Kembalinya Sisfo Kampus

Kemarin malam tiba-tiba saya mengetikkan “sisfokampus.com” di sebuah website registrar domain. Ternyata available. Hampir saja saya melompat karena girang. Karena domain ini saya tunggu bertahun-tahun sampai available. Karena meminta domain tersebut ke pemegangnya tidak membawa hasil baik.

Sedangkan domain “sisfokampus.net” sudah terpakai beberapa tahun oleh sebuah website jepang. Padahal sisfokampus.net ini situs penting bagi saya karena merupakan tonggak dimulainya perjuangan saya di bidang software development sekaligus mengkampanyekan penggunaan software open source.

Tahun 2003-2009 adalah masa perjuangan saya bersama Sisfo Kampus. Sebuah masa yang menyenangkan. Bukan persoalan materi, tetapi suatu kebanggaan tersendiri dimana Sisfo Kampus hadir di Indonesia dan dapat membantu banyak perguruan tinggi dalam mengelola operasionalnya. Sekaligus mengkampanyekan penggunaan software open source sebagai alternatif dari software berlisensi mahal. Saat itu pembajakan software sangat jamak terjadi di masyarakat. Dan rasanya dunia pendidikan tidak pantas melakukan pembajakan, ya tho?

Terdengar idealis ya? Tapi ternyata gerakan Sisfo Kampus ini disambut baik oleh masyarakat dan perguruan tinggi. Teringat dulu ketika saya harus banyak bepergian ke luar Jawa untuk melayani banyak perguruan tinggi, seperti ke Gorontalo, Makassar, Medan, Bengkulu, P. Bangka, Pontianak, Banjarmasin, Bali, dll.

Sayangnya saya harus melepas Sisfo Kampus pada awal tahun 2009. Dan sepertinya Sisfo Kampus tidak bisa langgeng. Jadi ketika domain Sisfo Kampus available, langsung saja saya beli. Saya belum punya bayangan mau diapain domain ini. Tetapi memilikinya lagi sudah menjadi kebahagian tersendiri bagi saya. Seperti sebuah nostalgia yang indah.

Tentu saja saya ingin punya gerakan untuk Sisfo Kampus. Tapi harus berbeda konsep dengan Sisfo Kampus terdahulu. Entah seperti apa konsepnya nanti. Sekarang saya harus bertapa dulu mencari ide.

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Personal dan tag , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Kembalinya Sisfo Kampus

  1. Bagong berkata:

    Ayo tetap semangat mas Dewo untuk gerakan Open Source nya. Ayo bergerak lagi.

  2. Damian berkata:

    Back to the campus bro, btw, oot nih, apakah DVD portable merk xpert bro dewo masih awet & bernyawa gak nih ? hehe

Tinggalkan Balasan

