Menikmati Core 2 Duo dan Vista

Tahun ini aku sudah beberapa kali mengalami pergantian notebook. Dari Tablet PC, Acer 2700 dan terakhir adalah MSI M670. Terakhir? Ternyata belum berakhir. Kali ini kantor mempersenjatai aku dengan sebuah notebook baru, yaitu Acer TravelMate 3045 WTMi. Notebook baru harus lebih hebat dong? Iya betul. Kali ini prosesor yg digunakan adalah prosesor Intel terbaru, yaitu seri Core 2 Duo yg berkode T7200. Artinya prosesor ini memiliki clock 2 GHz dengan FSB 667 MHz. Ini adalah prosesor Core 2 Duo tercepat yg beredar di Indonesia.

Kecanggihan notebook ini masih banyak, misalnya digunakannya LCD 12.1 inch WXGA 200-nit CrystalBrite dengan RAM 1 GB dan kapasitas harddisk 160 GB. Kelengkapannya juga luar biasa, karena notebook ini dilengkapi dengan DVD Super Multi Double-layer (external), card reader 5-in-1 dan ditunjang piranti komunikasi dan konektivitas yg lengkap, yaitu Wireless 802.11a/b/g, Ethernet 10/100, Modem, dan tidak lupa Bluetooth 2.0+EDR serta InfraRed.


Jika itu dirasa kurang, marilah kita simak kelengkapan berikutnya, yaitu Acer Orbicam 1.3 MP dan Acer Bluetooth VoIP Phone. Wuih… lengkap sekali ya? Sangat asyik karena dengan bekal kedua kelengkapan ini, kita bisa melakukan video conference atau pun VoIP dengan tidak perlu membeli perangkat tambahan lagi. Betul-betul notebook yg lengkap. Dan perlengkapan seabrek ini tidak membuat notebook ini menjadi berat. Timbang saja beratnya. Kita akan mendapati angka 1.5 s/d 1.6 Kg di timbangan. Beratnya memang antara 1.5 s/d 1.6 Kg tergantung baterai mana yg kita pakai. Lho kok? Tenang, jangan protes dulu. Notebook ini memang dibekali 2 baterai, yaitu baterai 3 cell dan 6 cell. Kalau kita pakai yg 6 cell, maka beratnya mencapai 1.6 Kg ditambah bentuk notebook yg semakin menonjol di belakang. Maklum, baterai 6 cell ini lebih besar bentuknya.

Hm… jadi ingat Tablet PC-ku dulu yg juga dibekali 2 baterai. Tapi dulu baterai Tablet PC memiliki ukuran yg sama. Kalau yg ini berbeda ukuran. Konon baterai 3 cell-nya bisa mensuplai daya ke notebook sampai 1.5 1 jam. Sedangkan yang 6 cell bisa sampai 2.5 2 jam. Tapi tergantung aplikasi dan aksesoris yg kita pakai juga sih. Tapi paling tidak kita cukup aman jika membawa 2 baterai ini. Secara normal dengan pemakaian yg hemat, kedua baterai ini secara teoritis bisa menghidupi notebook sampai 3 jam.

Mari kita nyalakan notebook ini. Wow… kita disambut oleh sistem operasi paling baru dari MS, yaitu Vista. Ya, TM 3045 WTMi telah dibekali Windows Vista Business Edition. Bagi yg sudah familiar dengan Windows XP dan pernah mengagumi Windows XP, Anda akan lebih kagum dengan Vista. Ini karena Vista memiliki banyak sekali aksesoris dan efek tampilan. Tidak berlebihan jika MS mensyaratkan hardware yg canggih untuk dapat menjalankan Vista.

Ingat kan ketika MS mengeluarkan program untuk mengetes kemampuan dan kompatibilitas hardware dengan Vista? Jangan kuatir dengan TM 3045 karena notebook ini telah lolos dan tidak memiliki masalah dengan Vista.

Yang jadi masalah adalah piranti pendukungnya, yaitu TV Tuner Gadmei-ku. Ternyata driver dan program TV Tuner tidak 100% kompatibel dengan Vista. Terbukti banyak sekali masalah ketika menjalankan program TV. Mulai dari tidak berfungsinya tombol volume sampai pengubahan ukuran atau resolusi tampilan yg bermasalah. Tidak hanya itu, kadang ketika aku matikan program TV, ternyata suara TV masih terdengar karena tidak ikut mati. Nah loh! Jadi tidak bisa Menonton TV ala Dewo dong? Kayaknya aku harus hunting driver dan program update dari Gadmei.

Syukurlah aku masih memiliki notebook cadangan, yaitu Axioo dengan sisop Windows XP. Kompatibilitasnya sudah teruji karena memang driver & program TV Gadmei-nya sesuai. Dan lebih asyik karena Axioo memiliki layar 15 inchi yg menunjang kenikmatan menonton TV.

Oh iya, AntiVir 7 juga tidak kompatibel dgn Vista. Alhasil aku harus download yg versi Vista dulu. Senin deh, pas di kantor downloadnya.

Ya sudah, sementara tulisannya segini dulu. Kalau ada niat dan kesempatan akan aku test dan review secara mendalam sistem ini. Untuk sementara aku harus kerja dan memaksimalkan sistem ini. Maklum, sistem ini harganya di pameran US$ 1,799. Jadi aku harus bekerja dan menghasilkan lebih banyak lagi sebagai pembuktian bahwa aku pantas menggunakan sistem yg mahal ini.

Salam.

39 pemikiran pada “Menikmati Core 2 Duo dan Vista

  1. yessss … keep original software or use open source 🙂
    saya sih kemarin juga sempat kesana bro, hmm.. dual core .. vista, kombinasi serasi … tapi … berapa harus berinvestasi untuk semua itu …, masak komputer keren nanti softwarenya ada yang bajakan hehehe ….

    sudah 5 tahun ini saya bermigrasi ke linux dan mandriva 2007 cukup untuk membantu semua pekerjaan kantor, saya tidak direpotkan dengan gangguan virus dan dengan lisensi GPL saya tidak direpotkan dengan “ganjalan hati” antara ori dan copy … 🙂

    Yup,… dual core is faster processor, kemarin pas saya coba install mandriva 2007 dengan RAM 512 Mb kecepatannya sepadan dengan windows…

    Saya juga masih memiliki original ms.windows dan ms office, tetapi untuk membeli aplikasi lain lagi seperti anti virus, adobe, corel dll … ternyata malah menjadi investasi yang mahal dan tidak sebanding dengan produktivitas PC yang saya gunakan ….

    wesss… pokoknya selamat berkarya dan mari gunakan software asli atau pilih yang bebas .. :):)

  2. selamat atas acer travelmate 3045, yang juga lama saya incar, karena portabilitas dan kecepatannya. Ngomong-ngomong soal kecepatan prosesor, rupanya ini bukan prosesor Travelmate 3045 bukanlah prosesor Core2Duo yang tercepat yang beredar di indonesia. sebelumnya sejak tahun 2006 sempat beredar di indonesia acer travelmate 3295 yang juga berprosesor Intel Core2Duo T7200. Bahkan komputer ini mempunyai disempurnakan oleh ATI yang bermurah hati memberikan memori grafis 512 MB. Untuk mereka yang mempergunakan Photoshop, pasti komputer ini lebih sip. Tapi untuk mereka yang mempunyai mobilitas tinggi, komputer anda, Travelmate 3045, bagaimanapun juga praktis. anyway, congratulation for using that marvellous machine.

  3. iya.. vistanya keren.

    Tadinya saya ngincer 3044 karena ringan dan berkamera.
    Pas mo beli ditawarin 3045, dapet batre 2, prosessor lebih cepat, beda OS (3044 paketnya XP Home) tapi nambah sejuta..
    Batre 2 yah value for money lah buat saya yg awam.

    Ditunggu review dan share pengalamannya memanfaatkan Travelmate 3045 ini…

  4. […] 2) Aku sudah berinvestasi di Rossi. Hah? Investasi apaan? Jangan-jangan judi? Bukan kok. Mari kita lihat investasiku di Rossi dan timnya. Investasi pertama adalah pada motor Yamaha. Hehehe… aku kan rider Yamaha MX 135LC. Tentu saja lebih afdol jika membela yg sepabrikan. Lalu tengok tulisan di kanan-kiri ekor motor balap Rossi. Di sana kita akan menemukan tulisan Acer. Yup betul, salah satu sponsor Rossi adalah Acer. Kebetulan notebookku pun Acer. Baru lagi. Hehehe… (Baca: “Menikmati Core 2 Duo dan Vista”) […]

  5. keliatannya vista belum cocok digunakan diindonesia untuk waktu sekarang, soalnya tv gadmei gua gak bisa compatible. jadi sia2 donk beli. Ada yang tau solusinya gak ?

  6. Tadi sore aku mau beli TV Tuner USB 2.0 Gadmei di pameran di BDG. Eh, kata penjualnya ga bisa untuk Vista. Ga jadi beli deh. Dah 2 minggu di kos ga ada tv karena beli leptop & desktop-ku dibawa pulang ke rumah. Sekarang lagi nyari-nyari yang cocok, nyasar ke sini. Hehehe.
    Kabar-kabari kalo dah ada yang cocok tuk Vista.
    Matur nuwun.

  7. Iya mas dewo udah dicoba belum, Gadmei 330 on windows vista…… pake river beta version…

    aku mau beli tapi ragu bisa nggak

    kalo udah bisa kabari ya

  8. wah padahal setahuku core 2 duo seri T7200 adalah tipe terendah dari seri T7XX coz FSB na masih 667 masih seperti core 2 duo merom sebelumnya yang berseri T5XX sementara core 2 duo seri T7XX yang lain sudah ber FSB 800 kode processor na Merom-2M

    Salam

  9. @ Dear Bro Ferry ZK (#13),

    Pada saat artikel ini dibuat, prosesor T7200 adalah prosesor tercepat yang masuk ke Indonesia. Saat ini sudah banyak prosesor yang lebih canggih yang masuk ke Indonesia.

    Salam.

  10. @ Dear Dodo (#12),

    Maaf, saya belum coba driver baru Gadmei 330 soalnya notebook saya sudah ganti dan sistem operasinya XP lagi sehingga tidak perlu update driver.

    Mungkin pembaca lain bisa membantu?

    Salam.

  11. kemarin saya membeli tv tuner gadmei utv 330+ untuk diinstall ke notebook , notebook saya merek axioo coreduo dgn memory 1gb dan vga 128mb dan saya pake windows xp sp2, setelah saya install tv tuner tsb. yg muncul hanya suara saja tapi gambar tidak ada, ada yang bisa bantu gak ya cari solusinya? thks…..

  12. bln lalu,, sy beli PCMCIA Tv tuner, smart tv card di Mangga dua…katax sh cocok vista..ternyata pas saya coba
    yah, gak cocok..sayapun nyari driver yg cocok di internet..dapatx TV expert (ktx cocok vista)..hslx g’ad gambar + suara bising..Ad yg bisa bantu gak nyari driverx..windows vista bacax -SAA3174 tv card manufacturer philip semiconductor-..ad yg bisa bantu gak??

  13. @ Dear Indra Wahyudi,

    Wah, ada tulisan compatible with Vista ngga? Kalau ngga ada memang perlu dipertanyakan kompatibilitasnya. Coba search dulu di goolge, siapa tahu ada orang yang memiliki masalah yang sama dengan Anda dan telah menemukan solusinya.

    Gunakan keyword merek TV tuner dan Vista. Semoga berhasil.

    Salam.

  14. At last,,
    Saya dual boot OS saja (Vista-XP)
    jadinya bisa nikmatin TV tunernya (He,,,)
    Saran nh buat yg punya laptop preinstalled vista,, dual boot aja dengan XP
    tapi ada satu masalah (ada kok penyelesaiannya)
    driver laptopnya gak ada,, jadinya mesti nyari (browsing) ‘ndiri
    buat yg punya laptop sama kyk g Toshiba satellite A135-s4427 mail me at o3-indracool@yahoo.com or indra_adult@yahoo.co.id
    Ok bro,
    Thanks buat perhatiannya
    o iy ada lagi nih,
    kalo mw XP jd kayak vista link ke sini http://www.softpedia.com/progDownload/Vista-Transformation-Pack-Download-32042.html
    Jaa ne!
    -INDRACOOL-

  15. mampir pak. gak sengaja dapet dari googling. ternyata cuma blog bapak yang membahas acer travelmate vista hehe…
    saya juga ada yang seri 3040, speknya persis …. sama.
    yang jadi kendala, justru vista nya ini sendiri….mungkin kalo diiat dari segi grafik, wah bagus banget.! tapi, loadingnya….lambretaaa…lambadaa lamborginiii…..alias lamaaaaa
    akhirnya, setelah hampir setahun pake vista business, nyerah juga
    minta di down grade ke xp, jadi ke acer di RP minta diupdate bios untuk bisa instal xp.
    nah, pada saat ditinggal di service center ini…..ntah kenapa, kok LAN nya jadi gak bisa dipake (padahal seblum dibawa kesana juga masih bisa kok)….terpaksa, harus ganti mainboard!! oh nooo!!!
    oh yesss, it;s okay! karena garansi masih ada sampe bulan april 08 ini. fiuhhh nafas lega deh, karena kalo gak garansi……bisa sampe 5 jutaan tuh ganti mainboardnya.
    skrg, aman damai tentram pake acer dengan os xp didalamnya, bisa bikin jaringan ke komp lain dan sharing internet akses!
    salam…

  16. @ Dear Niz (#25)

    Waduh, sampai ganti mainboard? Kenapa tuh? Apakah mainboard pengganti serinya sama dengan yang sebelumnya?

    Yang jelas, Anda benar sekali tentang Vista. Sistem jadi lambat. Padahal dengan spesifikasi 3040, seharusnya sistem dapat berjalan dengan cepat.

    Saya sendiri sampai sekarang masih pakai Vista. Selain kecepatan, saya juga banyak mengeluh tentang kompatibilitas dan kecepatan LAN. Tetapi sampai sekarang saya masih tabah menggunakannya. Hehehe…

    Salam.

  17. Sy pk laptop vista mo beli tv turner usb gadmei ragu apkh 100g%kompatibel dng vista. Yang udah ngetest sharing dong sepi nih ga da tv

  18. walah…….memang ribet pake vista…… saya juga ngalapi laptopku gak mau di pasangin tv tuner gadmei. audionya gak keluar tapi akhirnya daripada gak bisa nikmatin n nonton tv ya udah saya pake audio luar aja pake speaker aktif…. sayang kan daripada gak bisa dipake???

  19. Windows mah dari dulu ribet. Mao Virus, Intrusion, Spyware, Trojan, Adware….hampir semua mampir di Windows.

    Ingat, Windows bakal terasa ribet jika Anda telah merasakan menggunakan Mac OS X terutama yang Leopard.

  20. boss.. ngapain pake update bios? Gw langsung embat ganti XP lancar2 aja tuh… driver semua ada di site-nya acer kok.

    PS: BIOS gw ver. 1.3117, 12/18/2006.

    […] akhirnya, setelah hampir setahun pake vista business, nyerah juga
    minta di down grade ke xp, jadi ke acer di RP minta diupdate bios untuk bisa instal xp.[…]

  21. to didik

    hare gene pake software MS asli..
    emang elu banyak duit yah?
    ga usah ngaku2 banyak duit deh..
    gue tahu elu kok..
    orgy software malah mengurangi devisa negara dan membuat bill gate semakin kaya/

  22. mas, masih ga bisa ke buka, tv nya ga bisa, mo setting juga ga bisa yang bisa cuma sound nya aja
    cara install nya gimana ya, td nya pake xp, bisa..
    sekarang ganti vista malah ga bisa..thanks

  23. mas aq maw minta tolong cara nginstall driver utv 380 box gimana…
    aq pake core 2 duo E7500 sistemnya windows xp….
    makasih sebelumnya mas……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.