis. Anda mau coba juga? Asyik ya? Tambah asyik lagi blockly bisa menerjemahkan program kita ke javascript dan beberapa bahasa lain yang didukungnya. Coba deh penerjemahannya di Code yang bisa menerjemahkan Blockly ke JavaScript, Dart, Python, dan XML secara langsung.

3 pemikiran pada “Nyobain Google Blockly

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.