Iseng Ngeprint 3D untuk Eldario

Tempo hari saya iseng belajar SketchUp untuk mendesain panel Eldario (Radio FM). Ternyata seru juga belajar SketchUp. Walau pun aslinya program ini untuk desain arsitektur dan interior, ternyata banyak juga yang memanfaatkannya untuk desain lain, termasuk di bidang elektronika.

screen-shot-2016-11-19-at-2-24-08-pm

Akhirnya saya pun memutuskan untuk memesan pencetakan 3D. Dari 3 vendor yang saya kontak, ada 1 vendor yang respon-nya tercepat dan harganya paling murah. Saya pun mencoba mengorder.

Ini dia desain aslinya tampak depan:

screen-shot-2016-11-19-at-10-09-41-am

Dan inilah hasil cetak 3D-nya:

Tampak belakang, ada tempat untuk baut speaker

Tampak belakang, ada tempat untuk baut speaker

Tampak depan kasar. Mungkin karena hanya pakai 400 micron?

Tampak depan kasar. Mungkin karena hanya pakai 400 micron?

Melihat bentuk fisiknya, hasil cetakan 3D ini kurang bagus dan sangat kasar. Mungkin karena tidak pakai setting yang terhalus?

Dari segi bahan rasanya tidak solid dan kurang kuat. Benar saja… saat memasang baut speaker, secara tidak sengaja tiang baut patah satu. Dan ketika saya coba patahkan yang lain ternyata mudah dipatahkan, hehehe… Mungkin ini karakteristiknya PLA ya? Mestinya pakai ABS kah?

Selain itu ukurannya meleset 1mm. Dari seharusnya 149 mm x 97 mm jadinya 148 mm x 96 mm. Vendor meminta maaf saat saya konfirmasikan hal ini. Efeknya panel ini tidak bisa dibaut langsung ke box, harus dipaksakan bautnya. Selain itu LCD jadi tidak bisa masuk. Terpaksa saya kikis lubangnya supaya LCD bisa masuk.

Tuhkan patah 1 slot baut-nya

Tuhkan patah 1 slot baut-nya

Permukaan depan tidak halus

Permukaan depan tidak halus

Melihat semua kekurangan ini, saya pun ambil jalan pintas supaya panel ini tetap bisa dipakai. Semua tiang baut saya patahkan dan saya bor lubang untuk baut speaker. Sejatinya saya salah ukur juga tiang baut ini dan hasilnya agak renggang sehingga tidak bisa memegang speaker dengan kencang. Jadi saya pun membuat lubang yang tepat untuk baut speaker.

dwo_0032

Akhirnya saya berhasil memasukkan bagian elektronik ke box dan memaksakan panel terpasang di box. Eldario bisa berfungsi dengan baik. Hanya saja saya lebih cocok suara dari speaker 4″ (baca: Simple Cardboard Radio). Namun karena keterbatasan dimensi box, maka yang bisa masuk speaker 3″. Speaker ini kurang nge-bass.

Sebenarnya saya masih penasaran dengan pencetakan 3D ini. Mungkin ke-2 vendor lain yang lebih mahal bisa mencetak lebih bagus, halus dan presisi? Ada keinginan beli printer 3D juga sih. Tapi kalau yang murah mungkin hasilnya tidak bagus ya? Sedangkan yang mahal kok tidak terjangkau. Hehehe…

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Personal dan tag , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Iseng Ngeprint 3D untuk Eldario

  1. AwaliTaufiqi berkata:

    Lanjutkan masss wehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s