Bukan Hari Keberuntungan

Dua hari ini bukan hari keberuntungan bagi saya. Soalnya saya mengalami 2 hari yang apes. Ketidakberuntungan saya dimulai kemarin. Kemarin rencananya saya mau fotocopy desain PCB di kertas transparan. Lha kok kertas transparansinya ketinggalan di apartemen. Tetap nekat, sepulang kerja saya mencari kios fotocopy. Dan ternyata sulit mencari kios fotocopy yang bisa copy di kertas transparans. Kurang lebih sudah 6 kios saya sambangi dan mereka tidak punya transparansinya.

Pada kios ke-6 akhirnya bisa. Tapi ternyata hasilnya jelek. Jalur PCB ada yang terputus atau jalurnya bolong. Saya mencoba minta copy sampai 5 kali tetap jelek semuanya. Hiks.

Sambil pulang berharap ada kios fotocopy lagi, siapa tahu lebih bagus. Benar saja, saya mendapatkan kios fotocopy yang cukup rame. Syukurlah bisa copy ke kertas transparans. Dari 3 copy yang bagus cuma 1. Lumayanlah.

Pulang apartemen langsung mempersiapkan segalanya. Saya memotong PCB dengan mesin bor tapi menggunakan kepala pemotong. Kelihatannya lancar sampai ketika pemotongan berakhir adaptornya meledak. Listrik di apartemen pun padam. Terpaksa ke bawah minta engineer untuk menyalakannya lagi. Dan kegiatan ngoprek pun berakhir.

Hari ini masih melanjutkan ketidakberuntungan saya. Sore ini rencananya saya membuat adaptor sendiri pengganti adaptor yang meledak kemarin. Kebetulan saya punya trafo 500mA yang entah kapan saya belinya. Mungkin 2 tahun lalu. Sampai sekarang belum terpakai. Jadi saya pun mencoba merakitnya menjadi catu daya (power supply).

Sebenarnya rangkaian catu daya ini adalah rangkaian yang sederhana. Mungkin sekarang anak-anak SMP sudah diajarkan untuk membuatnya. Saya pun dengan lancar membuatnya. Nyaris hafal di luar kepala.

Namun ternyata kesederhanaannya itu tidak menjamin kesuksesan perakitan. Setelah semuanya terpasang dan saya test dengan multimeter tidak ada jalur korsleting, saya pun mencoba mencolokkannya ke listrik. Dan… meleduk lagi. Hiks… Kok ya rangkaian sederhana gitu hasilnya meleduk. (*gubrak*) Syukurlah tidak memadamkan listrik apartemen. Tapi rangkaian sudah tidak tertolong, jadi saya buang saja.

Setelah itu saya mencoba mengisi waktu dengan mentransfer desain ke PCB dengan setrika full hot. Hasilnya jelek. Transparansi mlenyeh. Hasil transferan bergeser. Dan jalur mbleber. Ehm, kemarin-kemarin lancar loh. Mungkin karena saya memotong transparansi menjadi kecil? Kemarin-kemarin transparansinya tidak saya potong.

Coba lagi bikin dengan mentransfer dari kertas biasa, bukan dari kertas transparansi. Eh hasilnya tidak jelas. Mungkin kurang lama menyetrikanya. Dan sudah bergeser jalurnya. Wah ternyata 2 hari ini bukan keberuntungan saya.

Sebenarnya sejak kemarin sudah memikirkan untuk menyerahkan pembuatan PCB ke jasa pembuatan PCB. Saya menemukan 3 jasa pembuatan. Sayangnya pemesanan harus dalam kuantitas yang banyak. Ada yang harus lebih dari 10. Untunglah ada yang minimal 5 copy. Saya akan mencoba memesannya ke sana. Memang jatuhnya lebih mahal dari pada bikin sendiri. Tapi PCB buatan profesional pasti lebih rapi. Maklum, kemarin-kemarin bikin PCB sendiri hasilnya tidak rapi.

Jadinya saya memilih jasa outsourcing dalam pembuatan PCB. Tapi saya jangan di-demo yaaa???

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Arduino, ATtiny, Catatan, Curhat, Dewo, Elektronika, Personal dan tag , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Bukan Hari Keberuntungan

  1. Lidya berkata:

    ooh ada outsourcingnya juga ya pembuatan pcb?

  2. Pulau Tidung berkata:

    Jadi, Siapa yang beruntung ?

  3. chocoVanilla berkata:

    Wkwkwkwkw…senengane kok dolanan sing mbebayani 😛

  4. Ping balik: Kecewa Pesan PCB | ♪ Emanuel Setio Dewo ♪

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s