Keamanan Dalam Menggunakan Listrik

Masih ingat beberapa kasus kebakaran di Jakarta? Disinyalir penyebab kebakaran adalah karena terjadinya korsleting atau arus pendek listrik. Korsleting akan menyebabkan percikan api. Dan ketika percikan api ini mengenai bahan-bahan yang mudah terbakar, seperti kasur, kertas, kain, dll, maka dengan mudah akan terjadi kebakaran.

Sebenarnya kita dapat mencegah terjadinya kosleting, seperti:

  1. Menggunakan kabel, stop kontak, steker (colokan) yang sesuai dengan rating. Maksudnya begini, jika pada kabel tertera batasan voltase 220 dan arus 3A, maka kabel tersebut hanya bisa dilalui arus sebesar 3A. Atau tidak boleh digunakan untuk alat yang lebih dari 660 Watt. Jika dipaksakan, maka kabel, stop kontak atau steker akan meleleh. Jika Anda ingin menggunakannya untuk daya yang lebih besar, maka gunakan kabel, stop kontak, atau steker dengan rating arus lebih tinggi, misalnya 5A yang bisa dilalui daya sampai 1100 Watt.
  2. Menyambungkan sirkuit dengan aman dan rapi. Saat kita menyambungkan steker ke kabel, sebaiknya rapi, tidak ada juntaian sisa kabel yang keluar dari steker. Penyambungan yang aman berarti saat kita membaut kabel ke steker harus kuat. Sebagai tips, lilitkan kabel ke baut di steker beberapa kali, baru kencangkan baut. Kabel yang keluar dari steker harus terjepit sempurna, jangan sampai mudah tercabut.
  3. Jika Anda menggunakan extensi stop kontak, sebaiknya tidak bertumpuk banyak. Misalnya 1 extensi stop kontak memiliki 4 stop kontak, sebaiknya tidak ditambahkan lagi extensi. Karena semakin bertambahnya rantai extensi, potensi arus yang melaluinya akan semakin tinggi sejalan dengan meningkatnya penggunaan piranti elektronik yang disambungkan kepada stop kontak ini. Semakin banyak piranti yang tersambung, semakin besar kemungkinan kabel atau stop kontak meleleh, terutama jika telah melampaui rating-nya.
  4. Sebaiknya sejak semula kita memilih stop kontak, kabel dan steker yang berkualitas. Terutama ketika kita sedang membangun rumah. Jangan karena ingin sekedar mendapatkan harga murah, lantas Anda mengabaikan keselamatan diri Anda sendiri dan keluarga, dan rumah Anda. Perhatikan pula kerapian instalasi listriknya.

Tidak disangkal, Listrik adalah salah satu kebutuhan bagi masyarakat modern. Nyaris kita sangat tergantung dengan listrik. Tiada hari tanpa listrik. Namun kita perlu sangat berhati-hati dalam menggunakan listrik ini. Karena walau pun sangat berguna, listrik juga menyimpan bahaya besar jika kita tidak benar dalam menyikapinya.

Kebakaran adalah kasus yang sering terjadi. Namun ada bahaya lain yang tidak kalah mengerikan, yaitu kesetrum. Kesetrum pada tingkat yang parah dapat menghilangkan nyawa seseorang.

Jika Anda sedang membangun rumah, mungkin bisa berbelanja semua kebutuhan kelistrikan di distributor alat listrik terpercaya seperti www.indolistrik.com. Di sana Anda akan menjumpai banyak pilihan alat-alat listrik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Dewo, Elektro, Iklan, Listrik, Opini, Personal dan tag , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Keamanan Dalam Menggunakan Listrik

  1. Ping balik: Teliti Menghitung Rating Alat Listrik | Studio-ne Dewo

  2. Ping balik: Belanja Alat-alat Listrik Online | Usaha

  3. Lidya berkata:

    stop kontak yang bertumpuk-tumpuk memang sangat berbahaya ya

  4. Iksa berkata:

    Wah jaman sekarang kan banyak alat kecil-kecil juga .. misal notebook dengan beberapa external HD desktop yang perlu listrik .. sekalian dicolok charger-charger baterai gadget-gadget lain .. penuh deh .. untungnya kecil semua dayanya .. Amankah?

  5. John berkata:

    artikel menarik , Afra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s