Membuat Solar Cell Sendiri

Membuat solar cell sendiri? Mengapa tidak?

Dari kerinduan akan solusi alternatif pembangkit listrik menuntunku untuk mencari petunjuk pembuatan solar cell secara mandiri. Dan rupanya semuanya tersedia di internet, bahkan ada panduan praktikum untuk siswa sekolah. Coba saja googling dengan keyword: “making solar cell”. Di sana kita akan mendapatkan banyak sekali petunjuk.

Salah satu yang menarik adalah dari Dept Kimia dan Biokimia UCLA yang menyediakan panduan praktikum kimia dalam format PDF. Silakan unduh di: sini. Cukup lengkap panduannya. Metode praktikum yang sejenis juga digunakan di Cornell Center for Materials Research. Silakan unduh panduan praktikumnya di: sini.

Coba juga kunjungi situs The Solar Guide yang menyajikan cara pembuatan solar cell yang diklaim “easy and fun experiment” dalam membuat prakarya solar cell dengan material yang “easy to find.” Silakan kunjungi panduannya di: sini. Bahkan Science Toys mendemokan pembuatan solar cell yang dapat dilakukan di dapur. Silakan klik di: “Make a solar cell in your kitchen“. Untuk versi flat panelnya dapat dilihat di: “A flat panel solar cell.”

Ada lagi metode yang lebih mutakhir, yaitu dengan screen print. Metode ini dibahas oleh Photovoltaic Education Network di “Screen-printed Solar Cell.” Sangat menarik…

Apakah benar teknologi pembuatan solar cell sudah mudah dilakukan bahkan oleh perorangan atau pun siswa? Apakah benar material pembuatnya sudah sedemikian mudah didapatkan?

Saat ini aku sedang membaca beberapa petunjuk tersebut. Jika memang sudah sedemikian mudahnya, bukankah lebih baik jika kita mencoba membuatnya sendiri? Alangkah bahagianya jika energi listrik itu gratis.

79 pemikiran pada “Membuat Solar Cell Sendiri

  1. Sebenernya kalok emang kita pengen mbangun listrik mandiri da rumah bisa ajah, kok boss…

    Kalok situh butuh papan ( panel ) surya inih, da Glodok banyak nyang njuwal, lengkap dengan panduwan nyettingnya….

    Masalahnya, harganya mingsih mangslup bilangan jeti untuk ukuran sekitar 50cm x 1.5 m, untuk men supply sebuwah aki 12 v 50 A….

    Untuk sebuwah keperluwan rumah tangga, rasanya butuh panel surya inih seluwas atap rumah…. 😉

    Beminat….???

    • ga bisa nulis tulisan yang bisa dibaca dengan mudah nih orang ini. bener-bener ga enak buat dibaca.
      lumayan terkenal padahal orang ini di kancah perblogan Indonesia, tapi baca tulisan diatas ga enak bener buat diliat.

      kek alay, kalo anak forum tetangga bilang.

  2. @ Dear Mas Ari #1,

    U’re welcome.
    ~~~

    @ Dear Om Mbelgedez #2,

    Iya, Bro. Harga jadinya masih jutaan. Maklum, masih import. Tentu saja banyak biaya2 tambahannya, misalnya import, pajak, dll sehingga harganya menjulang.

    Seandainya bisa diproduksi secara masal di dalam negeri, mungkin harganya bisa lebih kompetitif.

    Salam.

    • bozz,loe kok lari sih dari tanggung jwb loe saat loe ngadepin pertanyaan dari rekan2 tentang pembangkit listrik tenaga suara,yaa,,,,,,akhirnya gua yang ngebaless n ngebantai pertanyaan mreka,kalo loe g percaya lihat ja postigan loe ttg pembangki listrik tenaga suara

    • @Bro Irhaby007,

      Beberapa sudah kujawab kok Bro. Anda boleh kok turut sumbang pikir di sini. Jadi tidak perlu melulu saya yg menjawab.

      Terima kasih atas partisipasinya Bro.

  3. wah, informasi yang bagus, tapi mungkin bener apa yang dikatakan Bro Mbelgedez, harganya masih sangat mahal…
    Mungkin Bro Dewo sedang mempersiapkan sebuah solar cell yang murah, saya tunggu informasi selanjutnya….

  4. sbnernya bisa koq, beli 1 buah panel solar, trus di bikin supaya DC, 12 volt, terus beli alat dech 800rb (inverter 1200 watt) selesai langsung jadi AC 220 VOLT .. selesai … butuh kira2 …hmpir 3 yuto dech gitu ..

  5. Bagus bro !, thanks kita dpt banyak info.
    Walaupun sarana kita masih belum menjangkau utk bisa bikin sendiri, tapi who knows…maybe one day !

  6. LISTRIK TENAGA SURYA SEDERHANA

    Dengan memanfaatkan power transistor ( transistor jengkol ) jenis NPN seperti 2N3055. Dari 1 transistor jengkol bisa menghasilkan tegangan 0,5-0,6Vdc.

    Buka penutup casing transistor jengkol dengan cara menggergaji bagian yang menonjol ( yg ada tulisan type dan no kodenya ), lalu arahkan bagian yang telah terbuka ke matahari dan ukur tegangannya dengan voltmeter dengan posisi seperti gambar di bawah ini. Kaki basis merupakan kutub negative dan kaki emitter yg dijumper dengan kaki colector merupakan kutub positif. Arus yang dihasilkan memang sangat kecil, akan tetapi dengan menghubungkan 3 transistor jengkol secara seri akan diperoleh tegangan 1,8V dan bisa untuk mencharge 1 battery type AAA/UM4.
    ADA FOTO DAN SKEMA, ADD SAYA DI YM NANTI SAYA KIRIM FILENYA

    APABILA ADA PENEMUAN/PENGEMBANGAN HARAP DI SHARE JUGA.
    GO GREEN!!

  7. LISTRIK TENAGA SURYA SEDERHANA

    Dengan memanfaatkan power transistor ( transistor jengkol ) jenis NPN seperti 2N3055. Dari 1 transistor jengkol bisa menghasilkan tegangan 0,5-0,6Vdc.

    Buka penutup casing transistor jengkol dengan cara menggergaji bagian yang menonjol ( yg ada tulisan type dan no kodenya ), lalu arahkan bagian yang telah terbuka ke matahari dan ukur tegangannya dengan voltmeter dengan posisi seperti gambar di bawah ini. Kaki basis merupakan kutub negative dan kaki emitter yg dijumper dengan kaki colector merupakan kutub positif. Arus yang dihasilkan memang sangat kecil, akan tetapi dengan menghubungkan 3 transistor jengkol secara seri akan diperoleh tegangan 1,8V dan bisa untuk mencharge 1 battery type AAA/UM4.
    ADA FOTO DAN SKEMA, ADD SAYA DI YM XMUT3101 NANTI SAYA KIRIM FILENYA
    APABILA ADA PENEMUAN/PENGEMBANGAN HARAP DI SHARE JUGA.
    GO GREEN!!

  8. ada ga sih rekan2 yang betul2 mencoba untuk membuat solar panel???? dan tidak hanya memberi komentar. coba membuat dan hasilnya dapat di perlihatkan di sini.

  9. Saya mau jual solar cell 1 buah 50WP = 1.5 juta, 5 buah 180WP @5juta, BCR (Battere Charge Controller) 3 buah @300ribu, inverter auto charger 500Watt modified sinus = 500ribu. Total = 27.9 juta. Belum ONGKIR. DIjual karena lagi butuh duit. Dipasang di atas genteng rumah saya di Makassar. Silahkan email saya jika tertarik

  10. kalo g mau repot ya beli aja.simple kan?tp yg dimaksud nyang punya blog,bagi yg mau experiment nambh ilmu.bkn cm bs pke.:D

  11. kalo mau agak murah solar panelnya rakit sendiri, beli solar cell di ebay trus bikin framenya sendiri pake alumunium. saya sdh coba utk yg 60 WP habisnya cuma 750rb. tingggal tambah aki, inverter sama charger controler. yah kl ditotal paling abisnya sekitar 2 jt.

  12. Paket SHS 100 WP

    Paket SHS Tenaga surya 100 wp ini sangat cocok untuk penggunaan TV LED 19 inch serta untuk lampu penerangan LED sebanyak 6 unit. Paket ini bisa di gunakan untuk kondisi rumah yang sangat besar.

    Paket SHS 100 WP:

    2 unit Panel Surya 50 Wp merk : Sumax
    1 unit controler

    6 unit Lampu LED 3 Watt
    1 set Box battery + Inverter 500 watt merk : S
    1 unit battery VRLA AGM 12v 100 AH

    1 lot akssesories kabel Solar sell 7 meter, kabel lampu 25 meter

    Bracket, kabel battery, saklar , stop kontak
    Harga : Rp 6.700.000,- perpaket

  13. murah sih energy nya ,tapi mahal untuk invest nya.yang lain mahal juga yaitu accu nya ,karena dalam waktu 2-3 tahun accu rusak harus ganti. Jadi harus dipikirkan teknologi penyimpanan energy nya.kalau pakai super capasitor bisa tapi mahalnya selangit tidak terjangkau.alternatif yg paling bisa terjangkau yaitu harus paham betul bagaimana cara membuat accu sendiri.karena jika sel acuu rusak kita bisa daur ulang untuk buat sel accu sendiri.Hal ini juga menghindari bahan accu bekas yang sangat mencemari lingkungan.yang lebih siip lagi jika pemerintah mengambil alih tambang timah sehingga timah jadi murah maka accu murah juga.berputar-2 akhirnya tahu juga bahwa peran pemerintah kunci.adakah hati mereka kesana??ini pertanyaan yg harus dijawab.

  14. kalau mau jujur ,sebenarnya mereka yg terlanjur beli “solar cell”l energy pasti kecewa.anggap saja diproduksi dengan (extrem)harga Rp10.000/100VA (padahal sekarang wow mahal sekali), tapi komponen lainnya sangat mahal (bat. ,inverter & whole system).yang pasti yang memerlukan replace per2-3thn adalah bat. kalau breakdown antara bat.dan energy yg didapat tidak sepadan ini belum dihit whole system yg perlu diganti per 5thn. ya… solar cell ini kalau mau jujur masih perlu pengkajian riset lebih mendalam.mudah mudahan bisa didapat desain solar cell yang output nya AC dan ada bat. yg murah sekali .he…selamat melakukan riset.

  15. yg perlu di bahas mbok ya ..bahas bagai mana kita bisa membuat solar sel sendiri..dngan harga murah mriah jadi bisa mandiri hemat listrik

  16. Cara membuat solar sell murah adalah dengan membuat solar sell sesuai dengan kebutuhan. Paket yang paling murah biasanya menggunakan solar sell 10 wp + bateray 12 ah biasanya bisa di gunakan untuk lampu led 3 watt 2 unit. ini paket yang sangat murah.

  17. Salam Kenal dan Hangat untuk semuanya…..nyang dibutuhkan rakyat indonesia adalah energi yang murah…mungkinkan rakyat bisa menghasilkan listrik sendiri untuk tiap rumah tangga? jika hal ini bisa, maka secara ekonomi turut membantu bagi rakyat yg berstatus “EKOLEM”. Dalam hal ini, teori membuat Panel Surya dan pendukungnya perlu untuk dipraktekkan karena semua ilmu adalah sia-sia kecuali yang diamalkan (dipraktekkan). Saya mendukung anda2 yang ingin membangun Negara ini khususnya dalam hal Energi Murah bagi Rakyat….dan saya berharap melalui forum ini, terbentuk suatu komunitas yang bisa memberikan kontribusi bagi rakyat…bagaimana listrik bisa dihasilkan sendiri. Terimakasih.

  18. Sy sangat bangga tlah temukan apa yg slama ini sy pikirkan demi suatu kemajuan saya.Terima kasih yg tiada terhingga dg adanya tambahan pengetahuan buat saya.

  19. Untuk membuat sell surya sendiri caranya adalah beli 10 buah sensor remote TV / DVD, (Rp.1000/pcs) bentuknya seperti lampu LED, lalu rangkai diatas papan PCB mini, sambung-2 secara pararel dan beri kabel positif & negatif di akhir kaki LED sensor tersebut, dan hadapkan kearah sinar matahari dan jika ditest maka akan menghasilkan output 4 VOLT DC, 70mA dan arus tegangan ini AMAN untuk mengisi batre HANDPHONE yang mempunyai tegangan 3.7 VOLT DC.
    (batre nokia 3.7V -1020mAh dapat terisi full selama 9 jam)

    Lumayan andai mati lampu selama 5 hari 😛

  20. Iya bro…harganya saat ini masih mahal? tp klo suatu saat nanti saya sudah bisa bikin sendiri seperti petunjuk bro diatas….. maka bro saya kasih mau minta berapa lembar sih../

  21. The Skin Cancer Symptoms patch releases the ingredients that then absorb themselves into
    the skin and they didn’t have enough effectiveness. This article will explain how. Look for cotton blazers or jackets as a flattering style. They have high fiber content, grapefruit takes longer to lose dead skin cells. One has to be taken lightly.

  22. My coder is trying to persuade me to move to .net from PHP.
    I have always disliked the idea because of the expenses. But
    he’s tryiong none the less. I’ve been using Movable-type on numerous
    websites for about a year and am concerned about switching to another platform.
    I have heard excellent things about blogengine.net. Is there a way I
    can import all my wordpress content into it? Any help would
    be really appreciated!

  23. wah sy tertarik skali dgn ide p.dewo, sejak tahun 2008 sy browsing di internet blm ketemu jg cara membuat solar cell dgn hrg murah, akan sy coba down load praktikumnya, terima kasih atas info nya pak, salam sukses slalu dari nofian

  24. alangkah baiknya kalo diberikan penjelasan lebih rinci dan bertahap untuk membangunnya mas, mungkin orang lain juga akan lebih mudah untuk mengikuti tutorialnya, terimakasih banyakkkk

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.