Menghemat Baterai BlackBerry

Kemarin saya seharian ikut acara outing ke Transtudio Bandung dalam rangka ulang tahun RS Awal Bros Bekasi. Kalau ada acara seharian begitu, yang bagi saya merepotkan adalah mengelola baterai BB. Saya menggunakan BB Torch jadul yang terkenal keborosan baterainya. Dan saya enggan membawa PowerBank yang bagi saya malah menambah kerepotan sendiri. Jadi saya pun menggunakan metode hemat baterai saja.

Cara saya menghemat adalah:

  1. Menggunakan koneksi 2G saja. Kalau menggunakan 2G + 3G sudah dijamin boros.
  2. Matikan koneksi yg tidak diperlukan, yaitu WiFi dan Bluetooth.
  3. Sedikit bertelepon selama periode penghematan.
  4. Sedikit sms selama periode penghematan.
  5. Sedikit menggunakan kamera. Jika pun menggunakan kamera, sebaiknya tidak mengaktifkan blitz.
  6. Mengecek bbm secara periodik bukan setiap kali ada pesan masuk langsung baca. Saat membalas juga sekalian ke beberapa kontak. Saya mengecek lampu penanda jika ada pesan masuk setiap 5-10 menit. Jika LED menyala merah, berarti ada pesan masuk dan saya membuka & membalasnya. Setelah membalas segera lock screen supaya hemat penyalaan backlight.
  7. Pasang status yg mengindikasikan kalau kita sedang dalam perjalanan atau di luar kantor. Bisa juga pasang status busy sehingga mengurangi upaya kontak dari pihak luar.

Hasilnya luar biasa. Pagi hari jam 05:00 kurang saya cabut charger dari BB ternyata baterai bisa bertahan sampai jam 21:00. Berikut posisi baterai saat saya capture sekitar jam 19:30. Pada foto kapasitas baterai tersisa 15%.

Sisa 15%

Sisa 15%

Bagi saya ini sebuah rekor tersendiri bagi BB Torch jadul saya. Soalnya selama ini BB saya cuma bertahan kurang dari 6 jam untuk pemakaian intensif.

Yang saya perhatikan selama outing kemarin, banyak teman-teman membawa PowerBank. Yang tidak saya sangka, rupanya di bis disediakan colokan listrik. Sayangnya kemarin pada rebutan untuk dipakai nge-charge BB/Hape teman-teman. Sedangkan saya bertahan menggunakan strategi hemat baterai walau pun sebenarnya saya membawa charger dan hape cadangan.

Iklan

Tentang Emanuel Setio Dewo

Tumbuh, Berkembang, Berbuah...
Pos ini dipublikasikan di Catatan, Dewo, Gadget, Tech Talk dan tag . Tandai permalink.

5 Balasan ke Menghemat Baterai BlackBerry

  1. jarwadi berkata:

    kalau sedang ingin baterai hemat bb karena misalnya sedang bepergian jauh, saya mematikan beberapa email yg saya push ke bb, saya hanya nge push email yang benar benar penting saja, kondisi normal saya menarik 8 an akun email 😀

  2. Lidya berkata:

    ooh ternyata 3G ngaruh ke batere ya

  3. Ping balik: Stupidphone Nge-Charge Smartphone | Emanuel Setio Dewo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s