Menghitung Biaya Prototype Garduino

Proyek Garduino-ku (gardening Arduino) hampir usai. Tadi sore daku membeli pompa air mini, selang, percabangan, kabel-kabel serta soket. Pompa air mini ini biasa digunakan untuk aliran air di aquarium. Nampaknya perlu sedikit modifikasi supaya bisa digunakan di Garduino.

Tidak disadari ternyata dompet jadi tipis. Nampaknya daku perlu menghitung pengeluaran dalam pembuatan prototype ini. Di bawah ini adalah daftar komponen yg diperlukan untuk membuat 1 prototype. Aslinya daku membeli beberapa buah komponen sekaligus, misalnya sensor Soil Moisture sekalian beli 2, tapi yang dihitung di biaya prototype cukup 1 saja supaya kita bisa menghitung biaya 1 prototype.

Item                           JML    Harga
-------------------------------------------
1. Arduino Leonardo              1  299,000
2. Soil Moisture Sensor          1   49,000
3. Temperature & Humidity Sensor 1   69,000
4. Analog Ambient Light Sensor   1   44,000
5. Resistor 60 in 1 Package      1    4,000
6. Arduino Protoshield Kit       1  149,000
7. Relay                         1   30,000
8. Jumper Wires                  1   49,000
9. LED 15 in 1 Package (5mm)     1    6,000
10.Water Pump 15 Watt            1   40,000
11.Selang @1,500                 5    7,500
12.Percabangan Selang            1    1,500
13.Kabel Listrik (utk relay)     1   15,000
14.Female socket (utk ke pompa)  1    5,000
-------------------------------------------
                            Total:  768,000

Lha kok ternyata besar juga biayanya ya? Ini pun sebenarnya belum lengkap karena belum pakai Growing Light (+relay), box, dll.

Sebenarnya mahalnya biaya ini bisa dimaklumi karena ini adalah prototype yang menggunakan komponen lebih mahal. Kita bisa berhemat dengan menggunakan komponen yang lebih ekonomis. Seandainya menggunakan Arduino Nano yang harganya 150,000 pun sudah cukup mengurangi biaya 150,000 bila dibandingkan dengan Arduino Leonardo. Demikian juga dengan penggunaan shield buatan sendiri yang mungkin cuma perlu biaya 50,000. Bandingkan dengan penggunaan ProtoShield yang harganya 149,000. Dari 2 komponen ini saja sudah bisa menghemat 250,000. Lumayan kan?

Komponen lain seperti kabel, LED, resistor, dll bisa dihemat karena belinya banyak sehingga bisa digunakan untuk beberapa unit sekaligus.

Jika pun mau diproduksi masal, mungkin perlu beberapa tambahan komponen seperti box arduino, box untuk relay, socket-socket untuk sensor, power supply, growing light, tambahan relay, dll. Ehm, menarik sih sebenarnya jika bisa diproduksi masal dengan tampilan menarik dan instalasinya mudah dengan panduan yang jelas (kalau perlu dalam bentuk video) sehingga setiap orang bisa memasangnya sendiri di rumah atau apartemen.

Wah, tantangan baru nih, asyik…

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Arduino, Catatan, Dewo, Elektronika, Opini, Prototype, Teknologi dan tag , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Menghitung Biaya Prototype Garduino

  1. Ping balik: Prototype Garduino ala Dewo versi 1 | ♪ Emanuel Setio Dewo ♪

  2. Ping balik: Menerima 4 Paket | ♪ Emanuel Setio Dewo ♪

  3. tusi berkata:

    Mas Dewo, saya sangat tertarik dengan project yang dibuat mas. saya ingin mencoba membuatnya juga. tetapi masalahnya saya tidak memiliki dasar-dasar tentang kontrol atau bahakn elektronika. apakah saya bisa mas? kalo ingin mencoba, apa saja yang harus dipersiapkan untuk itu semua. terima kasih atas bantuannya.

    Salam

    • Minimal mengerti dasar-dasar elektronika & mikrokontroler. Oh iya, saya membuat garduino dengan beberapa versi. Versi yg pertama memang mahal, tetapi dengan desain alternatif bisa lebih murah.

      Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s