Sisfo Kampus di Bali

Menjadi anggota tim Sisfo Kampus memang asyik, tugasnya jalan-jalan melulu. Kali ini kami mendapatkan tugas ke Bali dari tanggal 2-5 Maret 2009 dalam rangka workshop Sisfo Kampus OSS di STIKES Wira Medika, Denpasar Bali. Workshop ini dihadiri 40an peserta dari 3 perguruan tinggi kesehatan, yaitu dari Jombang, Jogjakarta dan dari Bali sendiri.

Asyik? Jelas dong. Memang sih jalan-jalannya kurang maksimal karena pekerjaan yang cukup padat. Tapi secara keseluruhan kami menikmati suasana Bali.

Bermula ketika Senin (02/03/09) kami berangkat ke Bali dengan penerbangan Mandala. Ini pertama kalinya daku naik pesawat Airbus A380 (kalau tidak salah). Karena pesawatnya relatif masih baru, suasananya masih nyaman. Tidak terlalu berisik dan acara tinggal landas & mendarat relatif lembut. Sayangnya Mandala (seperti halnya Lion) tidak memberikan makan siang atau snack. Hiks…

Sebelum memulai semua pekerjaan di Bali, Bune dan tim menyempatkan diri berkunjung ke kantor Dikti sorenya. Sehabis itu mereka menyempatkan belanja sebentar. Sedangkan diriku lebih memilih beristirahat di hotel. Tidur pulas-las-las.

Agenda pertama di Bali adalah instalasi Sisfo Kampus versi 4. Ya, Sisfo Kampus versi 4 yang belum dirilis secara resmi ini memang sudah dipakai di beberapa perguruan tinggi. Dan kali ini group STIKES menambahkan deretan pengguna Sisfo Kampus versi 4 melengkapi 5 perguruan tinggi yang sebelumnya telah mendahului menggunakan versi 4 ini.

Instalasi Sisfo Kampus ini dilakukan malam hari setelah makan malam di Ayam Kalasan. Saya lupa nama daerah tempat makan kami ini. Tapi yang jelas ayamnya maknyos. Memang sih ini bukan makanan asli Bali, secara “Kalasan” gitu.

Instalasi memang terpaksa dilakukan malam hari karena kami harus menunggu server blade tiba dari Jombang. Sedangkan tim Jombang agak terlambat datangnya. Syukurlah instalasi dapat dilakukan dengan cepat. Cuma ngobrolnya yang lama. Hehehe…

Hari Pertama Workshop

Esoknya (03/03/09) kami membawakan workshop Sisfo Kampus hari pertama. Sayangnya acara workshop agak terlambat. Rupanya ada peserta yang terhambat di perjalanan menuju ke Bali.

Setelah pembukaan dari Pak Agus (ketua STIKES Wira Medika), saya membawakan materi sesi pertama, yaitu “Pengantar Sisfo Kampus.” Dalam sesi ini saya menambahkan materi sisipan, yaitu “Keamanan Sistem.” Materi ini sangat perlu karena keamanan sistem itu merupakan tanggung jawab bersama pengguna sistem. Artinya semua yang terlibat harus ikut menjaganya. Materi Keamanan Sistem ini memang tidak terlalu teknis supaya bisa lebih dimengerti oleh awam. Lagi pula saya memang bukan ahlinya di bidang tersebut.

Setelah itu sesi 2 dan 3 diisi Bune yang membawakan materi “Setup Master dan Parameter” dan “Setup Keuangan.” Hari yang cukup melelahkan itu kami tutup dengan baik.

Malamnya kami makan di Tepian Pantai Lebih, Bali. Asyik? Jelas dong. Rasanya maknyos banget. Sayang kami tidak bisa menikmati pemandangan laut karena gelap. Ya iyalah, kan sudah malam. Sebagai catatan, di daerah ini banyak sekali anjing alias guk-guk. Jadi kalau pembaca ada fobia terhadap guk-guk, sebaiknya tidak mengunjungi tempat ini. Sebenarnya guk-guknya tidak apa-apa kok. Tidak menakutkan juga. Tapi memang ada peserta yang ikut ke sini sangat takut sama guk-guk.

Hari Kedua Workshop

Hari kedua masih terlambat. Masih di seputar transportasi, kali ini karena masalah penjemputan para peserta training. Sayangnya pagi itu ada insiden tidak populer, yaitu dengan disengatnya alisku oleh tawon nakal.

Hari kedua ini dibawakan seluruhnya oleh Bune. Hebat juga stamina Bune. Sesi yang dibawakan adalah “Penerimaan Mahasiswa Baru”, “Modul Akademik”, “Pengelolaan Tugas Akhir, Wisuda dan Alumni.”

Yang tidak kalah asyik adalah karena kegiatan workshop kami ini diliput oleh Bali TV. Sayangnya daku tidak sempat menontonnya. Hiks… Tapi kata rekan-rekan di Bali yang menontonnya bagus kok. Halah…

Sorenya tim Sisfo dibagi 2. Tim pertama, yaitu saya dan Bune meeting dengan dosen-dosen STIKES Wira Medika mengenai e-Learning dan Tim kedua acara bebas, alias jalan-jalan dan belanja.

Kemudian malamnya kami ngumpul kembali di hotel untuk makan malam. Rupanya makan malam di hotel tidak kalah enak. Entah mungkin karena lapar sehingga makanannya terasa enak? Pokoknya hajar terus…

Hari Ketiga Workshop

Hari ketiga ini adalah acara pamungkas workshop Sisfo Kampus. Waktunya pun serba mepet karena kami harus mengejar penerbangan Mandala jam 12:35.

Acara diisi dengan paparan dari Pak Sofian mengenai Rencana Strategis Penerapan Sistem Informasi (judul lengkapnya lupa). Setelah itu diisi dengan evaluasi dan tanya jawab. Banyak hal menarik yang bisa kami gali dari diskusi ini. Mungkin kalau sempat akan saya tulis dalam tulisan terpisah.

Setelah itu kami harus ngebut ke bandara Ngurah Rai. Sayangnya ada kesalahpahaman dengan sopir sehingga kami tidak langsung diantarkan ke bandara. Akhirnya kami ketinggalan pesawat. Hiks…

Penutup

Itulah dinamika menjadi anggota Tim Sisfo Kampus. Harus mau sering kemana-mana. Tapi itu bukanlah hal yang buruk, malahan suatu hal yang sangat bagus karena dengan demikian kami jadi lebih mengenal nusantara. Kami jadi lebih bisa mengagumi keindahan alam dan keanekaragaman budaya nusantara. Bukankah ada pepatah mengatakan kalau “tak kenal maka tak sayang”? Kami mengenal nusantara dengan mengunjunginya, bukan sekedar dari text book. Dan akhirnya rasa sayang kami pada nusantara semakin kental.

Jayalah nusantara.

5 pemikiran pada “Sisfo Kampus di Bali

1. hai aku sa…. aku mau minta bantuan ama klian, gini aku kan mau kuliah di bali tp masalahnya aku blm pernah ke bali, kira2 kos2san di bali itu mahal ngak dan kampus apa yg bgs di sana dan dekat dgn denpasar alias pantai kuta

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.