Review: Indosat 3G Broadband

Tulisan ini masuk ke dalam kategori Blogger’s Test & Review. Bagi vendor yang ingin me-review produknya dapat menghubungi Dewo (0819 3250 9003) atau Lina (0819 3250 9001).

Baru malam ini saya sempat menuliskan review koneksi Indosat 3G Broadband ini. Padahal saya sudah menggunakan koneksi nan gegas ini hampir seminggu.

Sebenarnya saya agak bingung dengan tulisan-tulisan yang tertera di paket Indosat 3G Broadband yang saya terima. Di paketnya tertera banyak sekali tulisan “3G”, tetapi di kartunya tertera “3.5G”. Lalu mana yang benar, 3G atau 3.5G?

Maklum, kedua istilah ini menunjukkan kecepatan yang berbeda. 3G dengan jaringan UMTS secara teoritis mampu menghantarkan data dengan kecepatan 384 Kbps, sedangkan 3.5G dengan jaringan HSDPA mampu menghantarkan data sampai 3.6 Mbps. Bahkan sekarang kecepatannya mampu mencapai 7.2 Mbps untuk download.

Nah, dari pada bingung, lebih baik kita coba saja kecepatannya secara langsung. Pengetesan kali ini masih mengandalkan pengukur kecepatan dari SpeedTest. Tetapi agak berbeda dengan test yang sudah-sudah, kali ini saya tidak menggunakan Ubuntu dengan K530, tetapi menggunakan Windows XP dengan Sony Ericsson G502 sebagai modemnya. Penggunaan G502 cukup tepat karena ponsel ini sudah dapat memanfaatkan jaringan HSDPA sehingga saya bisa mengetes kecepatan maksimal paket Indosat 3G Broadband.

Yang masih sama dengan tes-tes yang lalu adalah Lenovo-nya. Tadi siang mau mengetes dengan Acer 6292 tapi ternyata plugin Flash di Firefox tidak bisa jalan dengan baik. Kayaknya saya salah instal pluginnya. Maklum, di Ubuntu ada beberapa pilihan plugin Flash. Kapan-kapan deh dibenahi lagi.

Dengan paket unlimited, saya tidak segan-segan mengetesnya berkali-kali. Beda dengan saat mengetes koneksi Axis mau pun Fren. Kali ini saya tidak khawatir kantong jebol.

Saya sudah mengetesnya di 2 lokasi, yaitu di Mangga Dua Square dan di Tanjung Duren. Di kedua lokasi ini sinyal 3G terdeteksi full 5 bar. Sayang hasil tes angkanya sangat fluktuatif. Naik-turun tidak stabil. Bahkan kesenjangannya cukup jauh. Di saat sial saya cuma mendapatkan kecepatan 200an kbps download dan 100an untuk upload.

Berbeda dengan ketika saya menggunakan Axis atau pun Fren yang relatif stabil angka-angkanya. Gemingan angkanya cuma sedikit di Axis dan Fren. Tapi Indosat 3G benar-benar jauh jaraknya. Mungkin karena rasio share-nya terlalu tinggi. Jika demikian, maka bisa jadi paket ini sedang laris-manis dipakai oleh banyak orang.

Dari hasil tes beberapa kali, saya mendapati angka terbaik sebagai berikut: 611 kbps untuk download dan 254 kbps untuk upload.

Menurut saya kecepatan ini sudah cukup cepat. Bahkan sudah melampaui barrier 384 kbps untuk download. Sayang kecepatan uploadnya mentok di 254 kbps. Kurang lebih rasio kecepatan download:uploadnya adalah 2:1. Cukup bagus menurut saya, karena koneksi alternatif yang lain rata-rata rasionya 4:1.

Bandwidth Meter Dari Indosat 3G

Untuk melengkapi tes, saya juga mencoba menggunakan utility test yang disediakan oleh Indosat 3G, yaitu di Bandwidth Meter. Beberapa kali saya menggunakan utility ini dan hasilnya membuat saya kecewa karena kecepatannya di bawah 150 kbps.

Bahkan setelah beberapa kali mengetes, hasil akhir dari beberapa tes membuat saya melongo karena hasilnya adalah 68.36 Mbps. Angka yang benar-benar luar biasa. Atau angka yang benar-benar ngawur? Saya sampai menekan link “Ulang” beberapa kali untuk memastikannya. Dan akhirnya saya benar-benar pasti bahwa hasilnya adalah ngaco.

Saya sampai bolak-balik menggunakan Firefox dan IE. Hasilnya selalu sama, pertama-tama angkanya 40.96 Mbps dan selalu berakhir tragis di angka 68.36 Mbps.

Jelas saja saya tidak percaya dengan angka ini karena kecepatan tercepat 3.5G masih di kisaran 7.2 Mbps. Hem… ada yang salah dengan alat pengukur kecepatan dari Indosat ini.

Penutup

Dengan harga berlangganan cukup murah, yaitu Rp 100.000, kita sudah mendapatkan paket unlimited 3G. Konon kecepatan akan diturunkan menjadi 64 kbps ketika pemakaian data sudah melampaui 2 GB. Mirip-mirip dengan kebijakan yang diterapkan oleh kompetitornya, yaitu Telkom Flash.

Dari pengalaman menggunakan beberapa hari ini, saya merasakan adanya delay yang cukup mengganggu ketika koneksi beralih dari status idle ke hidup kembali. Dan delay ini cukup terasa mengganggu. Bahkan beberapa kali harus refresh untuk memaksa supaya koneksi lancar kembali. Tapi begitu koneksi sudah up, kecepatannya cukup bisa diandalkan.

Solusi yang cukup dapat dipertimbangkan.

118 pemikiran pada “Review: Indosat 3G Broadband

  1. Sayah jugak belom pernah nembus angka keramat ituh boss…
    Rada ngawur emang kayaknya.

    Betewe, Indosat ada aplikasinya buwat mbikin makin ngacir. Tapi cuman cocok buwat mbaca-mbaca ajah. Soale gambar ndak isa tampil….

    :mgreen:

  2. Oiya…
    Ituh dengan 600 kbps kayaknya boss Dewo cuman dapet 3g ajah.

    Kalok dapet HSDPA (3.5G) nya bisa lebih ngebut boss. Cuman sayang nya, kayaknya signalnya mingsih terbatas banget deh…

  3. @ Bro Mbelgedez,

    Iya, Bro, namanya Indosat Accelerator. Cara kerjanya dengan meng-kompres data. Ini link-nya:

    http://3g.indosat.com/accelerator/

    Mekanisme ini memang sangat bermanfaat untuk data yang berbasis text dan kurang maksimal untuk data gambar, audio atau video.

    Sebenarnya kecepatan 600an kbps itu sudah masuk kategori 3.5G, hanya saja belum menggapai kecepatan maksimal. CMIIW.

    Salam.

  4. Boz, mau nanya neh…
    Kesimpulannya bagusan mana? Telkomsel Flash apa Indosat 3.5G??
    Bos Dewo di Jakarta tinggal di mana? Sabtu – Senin kemaren aku di Jakarta, di daerah Salemba.

  5. @ Dear Bro J4p,

    Wah, ke Jakarta kok ndak bilang2? Kan bisa gantian aku yg traktir 😀

    Sayangnya saya belum mencoba Telkomsel Flash. Siapa tahu Telkomsel mau memberikan sample untuk review 😀

    Salam.

  6. @Bos Dewo #5
    Sorry bos, ndak kepikiran mau ngrepoti sampeyan 🙂
    Lha wong janjian sama bos uMbel aja terpaksa saya batalkan sepihak.
    Saya bener2 buta jalan di Jkt. Udah gitu temenku yang janji mau nemenin jalan2 malah ada acara keluarga mendadak yang tidak bisa ditinggalkan. Jadinya ya ngaplo di Jkt 😀

  7. Bos Dewo, gimana sih cara pake indosat accelerator saya coba-coba kok dapetnya selalu service not available padahal apn saya sudah indosat3g.

  8. Mas dewo, saya udah nyobain indosat 3G unlimited ini.. tp kok lemotnya minta ampun ya..
    Apa karena Hape yg saya pake blm 3G.. msh pake yg GPRS biasa? Soalnya setiap mo buka situs utk donlot kyk youtube gitu.. videonya gak bisa kebuka..
    Dan beberapa situs donlot yg lain kyk diblock.. gak bs kebuka sama sekali..

  9. @ Dear J4p #8,

    Hihihi… ya sudah, lain kali ya? Semoga sempat main ke Jakarta lagi.

    Salam.

    ~~~

    @ Dear BaruCobaIndosat3G,

    Harus ada perubahan setup di koneksinya, Bro. Di setupnya harus di-centang tanda kompresinya. Tapi menurut Indosat, Acceleratornya ini hanya berfungsi untuk APN indosat3.5G. Sedangkan APN indosat3g belum bisa menggunakannya.

    Salam.

  10. @ Dear Dhiena,

    Kalau hape-nya masih GPRS/EDGE, koneksinya emang lemot karena kecepatannya cuma 32 s/d 64 kbps. Untuk membuka Youtube pasti akan menderita.

    Lebih baik pakai hape 3G dan kemudian aktifkan pemilihan jaringan 3G-nya. Dengan jaringan UMTS (3G), secara teoritis kecepatannya mencapai 384 kbps. Sedangkan jika HSDPA (3.5G) kecepatannya mencapai 3.6 Mbps, bahkan bisa sampai 7.2 Mbps jika operator mendukungnya.

    Salam.

  11. Tanya boss Dew:

    1# Apakah Indosat 3G juga menerapkan jebakan2 yang meledakkan billing? Maksudnya seperti tipuan APN yang diterapkan Telkomsel untuk merampok pelanggannya?

    2# Gimana performa di luar area 3G? saya ada rencana memakainya di sumatra pedalaman yang cuma ada GPRS.

    3# Bisa dipakai nelpon & SMS juga tidak? Saya ada rencana mengenyahkan Kartu HALO dari posisi kartu utama.

    terimakasih 🙂

  12. @ Dear Guh,

    1. Tidak ada jebakan kok. Soalnya ini unlimited. Cuma kecepatan akan turun jadi 64 kbps kalau quota 2 GB terlampaui.

    2. Performa di luar area 3G tentu menyedihkan secara kecepatannya cuma 32-54 kbps (GPRS). Untuk situs2 WAP, cukuplah kecepatan segitu. Tapi kalau full multimedia pasti akan bikin menderita.

    3. Bisa dipakai nelpon & SMS kok. Cuma saya belum tahu tarifnya ngikut perang murah-murahan atau engga. Soalnya belum dapat tagihannya. Hehehe…

    Terima kasih kembali.
    Wah Bro Guh mau ke pedalaman lagi? Jangan dalam-dalam ya? Hehehe…

    Semoga jawaban ini dapat membantu. Salam.

  13. Bos, kemarin habis coba memperkosa Indosat 3.5G punya temen. HP yang dipake adalah HP HSDPA sejuta umat (ceile…) SE G502.
    Di Kudus speed Indosat JAUH LEBIH KENCENG dibanding Telkomsel Flash!! Sama2 sudah HSDPA, punya Indosat bisa sekitar 1Gps. Maklum, kita memperkosanya rame2 😀
    Baru dipakai sekitar 3 jam, limit 2Giga hampir terlampaui… 😀

  14. saya jg pelanggan indosatm2 dan uda 1 thn kl ga sala.
    saya make yg paket “you” dan bukan unlimited, tapi classic..
    *kl classic ga ada batas pemakaian dan ga ada kurang2in speed, tapi ya tagihan bisa bengkag kl overquota. kl unlimited kecepatannya ga bakal sampe 3.6Mbps kecuali yg pake pro keatas.. cmiiw
    *

    mw sdikit sharing aja tentang speednya indosat..
    saya sempet dikejutkan dengan download speed nya indosat,,
    yaitu 300an KBps (1Byte = 8bit).
    itu tu pas lagi streaming2 video (tapi itu beberapa bulan yang lalu).
    dan merasa sangat puas dengan kecepatannya indosat ini..
    dulu sempat ngukur dengan speedtest.net juga hasilnya download speed 1.6Mbps kl ga sala, kl upload nya lupa..

    tapi sekarang ga tau kenapa kecepatannya lemot abis..
    paling hanya dijam-jam tertentu saya bisa mendapatkan kecepatan seperti yg pernah saya dapat dulu (jam12 malem keatas).

    peningkatan trafiknya kyknya gila2an, sampe bikin saya kesel dengan koneksi internet yang dulunya saya elu-elukan karena hsdpa yg bener2 high speed ini..
    hehe.
    tampaknya indosat uda harus nge-upgrade infrastruktur jaringannya nih..

  15. bos, saya jg pake indosat 3g broadband udah 3 minggu
    memang bener ya kalo setelah 2gb ada penurunan speed?
    soalnya kerasa banget

    yang tadinya di speedtest.net download 3366kbps sekarang cuma 50kbps..
    padahal waktu saya ambil paket ini SPG-nya bilang kalo indosat gak ada penurunan speed.

    maklum, sebelum milih indosat, saya udah ke telkomsel dulu utk tanya2 dan kalo mereka emang ditulis ada penurunan speed

    alasan utama saya waktu itu gak ngambil tselflash juga karena ada penurunan speed.

  16. Saya sudah pakai paket paling murah (99ribu) Indosat 3G Broadband Unlimited.

    Saya pakai Handphone 3G untuk koneksinya, sebelumnya saya bisa download dengan kecepatan sekitar 48KiB/sec.

    Anehnya kok belum 2 GB speed downloadnya malah turun dan mentok di sekitar 128kbps (16KiB/sec) ya… Saya cek dengan program DU Meter sejak pertama kali pemakaian. Apa sudah ada perubahan paket dari indosat?

    Pengguna lain bagaimana?

  17. (Need help) Mo tanya donk.sy pake indosat3g & g502 sbagai modem.tp ps connect ke komp via bluetooth kok kec cm 115 kbps y? Dan connection passwordnya otomatis tersetting 16 digit bukan 7 digit (indosat).knapa y?

  18. Numpang bagi pengalaman 🙂
    Saya pakai indosat 3g broadband dan modem huawei E220 serta ubuntu hardy untuk OS nya kecepatannya nggak nyangka cepat banget broo , bisa dilihat diblog saya http://dhanyabe.wordpress.com
    telkomselflash kalah jauh aku juga sudah pakai keduanya lalu bandingi telkomsel ama indosat
    telkomsel kalah telak nih pengalaman pribadi aja 🙂

  19. dear…

    saya neh pengguna indosat 3g broadband…
    saya masih kurang paham dengan ini…

    saya mencoba speedtesnya di speedtest.net dan disana tertera

    upload=331 kb/s
    download=5076 kb/s
    ping= 131 ms
    distance = 400 mi

    nah pada intinya saya mencoba buat maen game dota dan ternyata ga bisa masuk ke indogamers publik…

    tolong jawab yach bro..
    thanks

  20. saya pengguna indosat 3G jg, baru pake sebulanan ini….
    selama pemakaian saya merasa tidak puas dengan layanan ini…
    jaringannya selalu trganggu aplg klo hari ujan….saya jg dpet info klo misalnya jaringan tlpn lg padet , jaringan intrntnya juga ikutan lemot…*bner ga yach???
    trus disaranin pke indosat m2…apa yach bedanya m2 sama 3G? lebih baik pke yg mana yach?? alsanny apa??

    tolong d jawab yach…hehe

    thnx a lot… ^^

  21. Wah koq saya malah beda ya? Telkomsel malah jauh lebih unggul dari Indosat. Saat ini saya masih pakai dua-duanya, karena mau putus dg telkomsel masih ragu, faktanya di macbook saya telkomsel flash masih kenceng, sementara indosat mau saya bubarkan juga ragu2 karena banyak org memberikan review bagus. Jangan2 saya salah setting. Saat ini saya pakai modem huawei e220

  22. lam kenal mas..aku dah nyoba pake broadband..awal2 nya si ngacir tp setelah quotanya di naikin malah jadi lemot banget 😦

  23. Mas, tanya dong..
    Kalo saya di ubuntu hardy bisa konek via mentari dengan hp nokia e51, skrip wvdial-nya seperti ini:

    [Dialer Defaults]

    Init1 = ATZ
    Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
    Init3 = AT+CGDCONT=1,”ip”,”indosatgprs”
    Init4 = ATM0
    Modem Type = USB Modem
    SetVolume = 0
    FlowControl = CRTSCTS
    Modem = /dev/ttyACM0
    Dial Command = ATDT
    Baud = 460800
    Stupid Mode = 1
    Password = indosat
    Username = indosat@durasi
    Phone = *99***1#

    Tapi, ketika saya ganti pake chip indosat3g broadband kok gak konek ya mas..
    indosatgprsa dah diganti indosat3g, password dan username dah diganti “indosat” nomor phone dah diganti *99# tapi tetep gak konek, saya coba balikin phone ke *99***1# juga gak konek, kira-kira ada salah dimana ya mas?
    thanks berat.

  24. kalo dicikarang kadang sinyalnya berubahubah bisa 3G kadang 3.5G. (LGKT610)
    Pernah update AVG 5MB hanya 1 menit limayan cepat’ tapi setelah seminggu terasa lemot juga.

    Sepertinya masaih lebih stabil speedy

  25. gw make br seminggu…emang kenceng bener malah dapet 2200kbps atau klo gw donlot bangbus rata-rata 275KBps WaW!
    mantaff emang ISAT…
    sapa nyusul

  26. mas mau nanya nech…..
    hape aku SE k630i….. kira-kira kalo bwt modem indosat 3.5G, speed data nya bisa bagus gk ya…? emang sih disini jaringan 3G nya bagus…. tapi kadang-kadang kalo bwt online suka nge-hang….

  27. @ Dear Ozie (#36),

    SE K630i bisa dibuat modem kok. Bisa cepet karena K630i telah 3G. Lebih baik memang jika K630 dijadikan modem & browsing dilakukan di kompie/nobie. Soalnya kalau browsing langsung di K630 menjadi sangat terbatas, baik tampilan, kekuatan prosesor mau pun memorinya.

    Salam.

  28. Pak Bagaimana caranya mensetup modem USB 3.5 G Indosat merek SpeedUp Su 8300U di Kubuntu/Ubuntu 8.04 atau 8.10?

  29. saya kemarin udah daftar indosat broadband, dan ternyata saya cuma perlu registrasi aja tanpa ngeluarin biaya apapun….
    tapi saya masih bingung cara seting di komputer saya….. user guide yang saya dapat dari CD kurang lengkap sedangkan saya pake system windows xp sp2 di komputer saya….. mohon bantuan nya mas….. dan satu lagi…kira-kira modem yg pas buat indosat broadband….? dan berapa harganya…?

  30. kok saya ga puas ya??
    udah sebulan ini pake, bbrapa minggu trakhir ini susah skali dapet sinyal…
    seringnya bener2 blank dan ga bs connect..
    padahal saya di daerah cempaka putih lhow..
    saya pikir jaringan disini bagus..
    ternyata…parah banget…
    ato knp ya??

  31. Halo

    numpang lewat dan salam kenal mas, lagi search informasi tentang indosat broadband nyasarnya kesini… mo nanya soal penggunaan HP sony ericsson sebagai modem. Apa klo digunakan dalam waktu lama (berjam-jam) HP nya bakal cepat rusak yah?
    denger dari kawan, klo HP SE kurang bagus untuk dijadikan modem (apalagi untuk sambungan unlimited seperti ini)
    Mungkin ada yang bisa share pengalaman? makasih sebelumnya

  32. @ Dear Bimz (#42),

    Salam kenal.
    Kalau keawetannya sih aku belum tahu. Secara soner-ku belum rusak 😀

    Tapi terkadang kalau kelamaan jadi macet. Kadang jadi hang. Tapi setelah di-restart oke lagi kok.

    Salam.

  33. @ Bimz

    kebetulan gw pake samsung, sgh z-170.. dia hp 3g..
    dan untuk pake indosat3g yang 100rb uda cukup, karena speednya max 256 (3g kan sampe 384)..
    nah, gw udah test ol dari jam 8 malem ampe 4 pagi hpnya lancar2 aja…sempet putus 2x karena sinyalnya sempet drop..n speed nya aku bisa dapet ampe 40 lebih dikit..
    mayan juga..soalnya sinyal 3gnya cuma dapet 4 dari 7 bar

  34. Saya sudah pakai modem huawei e220 juga pakai telkomsel flash+indosat unlimited. Beruntung saya selalu dapat sinyal hsdpa full bar utk keduanya, menurut saya telkomsel masih bagus ketimbang isat unlimited. Tsel download selalu stabil di 40KBps walau batas kuota 2giga habis, sedang isat saat kuota 2giga emang downloadnya kencang bgt 0,5Mbps, setelah abis kuota cuma dapat 10KBps. Tagihan bulan kedua isat download hanya dapat maks.40KBps abis kuota 2giga balik lagi ke 10KBps. Kalau yang sering download saya sarankan Tsel yang cuma browsing2x pakai Isat unlimited

  35. saya di surabaya, pake modem huawei e220, pake isat unlimited 100 rb. Ammmpppuuuuunnnnn… ngga stabil bangggeeeddddd. ping aja sering RTO ke yahoo.com, sering juga aneh.. ping ke yahoo kisaran 300 – 400ms tapi browsing ngga bisa, malah konek ke YM aja susahnya minta ampuuunn.. padahal dah niat dihati, kalo yg 100 rb bagus,.. mo upgrade ke yg 300 rb. kalo liat gini.. urung deh.. mending pake telkomsel flash unlimited.

  36. saya dicilacap pakai indosatm2 dgn modem SE k630i speed 480 kbps terus saya ganti dengan membeli modem indosat3g speednya berubah menjadi 3,6Mbps padahal ambil paket broom unlimited 100rb/bln.
    coba aj deh…

  37. numpang nanya neh !
    saya pake hp sonyericsson type w950i sebagai modem untuk akses internet 3g indosat broadband.
    ko lemot ya ?……….
    trus kecepatanya ko cuma 46 kbps !
    knapa ya ?
    mohon solusinya ?

  38. Akal-akalan provider juga sih.. seolah masih promo.. padahal mereka udah balik modal trus tinggal cari untung pura-pura murahin harga. tapi buat apa kalo lemot ? cuma bikin sakit kepala.. jantung deg-degan.. tekanan darah naik..
    tambah kantong bolong.. JANGAN MAU DIBODOHI OPERATOR-LAH. Kita konsumen yang layak. Negara Dah lama merdeka. Udah saatnya Semua merasakan internet.

  39. numpang nanya,,,
    saya udah pake indosat 3g sekitar 2 mingguan
    tadinya bisa nembus angka 7,2 MBps
    tapi setelah itu cuma 53.5 KBps
    masih blmngerti di akibatkan dari apa yah penurunannya,,
    kalo dari pemakaian yang 2GB belum sampe segitu pemakaiannya?
    thanks…

  40. ya namanya aja indosat BROADBAND, jd gampangnya gini.
    klo di sekitar BTS nya indosat ada 1 orang, ya bs dapet kecepatan 3.6 Mbps, tapi klo ada 10 orang yg akses secara bersamaan masing2 dapet 360KBps … jd dibagi rata ama jmlh pengaksesnya. Prinsipnya SALOME : satu lobang rame2.

  41. @ iroel, saya baru beli kartu isat unlimited dan saya juga pake
    huawei e220..tapi saya ga tau settingnya.. boleh minta setting APN, Password, dll ga?

    trims..

  42. Mas, salam kenal nech
    Saya baru pake skitar 1 minggu 3G indosat yg unlimited 300rb, yg kalo sudah mencapai quota akan turun speednya menjadi 512kBps, awal2nya okeh bgt rata2 download pake DU meter kliatan 1.05 Mbps, cuma beberapa hari ini saya hanya dapet under 10kBps..sedih nga sech..oh iya saya pake modem bandluxe c120, OS windows Xp. Nah pertanyaan saya berapa ya kira2 kecepatan yg mungkin bisa saya dapat jika turun menjadi 512 ? Padahal HSDPA kadang EDGE, signal 4 bar…bisa tolong Mas advisenya ? thanks before

  43. Wah Indosat 3G nih payah, masa gue dah daftar tgl 28 Oktober di BEC Bandung,sampai sekarang tgl 11 Nov kagak aktif aktif, katanya cuma 5 hari, emangnya perlu berapa hari ya untuk aktif ?, nyesel gue, tau gitu yg lain aja…..

  44. lha apa bedanya APN: indosat3g dan indosatm2 ??
    apa kartunya beda ??
    kecepatannya ??
    Gw sekarangsih pake IM2, tp gk pernah nembus 200 kbps …
    dulu pake T-Flash pernah nembus 3 mbps tp skrng lemotnya minta ampun!!!!

  45. Btw nih wa dah bulan k2 langganan Indosat Broadband, wa langganan yg 256Kbps.

    nah d paket langganan wa kan Unlimited dengan catatan 256Kbps (2Gb) setelah 2Gb maka kecepatan jadi 64 Kbps,

    waktu bulan pertama si Oke2 aja nih wa pake, wat Download bisa tembus 200Kbps ++

    yg jadi masalah pas udah masuk bulan ke-2 di LOG PCsuite wa kan keliatan tuh wa udah ngakses data berapa besar, wa udah ngakses 4GB++

    berdasarkan catatan bahwa Pemakaian setelah 2GB maka kecepatan menjadi 64 Kbps, tapi wa Test pake Tester kok cuma 32 Kbps dan kecepatan rata2 4.4 kbps.

    kok bisa ??

    yg wa gak ngerti,
    Pemakaian tiap bulan klo udah lebih dari 2GB klo dah masuk bulan berikutnya bakal balik ke 256Kbps apa kaga ni.

  46. om tolong di reviewin dong cara mengkoneksikan indosat 3.5G broadband ke dalam PC menggunakan ponsel samsung. soalnya saya masih bingung dalam proses pengaktifan nya. tq sebelumnya

  47. Pa’De tolong di bantu gitu. Setelah lewat limit 2GB sinyal HSPDA nya ga dapet lagi ya? sekarang jadi GPRS Indosat. Jadi LEMOT banget nih sekarang. Merasa di TIPU neh…

  48. @ Dear Ilndra (#60),

    Wah sayangnya saya tidak punya ponsel Samsung, jadi belum dapat membuat reviewnya. Kecuali jika ada yang mau meminjamkan ponsel-nya untuk direview.

    ~~~

    @ Dear Rama (#61),

    Setelah lewat 2 GB sinyal HSDPA-nya tetap dapat. Tetapi kecepatannya saja yang diturunkan.

    Oh iya, sinyal HSDPA ini tergantung lokasi, apakah di lokasi tersebut ada BTS HSDPA-nya atau tidak. Kalau tidak, maka tidak akan dapat sinyal HSDPA.

    Salam.

  49. @ Dear Irest (#63)

    Kalau quotanya sudah terlampaui, maka kecepatannya memang diturunkan. Saya belum punya cara agar supaya kecepatan tetap cepat walau pun sudah melampui quota.

    Mungkin ada pembaca lain yang mau membagikan rahasianya?

    Salam

  50. Mas, saya kok pas konek ke PC, menggunaka PC Suite dengan kabel data, ada gagal yah mas? Suruh start ulang, sepertinya kayak gak ada drivernya gtu mas. Itu knapa ya mas?

  51. Indonsat3g tipu banget, baru awal bulan sudah abis bandwidth 3.5GB .. gila ngak.. unlimitednya nipu, kelebihan bulan lalu dihitung pada awal bulan depan. Sudah bayar mahal untuk akses lebih cepat eh.. malah ketipunya lebih banyak

  52. Indonsat3g tipu banget, baru awal bulan sudah abis bandwidth 3.5GB .. gila ngak.. unlimitednya nipu, kelebihan bulan lalu dihitung pada awal bulan depan. Sudah bayar mahal untuk akses lebih cepat eh.. malah ketipunya lebih banyak

  53. Pake Indosat 3G Baru pertama Buka Segel Aja Udh Lemot Ngak Karuan dengan Modem SE M600. Pengen Beli Modemnya 3.5G Sierra 875 Jadi Mikir2 Lagi Nich. Mendingan Kembali Menggunakan Starone Lagi Aja Dengan Modem N6235 Biarpun 4500 1 Jam Udh Puas Kok.

  54. pengalaman pake indosat, awalnya memang cepet, tapi sekarang parah abis. koneksi tidak stabil, sering banget rto, udah jelas kalau dipake game online tidak favorable. kalau dipakai download masih agak mending, tapi seringkali udah sampai 99% tiba-tiba rto beruntun 10 kali, jadinya pasti putus.
    udah seperti itu, saat ini saya pakai yang quota dengan pertimbangan speed tidak terganggu, nyatanya belum sampai 1 gb saja speed download sudah drop sekitar 40KB –> lebih parah dari speedy…..

    kesimpulan, kalau indosat ga ada perbaikan, mending ditutup dah, suram…..

  55. Gw pake indosat 3G unlimited yg Rp 100rb/bln,koneksinya menggunakan Hp sebagai modem,dan access yg gw pakai via gprs,walaupun sering lambat & DC tp buat gw lumayannn…dehh…dr pada kewarnet

  56. eh.. skrg Indosat Bandwidth Test udah ‘sehat’ lho..!! udah bukan Mbps lg, tp udah Kbps.. ^.^
    oiya, Indosat 3G Broadband unlimited sama IM2 Broom unlimited bagus mana siy..?? thanx 4 the answer..

  57. Aku dah sakit ati ama indosat.
    Pertama pake Indosat 3,5G Broadband pada saat promosi, truz dapet perdananya. Setelah 3 hari akhirnya aktip juga. Setelah aktip sih seneng2 aja, tapi belom nyampe 2 minggu smuanya berakhir. Pihak indosat tiba2 memblokir kartuku dengan alasan gagal verifikasi. Emang sih aku salah karena pake identitas temen. Soalna ga bawa KTP. Akhirnya harus berhenti berlangganan tapi harus membayar penuh tarif 100 ribu meskipun dipake kurang dari 2 minggu.

    Setelah buat KTP aku daftar lagi ke indosat, tapi aktivasinya jadi luama buanget… Seminggu lebih sehari baru bisa aktip. Tapi sama kayak sebelumnya, sebelum 2 minggu diblokir lagi karena gagal verifikasi. Indosat melakukan verifikasi dengan menelpon pelanggan dan mencocokkan identitas yang ada dengan identitas yang dijawab. kalo ada yang beda, langsung dblokir. Saat pemblokiran kedua, alasannya sangat gak bisa aku trima. Saat indosat telepon, aku lagi ujian, jadi ga aku angkat, setelah itu langsung main blokir gitu aja. Gimana gak sebel tuh!

    Aku gak mo bayar ah ntar. Pokokna udah sebel!
    Indosat tidak memperhatikan kepuasan dan kenyamanan pelanggan. Indosat hanya memperhitungkan bisnis. Aku males bolak balik ke galery. Emang ga da kerjaan lain apa! Apa artinya tarif murah kalo gak puas! Aku ngenet pake hotspot kampus aja lah.

  58. sebenernya aku gak mau komen, emang indosat 3.5g tidak stabil, tapi kalo lagi OK kita dapet kecepatan download maksimal. Paling parah sama kasus IDLE nya, mesti DC dan Conect kembali baru bisa akses. Sama SMTPnya itu yg bikin BT (smtp.mystarone.com) sering susah aksesnya….

  59. Hasil yg saya dapat juga serupa.
    Tertulis sekitar 50Mbps, pada kenyataan di
    http://resources.zdnet.co.uk/speedtest/
    hasilnya, hanya 87kbps beberapa saat kemudian.
    Padahal, saya menggunakan layanan yg 900rb/bulan krn masih gratis. Indosat melakukan penipuan besar2an??
    Kesimpulan: HASIL BANDWITH TEST INDOSAT SALAH TOTAL
    Thx for the review.

  60. Keterangan tambahan:
    saya tidak menggunakan handphone modem, melainkan hsdpa modem yg disarankan oleh Indosat.

  61. Bkakiikikiki….
    Saya hanya bisa terkagum kagum dgn speed ratusan kbps….
    Di tempat saya, saya test pke speedtest.net, max download 30kbps, upload 14kbps….
    Kalo buat donlot beneran, paling POL 8kbps…………………..

    Itupun di siang hari ngga mau nyambung……. maklum, GPRS, bkikiki
    Pasrah aja….

  62. wew.., bro., w udh pke indosat 3g brdband.., pemakaian ny udh lebih dr 2gb.., spedd awal w cma dpt 54kb doank.., truz skarang di pazz lbh dr 2gb speed ny trun beud.., jd 16kb.., jd malez make ny.., mana ping latency ny gde beud ampe 3200+ jd kga isa maen game dah.., swt

  63. Kok setelah hampir 1 bulan gw pake ne kartu koneksinya sering down..

    untuk Yahoo Messenger saja sering sekali sign out dan terdapat delay waktu yg cukup lama ketika mengirim pesan.

    Berbeda sekali dengan pada saat minggu pertama digunakan padahal kuota pemakaian gw baru 600MB so ga mungkin kan ada penurunana kecepatan.

    Kenapa yah??
    Thx

  64. aduuuh pusing nih..
    saya jg pake broom unlimited, berdomisili di cimanggis depok. seminggu kemarin (12-16 jan)jaringan saya blank sama sekali. setiap kali connect selalu dibilang error. awalnya saya pikir apa hp saya kepencet2 wkt disimpan di dlm tas sehingga setingannya berubah(saya memakai soner k630i sbg modem), namun secara ajaib pd jumat 16 jan mlm wkt saya iseng2 nyoba ngebrowsing lagi.. eh dia nyala kenceng trus hari ini senin mati lagi.. jaringan yg aneh..

  65. Emang bner da yang cepet da yang lemot. Sayangnya saya kbagian yang lemot. Saya baru pake 3,5G indosat kurang dari 1 bulan blom pernah sampe 3mbps bahkan 256kbps pun tidak pernah. Modem saya W660 dan yang terdetect di SE PC Suit cuma 115kbps tidak seperti yang di promosikan (256kbps) dan saya cek di Speedtest.net paling tinggi 120kbps. Padahal saya tinggal di jakarta yang notabene nya sinyal 3G paling bagus namun hal itu tidak terjadi pada saya. hiks..
    Please Help Me….

  66. Setelah aktivasi kartu indosat 3.5G gw langsung test kecapatannya. pakai modem Nokia N70(UMTS) ternyata kecepatannya kisaran dari 30 s/d 268 kbps utk Down. dan 10 s/d 25 kbps .kecepatan relative tergantung waktu nya .Gw test di daerah plumpang.karena kurang puas gw coba pake modem SE K630i (HSDPA)Ternyata ada peningkatan sekitar 40 s/d 510 kbps Utk down dan 39 s/d 115 utk Up.
    Gw mau tanya..udah ada belum yg ngetes..dengan modem G705 yg katanya sudah pakai HSUPA (diatas HDSPA)..kira berapa ya kecepatannya..??? mgkin ngga lebih cepat lagi…

  67. Buat deny..kecepetan 120 kbps itu udah lumayan menurut aku..dengan modem W660 (UMTS)..sayang ngga nyebutin jakarta mana.karena walaupun jakarta sekalipun punya kekuatan sinyakl yg berbeda..

  68. mw nany cl msle broom unlimited yg max 256kbps dengan pake modem 3g sm modem 3.5g
    kira2 kcepatanny bda g’

    trimz

  69. Akhirnya penderitaan INDOSATM2 3,5G selesai sudah…

    Setelah 4 bulan menderita, saya putuskan kontrak layanan meskipun terikat kontrak layanan pembelian modem dengan alasan yang teman2 tau…

    Tinggal dateng aja ke galeri indosat, dibalikin modemnya (full set)… terminate deh…

  70. Telkomflash saya masih lumayan mas Dewo, kalo dapet 3G bisa tembus 239 kbps (DL) dengan meternya 3G.indosat.com/bandwidth. Dan kalo pake speedtest.net bisa 260 kbps (DL). Untuk Upload sekitar 50 kbps.
    (lokasi di jogja)

  71. sekarang malah telkomsel flash yang “NGGENDERO”.soale pade pindah ke Indosat “blueband” alias Indosat “lembek”.

  72. Indosat mang katro..bro. Dulu awal2 kenceng banget sekarang kayak kuya lemotnya. Dulu kalo dah kecekek masih bisa ditweak ini-itu..skrg kalo dah dicekek kagak bisa diapa-apain lagi. cape dee..mending pindah emang.

  73. Boong pisan, gw pake Sony Ericsson K630, klo sinyalnya HSDPA, seharusnya kan logo icon disebelah sinyal tuh H, bukan 3G, jadi 3.5G-nya bohong banget, Customer Service-nya aja gak bisa jelasin (masih belajar kayaknya) gak pernah buka Wikipedia jadi gak bisa bedain 3G/3.5G Hahahahaha

  74. deddynoer: BAD DAYS WEEKS and MONTHS

    BAD DAYS, WEEKS and MONTHS
    FROM INDOSATM2 3.5G BROOM UNLIMITED Service

    Sedjak dari tanggal 20 Desember 2008, “IndosatM2 3.5G BROOM Unlimited” jang akoe pakai oentoek merambah dan mendjeladjah doenia maja dan ataoe memeriksa email, meng-edit blog, setiap malam, selaloe lambat [dan tidak bertenaga alias lemot alias frigid], tidak seperti promosi IndosatM2 jang selaloe gentjar mengoetamakan ketjepatan 3.5G-nya jang selaloe dioenggoelkan serta keramahan Customer Service jang selaloe siap sedia selama 24 djam penoeh.

    Bahkan, dan poentjaknja adalah hari ini, tanggal 24 Djanoeari 2009, dimana dari sedjak djam sembilan pagi tadi hingga sekarang [djam 16.18pm] akoe tidak dapat koneksi dan selaloe djawabannja adalah “authorisation failed”. Padahal akoe selaloe men-disconnect-kan dengan tjara ataoe atoeran jang berlakoe [oh jaa.. akoe memakai Nokia N95 sebagai modem].

    Moengkin soedah 43x, akoe mentjoba oentoek menghoeboengi call center IndosatM2, 30001500, dan ternjata soesahnja minta ampun… selaloe jawaban jang terdengar adalah “maaf seloeroeh customer service officer kami sedang [siboek???] melajani pelanggan. silahkan toenggoe atoe hoeboengi kami beberapa saat lagi…[ataoe beberapa djam lagi???]” dan jang loecoenja lagi adalah, akoe sempat 2x terhoeboeng dengan sekretaris direktur IndosatM2, [tidak ada hoeboengannja kan???]

    Bagi akoe, itoe adalah soeatoe kesalahan besar dalam sistem jang dimilki oleh pihak IndosatM2, dimana kepoeasan pelanggan adalah jang nomor satoe !!!

    Ada apakah gerangan dengan IndosatM2 3.5G Broom Unlimited?

    Apakah hanja selaloe mengoetamakan angka pendjoealan jang tinggi sadja?

    Ataoe mengedjar target omzet, tanpa memikirkan keboetoehan dan keloehan pelanggan jang telah setia kepada merk/brand IndosatM2?

    DAN AKHIRNJA, SETELAH KEPOETOES ASAAN MOELAI MENGGODA FIKIRANKOE, SEKITAR DJAM 19.07PM, AKOE SOEDAH DAPAT MENG-CONNECT KEMBALI DENGAN INDOSATM2 3.5G BROOM UNLIMITED, TANPA ADANJA BANTUAN ATAOE POEN KONTAK DENGAN PIHAK INDOSATM2. ALHAMDULILLAH, AKOE BISA UP LOAD DATA DAN EDITING LAGI

  75. maap ajah~ tp jujuR me Nda agak heRan ma hsl” speed test tsb.. soaLna indosat 3G aq tu gela bgtzzz.. awal aq pk indosat3G kiRa” 15 des ’08.. kRn g suka bgt maen game oL.. yaitu Master of Fantasy.. so g maen seharian.. n slama 5 hri ga ad istilah “lag” atopun “dc” (disconnect) eh tiba” hari ke6 lag bgt n dc moLo!! anjRit dah~ sbel bgt..

    kLo tLpon CSnya cman blg “bgtu yah??” “baik akan kmi ushakan..” slama itu ampe feb ’09 ga ad prubahan!! lag n dc ga henti!!

    bayangiN ajah~ cman peRfect slama 5 hri bsknya dah bobrok gtuwh.. indosat3g?? ga deeehhh!!

  76. indosat3g bagus di awal doang , pake 1 – 2 minggu awal bener2 kenceng + memuaskan , skrg setelah 3bulan lbh langganan parahhhhh !!! >__< donlot aja cmn dapet dibwh 10kbps , buat yg mao daptar indosat3g mending mikir 2x deh , mending telkomnyet flash

  77. Klo di sini (Jerman), ada paket 2000MBPS, 6000MBPS dan 16.000MBPS. Yang 2000MBPS harganya rp250rb/bln, yang 16.000 harganya rp600rb/bln. Brapa lama lagi Indonesia begini…?

  78. Klo di sini (Jerman), ada paket 2000MBPS, 6000MBPS dan 16.000MBPS. Yang 2000MBPS harganya rp250rb/bln, yang 16.000 harganya rp600rb/bln. Brapa lama lagi Indonesia begini…?

    10 tahun yang akan datang mungkn tuch aja belom pasti wakakakakakakak

  79. wah keren juga nih Indosat 3G broadband, bikin kepengen nyobain pakai juga.
    dengan harga segitu meskipun ada quota 2 Gb, g rasa masih tergolong murah untuk keperluan teknologi mobile saat ini.

  80. wah.. gw seh dah pernah tuw pake flash…
    kacao itu koneksinya..
    skrg gw pake indosat 3.5g broadband.. jauh lebih mending..
    so far so good lah mnurut gw…

  81. sobat mohon petunjuk untuk penggunaan wireles modem yg baik…

    mana yang lebih baik antara Ind3G, Flash, Wimode n yang lain lah…

    Compare biaya bgmn antara satu dengan lainnya, mana yang lebih ekonomis…

  82. hum, kalo gw dah pernah nyobain semuanya.. yang paling mending seh indosat 3.5G. wimode dulu banget gw dah pernah pake, bis itu gw ganti ke flash, ga jauh beda, akirnya gw ganti indosat 3.5G ini yg paling mending diantara yg laen. kl masalah lemot dll.. gw rasa dah mendarah daging di indo. yang penting ga ganggu kerjaan gw mah gw gpp.

  83. Spertiny layanan broadband di Indonesia emg blum ad yg benar2 cepat dan stabil. Saya sendiri pilih Indosat karena hargany yg paling terjangkau.

  84. kebetulan di kantor saya sudah memakai telkomsel flash sejak 1,5 tahun silam. tapi semakin lama ko speednya smakin lambat, baik donlot maupun upload. saya coba beralih k indosat 3G (kebetulan waktu itu ada promo). sebulan pertama sih ngebut banget,tapi setelah itu lemotnya lebih parah dari telkomsel flash. dvendornya blg jaringannya udh HSDPA mas, tapi boro2 dapet HSDPA, UMTS aja ga dapet. masa dapet sinyal GPRS,kena deh d boongin. mendingan pake fast net aja deh, lumayan kenceng tuh (kata temen sih, hehehehe…)

  85. Asli nyesel langganan 3G broadband Indosat…kapokkkk..
    koneksi masih lbh stabil dial up telkomnet. Untuk YM doank…bisa putus nyambung pake INDOSAT…

    nyeselll

  86. Memang benar indosat 3G broadband memang sudah membohongi publik,saat ini ak juga pake, katanya kuota setelah 2 GB habis maka kecepatan akan turun 64 Kbps, tpi ini nyatanya kecepatan malah di bawah 50 Kbps, padahal sinyal HSDPA di tempatku full sampe 5 bar, sampe kapan indosat akan membohongi publik ?, mendingan pake telkom speedy, bisa stabill trus walaupun bukan HSDPA, g heran sih klo indonesia ketinggalan jauh tentang informasi, salah satu penyebabnya adalah, masih terbatasnya akses internet,beda klo di singapura dan malaysia

  87. indosat 3G broadband, beneran parah. waktu itu daftar yg paket 100rb di ancol tgl 31 Maret. baru pake 3 mgg uda diblok dengan tagihan 200rb++, kata service centerna pemakaian melebihi kapasitas, trus waktu itu gw minta detail biayanya, ktanya nunggu tanggal 1 Mei. tanggal 1 Mei saya balik lg, tagihan jadi naik 325rb dan detail pemakaian tetap tidak bisa diprint, saya jadi kesal dan bingung, bagaimana cara penghitungan tagihan ini, mungkin ada yang bisa kasi penjelasan.

  88. untung gw gk pernah begitu bro.. lancar2 aja dari segi jaringan and psikis nya gk pernah ada maslah.. paling kalo ujan aja jadi sedikit lemot, tapi so far so good lah dgn harga segitu. akwoakwo

  89. gw sampe 2 nomor langganan indosat 3G,,, 1st paket 100rb… 2nd 200rb lebih,, hasilnya sama saja..
    down/up-load lambat.. akses putus2…

  90. Indosat..bagus cuma di awal2 doang…..biz gt memble, sampe bosen saya protes ke Indosat…bahkan sampai dipasangin penguat sinyal, tapi….janji hanya manis di awal2, berikutnya ???? jangan ditanya deeehhh….kalo ga inget kasus Prita, udah saya protes kemana-mana tuh…

  91. Dlm 4hri (28-31 mei) Indosat knpa tba2 mahal y. Sblmya gw pk non pket24 trs tb2 mnddk mahl. Trs gw pndah ke pket24 jiah +mahal (o_0) . gw tnyain ke opertor mgnai htungn trif m3 paket24 dn yg non pket 24. Trus mrka jlasin mgnai yg pket24 sedetail2nya. Tpi pnjelsn mrka bikin gw pusing, krna tiap dtk n mnit ad ktntuanya. musinginlah. biar g ribet krna gw srng brUlang2 nlpn/1jam (biasalah mojok 😛 ) Trus gw tnya lg klo tarif tlpn per jam.
    Ne htngn terbru. indosat untk trif m3 Paket 24

    Dri jm 00:00-11:00 Rp. 1.620/jam
    Biasanya w kna Rp. 600an/jm sblm pndh pket24.
    Dri jm 11:00-24:00 Rp. 9.970/jam
    Biasanya w kna Rp. 2.000an/jm,
    sblum pndah pket 24.
    Ktrgan ne w dpt dri oprtor Indsat swkt mlkkan complain.

    Slma 4hri plsa gw d kuras hmpr 100rbu. Pntesn z slma 4hri gw tekor.klo ga pcya cb bktiin cek plsa stlah mlkukan pnglan.Pdhal gw 2 thn plnggan stia m3 sblmnya ga kya gni. Klo gni mnding gw cabut dri m3.
    Ada gsm yg lbh murh ga y. Ksh info dng.
    Tp tipsnya Jgn sruh gw pk telgram at pk srat pos..
    Psan ni bkal trus gw sbarin.

  92. untuk anda postingan sudad bagus “”gan ane biar jaringan edge berubah menjadi jaringan hsdpa gimana cranya gan.cos hp ane masih jaringan edge

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.