Koder Code Editor

Saat dulu membeli iPad, saya cuma berpikir menggunakannya untuk konsumsi media (browsing, musik dan nonton film), sosial media, menggambar, nge-blog dan membuat lagu. Tapi rupanya jiwa coder saya lebih kuat dari pada itu semua. Sehingga akhirnya saya memutuskan membeli keyboard bluetooth Logitech K380 dan menjadikan iPad saya sebagai mesin untuk coding/pemrograman. Saya ingin menggunakan iPad sebagai mesin alternatif dari MacBook Pro dan Asus saya untuk pemrograman.

Mengapa? Karena iPad ini sangat ringkas dan ringan. Walau pun demikian, iPad dengan iOS-nya cukup gegas. Saya lebih suka membawa iPad ketika bepergian dibandingkan jika membawa MBP/Asus yang berat yang memerlukan backpack besar. Apalagi jika harus ke luar kota naik pesawat, mending backpack digunakan untuk membawa baju ditambah tas kecil untuk iPad dan keyboard.

Bisakah?

Ternyata bisa, Teman-teman! Tentu dengan beberapa catatan. Kalau digunakan untuk memprogram aplikasi berbasis web tentu saja bisa. Tapi kalau untuk memprogram aplikasi desktop atau mobile app (Android atau iOS) tentu tidak bisa. Dan saya yang sebagian besar menghabiskan waktu untuk membuat aplikasi berbasis web tentu bisa menggunakan iPad sebagai perangkat alternatif untuk pemrograman. Sedangkan jika harus memprogram iOS/Android terpaksa balik dulu ke MacBook Pro atau pun Asus, hehehe…

Syarat mempergunakan iPad untuk mesin coding ada 2, yaitu Editor yang mumpuni dan Server Web. Kalau Server Web kebetulan banyak tersedia, jadi bukan masalah bagi saya. Yang jadi masalah adalah mencari editor yang cukup mumpuni. Setelah mencari ke sana ke mari, akhirnya saya menemukan Koder Code Editor. Koder ini tertulis App Store dibuat oleh Reny Mustika. Apakah Reny Mustika ini orang Indonesia? Yang jelas aplikasi ini sangat bagus. Selain itu bisa digunakan untuk mengedit file secara remote dengan protokol FTP atau sFTP (FTP over SSH). Dan tidak masalah jika server Anda menggunakan port SSH yang tidak standard, karena Koder bisa menggunakan port sesuai setup server Anda.

Yang lebih asyik adalah karena aplikasi ini gratis. Sangat menyenangkan menemukan aplikasi yang bagus dan gratis. Saya memang suka yang gratisan. Anda juga kan? Hehehe…

Terima kasih Reny Mustika yang telah mempublikasikan aplikasi keren dan gratis ini. Sementara ini saya dapat menikmatinya untuk memprogram di iPad.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.