YMKI Said: Terima Kasih Honda

Artikel ini sebagai tanggapan untuk artikel “AHM Said: Terima Kasih Yamaha” yang ditulis oleh Bro Girifumi

Kita tentu masih ingat ketika minggu lalu AHM menurunkan harga motor baru andalannya, yaitu Honda New Supra X125 yang penurunannya berkisar 500 ribu sampai 1 juta rupiah dari versi lawasnya. Bro Girifumi menulis bahwa:

Pencinta motor terutama Honda berterima kasihlah kepada Yamaha. Alasannya? Pabrikan yang dikenal nomer dua setelah Honda ini membuat gebrakan demi gebrakan yang memaksa Honda melakukan apapun untuk menjadi market leader kembali.

Maka saya menulis bahwa langkah AHM ini adalah blunder dan terkesan panik. Saya sendiri pernah menuliskan artikel khusus mengenainya, yaitu: “Honda (AHM) Ketahuan Bohongnya”

Ya, saya menilai langkah yang diambil AHM dengan menurunkan harga dari jajaran produk unggulannya merupakan langkah blunder yang dihasilkan oleh langkah panik karena tren penjualan motornya disalip oleh rival terberatnya, yaitu Yamaha.

Mengenai kerugian dari panic strategy yang dianut AHM ini telah saya bahas di artikel saya yang lalu dan ini mengakibatkan kerugian di ketiga belah pihak, yaitu AHM selaku produsen, masyarakat pengguna Honda dan masyarakat umum.

1) AHM Rugi
Ya, AHM akan rugi sendiri dengan hancurnya kepercayaan masyarakat terhadap produk-produknya. Image Honda AHM akan luruh karena ketidakpastian strategi AHM. Bukannya meningkatkan image/brand Honda yang sudah terlanjur turun malah membuat blunder. Bukannya tidak mungkin jika langkah ini membuat masyarakat menjadi antipati terhadap merek Honda.

2) Pengguna Honda Rugi
Pemilik Honda sebelumnya sangat dirugikan dengan turunnya harga motor Honda. Kalau sebelumnya harga bekas motor Honda sudah lebih rendah dibandingkan motor bekas Yamaha, maka kini harga motor Honda bakal lebih terpuruk lagi akibat turunnya harga motor baru Honda. Ibaratnya sudah jatuh tertimpa tangga. Rugi 2 kali, sakitnya 2 kali. Semoga tidak sampai 3 kali.

3) Masyarakat Umum Semakin Tahu
Masyarakat umum yang bukan pemilik Honda mungkin akan senang dengan penurunan harga motor Honda. Tetapi penurunan harga motor Honda ini sekedar menyetarakan dengan harga motor Yamaha, rivalnya. Dan belum lebih murah dari Yamaha. Ini artinya masyarakat umum menjadi tahu bahwa mereka dibohongi oleh AHM, mengapa harus menjual produk dengan harga yang terlalu mahal jika ada produsen lain yang dapat membuat produk dengan teknologi lebih tinggi tetapi lebih murah?

Kesimpulan

Sudah selayaknya jika YMKI selaku produsen Yamaha berterima kasih kepada AHM atas strategi bodoh AHM. Yamaha akan menarik keuntungan yang lebih besar dari langkah mundur AHM ini, yaitu:

  1. Brand Yamaha Meningkat
    Brand/image Yamaha akan diakui sebagai brand yang konsisten, jujur (dalam hal harga) dan inovatif. Intinya motor Yamaha lebih baik dari pada Honda. Buktinya Bro Girifumi menuliskan langkah terpaksa AHM dalam menurunkan harga sebagai counterstrike atas gebrakan-gebrakan Yamaha.
  2. Masyarakat Lebih Percaya Motor Yamaha
    Kadang kala masyarakat ingin aman dengan membeli motor yang memiliki nilai yang tertinggi (terbaik). Nilai tertinggi di sini bisa berarti: nilai investasi, nilai teknologi, nilai kegunaan, nilai ekonomi, nilai kepercayaan dan nilai-nilai yang lain. Dan Yamaha secara konsisten bisa menjaga semua nilai-nilai ini dengan baik, bahkan semakin meningkatkannya.
  3. Pengguna Yamaha Aman
    Dengan nilai yang lebih besar dari pada yang dibayarkan oleh pembelinya, pengguna motor Yamaha akan lebih merasa aman. Selain memiliki kebanggaan tersendiri memiliki motor Yamaha, pengguna juga akan merasa aman ketika dalam keadaan terpaksa harus menjual motornya. Nilai jual kembalinya lebih baik dari pada Honda. Bahkan akan lebih baik lagi.

Imbas positif bagi YMKI, yaitu motor Yamaha bakal lebih laris lagi. Sekali lagi, YMKI harus berterima kasih pada langkah blunder AHM!

97 pemikiran pada “YMKI Said: Terima Kasih Honda

  1. Yah… Kalo gw sih liat aja 20 tahun lagi… Mana yang paling untung terhadap langkah “nekat” AHM ini…

    YKMI or AHM… Kalo gw sih pilih………………………….. IU aja… 😀

    Masih pada main bebek sih… Moga2 saat itu udah bisa beli MoGe.. Aminnnnnnnnn…

    • Bukan masalah kelas bebeknya mas bro….efek untuk semua produk motor Honda, ente ga usah repot2 beli motor moge, Yamaha Indonesia udah produksi motor mogenya…R6, R1, TMAX, VMAX….makanya jangan heran motor yamaha paling berkelas…YAMAHA SEMAKIN DIDEPAN

  2. @ Bro Fadli Reza (#1),

    Thanks, Bro.
    Jangan bilang AHM kalau karena artikel ini Anda jadi mengurungkan niat beli motor Honda ya? Hehehe…
    ~~~

    @ Bro INDOBIKERS,

    Iya betul 😀
    Saya menuliskan lebih detail dengan sudut pandang yang berbeda.
    ~~~

    @ Bro Wyren,

    Hmmm… 20 tahun lagi ya?
    Ada yang bisa meramal?
    ~~~

    @ Bro 1ndra,

    Hehehe… bangun sendiri tidur sendiri 😀
    ~~~

    @ Bro Mr Ieus,

    Asal jangan sampai di-PHK saja.
    ~~~

    @ Bro 1ndra,

    Iya, semoga tidak ada PHK massal.
    ~~~

    @ Bro Mbelgedez,

    Wadow… artikel yang provokatif.

    Salam.

  3. bombastis banget kayak isi koran kuning.

    ndak tuh, ente boleh cari data dan buat studi ttg banting harga dgn kesetiaan konsumen.

    korelasi turun harga dgn konsumen pindah merk laen adalah negatif.

    artinya
    konsumen lama biasanya malahan upgrade ke barang baru.

    konsumen baru yg dulunya tidak mampu beli, akhirnya bisa menjatuhkan pilihan paad merk fave.

    adik yg baek,
    ndak usah tunggu 20thn,
    lihat aja akhir tahun 2007 dan 2008 siapa yg terdepan, lihat bedanya apkah makin signifikan atawa enggak.

  4. @ Bro Bhell,

    Hehehe… Yoi.
    ~~~

    @ Bro Honda Bebek,

    bombastis banget kayak isi koran kuning.

    Hehehe… koran kuning tuh laku juga loh!

    konsumen lama biasanya malahan upgrade ke barang baru.

    Bisa juga sih. Tapi kan berarti harus jual motor lamanya dulu yg harga 2nd-nya porak poranda.

    konsumen baru yg dulunya tidak mampu beli, akhirnya bisa menjatuhkan pilihan paad merk fave.

    Bisa juga. Terutama calon pembeli yang masih awam, muda alias cupu.

    lihat aja akhir tahun 2007 dan 2008 siapa yg terdepan, lihat bedanya apkah makin signifikan atawa enggak.

    Mari kita amati perkembangan selanjutnya.

    Salam.

  5. untuk tahun ini susah yamaha ngalahin honda dalam hal penjualan, karena kapasitas produksinya terbatas.

    kalo honda sih bikin sebanyak2nya trus timbun di dealer. laku gak laku, yg penting data statistik bakal nunjukin honda tetap paling laku 😀

    kira2 supra x 125 lama yg belom laku turun berapa duit ya ? 😀

  6. hehehehehe….. AHM mungkin emank Panic trus turunin semua harganya….., tapi ini pasti juga akan membuat YMKI juga panik, bayangin JupieZ yg ga ada apa2-nya harganya berimbang ama new shogun RR yg udah double cakram??? apa ga kemahalan??? … pokoknya kita pilih motor yg valuenya baguslah macam suzuki ama bentar lagi ‘TVS’

  7. @ Bro Yana,

    kira2 supra x 125 lama yg belom laku turun berapa duit ya ? 😀

    Pasti nge-drop juga harganya. Bahkan lebih murah lagi. Bisanya sih dealer memberikan diskon atau hadiah/bonus yang banyak dan menggiurkan sehingga stok lama bisa segera laku.
    ~~~

    @ Bro Kecret,
    Belum ada tanda-tanda Yamaha turun harga. Mungkin di dealer akan ada diskon gede-gedean, tapi price-list tidak turun.

    TVS? Wah, menilik Bajaj yang masih terseok-seok, kayaknya TVS butuh waktu agak lama untuk bisa merebut pangsa pasar di Indonesia.

    Salam.

  8. kalo ukurannya indonesia, nama bajaj jelas belom terdengar. kalo di DKI mungkin bajaj udah mulai diperhitungkan. ini bisa dilihat dari semakin sedikitnya papan pengumuman yg berbunyi “bajaj dilarang masuk” 😀

  9. Mestinya AHM ndak usah menurunkan harga tp memasarkan produk baru yang sejenis dengan teknologi terbaru dengan harga sedikit diatas produk lama, sehingga pengguna lama tidak merasa dirugikan, image tetap bertahan sekaligus untuk mendongkrak penjualan.

    Misal AHM mau memproduksi bebek 4 tak 125 cc dengan mesin & teknologi baru tapi harga hanya sedikit diatas bebek 125 lama bisa jadi yamaha kembali sekedar no. 2.

    Salam.

  10. Kalau melihat strategi yamaha emang hebat bisa kalahin AHM yang dari dulu naik daun mulu tp skrng malah turun. Gw salut ma yamaha semakin di depan hehehe…

  11. betul..motor honda cuma buat bokap2 aja.. tidak mencerminkan anak muda.. gw m bokap gw dari dulu jarang beli honda..Eh sekalinya beli honda nyesel..gembor2in motornya irit,tapi nyatanya nothing sama aja kayak yang laen..udah gitu gak ada inovasinya..

  12. gw stuju ma bro ahriel,mank bnr AHM gmbor2in mtrx irit..pdhl sm borozx,bhkan bs lbh boroz..uda gt mana tarikan motor bebek produk AHM memble..weEeeQq..
    mendingan yamaha hargax murah,tarikan yahud,model mentereng,uda gt tkhnologix slangkah ddpn..betul ga bro?

  13. Satu poin: yang nulis artikel ini sok tahu. Panik dengan kebijakan penurunan harga dari AHM, makanya bikin artikel seperti ini.

  14. @ Dear En1gma,

    Hehehe… Anda baru tahu kalau saya itu sok tahu ya? Hehehe… telat atuh. Yang jelas, saya tidak ada kepentingan yang berkaitan dengan penurunan harga dari AHM sehingga saya tidak perlu panik dengan penurunan ini.

    Salam.

  15. @ en1gma,
    Gw salut banget ama pemikiran you.
    Emang.. orang yang fanatik terhadap suatu produk gak pernah baik sangka pada saingannya.

  16. AISI said :
    merk Honda still numero Uno dari tahun ke tahun,
    hanya pernah tertekan dalam selang satu bulan penjualan.

    kacian dech…YMKI maksa-maksain pengin diakuin nomor satu, jalanya masih panjang la..yau.

    itupun AHM baru nerapin strategi setengah hati lawan pesaingnya, coba kalo sdh head to head. bisa terjadi unjuk rasa tuh di pulogadung, karena stok produksi bejibun kaya scorpio z…

    itu lebih bagus menurut saya, akhirnya yamaha japan sadar mendingan di indonesia hanya bikin produksi electone.

    dan yang ini gua suka yamaha musik indonesia.

  17. Yang saya maksudkan dengan Anda sok tahu adalah bahwa alasan-alasan yang diajukan cuma berupa asumsi. Yang kedua, kesimpulan Anda tidak ada hubungannya dengan poin-poin sebelumnya.

    Yang saya heran, lha wong tulisan kayak gini aja kok pake promosi di kafemotor.

  18. @ Dear En1gma (yang sedang sirik),

    Saya tidak promosi ke kafemotor kok. Setelah saya cek, rupanya yang promosi tulisan ini di sana bukan saya. Coba deh Anda cek sendiri di kafemotor.

    Salam.

  19. yah tulisannya ngasal..
    giliran kemahalan protes, eh..dimurahin protes juga..
    maunya apa dong..ahm berarti dan mulai mengerti keinginan konsumen…
    biar harga honda naik lagi gw jg tetep beli honda, ngapain pilih yang lain….gw sih gak papa bia honda naikin harga lagi,…gw banyak duit kok..gw sanggup belinya, yang penting gw puas makenya..

  20. Gw bingung, di semua blog pd ribut fans Yamaha vs Honda. Apa untungnya sih? Anda dikasi motor gratis? Gak juga. Dikasi bensin gratis seumur hidup? Boro2. Dikasi sukucadang & servis gratis tujuh turunan? Jauh bangettt.. Yg jelas, biarkan yg di atas (baca: ATPM/produsen) bertarung. Kita sbg konsumen buat apa rame.. Toh kg ada untungnya? Emg blog2 anda pernah diselipkan dlm promo2 produk baik AHM maupin YMKI. So be realitis deh, fanantik bole, tp gak perlu sodok2an, sikut2an, smpe jitak2an. Kalo bole buka mata buka telinga, di dunia Honda adl no.1 baik inovasi, teknologi & performa. Dari segi mesin di MotoGp aja, yamaha masih pake segaris 4 silinder, yg mgkn krg kompetitif. Pd awal masuk GP 4-tak pun M1 nya msh pk karbu (karbu buat GP??? auu akhhh elappp…). Yg jelas utk 2008 pun Rossi udh ultimatum utk Yamaha agr meningkatkan performa mesinnya (baca–> http://detiksport.com/motogp/index.php/home.read/tahun/2007/bulan/10/tgl/04/time/052610/idnews/837595/idkanal/81)
    Yamaha bisa naik daun krn Rossi. Camkan, krn ROSSI. Coba anda2 yg terhormat kilas balik waktu Rossi pake Honda, adakah yg mendewa2kan Yamaha? Saya rasa nggk. Jadi spirit Rossi terbawa ke produk Yamaha. Kita liat aja nanti klo Rossi gak di Yamaha lagi (kontrak terakhir 2008), apa yg akan terjadi dgn Yamaha di Motogp dan Yamaha di Indo.

  21. Knp produk AHM agak ketinggalan jaman? Menurut pribadi gw nih:
    1. Krn AHM msh berpatokan pd prinsipilnya di Honda Jepang sono. Jadi kalo mau ngeluncurin produk baru, kudu dpt acc dr Jepang. Ini berlaku utk YMKI dan IMNI. Dan taulah org Jepang sgt ketat, jd gak gmpng buat produk baru. Bukan kyk org sini, mau acc, selipin duit 100ribuan di amplop juga turun acc nya.
    2. Krn ATPM di Indo msh tukang rakit mesin aja. Masih ada bbrp komponen mesin diimpor dr Jepang. Dan desain mesin pun dr sono. R&D blm ada di sini.
    3. Krn AHM berpatokan ketersediaan sukucadang. Kalo berandai2 setiap AHM keluarin motor dgn mesin baru, bygkan dgn sukucadangnya? Pasti produk yg lama pun akan sulit sukucadangnya. Contoh Shogun 110 yg agk relatif sulit sukucadangnya.

    Menurut gw, pertarungan besar akan terjadi di 2008, dimana AHM berencana keluarin setidak2nya 5 produk baru. Mgkn manajemen AHM berhasil membuka mata & telinga para prinsipil Honda Jepang utk me’revo’ semua lini produk AHM di 2008. Smpe saat ini, Yamaha blm ada plan dgn produk baru. Di Yamaha Thai cuma nongkrong Spark135 injeksi (Jupi MX), X135r (Jupi MX model Arashi), Fino (Mio retro), Spark X (Jupi-Z). Blm ada produk baru.

    Justru AHM lebih beda dgn ATPM lain (YMKI & IMNI), coba liat produk Supra X barunya. Gak ada di Thai sana. Berarti R&D sini ada sumbangsihnya (sedikit). Beda dgn YMKI & IMNI, yg jelas2 produk MX nya sama persis dgn sana (beda striping), produk Shogun 125 baru pun sama persis dgn sana. YMKI & IMNI hanya main warna & strping.

    So be realistis, gak guna fight Yamaha vs Honda. Justru kita sbg konsumen yg diuntungkan dgn pertarungan mrk. Jadi mrk berkompetisi utk ngeluarin produk terbaik, nah kita ygnikmati produk2 mrk. Gitu aja kok repottt toh mas mas… 🙂

  22. Yamaha vs Honda sperti (di dunia IT) AMD vs Intel, dimana AMD berhasil menghajar Intel Pentium 4 dgn Athlon XPnya. Namun skrg, Intel kembali menggebuk AMD dgn Core 2 Duo nya. Mirip jg dgn (dunia hape) Sony Ericsson vs Nokia, dimana W800/K750 yg legendaris sempat menyikut produk2 Nokia, namun digeser lagi oleh Nokia N73, N95, dsb.

    So bro2 perhatikan, di dunia ini memang selalu penuh persaingan yg sgt ketat. Antara brand no 1 dgn brand 2. Adakalanya brand no.1 tergeser brand no.2 krn terlalu anteng di atas (lupa diri), tp brand no.1 tdk pernah mau merelakan takhtanya shg inovasi&teknologi pun dikeluarkan utk kembali memposisikan sbg brand no.1

    So dont fight. Damai aja. Pissss 🙂

  23. mas udah baca buku panduan mingguan anda belum?

    itu tug tabloid otomotif

    diberitakan di tabloid otomotif,29/10/2007 harga supra x125 yg model lama /bekas sama sekali tidak terpengaruh harag jualnya tetep mantap saja.

    ayo mau ngomong apa lagi ????

    kalo anda masih punya kemaluan, cepet akui kesalahan dan buat permintaan maaf kesemua blog ttg artikelmu yg ngawur dan penug suta dan fiotnah tsbt.

    ditunggu realisainya!!!!!!!!!!!

  24. @ Dear Honda Bebek (#41),

    Wakakaka…
    Kenapa tidak Anda saja yang menulis artikel tersebut?
    BTW, bukankah penurunan harganya dari harga baru sangat drop? Itulah yang dimaksud harganya jatuh. Lagi pula tulisan baru “Otomotif” tersebut bertentangan dengan artikel sebelumnya yang menuliskan harga Supra X125 di bawah dari harga yang tercantum di artikel baru tersebut.

    Mungkinkah ada perbaikan nilai jualnya? Saya tidak tahu. Mungkin Anda harus menulis artikel untuk menyelidiki hal tersebut.

    Salam.

  25. Maaf saya baru dalam masalah kayak ginian tapi… ,o ikutan ah.. boleh khan, Bung Dewo.
    @ iskandar,
    -Saya gak setuju pendapat anda.., Kalo Consumer tuh.. ngga ada hubungannya dengan Produsen dalam masalah perang brand (Brand War)ini…,

    Karena walaupun sekarang harga Honda turun itu juga bukan karena semata2 kalah angka produksi…
    Itu juga dari suara2 kita-kita ini.., baik Today Consumer (Yg dah beli) dan Future Consumer (Yg masih mikir buat beli).. seandainya tidak ada polemik yang dibuat oleh Honda lover dan non Honda lover pastinya harga Honda akan stay di titik itu..

    Jadi semua kejadian itu ada sebabnya…
    Ingat saja hukum ekonomi untuk supply and demand

    Untuk masalah AHM dan prinsipilnya saya gak tahu persis tapi kalau tidak salah bukannya Honda Motor kemarin2 mau di ambil alih langsung ama HONDA motor Jepang.. “kayak TOYOTA gitu..” tapi si Astranya yg nolak jual sahamnya..

    Akhir Kata :
    Met Berperang.. “Keuntungannya buat kita2 juga kok”
    Piss

  26. bener ya….gw punya suprax 125 thn 2006 eh…harga jualnya di bandung malah sama dengan mio 2006 yg harga barunya jelas jauh di bawah honda….cape dech….kecewa berat bro….

  27. Seberapa besar sech kontribusibuat kita dari teknologi “canggih” di motor kita??
    Motor-ya motor, kalo panas ya kepanasan, hujan ya kehujanan.
    Canggih = simpel

    Sekian omong kosong saya.

  28. Kalo yamaha Laku juga…keuntungannya kagak di bagiin ke elo..he..he..KASIHAN VALENTINO ROSSI..PRESTASI JEBLOK GARA 2X PAKE YAMAHA…MEREK DODOL….ELO PADE JGN JADI KORBAN IKLAN…PISS SKYWAVE JAKARTA NIGHT RIDERS

  29. Emang seh kalo kita liat kadang harga gak sebanding dengan teknologi yang kita dapat, sama seperti nokia yang pelit teknolgi.
    Mudah2an aja Honda turun harga gak beserta turun kualitas deh jadi harga pantas dengan motornya.
    CU

  30. KASIHAN VALENTINO ROSSI..PRESTASI JEBLOK
    KASIHAN VALENTINO ROSSI..PRESTASI JEBLOK
    KASIHAN VALENTINO ROSSI..PRESTASI JEBLOK
    KASIHAN VALENTINO ROSSI..PRESTASI JEBLOK
    KASIHAN VALENTINO ROSSI..PRESTASI JEBLOK
    KASIHAN VALENTINO ROSSI..PRESTASI JEBLOK
    …..

  31. numpang lewat:
    kalu membaca blog ini, jelas si dewo itu ymh minded, gak usah pusing lahhh. wajar di dunia ini ada yg “minded” gitu.
    cuma saran gw buat pengunjung gak usahlah emosional, buat pemilik blog hati-hati sama “minded” lu itu.
    gw gak tau ya seandainya kesalahan atau kegoblokan dibuat sama ymh apa si dewo ini mau koment dan bikin tulisan ttg ymh.
    kalu gak bikin juga berarti emang kemampuan nulisnya cuma buat menilai Honda doang. Baik juga ya dia. Baik dong…..(supaya di Dewo seneng).

  32. iya honda memang dari dulu merajai pasar sepeda motor.tpi skrng lihat bagaimana yamaha telah mnjadi rivalnya.tahun ini yamaha akan menggeser honda . hidup YAMAHA.

  33. halo.. salam kenal semuanya..

    semua orang pasti punya minded masing-masing tentang produk unggulannya, dan pasti semua di latar belakangi pengalaman.. (ya jelas lah..)
    thats good, kita konsumen punya peran besar di perkembangan motor indonesia. aku ngga setuju aja sama orang yang ngga peduli sama esensi nya sebagai seorang konsumen.. “emang dikasih uang berapa lah,..emang dapat apa lah..” itu kurang baik.
    hargailah diri kita sebagai konsumen, kita lah yang sebenarnya penentu dari pertarungan mereka. kita sumber pertarungan mereka, dan kita objek pertarungan mereka..

    sekian dulu oceh-oceh saya..
    410FIF

  34. gua cuma bilang ” PIKIRKAN-KAH…..????” Satu tujuan gua pengen cepet beli motor, gak enak jalan kaki trus.

  35. AGHHH…DASAR “DEWO” ANJING

    GW UDAH PNGEN MUNTAH NGEDENGER LOE NGEBACOT TRUS………………………….DASAR DEWO ANJING…TAI…DASAR SAMPAH YG SO TAU……………..ANJING BGT LOE

  36. Hi. P kbr?. Teknologi yang ditawarkan oleh Yamaha memang bagus. Tapi mengapa tidak diimbangi oleh spare part untuk motor tersebut. Janggal sekali. Contoh : Scorpio Z yang lahir 4 tahun lalu masih sangat sulit untuk mendapatkan sparepart, Ex : filter bensin. Saya punya Vixion sdh 3 bln, kini mengalami masalah di bagian KOPLING, yaitu untuk menurunkan gear saja sulit apalagi memposisikan Neutral (Sulit Sekali). Yang saya tahu sudah 3 motor Yamaha Vixion yang mengalaminya. Jika anda komplain ke dealer Yamaha tuh motor nginep bs sampai 1 bln (paling cepat).

    V-ixion bosss…. Namanya promosi bs saja dibuat lebih baik. Tapi service adalah BUKTI nyata kepedulian produsen terhadap konsumen. Tolong ditanggapi secara menyeluruh dan cepat atau konsumen akan kecewa. Atau YMKI harus melakukan RECALL terhadap semua Yamaha Vixion yang sudah terjual di Tanah Air. Terima kasih atas Perhatiannya.

  37. Kok sepi pengunjung neeh……………
    2008-2009 ini baru seru persaingan mongtor produksi LOKAL.
    Yang satu bilang SEMAKIN DIDEPAN, NGGAK BISA NGIKUTIN, BEBEK CANGGIH DSB.
    Kemudian satunya lagi bilang REVO YOUR STYLE, MANA REVO LOE dan mungkin sebentar lagi REVO YOUR SPEED dst.
    Kita lihat dampak semua ini terhadap penjualan produknya.
    Selamat baku hantam, akhirnya nanti akan ketahuan siapa yang unggul atau semakin didepan terus.

  38. Pada ribut terus menangin masing2 motor mendingan terjun langsung balapan di sentul sama motor gw JUPITER MX ber CC 215 (udah gw korek abis) kalo siap taruhan pndah agama sama gue wakakakaak. Hdup YAMAHA

  39. Semua merk motor bisa bagus & awet tergantung gimana cara kita pake & merawatnya, mau honda, yamaha, suzuki, kawasaki, bajaj or whatever lah ga masalah, yang penting rawat tuch motor2 loe semua supaya tetep bisa dukung keperluan kita sehari hari tanpa rewel minta dibetulin terus, jaman gini mending adu irit karena minyak makin tipis cadangannya, lingkungan juga musti kita jaga lho, itu kalo loe2 semua masih pengen hidup diatas bumi ini, pindah ke planet lain bukan solusi. Bye….

  40. gw bilang mending suprax-125 yg new daripada honda yg baru CS-1, tampangnya culun abis, heran gw, dibilang model ayam bangkok bukan, model bebek bukan, mana mesin adaptasi dari sonic 125 lagi, alaaaaaa, sama aja ganto bodi lagi tapi mesin [pake yang lama. bener2 honda ini.

    modelnya katyak badak campur alien (badak ygh ditengah itu, alien itu yg lampu depannya) kayak org bongkok. jelek amat klo menurut gw pribadi.

    harga 16,9 jt, gilaaaaa lebih mahal dari FU dong? cc cuman 125 SHOC lagi!!!! ga salah tuh honda??????????? apanya yg revolutioner??? revolutioner casing dan chasis doang?? mesin pake yg lama??

    honda (sori) benar2 keterlaluan deh… menurut gw masih bagus supra-x125 yang baru itu….

    ampun deh

    peace!

  41. kepada ymki saya kecewa dengan salah satu deler resmi yamaha yang ada di karawang ceritanya begini pada waktu itu jarum indikator penunjuk bensin saya mati saya datng ke deler tsb untuk diperbaiki ternyata jawabannya saya disuruh ganti spidometer satu set dengan harga yang lumayan wah sepertinya PT YAMAHA MOTOR kurang biasa mengajarkan mekaniknya tentang sopan santun dan berpengalaman terimakasih

  42. Mas Dewo…..menurut anda dari sisi tech mesin CS 1 n Jupiter MX CW bagusan mana??? Mx saya Versus CS 1 teman ngetrek di jalan lurus tapi kok masih kalah 2 gerobak dari mx…

    Padahal kalo die bisa menag dari Mx gue langsung ganti motor dgn CS 1 ( Si bongkok) wakaka

  43. @ Dear Haikal #65,

    Secara teknologi, sebenarnya CS-1 bisa dibilang tidak ada yang baru. Semuanya ada di MX. Yang menjadi keunggulan CS-1 hanyalah bentuknya.

    Jika dibandingkan dengan MX, maka MX unggul dari CS-1 karena kapasitasnya yang lebih besar. CS-1 unggul dengan 5 persneling. Tapi rupanya itu bukan jaminan karena penentu cepat-tidaknya suatu motor sangat dipengaruhi oleh keseluruhan sistem.

    Salam.

  44. GUe pemakai honda, tapi gue nyesel banget beli megapro
    Parah banget tuh mesin..udah gak bisa lari boros lagi..
    Untung istri gue beliin Jupi MX…gak nyesel dah beli Yamaha

    Yamaha is the Best

  45. AHM panik???kurang lebih gitu si..pada dasarnya modal 1 unit motor honda emang paling murah, karna sbnarnya produk mrka paling ancur tapi karna nama besar HONDA jadinya mrka selama ini PD aja buat harga mahal…but skrang mrka mau gak mau harus siap2 menahan gempuran dari kompetitor2…Kalau bicara product si the best product si sbnarnya SUZUKI, but di promosi n below the land and pelayanan YAMAHA adalah yang terbaik….So prediksi w buat 5 tahun kedepan susunan market nya adalah Yamaha/Suzuki di no 2 trus disusul honda karna Suzuki sejak 2007 juga mulai merubah cara pemasaran nya dengan mengikuti cara Yamaha dan itu terbukti dengan event2 yang mulai memasyarakat seperti yang dilakukan Yamaha…Dan karna semakin bagusnya pengetahuan konsumen tentang motor dapat dipastikan kedepannya persaingan akan semakin seru …Dan buat AHM kalau mrka gak ganti cara main,d pasti mrka dari kepala bakal jadi ekor….SO buat AHM sudah seharusnya kalian membentuk tim R&D department bukan hanya ganti baju or ambil tecknologi dari honda thailand or jepang j..ciptakan sndiri r seperti yamaha n suzuki

  46. Buat teman2 w mau bagi2 info seputar Motor di Indo
    Fakta Motor:
    1. CS-1 adalah produk asli Indo dimana design nya merupakan hasil pengabungan smua produk honda yang ada saat ini dan mengunakan mesin nova sonic karna honda indo(AHM) tidak bs menciptakan Mesin baru karna tidak ada R&D department
    2. VI-xion memiliki mesin yang sama dengan MX beda nya hanya di piston n tenaga saja
    3. Vega R adalah Bebek 110 Ter bandel n tahan lama sedangkan New Smash adalah bebek 110 ter irit
    4. Shogun adalah satu2nya bebek yang memiliki engine balancer yang membuat bebek ini tidak bergetar seakan2 mesin nya tidak hidup
    5. Spin memiliki cc lbh bsar dari matic yang lain, tetapi spin adalah matic paling irit
    6. Mesin Revo = Lagenda2 = FitX = Supra Fit
    7. Mesin New Supra X 125 = Supra X 125 = Karisma X 125
    8. Jupiter Z memiliki mesin yang lebih bagus dari Jupiter MX
    9. Shock Jupiter MX tidak mampu menahan beban berat
    10. Satria FU 150 merupakan Motor class National yang paling canggih sampai saat ini
    11. Tahun 2009 Yamaha akan mengeluarkan sedikitnya 2 produk baru dan 1 ganti baju dan juga 2 ganti Stiker
    12. Tahun 2009 Honda akan mengeluarkan sedikitnya 1 produk baru dan 2 ganti baju dan juga 2 ganti stiker
    13. Tahun 2009 Suzuki akan mengelurkan sedikitnya 4 Produk baru dan 1 ganti baju dan juga 2 ganti stiker
    14. Mulai bulan 11 Satria FU akan resmi di produksi di Indo karna suplay mesin dari Thailand sudah tidak mencukupi
    15. Tahun 2009 Akan terjadi perang besar di kelas Bebek murah ( Low Segmen ) dan Skubek ( Matic )
    16. Tahun 2009 akan banyak bermunculan produk Injection yang akan memulai penitrasi pasar
    17. Tahun 2010 Injection akan mengantikan 4 Tak

  47. @Iskandar

    W mau sediki bilang buat iskandar…..U tau banget kalau honda ada R&D department dari mana??/
    karna setau w AHM adalah satu2nya ATPM yang tidak punya R&D department malah yang ada YMKI dan IMNI

    Dan buat yang pada kritik Yamaha dan Rossinya
    w mau bilang mana ada hubngan yamaha disini dan disono alias Principel
    Cara kerja ATPM kan dari ATPM indo buat produk baru yang sesuai pasar indo trus di ajuin ke principal, kalau di acc yah di produksi lo di Indo, so mana d hub m MOTO GP disana, kalau di Moto GP kan pertarungan principel Yamaha m Honda , sedangkan di Indo y YMKI m AHM …..
    Jadi pernyataan yang mengatakan Yamaha gak bisa ngalahin penjualan honda di indo adalah pernyataan yang bodoh, karna dlam busines mana ada yang gak mungkin…Honda msh setngah hati lwan yamaha???yang benar j..sedangkan sekarang di otak anak2 dan anak muda yang mrka ingat adalah yamaha,dan ini adalah tanda2 bahaya buat honda kalau mrka gak bs menghapus ingatan itu di masyarakat. Suzuki juga d mulai melakukan hal tersebut dengan melaukan penitrasi produk dengan bintang UNGU nya dimana lagu Suzuki d mulai di putar dimana2 sampai anak2 sudah bs menyanyikan lagu tersebut.

    Pada dasarnya di Indo yang kurang hanya education konsumen saja, dimana konsumen kalau mau beli motor baru langsung lhat mana yang ada promosi or discount banyak tanpa langsung membandingkan sendiri produk yang 1 class, bahkan masih banyak yang mengangap motor itu adalah honda dan yamaha n suzuki adalah produk honda…So kalau education d bagus, maka konsumen akan bs melihat dengan jelas mana sebenarnya produk yang sesuai dengan meraka….

  48. Setelah inden sekitar dua minggu, Mei 2008 Honda CS1 pesanan gue akhirnya dikirim ke rumah. Namun baru jalan kurang lebih 2.000 kilometer, motor itu sudah rusak. Suaranya kasar dan tidak ada tenaganya. Pada 2 agustus lalu, bersamaan dengan jadwal servis gratis kedua, gue bawa ke bengkel AHASS di Jalan Raya Serpong, Tangerang. Setelah dipelajari selama dua hari, akhirnya diketahui yang rusak adalah bagian crankshaft. Masalah diduga terjadi sejak penyetelan awal di pabrik.
    Oleh karena masih bergaransi, masalah ini berikut onderdilnya yang rusak lalu dibawa ke AHM untuk kemudian diberi penggantinya. Yang menjengkelkan, sampai sekarang onderdil pengganti belum juag dikirim oleh AHM. Akhirnya, sampai sekarang, 25 Agustus, motor itu masih di bengkel AHASS tanpa ada kepastian kapan dapat dipakai lagi.
    Yang lebih menjengkelkan, tidak ada kompensasi apapun dari Honda dalam kasus ini, seperti pemberian motor pengganti transportasi selama CS1 sialan itu masing mangkrak di bengkel. Padahal, peristiwa ini sudah amat merepotkan aktivitas gue sehari-hari
    Kesimpulan gue, HATI-HATI DAN AMATI BETUL BARANGNYA JIKA MAU BELI CS1. JANGAN SAMPAI NYESEL SEPERTI GUE KARENA MENDAPAT MOTOR CACAT…

  49. “bagaimana pun honda tetap lebih unggul,motor yamaha apaan yang harga second-nya lebih tinggi dari HONDA
    motor baru apa lagi yang bisa yamaha bikin “

  50. Nggak usah pada ribut2 ngomongin motor, kalo mau beli cari yang nggak pakai bensin biar nggak ngerusak lingkungan dan bisa menyehatkan badan…….beli aja sepeda, udah uirit, nggak ada polusi, bisa bikin badan sehat lagi…

    “Bagaimanapun juga SEPEDA memang lebih menguntungkan”
    Begitu Bro

  51. loe ngomong nya rada bego ya…..
    kate siape pada percaya y, buktinya disini y ancur ama Honda….
    makanya jangan terlalu munafik la..jangan jangan loe dibayar YMKI ya kampret!!!
    hehehe
    cuman bisa ngomong odank ayo buktiin donk market share tetap dipegang honda.
    dan penjualan emang 80 persen kredit mau merk yamha kek, honda suzuki kawsaki ,motor cina kek,..dasar loe bego , makanya ngomong pake data donk…

  52. YAelah, orang hondanya marah..kalem aja bro…

    kalo Honda mau berbuat bijaksana. Mestinya honda mau belajar dari strategi bisnis Yamaha. Kenapa yamahabisa maju, kenapa yamaha bisa sukses merebut hati konsumen.

    Secara Infratruktur Honda, jelas2 jauh lebih unggul. Yamaha, engga sanggup memproduksi motor sebanyak honda. Tapi, apakah itu jaminan bagi Honda bahwa mereka menjadi market leader.

    coba lihat pasar2 motor bekas. bukannya merek honda juga jauh lebih banyak, jika dibandingkan 3 merek Jepang lainnya. Jadi ada apa ini Honda.

    Orang2 Honda Indonesia, harus berpikir keras agar mau berkembang. dan tidak asal mau enak jualan saja. sekarang konsumen sudah cukup cerdas. tidak seperti zaman dahulu,yang gampang di-ki-bu-lin..

    saya pencinta berat Yamaha. Tapi banyak saudara saya yg bekerja di Honda, ini dilema bagi saya. Satu sisi saya sangat puasmake Yamaha. tapi di sisi lain, sodara saya mau makan apa nanti,kalo motor buatan Honda tidak laku… hehehehe

    Tapi mereka malah engga menyarankan saya untuk beli motor Honda bebek? saya benar2 engga menger ti

  53. ya ampun zaman gini masih ada yang percaya ama yamaha

    GILA=YAMAHA

    kalau mau bohong puintar banget dah

    gayanya bandingin dari kayak gini

    kasihan2 YAMAHA=CUPU , masa pake cara2 yang kayak gini an

    menurut gue pribadi walaupun gue ga dibayar ama honda 1

    rupiah pun

    gue tetep percaya ama HONDA=BEST

    karena apa YAMAHA itu brani nya kayak gini an doang

    wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    WAHAI KALIAN YANG MELIHAT SITUS INI JANGAN PERCAYA AMA

    YAMAHA

    KARENA YAMAHA LAKUKAN INI PALING HANYA UNTUK AGAR

    PENJUALAN NYA NAIK PADAHAL YANG BENER PENJUAL YAMAHA

    ITU DIKIT ALIAS RENDAH CUPU KARENA ITU YAMAHA PAKE

    CARA CARA LICIK YANG KAYAK GINI AN BIAR HONDA RENDAH

    PADAHAL YAMAHA TAKUT KALAU KALAH SAMA HONDA

    KALAU BERANI TANDING DONK AMA HONDA SECARA FAIR

    ALIAS ADIL AMA JUJUR JANGAN BERANI NYA KAYAK GINI

    CUPUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU

    INI CUMA AKAL AKAL AN NYA SI YAMAHA BUSUK ITU HAHAHAHA

    KALIAN TAU GA KEPANJANGAN “YAMAHA”

  54. Pokoknya YAMAHA SEMAKIN DI DEPAN BRO,,,, Di mana2 HONDA tetep kalah dlam penjualan slama 3 th ini,Liat aja buktinya.Yamaha selalu mementingkan Kualitas buat Konsumennya.Varian Produk ga begitu bnyak kayak Honda,jadi Konsumen gampang memilih Type Yamaha daripada Honda yg cuma bnyak type tp barangnya sama.Bener tuch kata SUZUKI ” GA CUMA GANTI BAJU !!!” itu juga yang pengin di sampekan YAMAHA kpd Konsumennya,bahwa Yamaha selalu baru gak kayak Honda,Produk lama suma di ganti bajunya aja trus di jual lagi dgn Harga Tinggi,liat aja REVO itu CC cm 100,itu kan mesin mtor jaman th 90an,masak di pakai lagi dan di jual MAHAL,itu PEMBODOHAN PUBLIK.Bodoh kita kalo masih MEMILIH HONDA,,,!!!.Bagaimanapun Honda Lebih Unggul,iya betul Unggul maslh Harga,tapi Kualitas SANGAT RENDAH. PILIH SELALU YAMAHA YANG SDH TERBUKTI SEMAKIN DI DEPAN,.,,,,

  55. menurut ane raja bebek 4tak 125 ya suzy shogie.apalagi yg injeksi.tp anehnya harga new shogun 125 bs sama ama jupie z.kualiatasnya msh dibawah shogun apalagi cc nya.knapa ya??!apa karna korban komeng.?!biasanya wong ndeso yg seneng yamancal..eh ya yamaha.

  56. ENGGAL@PARANG-MGT

    betul bnget..!!peace
    tak bantuin ya mas suzy..boleh tho….?
    contoh nyata nya pd matic..
    knapa ya org2demen pake mio?udah harganya mahal,modelnya biasa aja,mesinnya ng enak buat jalan,super boros lagi…!!
    sedangkan spin yg kebalikannya justru malah kurang laku..aneh??
    bener daaah..korban komeng.

  57. wahhh!!!!!!!!!!!kasian uy AHM,,,,,,,,,bagus buat yamaha tapi jangan besar kepala dulu!!!!!kita hrs tetap siaga dngn strategi AHM,,masukan saja dr sy untuk YMKI,,untuk divisi sales YAMAHA ko saya liat kurang adanya perhatian yang cukup atas keberhasilan YMKI!!!moga2 pandangan saya salah,,,,he,,he,,he,,he

  58. Fakta yang Q tw Dari tiap2 jenis komponen mesin yang di pesan honda melewati suatu Vendor resmi mereka,dimana vendor tersebut juga melayani produk yamaha, utk jenis kompn yang sama(mesin motor bebek kelas 100-110 cc, bagian sejenis dan vital untuk suatu mesin):

    – Dengan standart mutu produksi yang sama oleh vendor AHM lebih banyak melakukan Klaim pada vendor tersebut, dibanding YMKI dengan catatan, cacat yang terjadi pada komponen terjadi SETELAH KOMPONEN DI LAKUKAN PEKERJAAN LANJUTAN YG DILAKUKAN Produsen Motor itu sendiri(AHM).
    —>AHM melakukan Klaim dengan alasan MENJAGA MUTU Produknya, ini patut di acungi jempol. namun perlu di telaah lagi apakah yang terjadi di balik ini?, menurut saya:
    +++> apa bila suatu vendor memproduksi suatu komp untuk dua Pemesan yang berbeda dengan material relatif sama(mendekati sama)dan Standar Proses Pengerjaan yang sama pula, namun jumlah klaim oleh salah satu pemesan jauh lebih banyak, dan klaim itu terjadi setelah komp di proses lebih lanjut oleh si pemesan,
    ===>maka: dapat dikatakan Standar Proses Pengerjaan Lanjutan oleh pemesan yang paling banyak melakukan klaim tidak sesuai dengan material yang di gunakan pada komp yang dia pesan. sehingga material komp ini SENSITIF dengan proses lanjutan yang dilakukan pemesan,yang berkibat komp cacat setelah dilakukan pengerjaan. Hal ini berimbas pada jumlah Klaim sehingga tuntutan kualitas pemesan dapat dikatakan OVER-Quality dimana tingkat kesampurnaan komp yang di order >100% (Quality > 100%)
    ===>hal ini bukan nya hal bagus untuk konsumen,, karena sedikit saja ada cacat akibat proses lanjutan, Kemudian lolos Q.C setelah dilakukan pengerjaan lanjutan dan di rakit menjadi mesin motor , maka MUTU MESIN jelas2 menurun, menurun akibat ketidakjelasan.
    perlu diingat Jaminan Mutu berarti KEPERCAYAAN.
    === Over Quality pada kasus ini dapat disebabkan:
    -pemesan menurunkan kualitas material komp mesin yang dipesan untuk menekan Biaya. sedang Desain Mesin membutuhkan kualitas yang tidak boleh turun.
    -Desain Mesin bebek Honda hanya turunan dari generasi “C-series”,,,(mau dibilang mesin FE,NF,EFT..smw sama saja basic nya, cm ganti baju dengan pembenahan mesin lebih jelas setelah pasar bebek di rebut yamaha..)

    – masalah Getaran mesin hanya sebatas melkukan OFFSet crankshaft thdp liner,,(supraX-125,Legenda,Abs.Revo/Blade) Honda tidak mau berkutat pada desain bandul balanser tambahan (bukan Bandul Crankshaft) seperti dimiliki SUZUKI maupun YAMAHA pada mesin2motor Bebeknya.

    +++ kpd Teman2, saat bicara MUTU , maka jangan dilihat Harganya. MUTU bagus maka HARGA Seiring tingginya MUTU.
    maka Jika suatu jenis barang Harga nya turun, perlu dikethui bagai mana MUTU nya.
    jika motor Yamaha harganya barunya dalam dikisaran yang tetap…maka dapat dikatakan YAMAHA Menjaga Mutunya…
    Saya juga punya Motor Astrea prima 100 CC,,suaranya lebih halus dibanding Revo, Terbukti tarikan,max speed masih bisa mengasapi REVO baru..(tp remnya ga Ngatasi -depan msi tromol Punya-).
    ———-

  59. buat Temen2 yang pilih Motor q kasi INfo Buat pilih MOtor d secara Teknikal:
    = Baca dl engine specs: yang utama Bore x Sroke (B x S) , Diameter x Langkah…
    misal : kelas 110 cc

    == 49.5 x 57 (over Stroke) VS 52 x 54 (almost Square) Vs 53 x 49.5 (over Square)
    kompresi keduanya sama: 10:1

    tipikal mesin over Stroke:
    -torsi terbesar didapat pada putaran jauh lebih rendah di banding almost Square apalagi si OverSquare,sehingga putaran mesin tidak perlu tinggi2 waktu di ajak start dr 0 km/h makin tinggi putaran mesin = b + konsumsi bahan bakar. cocok buat kondisi macet2 pkotaan.

    -Peak power sekitar 8,7 dk.. juga di putaran yang sedikit lebih rendah di banding si almost Square..namun untuk mencapai peak power tidak se responsiv Oversquare (A.K.A melitir gasnya buat ibu2 R.T yang g bakal ngebut kyk jambret,,smoooth bgt geetoo,,anti Kaget,,)
    ___
    cocok utk jalanan santai bgt, irit puol cm jd males ngebut
    logika:
    putaran mesin tiap 1 menit(konstan)dibagi 2 lalu dikali volume ruang bakar, didapat volume kotor campuran udara n bensin…
    jadi TTP aja jangan Ketipu Bahasa Iklan motor kl blg Irit: cari yang Udah Ngebuktiin , dengan Tesr SAH plus Kondisi Jalan n Kecepatan saat Pengetesan “RANDOM” , bukan di sirkuit, atau pun pake Acara keliling kota DIkawal..mana2 kl di kawal n sirkuit ya Konstan kecepatannya..ato pake trik jalan kota2,g dikawal tapi paling banter 40 km/H ga lebih dr gigi 2 buat ngejar efisiensi mesin (sbisa mungkin waktu lmpu merah g perlu ngerem, ato akselerasi dari 0 Km/H

    >tipikal mesin Almost Square:
    -torsi terbesar didapat pada putaran lebih rendah di banding si OverSquare,sehingga putaran mesin tidak perlu tinggi2 waktu di ajak start dr 0 km/h makin tinggi putaran mesin = b + konsumsi bahan bakar. cocok buat kondisi macet2 pkotaan.

    -Peak power sekitar 8,8 dk.. juga di putaran yang sedikit lebih rendah di banding si Oversquare..namun untuk mencapai peak power tidak se responsiv Oversquare (A.K.A melitir gasnya pke feelling kyk Rossi,g asal geber)
    ___
    cocok utk jalanan Macet(dlm Kota), irit.
    logika:
    putaran mesin tiap 1 menit(konstan)dibagi 2 lalu dikali volume ruang bakar, didapat volume kotor campuran udara n bensin…

    >Tipikal mesin Oversquare:

    -torsi terbesar didapat pada putaran lebih tinggi di banding si Almost Square,sehingga putaran mesin perlu lbh tinggi waktu di ajak start dr 0 km/h putaran mesin tinggi = b + konsumsi bahan bakar. g tllu cocok buat kondisi macet2 pkotaan.

    -Peak power sekitar 8,78 dk.. juga di putaran yang sedikit lebih Tinggi di banding si AlmostSquare..namun untuk mencapai peak power lebih Responsiv Oversquare (A.K.A melitir gasnya boleh bringas,,asal orang nya juragan bensin)
    ___
    Cuocok buat yang suka keluar kota (RPM tinggi teruus , buat balap d sentul,, (kalo buat pasar senggol,,teknik rolling speed n maintain engine momentum di putaran bawah harus diasah dl..kl ngga jadi makanan empuk si AlmostSquare)

    dari sini bs tmn2 jadikan petimbangan milih motor, sesuai Kebutuhan,kond Operasional(tumpangan,jalanan),ciri berkendara tmn2.. KL masalah irit tgntung yang memakai mtr
    dirawat g? suka breiyer2( mlintir gas wktu diam -iklan oli bgt-) apa ngga..,

  60. ahahaha….
    intinya ketidak-tenangan dapat menyebabkan seluruh elemen PANIK…(+/- tgntung dr sudut mana dliat nya)
    g AHM nya..,
    g pendukung fanatik butanya..,
    g rival2 n pndukung nya jg( ikut panik krn heppi bs di atas..),
    g yang pny situs…(banyak yang klik buat liat,jd panik kbanjiran Uit..wkwkw,moga rejekinya lancar teruzz mazzz..Amin).

  61. hihihi….
    mengapa Honda jepang g mw bikin R&D di buat honda indonsia:
    1. Orang indonesia Terlampau Kreatif (sueer..arah putaran mesin aj bisa di balik), Gw percaya bakalan kayak sinetron produk honda,, REVO-1; Abs REVO-2, Revo-R, Revo-fit, Revo-RR. kl g gt kyk software: SupraX-125 rev.2.5 ,Allnew SupraX-125 mk-V…

    2. Harga suatu kreativitas oleh orang jepang itu Tak Ternilai—> orang jepang ngeri mw bayar brp buat engineer dr indonesia utk mw gabung d R&D.di sisi laen pd tw semuakan sifat nya orang honda jepang.. Ketat n sulit ngakui kl dy kalah pinter n g mw salah,,terbukti smw pembalap yang pnah gabung d HRC pada ngeluh..(Rossi,Melandri,Nicky H,Alexbarros,J.Burgess(mekanik nya doohan),Gressini(pemilik tim) dll)

    3. Teknologi baru pada suatu motor= b + biaya yang harus di keluarkan akibat :training mekanik, biaya pengadaan sukucadang baru..dll

    4. Berapa pricelist yang d cantumkan akibat poin 1,2&3, ada yang mw belikah?

  62. Sy sebagai konsumen,persaingan antar YMKI dan AHM sangat menguntungkan bagi konsumen,karena konsumen semakin banyak pilihan, kualitas makin baik,dan tentunya harga akan lebih sesuai dengan kualitas yang ditawarkan.

  63. bagus dgn ini ahirnya honda terbongkar semua kebohongan nya kepada konsumen dan kita ahir nya untung juga dgn adanya harga yamaha yg sebanding dengan teknologi

  64. Motor ojek honda ktahuan bohongnya. Ha ha ha ha. jangan koropsi az AHM. Motor murahan d! Jual harga t!ngg!, Mw bodoh!n konsumen loh. B!ar dapet untung banyak…!

    • yg bodoh itu orang indonesia.. kenapa kok mau diadu oleh produk luar,padahal gk bisa buat sendiri..
      MALU DONG..

  65. Yamaha tetap semakin di depan!!!
    Dengan adany pmbritahuan in,sy tak akn slh pilih produx yg jual teknologi murah tp djual mahal. . .
    Masa supra-x125 hargany lbh mahal dr Jup-mx yg full kpling. . .pdahal lariny lbh beles. . .
    Yamaha No.1

  66. Kl menurut saya sih Yamaha really touch my heart..dari generasi 2taknya(Rx King) sampai 4tak(Scorpio)benar2 TOP.Banyak orang bilang bahwa yamaha bbm boros..terutama mereka pecinta fanatik honda,tapi apa mereka bisa membandingkan apakah bbm yang mereka keluarkan sebanding dengan tenaga yang didapat..ingat gak kata om Dedy miswar…paling bedanya cuma sesendok teh..tapi larinya jauh bro!!!..YAMAHA SELALU DI DEPAN

  67. mmm.. menurut saya gk usah cari kesalahan,yg penting punya motor dirawat aja.. mau merek apapun..
    kalo ngitung rugi ya ngak usah beli motor aja..

  68. HARGA DITURUNIN DICEMOOH.DINAIKIN MENGELUH. DASAR DEWO ANJING.2 2NYA MOTOR JEPANG.DUITNYA LARI KE JEPANG.NGAPAIN DIRIBUTIN GOBLOK LOH.ANAK PELACUR

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.