Belajar Desain 3D dengan Fusion 360

Ternyata sudah lebih dari 3 tahun saya mengidamkan sebuah printer 3D. Setiap kali klik tombol “Beli” kemudian saya berpikir jauh, setelah membeli lalu apa? Apa yang akan saya lakukan dengan printer 3D ini?

Jadi saya pun mulai untuk belajar mendesain 3D sebelum benar-benar membeli printer 3D. Saya tidak mau punya printer 3D tapi hanya digunakan untuk main-main mencetak desain orang lain. Saya harus bisa membuat desain sendiri, atau bahkan bisa membuat produk sendiri!

Dulu saya pernah mencoba desain dengan SketchUp dan meng-order panel untuk radio, namun hasilnya kurang memuaskan (Baca: Iseng Ngeprint 3D Untuk Eldario). Kemudian saya berpikir memang sebuah desain harus trial and error, coba dicetak untuk kemudian divalidasi apakah sesuai atau tidak.

Nah kali ini saya mencoba belajar Fusion 360 yang konon memang terkenal digunakan untuk mendesain 3D dengan tingkat presisi yang baik. Ternyata belajar Fusion 360 itu tidaklah sulit. Kalau sebelumnya pernah belajar SketchUp, maka belajar Fusion 360 itu tidaklah beda jauh.

Dan yang asyik dari Fusion 360 ini kita bisa me-render desain kita sehingga seperti sebuah benda nyata yang difoto. Saya belum explore lebih lanjut untuk render ini supaya bisa dapat foto yang bagus, baik dari segi pencahayaan, tekstur permukaan, mau pun environtment-nya (latar belakang, bayangan, dll).

Kemudian saya jadi berpikir, lebih baik memang bisa desain dulu baru kemudian benar-benar membeli printer 3D. Saya pikir ini langkah yang bijaksana. Akhirnya saya pun mengosongkan kembali keranjang belanja yang berisi printer 3D itu, hahaha…

Kedua foto di atas adalah screenshot tampilan Fusion 360 versi iPad. Nanti saya upload hasil render di posting terpisah.

Salam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.