Mudahnya Ngoprek Elektronika

Belakangan ini ngoprek elektronika menjadi sangat mudah dan murah. Berbeda dengan beberapa tahun lalu, sekarang sudah banyak modul-modul siap pakai. Belum lagi melimpahnya pilihan microcontroller dan SBC (single board computer) yang sekarang trend-nya semakin murah. Bayangkan saja, microcontroller atau SBC sudah banyak yang harganya di bawah $10 (di bawah seratus ribuan). Tinggal pilih saja, mau mengendalikan sesuatu pakai saja microcontroller dari yang sederhana sampai yang sudah built in WiFi untuk IoT. Mau processing yang kompleks? Pakai saja SBC yang bahkan yang termurah berharga $5 sampai $9.

Belum lama ini saya beli Arduino Pro Mini sudah di bawah Rp 30 ribu. Board favorit saya, yaitu Arduino Nano yang dulu saya beli di atas 100 ribu sekarang sudah 30 ribuan. Dulu Arduino Uno di atas 300 ribuan, sekarang sudah di bawah 70 ribuan.

Asyiknya pula, modul-modulnya sudah tersedia, tidak perlu lagi bikin sendiri. Sensor-sensor juga semakin mudah didapat.

Jadi ingat jaman dulu saat harus bikin sendiri RTC, driver LCD, bahkan minsys sendiri. Sekarang kalau bikin sendiri malah jatuhnya lebih mahal dan tidak seringkas modul yang sudah jadi, hahaha…

Tentu saja hal ini jadi berkah tersendiri bagi yang suka ngoprek. Dan semakin memudahkan bagi orang-orang yang mau belajar elektronika. Tidak hanya memudahkan, juga memurahkan. Dan lagi, tutorial, video dan dokumentasi sudah lengkap di internet. Belajar elektronika jadi bukan hal yang sulit.

Eldario v2

Eldario v2

Beberapa tahun lalu saya membuat Radio FM dengan membuat sendiri minsys, driver LCD, RTC, amplifier dan ditambah sensor suhu dan modul FM Radio. Sekarang tinggal merangkaikan board Arduino Nano, modul I2C LCD, modul RTC, modul amplifier dan modul FM Radio. Semua sudah ada modulnya. Jatuhnya lebih murah. Praktis banget ya?

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Personal dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s