Tablet PC Murah untuk Pelajar

Ketika membaca berita “Demi Siswa, India Bikin Tablet Seharga Rp 280 Ribu”, saya pun terkagum-kagum atas inisiatif pemerintah India ini. Bagaimana tidak kagum? Pemerintah India memfasilitasi para pelajar dengan Tablet murah seharga 1.500 rupee (atau sekitar Rp 280.000). Dengan demikian para pelajar diharapkan tidak hanya mendapat pengetahuan dari textbook standard, tetapi juga dari internet.

Sebelumnya pemerintah India juga sudah banyak berinovasi untuk para masyarakatnya, seperti PC murah, mobil murah, dll. Yang mengganggu otak saya adalah, mengapa inovasi-inovasi ini tidak tercipta di Indonesia ya? Saya melihat pemerintah kita ini reaktif, ada masalah barulah kemudian ditangani.

Padahal jika kebijakan pemerintah bisa inovatif dan kreatif bisa memicu dan mengangkat kreativitas masyarakatnya. Ujung-ujungnya tentu inovasi kolektif yang masif. Tunggu, bukan berarti saya mengecilkan kreativitas masyarakat loh! Saya tahu masyarakat kita sangat kreatif. Yang saya soroti adalah kreativitas dari pemerintah.

Idealnya sih pemerintah bisa proaktif seperti kebanyakan pemerintahan di luar sana, sebut saja India atau China.

Kalau sudah begitu, biasanya kita hanya jadi pengekor, mengikuti atau meniru kebijakan atau inovasi dari luar. Atau malah jadi konsumen saja. Nampaknya Indonesia masih perlu banyak belajar. Menurut saya sih bukan belajar di keilmuannya saja, tetapi juga dari ke-inovasian atau kekreatifannya.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Celoteh, Curhat, Dewo, Inspirasi, Opini, Personal dan tag , , . Tandai permalink.

16 Balasan ke Tablet PC Murah untuk Pelajar

  1. jarwadi berkata:

    benar sekali, masyarakat kita sekarang kreatifnya masih individual atau atas inisiatif individu. bisa dibayangkan bagaimana dampak kreatifitas masal. misal dengan inisiatif pemerintah bisa mendorong kreatifitas katakanlah 20% dari 240 juta rakyat indonesia. coba apa yang akan terjadi? hehe

  2. Iksa berkata:

    Lha infrastruktur yang wajib dibangun pemerintah saja dilupakan terus …

  3. chocoVanilla berkata:

    Walaahh…boro2 mikir yg inovatif, yg standar aja terabaikan kok 😦
    Sekolah nyaris ambruk, jalan bolong2. Ketinggalah jauuuuuuuuuuhhhhh deh kita ini 😦

  4. Lidya berkata:

    kalau tidak salah tahun 2008 mau buat notebook murah yang kecil2 buat siswa tapi enyataannya kelaut ya mas hehehe

  5. jtxman berkata:

    semua akan lebih baik kalau kita berusaha

  6. lazione budy berkata:

    Inilah Indonesia.
    Makin ketinggalan.

  7. ahsanfile berkata:

    Pemerintah masih sibuk urus mo pemilu neh … nggak ada harapan kayaknya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s